Sebanyak 156 item atau buku ditemukan

Ilmu Ushul Fiqih

1 & 2

Buku ini menghadirkan semua aspek ushul fiqih dalam bahasan komprehensif dan sistematis yang dinarasikan dengan gaya bahasa dan logika yang mudah dicerna oleh para pemula sekalipun. Berbagai contoh yang mengiringi uraian dalam buku ini merupakan daya tarik utama buku ini di dalam menjembatani antara konsep dan kaidah ushuli dengan aplikasi di dunia nyata. Ushul fiqih adalah sarana penting di dalam memahami dan bahkan menganalisis berbagai praktik hukum Islam, karena itu penguasaan ilmu ini merupakan syarat penting untuk meletakkan hukum Islam dalam posisi akal. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Ushul fiqih adalah sarana penting di dalam memahami dan bahkan menganalisis berbagai praktik hukum Islam, karena itu penguasaan ilmu ini merupakan syarat penting untuk meletakkan hukum Islam dalam posisi akal. *** Persembahan penerbit ...

Pemikiran dan praktek perencanaan dalam era transformasi di Indonesia

Some thoughts on national development plan strategy in Indonesia.

Manusia berada dalam kondisi ' terbelakang ' karena salah mereka sendiri Hanya melihat pentingnya harmoni , menhindari konflik dan kontradiksi TABEL 1 PETA PARADIGMA PENDIDIKAN • V Paradigma Liberal Keterbelakangan masyarakat adalah ...

Levinas, Subjectivity, Education

Towards an Ethics of Radical Responsibility

Levinas, Subjectivity, Education explores how thephilosophical writings of Emmanuel Levinas lead us to reassesseducation and reveals the possibilities of a radical newunderstanding of ethical and political responsibility. Presents an original theoretical interpretation of EmmanuelLevinas that outlines the political significance of his work forcontemporary debates on education Offers a clear analysis of Levinas’s centralphilosophical concepts, including the place of religion in hiswork, demonstrating their relevance for educational theorists Examines Alain Badiou’s critique of Levinas’swork Considers the practical implications of Levinas’ theoriesfor concrete educational practices and frameworks

In his response to A Common Word, the Archbishop of Canterbury emphasized
the need for further reflection on what loving the neighbour means: We support
the clear affirmation in your letter, through texts from the Qur'an and the Bible, ...

Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Teori, Penerapan, dan Riset Nyata

Buku ini dirancang untuk memenuhi materi mata kuliah metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Buku ini memaparkan materi tentang bab-bab yang sangat dibutuhkan untuk penelitian. Selain itu, buku ini juga disusun secara lengkap dan praktis, sehingga diharapkan dapat menjadi tuntunan bagi mahasiswa maupun peneliti kuantitatif dan kualitatif yang menghendaki adanya panduan penelitian yang praktis, lengkap, dan mudah dipahami. Dalam buku ini ada 11 bab sebagai berikut: 1. Penelitian dan Ilmu Pengetahuan; 2. Penelitian Kuantitatif; 3. Judul serta Pendahuluan Penelitian Kuantitatif; 4. Tinjauan Pustaka, Penelitian Terdahulu, Kerangka Pemikiran, Pengembangan Hipotesis Penelitian Kuantitiaif; 5. Jenis Penelitian Kuantitatif; 6. Variabel, Definisi Operasional, Populasi, dan Sampel Penelitian Kuantitatif; 7. Jenis, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data, dan Susunan Proposal Penelitian Kuantitatif; 8. Penelitian Kualitatif; 9. Judul serta Pendahuluan Penelitian Kualitatif; 10. Tinjauan Pustaka, Uji Keabsahan, Susunan Proposal Penelitian Kualitatif; 11. Contoh Penelitian (Kuantitatif).

Buku ini dirancang untuk memenuhi materi mata kuliah metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Pendidikan Agama Islam Multidisipliner Telaah Teori dan Praktik Pengembangan PAI di Sekolah dan Perguruan Tiggi

Pendidikan Agama Islam (PAI) selama ini belum menggunakan pendekatan yang tepat. Akibatnya, menurut penilaian Mochtar Buchori maupun Soedjatmoko, kegiatan PAI yang berlangsung selama ini cenderung bersikap menyendiri, kurang berinteraksi dengan kegiatan-kegiatan pendidikan lainnya. PAI harus berinteraksi dan bersinkronisasi dengan pendidikan lainnya, jika menginginkan pembelajaran PAI yang relevan dan responsif terhadap perkembangan zaman. Menurut penilaian saya, sebenarnya PAI dengan mata pelajaran atau mata kuliah lainnya bisa dipadukan melalui pendekatan pembelajaran terpadu. Setidaknya, pelajaran maupun perkuliahan PAI itu dapat didialogkan dengan pelajaraan maupun perkuliahan disiplin ilmu lainnya baik sejarah, sosiologi, ekonomi, geografi, kesenian, biologi, fisika, kimia, matematika, astronomi, kedokteran, farmasi dan sebagainya. Untuk mengatasi problem tersebut perlu ditemukan solusinya. Salah satu solusi ini adalah PAI Multidisipliner. Kementerian Agama telah berupaya merintis solusi itu dengan mengarahkan dan menetapkan pembukaan program studi PAI baru yang mencerahkan dan mendukung integrasi Islam dengan ilmu pengetahuan khususnya pada tingkat pascasarjana S-3, seperti PAI Multidisipliner. Solusi yang diprakarsai oleh Kemenag ini paling tidak berupaya menjawab salah satu problem PAI dari sudut pendekatan, yang mana PAI disinyalir oleh para kritikus sebagai kegiatan pembelajaran/perkuliahan yang cenderung mengisolasi tersebut. Buku ini mengulas secara lebih sistematis, baik secara teori Ilmu Pendidikan Islam maupun praktiknya, dengan menghadirkan problem-problem mendasar dalam pendidikan Islam. Juga mengenai isu-isu kontemporer terkait tantangan dan peluang pendidikan Islam. Penulis menawarkan konsep pengembangan pendidikan agama Islam berbasis Multidisipliner di sekolah/madrasah dan perguruan tinggi (Islam). Buku ini juga menyertakan contoh-contoh tematik terkait PAI Multidisipliner dengan poin kajian disiplin keilmuan yang menantang, yakni logika saintifik, ekonomi, tasawuf, dan tradisi atau budaya.

