Sebanyak 38251 item atau buku ditemukan

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas X

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk SMA/MA Kelas X secara khusus ditulis untuk guru-guru Biologi di madrasah aliyah; meskipun tidak menutup kemungkinan untuk dipergunakan oleh guru Biologi pada sekolah umum jenjang SMA/MA Kelas X. Tujuan utama ditulisnya buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Biologi MA dalam merencanakan kegiatan pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Hal ini dikarenakan pembelajaran Biologi yang berlangsung di MA selama ini masih bersifat umum, belum mencirikan karakteristik keislamannya. Buku panduan ini terdiri atas dua bagian utama, yaitu petunjuk umum dan petunjuk khusus. Petunjuk umum meliputi gambaran secara keseluruhan isi buku, landasan pengembangan buku, cakupan materi Biologi kelas X, strategi, proses, serta media pembelajaran secara umum. Pada petunjuk khusus, guru dapat menemukan secara detail terkait komponen-komponen perencanaan penyusunan proses pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Komponen-komponen tersebut meliputi uraian Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Tahap-Tahap Pembelajaran, serta Evaluasi Pembelajaran. Seluruh komponen tersebut disusun inklusif antara ilmu umum biologi dengan ilmu agama Islam. Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas X ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Menjelaskan keterkaitan antara ayat Al-Qur'an QS Al Mujadalah: 11, QS Ali Imran: 18, QS Thaaha: 114, QS Az Zumar: 9 dan Hadis Nabi yang menganjurkan manusia untuk menuntut ilmu dengan peran manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang ...

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan PENULIS: Agus Nurjaman, S. Pd. ISBN: 978-602-443-591-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 304 halaman Sinopsis: Buku ini ditulis oleh seorang guru biasa, berbagai isu aktual seputar pendidikan tersaji dalam buku ini berupa artikel-artikel yang sederhana namun sangat padat dengan informasi yang menjadi sorotan masyarakat. Pendidikan sebagai kebutuhan para generasi mendatang terkadang dibarengi dengan berbagai intrik permasalahan sehingga menarik untuk dibicarakan. Melalui buku ini penulis sebenarnya bukan memberitahukan kemampuan menulisnya tetapi lebih kepada memberi informasi yang sedang hangat dibicarakan. Sharing berbagai kasus dalam dunia pendidikan kepada para pembaca yang budiman. Kasus yang berkembang bisa memberi informasi, mengingatkan, menginspirasi atau hanya sekedar berbagi saja. Guru sebagai fibur dilingkungan pendidikan menjadi topik dalam tulisan ini. Mengingat dalam kehidupannya guru dan permasalahannya terkadang menarik untuk dibicarakan dan seakan tidak ada habisnya. Kiprahnya menghadapi mahluk hidup sebagai objek kerja sangat menarik untuk diungkap menjadi sebuah kisah yang dikemas dalam bentuk artikel sehingga para pembaca akan dengan mudah dan cepat menagkap makna dari setiap artikel yang tersaji itu. Tulisan dengan bahasa dan alur yang sederhana menjadikan buku ini sebagai sumber bacaan yang ringan meski memiliki ketebalan yang cukup sekalipun, tetap bacaan ini memiliki sajian yang sangat ringan dan santai. Mungkin saja slah satu dari artikel yang tersaji disini pernah anada alamai atau bis amemberikan sebuah inspirasi dalam kegiatan mengajar anda sehingga proses pembelajaran yang anda lakukan akan mendapatkan hasil yang lebih baik, Bahkan mungkin saja artikel yang ada dalam buku ini mengingat kita semua bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan sebuah usaha yang maksimal, Kecuali kita tidak berbuat apa-apa. Mimiliki buku ini untuk menambah koleksi bacaan anda di rumah. Simak setiap intisari dari rentetan artikel yang tersaji didalamnya. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan PENULIS: Agus Nurjaman, S. Pd. ISBN: 978-602-443-591-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 304 halaman Sinopsis: Buku ini ditulis oleh seorang guru biasa, ...

