Sebanyak 186 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Technopreneurship – Panduan Bisnis Berbasis Teknologi

KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan Puja dan Puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas segala anugerahNya sehingga buku Technopreneurship ini dapat terselesaikan. Buku Technopreneurship atau kewirausahaan ini sangat perlu dipelajari dan dipraktekkan oleh para ahli teknik yang memilih menjadi manajer pada usahanya sendiri dan tidak memilih profesi sebagai pegawai atau tenaga kerja bagi orang lain. Alumni Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) bukan saja harus terampil dalam teknis operasional pekerjaan, tapi uga harus terampil dalam merencanakan dan menangkap peluang bisnis yang ada di sekitarnya. Tanpa pengetahuan kewirausahaan, seorang alumni akan bekerja tanpa arah, sehingga lambat dalam mencapai hasil optimal. Sebaliknya dengan bekal pengetahuan yang memadai diharapkan akan muncul calon-calon pengusaha unggul yang menjunjung tinggi etika bisnis, jujur, bernurani dan berfokus pada kepuasan stakeholders menuju masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. Penulisan bahan ajar untuk mata kuliah Technopreneurship ini memuat berbagai pengetahuan kewirausahaan yang dibutuhkan mahasiswa ketika nanti mereka bekerja. Bahan ajar berfungsi sebagai seperangkat materi yang disusun sistematis yang digunakan oleh pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan belajar. Dengan adanya bahan ajar ini diharapkan semua pihak yang berkepentingan dapat menjelaskan secara sistematis dan terstruktur tujuan instruksional yang akan dicapai sesuai standar kompetensi yang ditetapkan. Dengan selesainya penyusunan bahan ajar ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu, terutama kepada Bapak I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., selaku Direktur Politeknik Negeri Bali (PNB) dan Bapak Dr. Ir. I Gede Santosa, M.Erg., selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin PNB yang telah memberikan motivasi dan dukungan terus menerus bagi selesainya penulisan bahan ajar ini. Terima kasih juga disampaikan kepada Ibu Luh Putu Ike Midiani,ST.,MT., yang telah menyumbangkan materi untuk penyusunan buku ini serta Bapak I Nyoman Suamir, ST., M.Sc., Ph.D. yang memberikan format penulisan buku ini. Semoga bahan ajar mata kuliah Technopreneurship ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya bagi para mahasiswa. Denpasar, 15 Juni 2020 Penyusun

Di dalam usahanya, mereka menetapkan suatu nilai dasar yang harus diikuti oleh para wirausahawan, bahwa inovasi harus merupakan karakteristik utama dari usaha-usaha kewirausahaan. Kreativitas adalah hakekat dari tindakan-tindakan ...

Buku Ajar Perilaku Organisasi

Perilaku organisasi merupakan dasar pengetahuan bagi seseorang agar dapat berkomunikasi, bertindak tepat secara konteks organisasi. Dunia bisnis yang berkembang dengan cepat yang perubahannya dapat dikatakan cenderung sulit untuk diprediksi membutuhkan pribadi-pribadi yang dapat menjadi quick learner dan team player. Buku ajar ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, sederhana, mengutip sumber literatur yang ba-ik serta menggunakan artikel darl Harvard Business Review (HBR) sebagai tambahan pengetahuan bagi mahasiswa terkait isu-isu yang sedang berkembang secara global. Buku ini akan membantu mahasiswa mengerti konsep perilaku seorang sebagai individu maupun secara kelompok, tim dan sebagai kesatuan entitas organisasi

Perilaku organisasi merupakan dasar pengetahuan bagi seseorang agar dapat berkomunikasi, bertindak tepat secara konteks organisasi.

Buku Ajar Perilaku Organisasi

Buku ini merupakan himpunan dari beberapa topik tentang perilaku organisasi bagi mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan. Diharapkan dapat bermanfaat, tidak terbatas bagi para mahasiswa yang masih aktif, dosen dan juga untuk para mahasiswa yang sedang proses perkuliahan atau menyelesaian penelitian sosial bidang perilaku organisasi. Bagi para mahasiswa dan dosen dapat berguna sebagai bahan referensi dan bagi para praktisi dapat dijadikan panduan pada pengambilan keputusan organisasi, penilaian kinerja organisasi dan motivasi karyawan.

Buku ini merupakan himpunan dari beberapa topik tentang perilaku organisasi bagi mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan.

BUKU AJAR TEORI PERILAKU ORGANISASI

Teori organisasi secara umum adalah bisa diartikan sebagai suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas secara terstruktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama. Teori organisasi adalah teori yang berusaha menerangkan/meramalkan bagai mana organisasi dan orang didalamnya berprilaku dalam berbagai struktur organisasi, budaya lingkungan, untuk mencapai tujuan.

Teori organisasi secara umum adalah bisa diartikan sebagai suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas secara terstruktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama.

Buku Ajar Manajemen Operasional

Buku ajar ini dibuat mengacu pada RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang disusun oleh tim penulis, oleh karena itu buku ajar ini dibagi dalam 12 Bab, sehingga dapat disesuaikan dengan CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) yang ingin dicapai yaitu 11 Kompetensi Akhir (KA) yang direncanakan akan ditempuh dalam 14 kali tatap muka, selain itu akan dialokasikan waktu pada minggu ke-8 untuk Ujian Tengah Semester, dan minggu ke-16 untuk Ujian Akhir Semester. Buku ajar ini di desain sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan jumlah tatap muka yang tersedia agar memudahkan implementasi dari buku ajar ini.

Buku ajar ini dibuat mengacu pada RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang disusun oleh tim penulis, oleh karena itu buku ajar ini dibagi dalam 12 Bab, sehingga dapat disesuaikan dengan CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) yang ingin ...

BUKU AJAR PSIKOLOGI KONSELING

Internet-mediated psychotherapy: Are we ready for the ethical challenges? Indian
Journal of Medical Ethics, 12(4), 220–227. https://doi.org/10.20529/ijme.
2015.058 Wibowo, N. C. H. (2016). Bimbingan Konseling Online. Jurnal Ilmu
Dakwah, ...

Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS

Kurikulum sebagai program pendidikan yang telah direncanakan secara sistematis mengemban peranan sebagai berikut: 1. Peranan Konservatif, salah satu tanggung jawab kurikulum adalah mentransmisikan dan menafsirkan warisan sosial kepada generasi muda. Dengan demikian, sekolah sebagai suatu lembaga sosial dapat mempengaruhi dan membina tingkah laku para siswa dengan nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat, sejalan dengan peranan pendidikan sebagai suatu proses sosial. Karena pendidikan itu sendiri pada hakekatnya berfungsi pula menjembatani antara siswa dengan orang dewasa didalam proses pembudayaan yang semakin berkembang menjadi lebih kompleks, dan disinilah peranan kurikulum turut membantu proses tersebut. 2. Peranan Kritis/Evaluatif, kebudayaan senantiasa berubah dan sekolah tidak hanya mewariskan kebudayaan yang ada, melainkan juga menilai, memilih unsur-unsur kebudayaan yang akan diwariskan. Dalam hal ini, kurikulum turut aktif berpartisipasi dalam kontrol sosial dan menekankan pada unsur berpikir kritis. Nilai–nilai sosial yang tidak sesuai lagi dengan keadaan masa mendatang dihilangkan dan diadakan modifikasi dan perbaikan, sehingga kurikulum perlu mengadakan pilihan yang tepat atas dasar kriteria tertentu. 3. Peran Kreatif, kurikulum melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan konstruktif, dalam arti mencipta dan menyusun sesuatu yang baru sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang dalam masyarakat. Guna membantu setiap individu mengembangkan semua potensi yang ada padanya, maka kurikulum menciptakan pelajaran, pengalaman, cara berpikir, kemampuan dan keterampilan yang baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Buku Buku ajar kurikulum bahan dan media pembelajaran PLS ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Buku ajar kurikulum bahan dan media pembelajaran PLS ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

