Sebanyak 69 item atau buku ditemukan

Ragam Tulisan Tentang Pancasila

KONTRIBUTOR: 1 Alice Helina Putri 2 Annisa Solehatun Nur Samsi 3 Azizah Ainul Rahmah 4 Dina Rosdianti 5 Elita Lifianingrum 6 Elma Dwiyani 7 Faisal Effendi 8 Febryana Ardhieta Wulandari 9 Garnis Widiya Rahayu 10 Hanifah Fauziah 11 Hosea Alexander 12 Ika Novita Sari 13 Ika Nurzannah 14 Ikroma Mula 15 Ina Magdalena, M.Pd. 16 Indah Adi Tyaningsih 17 Indri Antika 18 Ingee Rara Salsabilya 19 Iqbal Sirojudin 20 Latifatun Alifah 21 Lina Hasna Fatimah 22 Melyana Willy Saputri 23 Nadya Husna 24 Nanda Ayu Pytaloka 25 Nur Fitriyah 26 Nur Kholisah 27 Putri Kamila 28 Ratnaningtyas Putri W. 29 Rizki Ikhwan 30 Rosilawati 31 Rosmita Herlina 32 Sabrina Aprilia Dewi 33 Santi Dwi Suharti 34 Sidik Budiyono 35 Sridia Awalia Ningsih 36 Tri Wulandari 37 Uffaerotul Abdiyah 38 Vivi Rahmawati 39 Winna Ariyani 40 Yeni Emilia Putri 41Zinnia Dwi Pratiwi

KONTRIBUTOR: 1 Alice Helina Putri 2 Annisa Solehatun Nur Samsi 3 Azizah Ainul Rahmah 4 Dina Rosdianti 5 Elita Lifianingrum 6 Elma Dwiyani 7 Faisal Effendi 8 Febryana Ardhieta Wulandari 9 Garnis Widiya Rahayu 10 Hanifah Fauziah 11 Hosea ...

Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP

Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Guru merupakan tenaga kependidikan yang dituntut memiliki tingkat kemahiran dan keahlian yang memadai untuk melaksanakan tugas membimbing, mengajar, dan mendidik peserta didik agar mampu mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik itu secara optimal. Dengan kata lain, guru sebagai tenaga kependidikan harus mempunyai kualifikasi profesional yang perlu dikoordinasikan secara padu agar jasa kependidikannya terhadap peserta didik menjadi optimal dan utuh. Undang-undang Guru dan Dosen (UU no.14 tahun 2005) menyatakan bahwa guru profesional adalah guru yang mampu berperan untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan menggunakan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu. Sebuah hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru merupakan faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan pendidikan dinilai dari prestasi peserta didik (Sudarnoto, 2009). Lebih lanjut dijelaskan bahwa 36% prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor kualitas guru, faktor lainnya adalah manajemen (23%), waktu belajar (22%), dan sarana fisik (19%). Reformasi pendidikan dalam bentuk apapun yang dilakukan, seperti pembaharuan kurikulum, penyediaan sarana prasarana dan penerapan metode mengajar yang kreatif tanpa adanya peran guru yang berkualitas, maka peningkatan mutu pendidikan berpeluang besar tidak akan mencapai hasil maksimal. Tetapi faktanya, kualitas sebagian guru di Indonesia sebagai pendidik dan pengajar peserta didik masih dipertanyakan oleh masyarakat (Sudarnoto, 2009). Buku Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

D. Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bahasa Inggris ....................................................... 22 1. Kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris............................................................ 22 2.

Advanced E-business Research

International Trends & Issues

Since years, e-business research is subject of many conferences and publications. While researchers and practitioners often focus on e-business systems and applications, so far little attention has been given to the development of innovative and sustainable e-business models and solutions. This publication fills this gap by discussing the following key issues: What are challenges and opportunities for international e-business? What are the barriers and risks for companies implementing e-business models? How can they succeed in the long-term? In this context, this publication provides in-depth studies of consumer needs, cultural requirements as well as conditions of economic efficiency and successful implementation of e-business solutions. It is intended for e-business novices as well as advanced researchers and practitioners.

