Sebanyak 81 item atau buku ditemukan

Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif

Pedagogik merupakan suatu ilmu yang bersifat fundamental yang dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan pendidikan. Dalam perkembangannya pedagogik saat ini sudah tidak lagi dipandang suatu ilmu yang hanya terbatas pada hal yang bersifat praksis dan pembahasan sempit lainnya yang akan membuat pedagogik sebagai suatu ilmu lepas dari esensinya, melainkan lebih jauh dan lebih dalam dipandang suatu ilmu yang memiliki prinsip-prinsip secara teoritis dan bernuansa filosofis dalam membangun pilar-pilar kehidupan umat manusia. Artinya, bahwa pedagogik sebagai suatu ilmu terikat dengan manusia dan seluruh dimensi didalamnya, sehingga berdasarkan hal tersebut, persoalan manusia merupakan tema sentral dan titik tolak dalam memaknai pendidikan. Selain itu, pedagogik sebagai suatu ilmu, dibangun berdasarkan struktur fundamental yang jelas dengan didasarkan pada landasan yang tidak hanya bersifat konseptual, melainkan kontekstual dan filosofis serta dimensi-dimensi lain didalamnya. Dalam konteks ke Indonesiaan, pedagogik Indonesia didasarkan pada fundamen yang bersifat prinsipal bagi pengembangannya, yaitu didasarkan pada nilai-nilai yang berakar dari filsafat pancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia.

Pedagogik merupakan suatu ilmu yang bersifat fundamental yang dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan pendidikan.

ILMU PENDIDIKAN ISLAM (MENGULAS PENDEKATAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM STUDI ISLAM & HAKIKAT PENDIDIKAN BAGI MANUSIA)

Kandungan buku ini mendeskripsikan tentang pendekatan pendidikan Islam dalam studi Islam dan hakikat pendidikan bagi manusia. Di dalamnya juga dimuat contoh dan berbagai analogi. Di samping itu, kajian ini juga dimaksudkan sebagai upaya membantu para akademisi khususnya para mahasiswa, dalam menelaah ilmu pendidikan Islam.

Kandungan buku ini mendeskripsikan tentang pendekatan pendidikan Islam dalam studi Islam dan hakikat pendidikan bagi manusia.

Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan

Peningkatan mutu pendidikan tinggi dewasa ini dilakukan dengan melalui perubahan kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan KKNI yang telah ditetapkan melalui peraturan presiden. Buku ini diharapkan akan dapat menjadi acuan dan titik tolak kegiatan perkuliahan, sehingga perkuliahan dapat dilakukan lebih terarah dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Buku ini merupakan referensi utama bagi dosen dan mahasiswa dalam penyelenggaraan mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, mengingat buku yang sesuai dengan isi dan silabus mata kuliah ini masih kurang. Dengan demikian, para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dapat menggunakannya sebagai referensi dalam mempelajari dan mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, baik untuk membuat tugas-tugas terstruktur maupun dalam proses belajar secara mandiri. Meskipun demikian, buku ini tidaklah dimaksudkan sebagai satu-satunya sumber belajar dalam penyelenggaraan mata kuliah ini. Untuk itu, kepada para mahasiswa dan dosen diharapkan dapat mencari, membaca, dan menambah referensi lain yang relevan. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Buku ini merupakan referensi utama bagi dosen dan mahasiswa dalam penyelenggaraan mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, mengingat buku yang sesuai dengan isi dan silabus mata kuliah ini masih kurang.

KAJIAN TEORI FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Buku Kajian Teori Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini membahas falsafah ilmu serta kajian­kajian yang terkait. Pada beberapa pem­bahasan dikembangkan dengan implementasi pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam. Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi para penulis­nya sebagai motivasi untuk mengembangkan kreativitas dan kualitas tulisan berikutnya. Selanjutnya, bagi khalayak pencinta pendidikan khususnya di bidang filsafat ilmu, semoga buku ini memberikan wa­wasan dan pandangan baru dalam memahami filsafat ilmu.

Pengertian dan Karakteristik Anak Usia Dini . ... 95 95 96 97 98 98 99 99 101 102 103 106 108 108 110 116 BAGIAN VIII PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: PERSPEKTIF ISLAM . ... Anak Usia Dini dalam Islam ........... Pendidikan Akhlak pada Anak .

FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Sebuah Pengantar Filosofi dan Aplikasi Pendidikan Islam Jenjang MI/SD)

Kandungan buku ini adalah memberikan sebuah pengantar menuju gerbang keilmuan terkait pendidikan dasar Islam ditinjau dari aspek filosofis dan aplikatif. Hadirnya, berupaya menjadi peneguh filosofi pendidikan Islam bagi anak usia dasar jenjang MI/SD. Tindakan aplikatifnya, juga berupaya menyadarkan anak sedini mungkin tentang ber-Islam melalui konsep pendidikan.

Kandungan buku ini adalah memberikan sebuah pengantar menuju gerbang keilmuan terkait pendidikan dasar Islam ditinjau dari aspek filosofis dan aplikatif.

