Sebanyak 92 item atau buku ditemukan

TELAAH FILSAFAT PENDIDIKAN Edisi Revisi

Buku dengan judul Telaah Filsafat Pendidikan ini adalah sebuah buku yang mengangkat tema Filsafat dalam dunia pendidikan. Mengupas arti serta definisi pendidikan dalam segi filsafat, juga mendalami makna pendidikan dari sudut pandang filosofinya. Dalam buku ini dijabarkan tentang pengertian dan ruang lingkup filsafat pendidikan, latar belakang, filosofi, sampai dengan kajian psikologi yang terdiri dari beberapa aliran, juga penelitian tindakan kelas terhadap para pendidik, guru maupun dosen. Manfaat buku ini diharapkan dapat memberikan pengertian tentang filsafat pendidikan dalam kehidupan. Manfaat pendidikan itu sendiri dijelaskan secara filsafat antara lain sebagai dasar dalam bertindak. Sebagai dasar dalam mengambil keputusan. Untuk mengurangi salah paham dan konflik. Untuk bersiap siaga menghadapi situasi dunia yang selalu berubah. Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik, baik potensi fisik, potensi cipta, rasa maupun karsanya agar potensi tersebut menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan organis, harmonis, dan dinamis, guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan.

Buku dengan judul Telaah Filsafat Pendidikan ini adalah sebuah buku yang mengangkat tema Filsafat dalam dunia pendidikan.

Filsafat Pendidikan Islam : Varian Aliran Pemikiran Pendidikan Islam

Buku ajar yang berjudul Filsafat Pendidikan Islam ini merupakan buku yang disusun oleh dosen pengampu mata kuliah program S-1 program studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pendidik Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiya Ponorogo ...

Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan

Pendidikan memerlukan filsafat sehingga peran Filsafat pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada para perencana pendidikan, dan orang-orang yang bekerja dalam bidang pendidikan. Filsafat pendidikan terdiri dari apa yang diyakini seseorang mengenai pendidikan, merupakan sekumpulan prinsip yang membimbing tindakan professional seseorang. Inilah mengapa para calon pendidik menjadi penting mempelajari Filsafat Pendidikan. Buku ini merupakan pengantar bagi mahasiswa/i yang ingin mendalami lebih jauh berkenaan dengan filsafat pendidikan. Semoga buku ini dapat memberikan kemudahan bagi pembaca dan semoga ada berkahnya bagi penyusun.

Pendidikan memerlukan filsafat sehingga peran Filsafat pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada para perencana pendidikan, dan orang-orang yang bekerja dalam bidang pendidikan.

Filsafat Pendidikan Islam

Filsafat Pendidikan Islam, kalau dipisah urutan kata per kata, maka masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda. Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan jawaban atau pemecahan terhadapnya telah menimbulkan teori-teori dan sistem pemikiran (isme), oleh karena itu filsafat dimulai oleh rasa heran, bertanya dan memikirkan tentang asumsi-asumsi kita yang fundamental (mendasar). Adapun pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan. Sedangkan Islam adalah sebuah agama samawi yang Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan kepada menusia dengan pengutusan Nabi Muhammad Shalallohu ‘alaihi wa Salam untuk kebahagian umat manusia di dunia dan akhereta. Sehingga Islam sebagai agama adalah jalan hidup, pandangan hidup, dan nilai-nilai yang dipegang oleh umatnya. Menurut Islam pendidikan adalah pemberi corak hitam putihnya perjalanan hidup seseorang. Oleh karena itu ajaran islam menetapkan bahwa pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang wajib hukumnya bagi pria dan wanita, dan berlangsung seumur hidup, semenjak dari buaian hingga ajal datang. Tetapi, kalau lah disatukan ke tiga kata tersebut, Filsafat Pendidikan Islam, maka ia menjadi sebuah objek pembahasan ilmu dan pengetahuan, yang memiliki definisi tersendiri. Yaitu, sesuatu disiplin ilmu yang mengkajian secara filosofis mengenai masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al Qur’an dan al Hadist sebagai sumber primer, dan pendapat para ahli, khususnya para filosof Muslim, sebagai sumber sekunder.

Filsafat Pendidikan Islam, kalau dipisah urutan kata per kata, maka masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Rekonstruksi Filsafat Pendidikan Islam: Studi Pemikiran Syed Muhammad Naquib al Attas: Bintang Pustaka

Implikasi atas konsep ‘ta’dib” dalam pendidikan Islam meliputi perubahan sistem, perubahan tujuan, bentuk, dan kurikulum, serta ta’dib sebagai proses penanaman adab penempatan ank didik pada tempatnya yakni pada puncak moralitas, adab, etika. Ini merupakan usaha untuk mengembalikan pendidikan Islam kepada tujuan yang hakiki, mewujudkan manusia universal atau insan kamil. Tawaran konsep filsafat pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al Attas tidak selesai pada tataran dialektika ilmiah, tetapi Syed Muhammad Naquib al Attasmengaktualisasikanya dengan berdirinya International Institut Of Islamic Though and Civilization atau Instusi Antar Bangsa pemikiran dan Tamadun Islam- ISTAC. Dengan ISTAC Syed Muhammad Naquib al Attas mengahdirkan pembaruan pendidikan Islam dan pembaruan Arsitektur Islam yang menyimbolkan betapa istimewanya kedudukan kaum berilmu di tengah peradaban.

Implikasi atas konsep ‘ta’dib” dalam pendidikan Islam meliputi perubahan sistem, perubahan tujuan, bentuk, dan kurikulum, serta ta’dib sebagai proses penanaman adab penempatan ank didik pada tempatnya yakni pada puncak moralitas, ...