Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Buku Panduan Video Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak- Kanak

Metode pembelajaran terhadap anak usia dini sangat menentukan keberhasilan pendidikan untuk masa yang akan datang. Metode tersebut juga memerlukan penyesuaian- penyesuaian atau adaptasi terhadap perkembangan sosial yang dipengaruhi oleh perkembangan sain dan teknologi. Dengan semakin maraknya alat-alat digital yang ada di lingkungan anak-anak maka anak-anak sudah menjadi kelompok digital native ( orang yang dibesarkan dalam lingkungan yang sudah familiar dengan alat- alat digital). Untuk hal tersebut tentu perlu penyesuaian-penyesuaian di dalam metode pengajaran. Dengan memanfaatkan audio video di dalam metode pembelajaran, adalah salah satu upaya untuk menyesuaikan kebutuhan anak dan kebiasaan anak yang telah berada ada di dalam era digital yang sangat maju ini. Untuk memberikan arah bagaimana metode pembelajaran yang baik untuk anak tentu guru- guru PAUD juga harus memahami bagaimana cara metode pengajaran yang update sesuai dengan perkembangan anak di lingkungannya. Untuk itu buku panduan video berbasis model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak di Taman Kanak-kanak ini, perlu disosialisasikan dan dimanfaatkan oleh guru PAUD sebagai salah satu referensi dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk anak-anak PAUD saat ini. Saya berharap kiranya buku panduan ini dapat dimanfaatkan seefektif mungkin di dalam memajukan pendidikan kedepan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Drs. Melfi. M. Si NIP. 196605061986021005

Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3). Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati ... Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia. Adapun dalam konsep formal, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki potensi spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara yang berlangsung seumur hidup (life long education). Hal ini sejalan dengan apa yang tercantum dalam Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 bahwa pendidikan merupakan upaya sistematis untuk melahirkan situasi belajar dan aktivitas pembelajaran yang kondusif sehingga siswa bisa dengan leluasa memaksimalkan potensinya di bidang apapun mulai dari kecerdasan, akhlak, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia.