Sebanyak 81 item atau buku ditemukan

Pendidikan Karakter Perspektif Surat Luqman ayat 12-19 & Ilmu Pendidikan

Buku ini hadir sebagai panduan keluarga dalam mendidik anak sebagaimana yang dilakukan Lukman terhadap anaknya. Allah menjadikan Luqman sebagai sosok orang tua panutan dan mencantumkan kisahnya dalam Al-Qur’an. Kisah Lukman yang diabadkan al-Qur’an dalam surat Lukman ayat 12-19 merupakan kisah inspiratif bagi para ayah untuk mendidik buah hatinya. Prinsip dasar mendidik anak menurut Lukman adalah prinsip tauhid (mengajarkan keesaan Tuhan), yang kemudian dilanjutkan melatih anak-anaknya untuk beribadah salat dan menerapkan sikap amar ma’ruf nahi munkar, termasuk di dalamnya pe-ngajaran bagaimana cara mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang. Buku ini sebenarnya menawarkan ide akan pentingnya model pendidikan karakter berbasis agama dalam penerapan pendidikan karakter diIndonesia untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Dalam hal ini, ditawarkan ide pendidikan karakter berbasis agama sebagaiamana yang terkandung dalam surat Lukman ayat 12-19 yang mengedepankan konsep ketauhidan, penghormatan kepada orang tua, mendidik dengan kasih sayang, serta akhlak yang mulia yang ditunjukkan dengan perilaku sesuai tuntunan agama Buku ini tidak hanya memuat secara komprehensif berbagai pemahaman teoritis tentang konsep pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan, tetapi juga memuat komparasi nilai-nilai pendidikan karakter sebagaimana yang terkandung dalam surat Lukman ayat 12 – 19. Untuk itu diharapkan buku ini menjadi referensi baik bagi para mahasiswa, akademisi maupun para praktisi. Kami juga berharap buku ini akan dapat memacu para pembaca untuk mengeksplorasi lebih jauh dan memberikan manfaat bagi perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, dan bimbingan konseling Islam khususnya.

Fitrah yang dimaksud dalam hadis ini adalah memiliki potensi baik sejak lahir, dan berkembangnya fitrah ini dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan pada anak oleh orang tua dan lingkungan. Dalam Islam, karakter lebih dikenal dengan ...

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari mereka yang berkompeten di bidang pendidikan. Buku ini akan memberikan cara pandang yang lebih luas dan mendalam terkait ilmu kependidikan

Pendidikan karakter akan berjalan efektif dan utuh jika melibatkan tiga institusi, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Pendidikan karakter tidak akan berjalan dengan baik jika mengabaikan salah satu institusi, terutama keluarga.

Peran Fisikawan Indonesia dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan, Sains, dan Teknologi sebagai Upaya Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas di Era Society 5.0

Buku ini berisikan kumpulan Ilmu Ilmiah Fisika, dimana ide-ide yang tertuang dalam paper tersebut diharapkan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan keilmuan dan karya-karya yang lebih hebat dari yang pernah ada. Penyusunan buku ini didasarkan pada pentingnya perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju, sehingga diharapkan buku ini dapat menjadi acuan untuk pengembangan ilmu dan teknologi kedepannya.

Buku ini berisikan kumpulan Ilmu Ilmiah Fisika, dimana ide-ide yang tertuang dalam paper tersebut diharapkan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan keilmuan dan karya-karya yang lebih hebat dari yang pernah ada.

Konsep Dasar Ilmu Pendidikan

Penulisan buku Konsep Dasar Ilmu Pendidikan bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku Konsep Dasar Ilmu Pendidikan ini terdiri dari 9 bab yaitu: Bab 1 Konsep dan Teori Dasar Pendidikan Bab 2 Konsep Hubungan antara Manusia dan Pendidikan Bab 3 Jenis Lingkungan Pendidikan Bab 4 Konsep Pendidikan Seumur Hidup (Lifelong Education) Bab 5 Konsep Sistem Pendidikan Nasional Bab 6 Konsep Inovasi Pendidikan Bab 7 Dasar dan Tujuan Pendidikan Bab 8 Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem Bab 9 Demokrasi Pendidikan

Zahroh, S. and Na'imah, N. (2020) 'Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School', Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), pp.

Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan SDM bagi pembangunan bangsa dan negara. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mengakibatkan perubahan dan pertumbuhan kearah yang lebih kompleks. Hal ini menimbulkan masalah-masalah sosial dan tuntutan-tuntutan baru yang tidak dapat diramalkan sebelumnya, sehingga pendidikan selalu menghadapi masalah karena adanya kesenjangan antara yang diharapkan dengan hasil yang dapat dicapai dari proses pendidikan Untuk mengatasi masalah tersebut, peranan pendidikan sangat dibutuhkan. Pendidikan menuntut adanya perhatian dan partisipasi dari semua pihak. Dengan adanya pendidikan akan dapat mencerdaskan siswa serta membentuk manusia seutuhnya yaitu manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pembangunan pendidikan seharusnya diutamakan karena suatu kemajuan bangsa dapat dilihat dari kemajuan pendidikan. Oleh karena itu komponen-konmponen yang ada dalam proses pendidikan seperti siswa, guru, proses belajarmengajar, manajemen, layanan pendidikan serta sarana penunjang lainnya harus terkoordinasi dan bekerjasama dengan baik.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) PAUD ialah pendidikan dan pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir hingga ... Pendidikan dasar sembilan tahun ini merupakan bentuk Program Wajib Belajar yang dicanangkan 118 ______ ______ Ilmu ...

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia. Adapun dalam konsep formal, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki potensi spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara yang berlangsung seumur hidup (life long education). Hal ini sejalan dengan apa yang tercantum dalam Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 bahwa pendidikan merupakan upaya sistematis untuk melahirkan situasi belajar dan aktivitas pembelajaran yang kondusif sehingga siswa bisa dengan leluasa memaksimalkan potensinya di bidang apapun mulai dari kecerdasan, akhlak, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia.

ILMU PENDIDIKAN ISLAM ANALISIS TENTANG AGAMA, PENDIDIKAN DAN SAINS PERSPEKTIF PEMIKIRAN TOKOH Naquib al-Attas - Ismail Raji al-Faruqi – Mehdi Golshani – Hasyim Asy’ari – Ahmad Dahlan – Hasan Langgulung

Al-Attas, al-Faruqi, Golshani, Hasyim Asy’ari, Ahmad Dahlan, dan Hasan Langgulung memberikan inspirasi untuk upaya perbaikan dalam pendidikan Islam. Meski dengan kemampuan yang berbeda, berdasarkan latar belakang pendidikan yang berbeda serta masa yang berbeda. Namun, tokoh-tokoh tersebut sangat peduli akan pendidikan Islam.

Al-Attas, al-Faruqi, Golshani, Hasyim Asy’ari, Ahmad Dahlan, dan Hasan Langgulung memberikan inspirasi untuk upaya perbaikan dalam pendidikan Islam.