Ketika Wanita Menjadi Guru

Wanita, semakin banyak memasuki dunia profesi dalam berbagai bidang. Fenomena ini tentu tidak dapat dianalisis dari satu sudut pandang saja. Ada beberapa gejala sosial yang berpengaruh pada makin banyaknya wanita memasuki dunia profesi, seperti kemajuan dan keanekaragaman dunia pendidikan memungkinkan jenjang dan pemerataan bagi anak pria dan wanita. Gejala ini menumbuhkan kemampuan bagi kaum wanita untuk menggeluti berbagai bidang profesi. Selain itu, peningkatan dalam bidang pelayanan masyarakat, seringtkali menumbuhkan tenaga kerja yang khas, seperti dokter, perawat, pramuniaga dan guru. Wanita dengan segala keletihannya, curahan perhatiannya kepada anak, pengabdiannya kepada suami, rasanya di luar batas logika. Di luar hitungan matematis ketika kita berbicara angka demi angka. Bahkan di luar analisa psikologis, saat seorang ibu menjalankan kehidupan multiperan. Termasuk kala seorang ibu menjadi penyokong nafkah keluarga baik utama maupun pembantu. Beberapa kondisi di atas, ditambah masalah lain seperti suami yang tidak dapat memberi nafkah keluarga secara langsung dan tidak langsung menambah daftar makin banyaknya wanita yang harus bekerja. Dengan karakter yang khas seorang ibu yang bekerja tentu berbeda dengan ayah yang bekerja. Perannya yang besar dalam keluarga membuat seorang ibu harus membagi dirinya dalam berbagai fungsi. Disinilah terjadi tarik menarik tantangan, dilema dan masalah yang melengkapi ibu bekerja, termasuk guru. Bagaimana ia harus berkompromi dengan keluarga, mengatur waktu, berinteraksi dengan keluarga dan lingkungan sosial, memahami eksistensi dirinya sebagai individu plus sebagai istri, ibu dan anggota masyarakat, serta sebagai guru, yang harus di gugu dan ditiru. Belum lagi anggapan dari masyarakat bahwa seorang guru adalah “Malaikat” yang tidak pernah melakukan kesalahan. Berbeda dengan profesi lain, bila guru melakukan kesalahan, biasanya masyarakat akan “mengecam” perbuatan guru tersebut. Dewasa ini, banyak sekali siswa kurang motivasi belajar sehingga jarang hadir ke sekolah atau hadir ke sekolah tetapi tidak mengikuti pelajaran. Hal tersebut mereka lakukan dengan berbagai alasan, seperti tidak suka dengan guru, guru terlalu cerewet, guru tidak pernah mengabsen, guru tidak pernah perduli, guru tidak menguasai pelajaran dan sebagainya. Objeknya adalah guru. Sekali lagi guru. Meskipun, bisa jadi siswanya yang memang tidak ada keinginan untuk belajar. Tetapi tetap saja tanggung jawab itu ada di pundak kita sebagai pendidik. Untuk itu peran guru sebagai konselor sangat diharapkan untuk membangkitkan motivasi pada anak didik. Guru profesional harus memiliki keahlian, tanggung jawab, dan memiliki kualifikasi kompetensi yang memadai meliputi kompetensi intelektual, sosial, spiritual, pribadi dan moral sehingga anak didik akan termotivasi untuk belajar. Begitu berat beban seorang guru profesional plus sebagai seorang ibu. Disinilah terjadi permasalahan bagi seorang wanita yang harus mengemban multiperan. Apalagi sebagai guru yang harus benar-benar profesional dengan konsekuensi logis atas sebuah pilihan hidup yang telah dipilih dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab pada pilihan tersebut. Tentu perlu langkah yang “jitu” agar terjadi keseimbangan antara peran yang akan dijalankan, antara rumah tangga dan karir.

Wanita, semakin banyak memasuki dunia profesi dalam berbagai bidang.

Praktik Baik Pembelajaran Daring Adaptif Calon Guru Bahasa Inggris

Kumpulan cerita-cerita sederhana para calon guru bahasa Inggris yang mengalami pembelajaran daring, termasuk tatap muka terbatas tatkala melakukan Praktik Kerja Lapangan. Buku ini berisi tulisan calon guru Bahasa Inggris yang berkenan untuk menuliskan pengalaman inspiratif mereka yang dikemas dalam bentuk praktik baik. Tulisan-tulisan ini memuat banyak hal menarik yang terjadi di masing-masing situasi sekolah di Bali, permasalahan-permasalahan yang ada, dan bagaimana proses adaptasi dengan situasi nyata di lapangan dilakukan.

Kumpulan cerita-cerita sederhana para calon guru bahasa Inggris yang mengalami pembelajaran daring, termasuk tatap muka terbatas tatkala melakukan Praktik Kerja Lapangan.

Catatan dari Balik Gerbang Sekolah untuk Para Guru

Catatan dari balik gerbang sekolah untuk para guru Penulis : Mahir Martin Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-407-128-3 Terbit : Januari 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Bagi seorang guru, sekolah adalah rumah kedua tempatnya bernaung, bekerja, berkarya, dan berpikir merenungi segala peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan. Dari balik gerbang sekolah itu ada kesenangan, kegembiraan, kekhawatiran, dan bahkan kesedihan. Semua peristiwa memiliki kesan tersendiri yang terkadang begitu berharga untuk dipikirkan dan diambil hikmahnya. Hikmah yang mungkin bagi sebagian orang tak memiliki makna, tetapi bagi kita yang mencoba memahaminya akan memberikan warna baru dalam kehidupan. Buku yang berjudul "Catatan dari Balik Gerbang Sekolah untuk Para Guru" ini berisi kompilasi catatan refleksi penulis selama menjalani perannya sebagai seorang guru yang mencoba mendidik murid-muridnya dengan baik. Pada setiap catatan yang dituliskan, penulis mencoba merefleksikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di balik gerbang sekolah, baik dari dalam kelas maupun luar kelas. Setiap catatan dibumbui dengan opini, ulasan, dan penjelasan sehingga pembaca kelak akan lebih memahami apa sebenarnya hikmah yang bisa diambil dari setiap peristiwa tersebut. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Catatan dari balik gerbang sekolah untuk para guru Penulis : Mahir Martin Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-407-128-3 Terbit : Januari 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Bagi seorang guru, sekolah adalah rumah kedua tempatnya bernaung, ...

PTK Dan Manfaatnya Bagi Guru

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan tujuan PTK untuk meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi di lapangan diantaranya: mahasiswa (bukan guru) melakukan PTK di kelas orang lain, terdapat guru yang mungkin belum pernah melakukan PTK di kelasnya sendiri, atau bahkan guru yang ingin melakukan PTK namun terhambat karena minimnya wawasan mengenai PTK secara teoritis dan praktik. Sementara PTK merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru, bahkan hal tersebut telah menjadi program pemerintah dan instansi pendidikan sedari lama. Dengan demikian, buku ini ditulis untuk menjembatani permasalahan yang terjadi dan harapan yang ingin dicapai mengenai pelaksanaan PTK dan profesionalisme guru. Materi yang disajikan pada buku ini terdiri dari 8 bab, yaitu: (1) Konsep Penelitian Tindakan Kelas; (2) PTK dan Profesionalisme Guru; (3) Kedudukan PTK dalam Penelitian Lain; (4) Sistematika PTK; (5) Pendahuluan di dalam PTK; (6) Landasan Teori di dalam PTK; (7) Desain dan Model Penelitian Tindakan Kelas; dan (7) Pengumpulan dan Analisis Data Pada PTK. Materi-materi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis maupun praksis bagi para pembaca, baik pembaca yang berprofesi guru maupun bukan guru.

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan ...

Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru

Hampir seluruh sektor kehidupan di penjuru negeri “lumpuh” akibat pandemi COVID-19. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang patut diberi atensi yang besar. Bagaimanapun, sektor pendidikan di sebuah negara harus tetap hidup sebagai bekal untuk membangun bangsa. Salah satu pemeran penting agar pendidikan bangsa ini tetap hidup adalah guru. Buku ini ditulis oleh para guru nusantara dengan ide-ide menarik tentang cara menghidupkan pembelajaran di masa pandemi. Buku ini tentu wajib dibaca oleh para guru untuk menambah kreativitas dalam mengajar di masa-masa sulit–karena pembelajaran yang menyenangkan membuat peserta didik lebih mudah dalam menerima ilmu.

Hampir seluruh sektor kehidupan di penjuru negeri “lumpuh” akibat pandemi COVID-19. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang patut diberi atensi yang besar.

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: #TerusBelajar Daerah Trenggalek

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar. Surat Kabar Guru Belajar spesial ini terdiri dari empat edisi berbeda yang berasal dari 5 daerah di Jawa Timur.

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar.

GURU ABAD 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan. Guru menjadi mata rantai terpenting yang menghubungkan antara pengajaran dengan harapan akan masa depan pendidikan/sekolah yang lebih baik. Pesatnya persaingan pendidikan di tataran global, semua pihak perlu menyamakan sikap untuk mengedepankan peningkatan mutu pendidikan.“Today’s students are tomorrow’s Leaders”. Siapkah Anda menjadi guru yang mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan? Tuntutan profesionalisme guru tentu harus terkait dan dibangun melelui penguasaan kompetensi-kompetensi yang secara nyata dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaannya sebagai guru. Kompetensi-kompetensi penting jabatan guru tersebut salah satunya adalah kompotensi profesional, yaitu kompetensi pada bidang substansi atau bidang studi (kurikulum), kompetensi bidang pembelajaran (menguasai materi pelajaran), teknik dan metode pembelajaran, sistem penilaian, pendidikan nilai dan bimbingan. Dengan demikian, diperlukan langkah-langkah dalam upaya untuk mengembangkan kepribadian dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru. Guru abad 21 harus menguasai banyak pengetahuan (akademik, pedagogik, sosial dan budaya), mampu berpikir kritis, tanggap terhadap setiap perubahan, dan mampu menyelesaikan masalah. Guru tidak boleh hanya datang ke sekolah melulu untuk mengajar saja. Kemampuan untuk mengelola kelas saja tidak cukup lagi. Guru diharapkan bisa menjadi pemimpin dan agen perubahan, yang mampu mempersiapkan anak didik untuk siap menghadapi tantangan global di luar sekolah.

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan.