Sebanyak 59 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN KEUNGAN SEKOLAH

Konsep Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah

Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu didukung dengan kemampuan manajerial para pengelola pendidikan, hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber manajemen, baik personal maupun material, secara efektif danefisien guna menunjang tercapainya tujuan lembaga pendidikan secara optimal. Manajemen pendidikan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik limkungan pendidikan, kemampuan dan commitment (tanggung jawab terhadap tugas) pendidik dan tenaga kependidikan yang handal. Kesemuanya itu perlu dukung dengan sarana-prasarana yang memadai, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal diatas tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan (sekolah/madrasah) kurang optimal. Dengan demikian diperlukan adanya keseimbangan antara komponen-komponen di atas. Untuk mencapai keseimbangan tersebut, di perlukan sumberdaya manusia (SDM) profesinal yang mampu memahami prinsip-prinsip dan aplikasinya dalam pegelolaan keuangan. Oleh karena itu perlu dikelola dengan efektif dan efisien agar membantu pencapaian tujuan pendidikan. Untuk itu, kajian tentang pengelolaan keuangan di lingkungan pendidikan dibahas tuntas dalam mata kuliah Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan hadir, untuk memahami dan mendalami mata kuliah ini dengan tuntas dan mendalam. Buku refen ”manajemen keuangan pendidikan” ini menjadi salah satu alternatif pendukungnya. Dalam konteks itulah buku “Manajemen Keuangan Pendidikan” Revisi ke IV ini, melalui penyesuaian kekinian, disajikan guna membantu para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam rangka memehami konsep manajemen keuangan pendidikan, serta melakukannya secara efektif dan efisien dalam rangka membangun mutu sekolah/madrasah yang efektif yang dapat mengahasilkan lulusan bermutu dan ber-kualitas, sesuai dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan zaman. Buku ini ditulis berdasarkan kebutuhan para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya yang terungkap dalam berbagai pertemuan diskusi, seminar, lokakarya dilingkungan Kementerian Pendidkan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Agama (Kemenag). Secara lebih khusus, buku ini ditujukan untuk para mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 program manajemen pendidikan. Buku ini berupaya memformulasikan suatu konsep dan cara praktis berbasis pengalaman, bagi para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam megelola keuangan pendidikan. Pemaparananya dimulai dengan Wawasan Pengembangan Mananajemen Keuangan, Konsep dasar manajem keuangan pendidikan, kemudian berturut-turut perencanaan keuangan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan dan pertanggungjawaban keunagan, pada tiap bab dilengkapi model implemtasinya yang sarat pengalaman. Penulis berharap, kehadiran buku revisi ke IV ini, dapat memberikan inspirasi dan urun rembuk, pada pemecahan, mencerdaskan, dan menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan manajemen tenaga pendidikan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kepentingan umat dan mendapat ridlo Allah SWT., Amin.

Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu didukung dengan kemampuan manajerial para pengelola pendidikan, hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber manajemen, baik personal maupun material, secara efektif danefisien guna menunjang ...

Daya Pikat dan Daya Ubah Cerita Alkitab

Pengantar Tafsir Naratif

Buku ini berisikan penjelasan tentang tahap-tahap menganalis cerita-cerita dalam Alkitab. Meskipun metode atau pendekatan naratif ini sudah cukup lama dikenal dalam dunia tafsir Alkitab, namun buku pengantar tentang pendekatan ini masih langka dalam bahasa Indonesia. Kehadiran buku ini diharapkan dapat mengisi kebutuhan itu. Di dalam buku ini, pendekatan naratif itu diberikan dalam langkah-langkah yang berfokus pada: alur-cerita (plot), pelaku-cerita (actor), latar-cerita (setting), si pencerita (narrator) dan pembaca (reader). Tujuannya agar: pembaca masa-kini dapat menikmati pesona dan daya pikat cerita-cerita Alkitab, sekaligus membiarkan dirinya dituntun dan diubah oleh para penceritanya, atau pun mencurigai dan mempertanyakan bias dan agenda mereka.

Buku ini berisikan penjelasan tentang tahap-tahap menganalis cerita-cerita dalam Alkitab.