This publication fills this gap by discussing the following key issues: What are challenges and opportunities for international e-business? What are the barriers and risks for companies implementing e-business models?

PENERAPAN MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN (MFK) DI FASYANKES

Untuk meningkatkan kinerja fasilitas berupa sarana dan prasarana serta keselamatan di rumah sakit, puskesmas dan klinik agar berkualitas, maka dilakukan pengelolaan dalam Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku dan dikaji dengan memperhatikan manajemen risiko fasilitas. Manajemen Fasilitas dan Keselamatan di fasyankes ini mencakup 6 bidang meliputi : keselamatan dan keamanan, bahan berbahaya dan beracun (B3) serta limbahnya, manajemen penanggulangan bencana, sistem proteksi kebakaran, peralatan medis dan sistem penunjang. Dalam buku ini disajikan berbagai contoh penerapan manajemen fasilitas dan keselamatan di fasyankes, serta regulasi yang berkaitan dengan implementasi MFK di fasyankes. Semoga Buku ini berguna bagi Pokja MFK dalam mempersiapkan diri sebelum dilakukan penilaian akreditasi dan bagi pembaca sebagai bahan pembelajaran

Untuk meningkatkan kinerja fasilitas berupa sarana dan prasarana serta keselamatan di rumah sakit, puskesmas dan klinik agar berkualitas, maka dilakukan pengelolaan dalam Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) yang disesuaikan dengan ...

Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

Kurikulum menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (19) adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat dua dimensi kurikulum. Pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Supriatna, Dadang dan Mochamad Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain
Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan TK dan PLS. Trianto. 2009. Mendesain Model
Pembelajaran ...

JURNALISTIK DASAR: Trik Menulis Artikel Opini di Media Cetak & Online bagi Mahasiswa dan Pelajar

Perubahan-perubahan yang melanda jurnalisme saat ini membuat para pakar media banyak berpendapat bahwa kini yang penting bukan lagi merumuskan apa dan siapa wartawan itu, tetapi apa pekerjaan mereka yang sesungguhnya. Aktivitas menulis tidak ada hubungannya dengan bakat seseorang, yang ada adalah potensi. Kita semua memiliki potensi untuk bisa membuat karya menulis. Jika kita mengasah potensi dengan tekun dan baik, tentunya tidak menutup kemungkinan siapa saja akan mampu menjadi penulis yang tangguh dan handal. Keyakinan adalah modal utama dalam memulai segala sesuatu termasuk dalam dunia menulis. Yakinlah setiap kita pasti bisa melakukan aktivitas menulis. Tapi persoalannya adalah kita terlalu dibayangi rasa takut salah dalam menuangkan ide dan gagasan kita sendiri sehingga kita tidak pernah memulai untuk menulis? Mental takut salah dan tidak percaya diri harus disingkirkan jauh-jauh. Agar kita dan siapa pun yang memiliki keinginan membuat karya tulis bisa segera dimulai saat ini juga. Buku yang ada di tangan pembaca ini, dapat dijadikan motivasi sekaligus melengkapi referensi tentang “Memulai Membuat Karya Tulis di Media”, khususnya menulis artikel dan opini di media cetak. Buku ini bukan hanya memberikan tuntunan cara bagaimana membuat artikel secara praktis, tetapi semoga bisa menyadarkan siapa saja termasuk diri kita bahwa kita semua telah diberikan potensi oleh Tuhan untuk menjadi seorang penulis yang handal dan mungkin terkenal. Dan alangkah hebatnya jika potensi ini akan semakin melejit menjadi keahlian kita jika kita mampu secara rutin mengasahnya tanpa pernah bosan untuk mencoba.

Perubahan-perubahan yang melanda jurnalisme saat ini membuat para pakar media banyak berpendapat bahwa kini yang penting bukan lagi merumuskan apa dan siapa wartawan itu, tetapi apa pekerjaan mereka yang sesungguhnya.

Sejarah pendidikan daerah Sumatera Selatan

Masalah gedung seperti yang dilukiskan di atas , sehingga secara psikologis
kurang menguntungkan , murid - murid SMA merasa kurang mendapat
penghargaan dari Pemerintah / masyarakat , sehingga mereka merasa rendah
diri . b .