Pembelajaran dengan model active learning dengan turunan berbagai macam metode, teknik, dan taktik pembelajaran adalah perlu dipilih dan dipraktekkan oleh guru-dosen pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Classroom Management untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan

Buku ini diperuntukkan sebagai referensi bagi mahasiswa jurusan pendidikan yang baru mengenal kajian manajemen kelas. Mahasiswa diberikan gambaran umum tentang pemahaman manajemen kelas dan elemen-elemen yang ada di dalamnya. Isu manajemen kelas sebagai bagian dari konteks formal pembelajaran dalam sistem persekolahan dan isu yang terkait dengan kebijakan pemangku kepentingan terkait dengan yang hal-hal berkelindan dengan praksis pengelolaan kelas pada tataran persekolahan formal menjadi bahan pembahasan buku ini. Selain itu, hubungan antara manajem kelas dengan motivasi belajar siswa sebagai salah satu variabel yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa juga menjadi topik buku ini. Mengelola keterlibatan siswa dan dimensi afektif dalam pengelolaan kelas menjadi bahan diskusi tentang bagaimana sikap siswa mempengaruhi keterlibatan mereka di dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, guru dan praktisi pembelajaran lainnya diharapkan mampu mengelola interaksi pembelajaran ini agar terjadi interaksi pedagogis yang bermakna bagi perkembangan kognisi siswa, lepas dari gangguan yang tidak perlu. Tidak melewatkan bahasan mengenai integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di dalam pembelajaran. Sebagaimana kita ketahui saat ini para siswa baik di tingkat dasar maupun menengah telah sangat akrab dengan teknologi khusunya internet. Beberapa varian pembelajaran menggunakan TIK sebagai media pembelajaran seperti e-learning, online learning, dan blended learning menjadi bahasan dalam buku ini.

Buku ini diperuntukkan sebagai referensi bagi mahasiswa jurusan pendidikan yang baru mengenal kajian manajemen kelas.

Sejarah Hukum Islam Nusantara

Buku yang ada di tangan pembaca berisi mengenai sejarah hukum Islam di beberapa daerah yang pernah memiliki kesultanan di Nusantara ini. Pasti ada yang bertanya mengapa hanya beberapa kesultanan yang dibahas di dalam buku ini? Jawabannya sederhana bagi sejarawan seperti saya: karena ketiadaan sumber untuk mendedahkan hukum Islam di beberapa kesultanan yang ada di Nusantara. Dengan demikian, apa yang terdapat di dalam buku ini, semata-mata keberadaan sumber untuk menuliskannya. Tanpa sumber dan historiografi, adalah hal yang mustahil menuliskan satu kesultanan tertentu. Buku tentang sejarah hukum Islam Nusantara ini dapat mengisi kekosongan buku daras tentangætarikh tasyriæNusantara, di lingkungan Fakultas Syariah atau Fakultas Hukum, baik di lingkungan perguruan tinggi Islam (UIN/IAIN/STAIN) maupun perguruan tinggi umum. Buku ini juga dapat menjadi bacaan umum bagi mereka yang ingin mengetahui keberadaan hukum Islam di Nusantara pada masa lampau. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

Buku tentang sejarah hukum Islam Nusantara ini dapat mengisi kekosongan buku daras tentangætarikh tasyriæNusantara, di lingkungan Fakultas Syariah atau Fakultas Hukum, baik di lingkungan perguruan tinggi Islam (UIN/IAIN/STAIN) maupun ...

100% Ibadah

Buku ini mencoba untuk mengulas hal-hal ringan yang berada di sekitar kita yang sebenarnya memiliki nilai ibadah yang luar biasa namun sering kita mengabaikannya. Dengan bahasa yang ringan, buku ini mencoba menuangkannya dalam kerangka berpikir yang logis dan sesederhana mungkin, agar bisa diaplikasikan pada diri sendiri dengan sedikit membalikkan pandangan yang selama ini kita yakini benar. Dengan harapan bahwa kebiasaan-kebiasaan ini cepat atau lambat dapat jadikan kebutuhan hidup dalam meningkatkan kualitas ibadah. Buku sederhana yang mengungkap beberapa kebiasaan yang dianggap sepele tapi sebenarnya mempunyai nilai ibadah yang luar biasa. Bahkan bisa membuka mata dan pikiran tentang arti sebuah ibadah yang sesungguhnya. Semoga kita semua termasuk dalam golongan ahli ibadah, aamiin...

Buku ini mencoba untuk mengulas hal-hal ringan yang berada di sekitar kita yang sebenarnya memiliki nilai ibadah yang luar biasa namun sering kita mengabaikannya.