Bagaimana Saya Menghasilkan $ 2.000.000 Di Pasar Saham

Nicolas Darvas

Pada usia 39 tahun, setelah mengumpulkan kekayaannya, Darvas mendokumentasikan tekniknya dalam buku, Bagaimana Saya Menghasilkan 2.000.000 di Pasar Saham. Buku itu menjelaskan "Sistem Kotak" uniknya, yang dia gunakan untuk membeli dan menjual saham. Buku Darvas tetap menjadi teks pasar saham klasik hingga hari ini. Nicolas Darvas adalah seorang penari terkenal di dunia dan investor otodidak. Dia tidak pernah mempertimbangkan untuk berinvestasi di pasar saham sampai dia dibayar dalam bentuk saham untuk sebuah kinerja. Nilai saham itu melonjak dan dia menyadari bahwa ada banyak uang yang bisa dihasilkan dengan berinvestasi di saham. Selama beberapa tahun berikutnya dia membaca secara luas tentang saham dan menghabiskan setiap waktu luangnya untuk mempelajari pasar. Dalam waktu yang sangat singkat dia belajar kapan harus membeli, kapan tidak membeli, dan kapan harus menjual. Buku ini menjelaskan dengan tepat bagaimana Nicolas Darvas menghasilkan lebih dari dua juta dolar di pasar saham. A harus dibaca bagi siapa saja yang mempertimbangkan memasuki pasar atau bagi siapa saja yang sudah di pasar yang ingin mengasah keterampilan memilih saham mereka. "Bagaimana menemukan saham apa yang harus dibeli? Anda tidak dapat memilihnya dengan pin. Anda harus memiliki informasi. Itulah masalah utama saya: bagaimana mendapatkannya. Sekarang saya menyadari bahwa ini, pada kenyataannya, tidak mungkin dilakukan oleh orang biasa. , tetapi kemudian saya pikir saya hanya perlu meminta cukup banyak orang untuk mempelajari rahasia besar itu." Saya sangat berharap Anda menemukan buku ini informatif dan bermanfaat. Akan sangat kami hargai jika Anda meluangkan beberapa saat untuk berbagi opini dan posting review untuk buku ini. Ulasan positif Anda membantu kami mencapai pembaca lain dan memberikan umpan balik berharga yang dengannya kami dapat meningkatkan buku di masa depan.

Pada usia 39 tahun, setelah mengumpulkan kekayaannya, Darvas mendokumentasikan tekniknya dalam buku, Bagaimana Saya Menghasilkan 2.000.000 di Pasar Saham.

Merajut Grahita Kata

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” (Pramoedya Ananta Toer) Sebuah karya yang berhasil selama 3 tahun masa SMK dan 4 tahun masa kuliah. Berisikan berbagai tulisan atas dasar semangat, kesedihan, kegabutan, motivasi, keyakinan dan rasa yang pernah ada. Kebacotan yang selama ini diluapkan dalam sebuah tulisan unfaedah. Sesuai dengan judulnya “Merajut Grahita Kata”. Berada dengan memasuki dan merasakan kumpulan tulisan. Akan ada opini, puisi, cerpen, surat, quotes dan jurnal. Berguna untuk termotivasi, merasa kesendirian serta kebahagiaan. Selamat membaca! Salam hangat penulis.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah.

Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan

Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani. Buku ini ditulis dalam bahasa yang sederhana, dalam istilah keseharian sehingga meskipun membahasa sesuatu yang sangat serius, namun mudah dipahami.

Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani.

Masalah sosial masyarakat

Isjoni Ishaq

Problems and solution of social conditions in Indonesia.

mempunyai emosi . Manusia memerlukan tanggapan emosional dari orang lain . Manusia memerlukan kasih sayang , , harga diri , yang sangat penting dalam kehidupan dan pergaulan kesejahteraan hidup yang sehat . Tanggapan emosional itu hanya ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif

Pengertian Metodologi Penelitian Kuantitatif, Tujuan Penelitian Kuantitatif, Peranan Dan Jenis Penelitian Kuantitatif, Ciri- Ciri Penelitian Kuantitatif, Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Rancangan Penelitian Kuantitatif, Prosedur Penelitian Kuantitatif, Populasi, Sampel Dan Variabel Penelitian, Pengukuran Skala, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Pengumpulan Data Dan Perbedaan Penelitian Kualitatif Dengan Kuantitatif

DAFTAR PUSTAKA Amir Hamzah dan Lidia Susanti (2020) Metode Penelitian kuantitatif , Kajian teoritik dan Praktik. Malang: Literasi Nusantara. Bajari, A. (2017) Motode Penelitian Komunikasi, Prosdur , Tern, dan Etika. Bandung: PT.

Pengembangan Metode Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19

Buku ini terdiri dari sembilan pembahasan, yaitu pertama Metode Pembelajaran, kedua Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19, ketiga Metode Ceramah Pada Masa Pandemi Covid-19, keempat Metode Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19, kelima Metode Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19, keenam Metode Based Learning Pada Masa Pandemi Covid-19, ketujuh Metode Discovery Pada Masa Pandemi Covid-19, kedelapan Metode Hafalan Pada Masa Pandemi Covid-19, dan kesembilan Metode Mind Mapping Pada Masa Pandemi Covid-19. Sesuai dengan tema yang diusung, hampir semua naskah masih bersifat normatif dan berada dalam aspek tatanan konseptual. Hal ini dapat dimaklumi karena memang kendala yang paling sering ditemukan dalam metode pembelajaran di masa pendemi adalah menghadirkan dimensi baru yang inovatif dalam wilayah garapan pengkajiannya. Meskipun demikian secara keseluruhan tulisan tersebut dapat dinikmati oleh pembaca sebagai referensi yang bisa didiskusikan kembali kapanpun.

Tahapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Tahapan pembelajaran PjBL dikembangkan oleh George Lucas ... Fase 2 Design a plan for the project Perencanaan berisi tentang aturan, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung dalam ...

Tanya jawab sekitar Undang-Undang no. 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

dilengkapi dalam bentuk pointers

Questions and answers on Indonesian law concerning information and electronic transaction.

... HAK MILIK INDUSTRI HAK TERKAIT Pelaku Produser Rekaman suara Lembaga Penyiaran ) DESAIN TATA LETAK SIRKUN TERPADU PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN TPV RAHASIA DAGANG TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK OBJEK BIDANG HKI O •.