Ilmu Pendidikan Islam

Ajaran Islam pada hakekatnya memiliki tiga pilar utama, yakni akidah, syariah dan akhlak. Misi utama Nabi Muhammad saw adalah menyempurnakan akhlak yang mulia (akhlaq al-karîmah). Pembinaan akhlak erat kaitannya dengan pendidikan Islam. Dengan demikian pendidikan Islam berorientasi bukan saja untuk peningkatan pengetahuan (kognisi), namun juga pembinaan dan peningkatan akhlak (sikap, afeksi) dan keterampilan hidup (psikomotorik) peserta didik. Pendidikan yang hanya berorientasi pada kecerdasan intelektual akan melahirkan manusia-manusia yang memiliki kecerdasan secara akademik, namun dalam realitas mereka justru menjadi sumber problem kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kecerdasannya digunakan untuk melakukan berbagai tindak criminal yang sangat merugikan masyarakat, bangsa dan negara, seperti para koruptor, bandar narkoba, mafia migas, illegal fishing, yang mayoritas adalah orang- orang pintar secara intelektual. Namun afeksi (kecerdasan spiritual) mereka sangat rendah.

Namun afeksi (kecerdasan spiritual) mereka sangat rendah. Buku Ilmu Pendidikan Islam ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Adalah benar, bahwa pendidikan dalam pengertian umum selalu diterjemahkan sebagai penyebaran dan internalisasi nilai dari berbagai pengalaman kumulatif, baik berupa keyakinan, sikap, pengetahuan maupun penerapannya yang dinilai positif dan bermanfaat oleh satu generasi ke generasi. Dalam perspektif ini, tidak ada perbedaan antara pendidikan Islam dengan pendidikan lainnya, karena pendidikan pada umumnya, sebagaimana banyak didefinisikan para pakar, merupakan upaya normatif untuk membantu orang lain berkembang ke tingkat yang lebih baik. Sifat yang sesungguhnya dari suatu sistem pendidikan dan perbedaannya dengan sistem-sistem lainnya, hanya dapat dipahami jika konsep dasar pendidikan itu dipelajari dengan seksama. Dalam hal ini, seperti nanti dapat dibaca pada uraian-uraian yang disajikan oleh para penulis pada buku ini, akan terlihat bahwa perbedaan antara pendidikan Islam dengan pendidikan Barat Modern umpamanya ialah, nilai tinggi yang diberikannya pada iman dan kesalehan hidup berdasarkan ajaran Islam sebagai salah satu dari tujuan fundamentalnya. Jika nampak terlihat adanya sebuah paradigma pendidikan yang memberdayakan peserta didik merupakan sebuah keniscayaan.

Adalah benar, bahwa pendidikan dalam pengertian umum selalu diterjemahkan sebagai penyebaran dan internalisasi nilai dari berbagai pengalaman kumulatif, baik berupa keyakinan, sikap, pengetahuan maupun penerapannya yang dinilai positif dan ...

Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi

Analisis Data Kualitatif untuk penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan teologi dan sosial

Analisis Data Kualitatif untuk penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan teologi dan sosial

Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan

Potensi penelitian di Indonesia menyebar di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian maupun nonkementerian. Dan, salah satu potensi yang paling menarik adalah perguruan tinggi, karena di sanalah tempat para dosen berkecimpung. Dosen, sejatinya adalah ilmuwan yang mengajar. Dengan demikian, tugas utama mereka, selain mengajar, adalah melahirkan dan mengembangkan teori-teori ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologinya. Tugas penelitian perguruan tinggi tidak sekadar menemukan teknologi baru, tetapi juga mempersiapkan berbagai institusi pendukung perubahan-perubahan sosial, seperti pengembangan sikap multikulturalisme, toleransi, dan sikap kreatif, inovatif, dan kolaboratif dalam rangka meningkatkan produktivitas bangsa. Buku Penelitian Kualitatif untuk llmu Pendidikan sangat tepat sebagai buku rujukan para peneliti, khususnya para peneliti di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam, dengan tradisi penelitian interpretivisme. Seiring bergeraknya perubahan paradigma kajian agama, yakni dari epistemologi metafisis ke ilmu sosial yang empirik dengan pendekatan post-positivisme, atau pendekatan interpretatif, para peneliti di perguruan tinggi dituntut untuk menguasai metode penelitian kualitatif. Buku ini menyajikan materi dan bahan bacaan yang dibutuhkan untuk memahami penelitian kualitatif, serta langkah-langkah melakukan penelitian kualitatif. Berbagai pertanyaan yang sering muncul tentang penelitian kualitatif, misalnya, dijawab penulis dengan jelas di bab dua. Di samping itu, permasalahan yang kerap kali menjadi tantangan dalam pelaksanaan penelitian kualitatif akan dikupas tuntas di bab Lima: Pelaksanaan Penelitian: Pengumpulan dan Analisis Data. Terakhir ditutup dengan pembahasan penelitian tindakan dan pengembangan. Buku ini ditujukan sebagai buku rujukan untuk penelitian pendidikan, dan juga ilmu-ilmu sosial lainnya, yang sudah mulai melirik pentingnya penelitian interpretif dalam pengembangan teori-teori keilmuannya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Potensi penelitian di Indonesia menyebar di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian maupun nonkementerian.