Sebanyak 2300 item atau buku ditemukan

Ekonomi Indonesia di Tengah Pandemi Covid 19

Buku ini merupakan kajian dari beragam perspektif di bidang ekonomi baik dilihat secara makro ataupun mikro, baik di lingkup nasional maupun regional yang dikemukakan oleh dosen-dosen di Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UMM. Pandangan dari ahli yang tercantum di dalam buku ini diharapkan memberikan gambaran lain dalam hal penanganan ataupun tindakan rehabilitasi ekonomi pada saat wabah COVID-19 belum memiliki anti virus atau vaksin sebagai salah satu Langkah pencegahan penularan COVID-19. Selain itu pandangan ahli ekonomi yang tersusun dalam buku ini dapat dijadikan satu referensi khusus di dalam Perekonomian Indonesia termasuk Langkah-langkah sistemik untuk penyelamatan bidang ekonomi.

Buku ini merupakan kajian dari beragam perspektif di bidang ekonomi baik dilihat secara makro ataupun mikro, baik di lingkup nasional maupun regional yang dikemukakan oleh dosen-dosen di Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UMM.

Indonesia pasca krisis

catatan politik dan ekonomi, 2003-2004

Politics and economic issues in Indonesia; collected articles.

Politics and economic issues in Indonesia; collected articles.

Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia

Implementasi Kurikulum 2013 yang mengalami revisi dan perubahan ini dapat diimprovisasi, diinovasi, dan dikembangkan lebih lanjut sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku. Pendidik/ guru selayaknya mengikuti perubahan ini dan merespons secar positif. Namun, pada kenyataannya memang masih banyak guru yang kesulitan memahami dan mengaplikasikan perubahan ini, terutama mengenai model-model dan teknik pembelajaran yang disarankan dalam Kurikulum 2013. Berdasarkan kondisi dan realitas tersebut, penulis tergerak untuk menyajikan buku pendukungnya. Buku yang mendukung bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Kurikulum 2013 dan teknik-teknik yang patut dicoba untuk menjadikan kelas lebih aktif dan “hidup”. Oleh karena itu, guru/pendidik—sebagai agen perubahan—dituntut kritis, kreatif, inovatif, dan adaptif merespons perubahan kebijakan dan pembaruan ini. Buku yang bisa dijadikan buku referensi atau pegangan pelatihan bagi guru-guru ini mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan dapat pula mempermudah guru menerapkan model dan teknik pembelajaran yang menarik dan variatif. Semoga hadirnya buku ini juga dapat menginspirasi guru-guru yang memiliki cita dan mimpi yang sama, yaitu memberikan yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan kepada peserta didiknya.

Implementasi Kurikulum 2013 yang mengalami revisi dan perubahan ini dapat diimprovisasi, diinovasi, dan dikembangkan lebih lanjut sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD/MI Kelas Tinggi

Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal. Pendidikan informal dilakukan oleh keluarga di rumah. Pendidikan ini dilakukan saat anak berada di rumah bersama dengan keluarganya. Sedangkan pendidikan formal dilaksanakan di dalam lembaga pendidikan resmi mulai dari SD sampai dengan perguruan tinggi. Dalam pendidikan formal ini gurulah yang berperan penting dalam menanamkan pengetahuan akan bahasa Indonesia. Sedangkan pendidikan nonformal dilaksanakan di luar rumah dan sekolah, dapat melalui kursus, pelatihan-pelatihan, pondok pesantren dan lain sebagainya. Pendidikan bahasa Indonesia di lembaga formal dimulai dari SD. Jumlah jam pelajaran bahasa Indonesia di SD kelas I, II dan III sebanyak 6 jam pelajaran. Sedangkan kelas IV, V dan VI sebanyak 5 jam pelajaran. Banyaknya jumlah jam pelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan agar siswa mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia yang baik serta mempunyai kemampuan berpikir dan bernalar yang baik yang dapat disampaikan melalui bahasa yang baik pula. Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi penting yang diajarkan di SD, karena bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil.

Filsafat Hukum Hibah dan Wasiat di Indonesia

Hibah dan wasiat merupakan lembaga hukum yang dikenal dalam berbagai sistem hukum. Dalam konteks Indonesia lembaga ini dikenal dalam Hukum Islam, Hukum Adat, dan Hukum Perdata Barat (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata). Inti dari hibah adalah pemberian secara sukarela dari seseorang atau lebih terhadap orang lain, sedangkan wasiat adalah sebuah pernyataan yang berisi penggunaan atas harta benda yang dimiliki, kelak di kemudian hari ketika yang bersangkutan meninggal dunia. Kepemilikan terhadap harta di dalam Islam diatur dan diarahkan untuk kemaslahatan. Hal ini terkait dengan konsep hak milik dalam Islam yang memberikan batasan-batasan bagi pemilik harta baik dari cara perolehannya maupun cara pembelanjaannya. Karena itulah dalam Islam perlindungan terhadap harta menjadi salah satu tujuan disyariatkannya hukum Islam (al-maqashid al-syari’ah) yang utama (dharuriyah/mu’tabarah) selain perlindungan terhadap agama Islam, jiwa, akal, dan kehormatan (keturunan). Melalui Hibah dan Wasiat, Insya Allah dapat menjadi salah satu mekanisme untuk mewujudkan al-maqashid al-syari’ah dimaksud. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Hibah dan wasiat merupakan lembaga hukum yang dikenal dalam berbagai sistem hukum.

Sistem Hukum Indonesia

Ketentuan-ketentuan Hukum Indonesia dan Hubungannya dengan Hukum Internasional

Memahami Indonesia sebagai negara hukum tidak cukup hanya mengetahui dan mematuhi aturan yang berlaku. Jauh lebih penting dari itu kita harus membangun kualitas diri menjadi manusia dan warga negara yang seutuhnya memahami hukum itu sendiri. Dan untuk itulah buku ini hadir.

Memahami Indonesia sebagai negara hukum tidak cukup hanya mengetahui dan mematuhi aturan yang berlaku.

Dewan Perwakilan Daerah, Republik Indonesia

studi, analisis, kritik, dan solusi kajian hukum dan politik

Role and position of Regional Representatives Council in Indonesian politics and government.

Role and position of Regional Representatives Council in Indonesian politics and government.

Pokok-pokok hukum tata negara Indonesia pasca reformasi

On constitutional law of Indonesia after amendments to the Indonesian 1945 Constitution in 1999-2002.

Namun , statusnya bersifat administratif belaka dan tidak sama dengan
kedudukan daerah kota yang memiliki pemerintahan tersendiri dengan dipimpin
oleh seorang walikota . Di samping itu , setiap pemerintahan daerah juga
memiliki ...