BUKU AJAR PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENULISAN ILMIAH

Sejak beberapa tahun belakangan, salah satu tolok ukur kemampuan intelektual dalam dunia akademis adalah kemampuan menulis yang juga harus dimiliki oleh mahasiswa S1. Saat ini, karya tulis mahasiswa berupa skripsi diunggah dan dapat diakses secara daring yang artinya dapat dibaca oleh siapa saja. Konsekuensinya adalah skripsi yang ditulis seharusnya karya yang ditulis semaksimal mungkin sesuai dengan tata cara penulisan akademik. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan menghasilkan artikel ilmiah, dari skripsi tersebut, yang dimuat pada jurnal daring. Dengan kewajiban akademik tersebut dan dengan menimbang banyaknya kendala yang dihadapi mahasiswa ketika menulis skripsi, maka lahirnya mata kuliah Pengembangan Kompetensi Penulisan Ilmiah (PKPI) ini diharapkan dapat membantu mahasiswa. Mata kuliah PKPI merupakan mata kuliah yang relatif baru di Prodi PPKN. Mata kuliah ini mulai diberikan kepada mahasiswa semester ketujuh sejak tahun 2018.

Sejak beberapa tahun belakangan, salah satu tolok ukur kemampuan intelektual dalam dunia akademis adalah kemampuan menulis yang juga harus dimiliki oleh mahasiswa S1. Saat ini, karya tulis mahasiswa berupa skripsi diunggah dan dapat diakses ...

BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL: KEAHLIAN MINIMUM UNTUK TEKNIK PENULISAN ILMIAH

Pentingnya publikasi ilmiah tidak akan dibahas lagi secara mendalam, baik dalam pengantar maupun isi dalam buku ini, karena saat ini banyak pihak telah mengampanyekan bahasan ini. Jadi, penulis tidak akan melakukan kilas balik lagi apalagi memperdebatkan pentingnya publikasi dan penyebaran gagasan dan temuan ilmiah. Buku ini hadir karena kegelisahan penulis akan banyaknya kebutuhan mahasiswa (tingkat sarjana) untuk mendapatkan materi/bahan ajar terkait teknik sederhana dalam menulis ilmiah, terutama untuk memenuhi kewajiban mereka dalam menulis artikel jurnal maupun skripsi. Penulis menggunakan pengalaman pribadinya dalam menyusun buku ini. Pengalaman sebagai pemimpin redaksi pada jurnal Forest and Society (http://journal.unhas.ac.id/index.php/fs), yang setiap saat menilai naskah yang masuk di meja redaksi, serta mengawal proses peer review (pengulasan sejawat) oleh mitra bestari, dijadikan sebagai acuan utama dalam menyusun buku ini. Selain itu, penulis juga mengompilasikannya dengan sumber dan rujukan lainnya. Penulis merasakan adanya kebutuhan akan buku ajar yang sederhana dan mudah di aplikasikan bagi tenaga pengajar/fasilitator penulisan dan juga bagi mahasiswa atau pembelajar. Buku ajar ini secara khusus diharapkan agar bermanfaat buat para dosen untuk menyiapkan bahan pembelajaran dalam mengajarkan kepada mahasiswa tentang keahlian yang minimal dalam menulis ilmiah, terutama pada mata kuliah metodologi penelitian sosial.

Pentingnya publikasi ilmiah tidak akan dibahas lagi secara mendalam, baik dalam pengantar maupun isi dalam buku ini, karena saat ini banyak pihak telah mengampanyekan bahasan ini.

Buku Ajar Manajemen Risiko

Buku yang berisi teori dan implementasi manajemen risiko dalam dunia kerja.

Buku yang berisi teori dan implementasi manajemen risiko dalam dunia kerja.