Sebanyak 167 item atau buku ditemukan

Ushul Fiqh

Dari Nalar Kreatif Menuju Nalar Progresif

Secara etimologis, ushul fikih berarti pondasi fikih. Itu berarti, fikih dibangun di atas pondasi yang kokoh. Pondasi itu dinamakan metodologi. Karena itu, ushul fiqh sering juga disebut sebagai metodologi hukum Islam, yaitu ilmu yang membahas tentang sejumlah metode penemuan dan penetapan hukum Islam. Baik metode (ushul fiqh) maupun fikih (sebagai hasil dari penerapan metode), keduanya adalah upaya kreatif maksimal ulama ushul (ushûliyyûn) dan fikih (fuqahâ). Buku ini membahas sejumlah metode-metode kreatif ulama ushul (ushûliyyûn) dan fikih (fuqahâ) dalam menggali, mengeluarkan, menemukan dan menetapkan hukum. Buku ini menyuguhkan kesegaran bagi pemikiran hukum Islam yang kontekstual dan sesuai semangat zaman. Pada bab awal, pembahasan buku ini terlebih dahulu menyentuh makna, sejarah, objek kajian dan berbagai aliran ushul fikih. Memasuki bab selanjutnya, sumber penetapan hukum baik Sunni dan Syiah hingga dalil-dalil penetapan hukumnya dikuliti. Pertengahan isi buku ini kemudian juga mengetengahkan diskusi-diskusi terkait ijtihad hingga kaidah Ushûliyyah dan Fiqhhiyyah. Selain itu, dibahas pula berbagai metode penemuan hukum Islam dan metode istinbâth hukum di Indonesia. Sebelum akhirnya Penulis menutupnya dengan mengajukan pembahasan soal teori-teori usul fikih progresif.

Pondasi itu dinamakan metodologi. Karena itu, ushul fiqh sering juga disebut sebagai metodologi hukum Islam, yaitu ilmu yang membahas tentang sejumlah metode penemuan dan penetapan hukum Islam.

Pendidikan agama dan kaitannya dengan libur sekolah bulan puasa

... KITA WAJIB BERAGAMA Drs . Hasbullah Bakry SH : NABI ISA DALAM QUR '
AN , NABI MUHAMMAD DALAM BIJBEL . ... Dr . Ahmad Asy - Syurbasi :
BIOGRAFI IMAM - IMAM EMPAT MAZHAB , Abdul Razak Naufal : AL - QUR ' AN
DAN ...

Tafsir Ibn Kathir Juz' 18 (Part 18)

Al-Muminum 1 to Al-Furqan 20 2nd Edition

This is Tafsir Ibn Kathir Part 18 0f 30. This Part of the Qur'an covers Surah 23: Al Muminum 001 To Surah 25: Al Furqan 020.The 30 Parts of this publication gather in one place all relevant information needed to make the Qur'an more understandable and easier to study. This publication provides the following: 1. The Arabic Text for those who are able to read the Arabic language2. An audio recording of this part of the Qur'an, in Arabic and English3. Transliteration of the Arabic text for those who are unable to read the Arabic script. This will give them a sample of the sound of the original Arabic Qur'an, which they could not otherwise comprehend from reading the English meaning only.4. The meaning of the qur'an in English(translated by Dr. Muhammad Taqi-ud-Din Al-Hilali, Ph.D. and Dr. Muhammad Muhsin Khan)5. abridged Tafsir (Explanation) by Ibn Kathir (translated under the supervision of Safi-ur-Rahman al-Mubarakpuri) We hope that by doing this an ordinary English-speaker will be able to pick up a copy of this book and study and comprehend The Glorious Qur'an in a way that is acceptable to the understanding of the Rightly-guided Muslim Ummah (Community). Keywords:Tafsir Part 18: translation english to arabic,arab translator,islamic books online,translation from english to arabic,quran english,buy islamic books,tamil quran,arabic translater,translation arabic english,translation arabic to english,online islamic bookstore,islamic website,islamic book stores,arabic islamic books,recitation of quran,holy quran audio,learn to read quran,learn quranic arabic,free english to arabic translation,translation of arabic to english,translate english to arabic,translate arabic english,english translation to arabic,translate from english to arabic

This is Tafsir Ibn Kathir Part 18 0f 30.

Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf)

Berbeda dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan Kurikulum 2013 yang didesain sebagai kurikulum nasional dalam pembelajaran di sekolah dan madrasah yang memiliki fokus dan spesifikasi indikator dalam bidang perencanaan sampai pada evaluasi proses pembelajaran pada madrasah ataupun sekolah tingkat nasional. Kurikulum pesantren merupakan serangkaian bahan, tujuan, isi dan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek “tafaqquh fiddien” nya guna mengukuhkan identitas kultur sekaligus sebagai pola yang berbeda dengan institusi pendidikan Islam dengan negara-negara lain, baik pada pesantren salaf maupun khalafnya. Salah satu fenomena yang urgen di pesantren salaf maupun pesantren khalaf tentang kurikulum khususnya pada metode dalam pembelajaran bahasa arab adalah pada pesantren salaf lebih menekankan penguasaan qowā’id nya daripada muhādasah saja, dan sebaliknya, pada pesantren khalaf lebih menekankan pada muhādasah saja daripada qowā’id nya, sehingga terdapat tantangan yang serius untuk dipecahkan agar pesantren salaf dan khalaf tetap survive dengan tidak meninggalkan substansi diktum pesantrennya, yaitu (al-muhāfadlatu ‘ala al-qodhīmi ash shālih ma’a al akhzu bī al jadīdi al ashlāh) (memelihara hal-hal baik yang telah ada sambil mengembangkan hal-hal yang baru yang lebih baik), sehingga penelitian berbasis pesantren merupakan suatu keharusan sebagai bentuk media ibadah ilmiah. Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Telaah Kurikulum

Buku ini berisikan 7 bab materi diantaranya adalah 1) Bab I model konsep kurikulum, 2) Bab II azas dan prinsip pengembangan kurikulum, 3) Bab III model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum, 4) Bab IV evaluasi kurikulum, 5) Bab V perkembangan kurikulum sekolah dari masa ke masa, 6) Bab VI kurikulum 2013, 7) Bab VII penelitian berbasis kurikulum. Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dipahami dan mengikuti perkembangan kurikulum saat ini. Penggunaan buku ini semoga bermanfaat untuk semuanya.

Buku ini berisikan 7 bab materi diantaranya adalah 1) Bab I model konsep kurikulum, 2) Bab II azas dan prinsip pengembangan kurikulum, 3) Bab III model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum, 4) Bab IV evaluasi kurikulum, 5) Bab ...

Pembelajaran Tematik SD/MI

Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masa depan hanya dapat terwujud apabila terjadi pergeseran atau perubahan pola pikir dalam proses pembelajaran. Pembelajaran harus berorientasi pada kegiatan pembelajaran interaktif berpusat pada siswa dengan mengedepankan proses pengamatan (riset), pemanfaatan multimedia, sehingga pengetahuan yang diperoleh semakin maksimal dan berdaya guna. Melihat perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, buku ini sangat menarik dan layak untuk diminati para akademisi sebagai bahan dasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD/MI. Buku ini juga dapat menjadi sumber belajar bagi para mahasiswa khususnya jurusan/prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Buku ini dapat menjadi bahan bacaan yang mudah dipahami serta mampu mengubah pola pikir para akademisi dalam melaksanakan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Buku ini disampaikan tujuan bagaimana seharusnya proses pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlangsung di SD/MI dengan membimbing peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi/HOTS (Higher Order Thinking Skills). Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini disampaikan tujuan bagaimana seharusnya proses pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlangsung di SD/MI dengan membimbing peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi/HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Pendidikan Karakter dlm Pembangunan Bangsa

Pembentukan karakter cerdas mestinya berada di mana-mana, di segenap upaya pendidikan dalam bentuk proses pembelajaran yang solid terintegrasikan. Untuk itu, upaya pendidikan dalam tataran teori, praksis dan praktiknya perlu, di satu sisi diharmonisasikan dalam rangka pembangunan karakter-cerdas yang dikehendaki bersama. Di sisi lain, pembangunan karakter, dalam hal ini karakter-cerdas melalui pendidikan diselenggarakan bagi setiap individu peserta didik yang hasilnya secara kumulatif membentuk kesatuan keluarga, masyarakat dan bangsa yang berkarakter-cerdas. Dengan kata lain, pembangunan karakter-cerdas bangsa ditempuh melalui pendidikan yang berpusat pada diri peserta didik.

Pembentukan karakter cerdas mestinya berada di mana-mana, di segenap upaya pendidikan dalam bentuk proses pembelajaran yang solid terintegrasikan.

Anak Special Needs

"""Membaca buku ini seprti membaca pikiran sendiri, karena pada saat ini kita sedang bergulat pemikiran untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi saudara-saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus. Tentu saja pergulatan ini jadi tidak mudah karena kita sudah terbiasa dengan dunia yang normal sehigga jika ada seseorang atau sekelompok orang yang tidak bisa masuk ke dalam kondisi""""normal"" mak stigmaa ""tidak normal"" menjadi tak terhindarkan."" Padahal ketika seseorang atau sekelompok oarng tidak mampu beradaptasi denagan ""normal"" tersebut, seharusnnya kita membantu mereka yuntuk tetap menjalani kehidupan ke arah yang lebih baik. Kesadaran itu berhasil dibandibangkitkan kembali oleh buku Sudahkah Kita Ramah Anak Spesial Needs?"" -- Farhan(Presenter)"""

"""Membaca buku ini seprti membaca pikiran sendiri, karena pada saat ini kita sedang bergulat pemikiran untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi saudara-saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus.