Sebanyak 41638 item atau buku ditemukan

Pengembangan Pendidikan Matematika SD

Pemahaman tentang teori-teori belajar, pendekatan dan model pembelajaran memiliki peran sangat penting dalam menunjang terlaksananya tujuan pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Begitu pula dengan pemanfaat media dan alat peraga tidak kalah pentingnya sebagai sarana pendukung sehingga materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Mata kuliah pengembangan pendidikan matematika SD adalah salah satu mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) pada program studi PGSD. Dimana tujuan dari mata kuliah ini untuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran metematika di sekolah dasar. Menguasai, merancang dan menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta merancang dan menggunakan media (alat peraga) pembelajaran matematika di sekolah dasar. Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk dapat digunakan sebagai acuan pedoman serta pegangan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Mata kuliah pengembangan pendidikan matematika SD adalah salah satu mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) pada program studi PGSD.

Laporan hasil

pengembangan dan penyepurnaan kurikulum latihan teknis fungsional bagi tenaga BKKBN pusat dan propinsi tanggal 11 s.d. 24 Mei 1987

Pengembangan Keterampilan Menulis

Buku teks ini ditulis dalam rangka memenuhi tuntutan untuk melengkapi bahan ajar menulis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Melalui buku teks ini, penulis ingin mengajak para mahasiswa dan kalangan umum untuk belajar praktik menulis secara langsung dan praktis. Praktik menulis, memang tidak dapat dipisahkan dari menyimak, berbicara, dan membaca. Para mahasiswa penulis ajak menulis mulai dari menulis artikel ilmiah, makalah, laporan penelitian, dan menulis esai, sebagai salah satu bentuk karya tulis akademik.

Buku teks ini ditulis dalam rangka memenuhi tuntutan untuk melengkapi bahan ajar menulis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra ...

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Teori dan Praktik

Pendekatan scientific diperkenalkan sebagai penekanan pada metode laboratorium formalistik yang mengarah pada fakta-fakta ilmiah (Hudosn, 1996; Rudolph, 2005). Pendekatan ini memiliki karakteristik yaitu doing science. Pendekatan ini memudahkan guru dan pihak-pihak pengembangan kurikulum untu menyusun proses pembelajaran. Caranya yaitu dengan memecah proses pembelajaran menjadi langkah-langkah yang lebih terperinci dan lebih instruktif untuk peserta didik (Varelas dan Ford, 2008). Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific menyentuh tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ranah sikap fokus pada para peserta didik agar paham 'mengapa'. Ranah pengetahuan fokus pada para peserta didik agar paham mengenai 'apa'.Terakhir, ranah keterampilan fokus pada para peserta didik agar paham 'bagaimana'. Hasil akhir pembelajaran pendekatan scientific adalah peningkatan dan keseimbangan antara softskills dan hardskills dari peserta didik.Buku ini tidak hanya memberikan penjelasan dasar mengenai pembelajaran pendekatan scientific. Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model pembelajaran, sekolah dasar]

Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model ...

Pendidikan Anak Usia Dini

Dalam Berbagai Pendekatan

Keistimewaan edisi kelima ini selain sebagai textbook yang tetap menjadi sumber tepercaya bagi para orang tua (keluarga), pendidik, guru, dosen, peneliti, serta mahasiswa di bidang perkembangan dan pendidikan anak usia dini (PAU D); juga menyoroti pentingnya mempertimbangkan sejarah PAU D dari segi keragaman budaya, ilmu pengetahuan perkembangan, penelitian pencegahan dalam praktik dan kebijakan dini pada masa bayi dan balita, serta masa prasekolah, taman kanak-kanak, dan sekolah dasar, serta membahas perkembangan terbaru dalam kurikulum, strategi penilaian, dan metode pengajaran. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

... membaca dan seni bahasa, musik, tarian dan gerakan, dan pendidikan seni. Ilmu pendidikan dan muatan berinteraksi dengan perkembangan anak dan penelitian usia dini untuk menampilkan petunjuk dan isyarat dalam membimbing rancangan, ...

Pendidikan Holistik

Pendekatan Lintas perspektif

Berbagai tulisan yang dirangkum dalam buku ini bak kepingan anak tangga menuju pemahaman yang lebih komprehensif tentang pendidikan holistik. Dibagai dalam tiga bagian, tinjauan terhadap konsep dan implementasi pendidikan holistik yang merupakan sajian pembuka menyajikan pembahasan seputar pendidikan holistik sebagai sebuah konsep dan implementasi nilai dalam sistem pendidikan tersebut. Adapun paparan seputar desain kurikulum dan pembelajaran - yang merupakan jantung suatu sistem pendidikan - dihadirkan pada bagian kedua dengan fokus bahasan pada kurikulum terpadu dan model implementasi pendidikan holistik pada perguruan tinggi dan sekolah. Dan, sebagai paparan penutup rangkaian pembahasan ini disajikan pendidikan holistik dalam kacamata pendidikan Islam, keindahan, dan global. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Berbagai tulisan yang dirangkum dalam buku ini bak kepingan anak tangga menuju pemahaman yang lebih komprehensif tentang pendidikan holistik.