Sebanyak 64 item atau buku ditemukan

HADITS-HADITS EKONOMI SYARIAH

Sebagai sebuah disiplin ilmu, Hadist Ekonomi Syariah merupakan salah satu cabang ilmu yang berorientasi pada pemahaman dasar tentang muatan (isu-isu) ekonomi dalam Hadis Nabi Muhammad SAW, sumber utama kedua setelah Al-Quran. Pemahaman tersebut akan didapatkan melalui penterjemahan hadis, korelasi hadits tersebut dengan dalil-dalil yang lain dan menggali kandungan hukum ekonomi di dalamnya serta hubungannya dengan fenomena kegiatan ekonomi syariah yang makin hari makin berkembang. Mata kuliah ini diharapkan akan menjadi bekal tambahan kepada mahasiswa, sehingga mereka benar-benar bisa memahami tentang prinsip nilai dan norma kegiatan ekonomi yang terkandung dalam sebuah hadis. Oleh karena itu mengingat pemahaman terhadap Hadits sangatlah penting bagi umat Islam. Maka diharapkan buku ini bisa menjadi salah satu referensi dalam kajian Hadits Ekonomi Syariah.

Oleh karena itu mengingat pemahaman terhadap Hadits sangatlah penting bagi umat Islam. Maka diharapkan buku ini bisa menjadi salah satu referensi dalam kajian Hadits Ekonomi Syariah.

Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti untuk SMP/Mts Kelas VIII

Buku ini merupakan penjabaran dari Standar Isi Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada aspek sikap spiritual (Kompetensi Inti 1) dan sikap sosial (Kompetensi Inti 2). Namun demikian, agar KI-1 dan KI-2 dapat terimplementasi dengan benar, dijabarkan pula aspek pengetahuan dan keterampilan. Diharapkan buku ini mampu menggugah kepekaan peserta didik terhadap isu-isu aktual, kemudian bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan baik. Memang, dalam buku ini tidak semua pengetahuan dan keterampilan dijabarkan secara luas. Hal ini sengaja dilakukan agar peserta didik mau mencari informasi lain sebagai pendalaman dan perluasan materi. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum 2013, bahwa peserta didik harus mencari tahu, bukan diberi tahu. Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Kebijakan Pendidikan

Pengantar kebijakan pendidikan, konsep dasar dan isu-isu pendidikan, evaluasi kebijakan, kebijakan pendidikan islam, kebijakan pendidikan inklusi, kebijakan wajib belajar, kebijakan program sekolah gratis.

Pengantar kebijakan pendidikan, konsep dasar dan isu-isu pendidikan, evaluasi kebijakan, kebijakan pendidikan islam, kebijakan pendidikan inklusi, kebijakan wajib belajar, kebijakan program sekolah gratis.

Teacher Educators in Vocational and Further Education

This book includes a range of empirical-based international contributions by the global community of teacher educators and related researchers on the Further Education/post-compulsory, vocational/occupational and lifelong learning sector. It offers theoretical frameworks and empirical data to delineate issues relating to teacher educators and training in areas regarding policy, programmes, and pedagogic activities. Some of these areas include the education of teachers in vocational education, the professionalization of teacher educators in a neoliberal education system, and teacher educators' perspectives of a training programme for vocational education and training. Additionally, the areas cover the relevance of coherence in vocational teacher education for teacher educators, the use of questioning strategies for teacher educators, teacher educators and their initial disciplines, journeys and job titles, the relevance of craft and reflectivity of teacher educators, and the importance of teacher education and mentoring scheme. The rationale for this book is that there is a comparative lack of research and related publications on teacher educators and the delivery and design of teacher education facilitation in the sector internationally. Also, the FE sector is viewed as a backwater of educational research compared to the other sectors.

This book includes a range of empirical-based international contributions by the global community of teacher educators and related researchers on the Further Education/post-compulsory, vocational/occupational and lifelong learning sector.

PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN KEBANGSAAN

Ada dua dimensi yang sangat penting dan strategis yang menjadi tujuan pokok pendidikan nasional di Indonesia, yaitu pendidikan spiritual dan pendidikan akal. Pendidikan akal bertujuan untuk mengembangkan intelektualitas dan kecerdasan akal. Olah akal dan olah pikir ini bertujuan untuk membentuk insan yang cerdas, pandai dan terampil dalam menguasai berbagai bidang sains dan teknologi. Sedangkan pendidikan spiritual bertujuan untuk membentuk karakter, budi pekerti, moral atau akhlak. Pendidikan spiritual bertujuan untuk membangun dan membentuk kepribadian, karakter, watak, budi pekerti, moral dan akhlak. Dengan demikian, visi dan misi utama pendidikan nasional di Indonesia bertujuan menghasilkan insan ilmuwan yang beriman atau insan beriman yang ilmuwan yang berwawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan ini tentu merujuk pada Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

Ada dua dimensi yang sangat penting dan strategis yang menjadi tujuan pokok pendidikan nasional di Indonesia, yaitu pendidikan spiritual dan pendidikan akal.

Implementasi Digitalisasi Teknologi Pada Bangunan Tinggi untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia

Perkembangan industri di Indonesia sekarang ini telah memasuki era 4.0. Hal ini berdampak pada dunia konstruksi dikarenakan konstruksi merupakan salah satu pionir pembangunan ekonomi negara khususnya pada bangunan tinggi di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Oleh karena itu, pentingnya dunia konstruksi bergabung dengan teknologi supaya tidak tertinggal oleh perubahan era yang ada. Digitalisasi semakin diperlukan guna mempermudah para praktisi menyelesaikan proyek yang mereka jalankan dengan cepat dan juga memiliki kualitas yang baik. Salah satunya dengan metode Building Information Modelling (BIM).

PENGARUH PENGALAMAN PRAKERIN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 6 MALANG Muhamad Mukhlis Aditama1, Tri Kuncoro2, dan Eko Suwarno3 ...