Buku ini merupakan hasil dari pengembangan penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk mengatasi dan memecahkan masalah teutama dalam pembuatan soal AKM oleh guru.
Memimpin, pekerjaan seorang guru untuk memotivasikan, mendorong dan menstimulasikan siswa sehingga mereka siap mewujudkan tujuan belajar, 4. Mengawasi , yaitu pekerjaan seorang gurumenentukan apakah fungsinya dalam mengorganisasikan dan ...
The objectives of this study are to identify the perceived competency levels a competency needs to primary school heads as instructional leaders, to analyse differences between levels of competencies and the respondents' background characteristics, to examine the relationship between competency levels and competency needs,and to analyse the respondents ranking of these competencies. A questionnaire was used to collect data for the study. Six, competencies were identified in the questionnaire : curriculum and teaching, supervision and evaluation of teaching, staff development, interpersonal relations, stall motivation and school management.
The objectives of this study are to identify the perceived competency levels a competency needs to primary school heads as instructional leaders, to analyse differences between levels of competencies and the respondents' background ...
Tugas dan tanggung jawab sebagai guru dalam pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran yang termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Evaluasi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menentukan arah pembelajaran selanjutnya. Dari kegiatan evaluasi pembelajaran dapat dijadikan sebagai dasar guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dalam penyusunannya didasarkan pada kondisi awal peserta didik. Buku ini akan membahas tentang penjelasan penggunaan instrumen pengukuran kompetensi siswa pada pembelajaran PJOK. Instrumen ini akan dikemas dalam sebuah kartu dan aplikasi microsoft excel yang bertujuan untuk memudahkan guru PJOK mengukur kompetensi siswa untuk mata pelajaran PJOK SD. Kartu pengukuran kompetensi siswa ini berisikan cakupan kompetensi siswa yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan tuntutan kurikulum 2013. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat memberikan wawasan kepada setiap guru PJOK untuk mengukur kompetensi siswa dengan baik berdasarkan pada standar penilaian pendidikan. Sehingga pelaksanaan penilaian hasil belajar peserta didik diharapkan dapat dilaksanakan dengan objektif, akuntabel, dan informatif.
Tugas dan tanggung jawab sebagai guru dalam pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran yang termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar.