Membangun Nilai Profesi, Keterampilan Pribadi, dan Strategi Kompetensi Profesi
Pendidik memegang peran kunci dalam pembangunan dan pengembangan profesi yang utuh dan berkesinambungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesi kependidikan harus dalam fondasi tiga aspek yang menyentuh kemampuan pendidik dalam membangun nilai profesi, kemampuan mengembangkan keterampilan pribadi, dan strategi membangun kompetensi profesi kependidikan. Buku Profesi Kependidikan: Membangun Nilai Profesi, Keterampilan Pribadi, dan Strategi Kompetensi Profesi dirancang sebagai sebuah nilai dan prinsip praktis, yang dapat dijadikan pedoman bagi para calon mahasiswa keguruan, para pendidik, dan para pengelola pendidikan ataupun pemerhati pendidikan. Buku ini dapat digunakan sebagai buku wajib yang memberi arah dan solusi terhadap kebutuhan pengembangan profesi guru secara berkelanjutan serta selaras dengan perkembangan peran dan tuntutan profesi guru dalam era teknologi informasi. Buku ini juga dapat dipahami dan diterapkan oleh semua yang berperan dalam dunia pendidikan untuk bertumbuh dan berkembang secara utuh, terpadu, dan menyeluruh. Pertumbuhan tersebut dengan menyentuh ketiga pilar esensial dalam profesi guru yang sarat dengan nilai profesi, keterampilan pribadi, dan strategi kompetensi profesi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesi kependidikan harus dalam fondasi tiga aspek yang menyentuh kemampuan pendidik dalam membangun nilai profesi, kemampuan mengembangkan keterampilan pribadi, dan strategi membangun kompetensi profesi ...
Pendidikan merupakan sebuah proses mencerdaskan kehidupan bangsa yang sekaligus menjadi sarana untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya. Selain itu, pendidikan dalam bentuk, jenis dan ragamnya sudah dilaksanakan sepanjang sejarah peradaban kehidupan manusia, namun pada kenyataannya, bahwa pendidikan belum mampu sepenuhnya merealisasikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan menjawab semua tantangan pada era digitalisasi sekarang ini. Buku ini di buat sebagai dasar pemahaman bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat dalam dunia pendidikan. Pendidikan mengkaji mengenai aspek pembelajaran, lalu untuk mengkaji kompetensi profesional guru. Konsep-konsep pelatihan kompetensi guru bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan zaman sehingga menarik perhatian siapa saja yang mengikuti dinamika pendidikan. Manfaat terbesar dari bidang pendidikan adalah mencerdaskan pembaca dalam menganalisis situasi pendidikan yang ada di sekitarnya.
perubahan kurikulum yang dilakukan pemerintah, merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan sekarang ini. Perubahan tersebut harus mendapat dukungan stakeholders, agar mencapai hasil yang optimal.
perubahan kurikulum yang dilakukan pemerintah, merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan sekarang ini. Perubahan tersebut harus mendapat dukungan stakeholders, agar mencapai hasil yang optimal.
Buku ini membahas profesi keguruan secara lengkap, mulai dari konsep profesi keguruan, latar belakang pendidikan guru, kebijakan terkait, peran, kompetensi, supervisi, hingga permasalahan yang dihadapi profesi ini. Bab 1 Konsep Profesi Keguruan Bab 2 Latar Belakang Pendidikan Guru di Indonesia Bab 3 Kebijakan Guru di Indonesia Bab 4 Berbagai Peran Guru di Sekolah Bab 5 Guru Profesional sebagai Komunikator dan Fasilitator Bab 6 Guru Sebagai Konselor Bab 7 Kompetensi Pedagogi Guru Bab 8 Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru Bab 9 Supervisi Pendidikan Bab 10 Permasalahan yang Dihadapi Guru
Di masyarakat ada semacam pendapat bahwa guru-guru zaman dulu lebih kompeten atau lebih baik dibandingkan guru-guru zaman sekarang. Artinya guru-guru produk lembaga pendidikan guru zaman dulu dinilai lebih unggul dibandingkan guru-guru ...
Meningkatkan kompetensi profesional guru melalui kinerja berbasis budaya religius merupakan salah satu kebijakan yang harus diperhatikan oleh madrasah umumnya atau lembaga pendidikan Islam khususnya, hal tersebut tidak tercipta dengan sendirinya, tetapi memerlukan tangan-tangan kreatif, inovatif, dan visioner untuk menciptakan, menggerakkan, dan mengembangkannya yakni manajemen kepala madrasah. Para guru mengerjakan tugas-tugas dan kewajiban-kewajibannya di sekolah secara tekun, disiplin, semangat tinggi, dan penuh tanggung jawab dengan mengharap rida dan pahala dari Allah Swt. sebagai panggilan hatinya. Buku ini membahas tentang kompetensi profesional guru dan pola manajemen kepala sekolah dalam membina kompetensi profesional guru melalui kinerja berbasis budaya religius serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambatnya dipaparkan secara jelas dan rinci. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan contoh kasus yang aktual. Harapannya, hal yang demikian itu dapat menambah pengetahuan dan modal dasar dalam manajemen institusi pendidikan kepada para pembaca dalam membina guru dan stakeholder yang ada pada institusi tersebut.
Guru profesional adalah guru yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup ...
Buku ini membahas tentang Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial Dan Keteladanan Guru). Buku ini penulis kontribusikan bidang Pendidikan di Indonesia khusunya dalam peningkatan motivasi belajar siswa yang akan berpengaruh juga terhadap hasil belajar. Buku ini terdiri dari enam bab. Bab pertama membahas tentang Pendahuluan. Bab kedua membahas tentang Kompentasi Sosial Guru yang meliputi Pengertian Kompetensi Sosial, Hakikat Kompetensi Sosial Guru, Kriteria Keterampilan Kompetensi Sosial Guru, dan Dasar Teologi Kompetensi Sosial Guru. Bab ketiga membahas tentang Keteladanan Guru yang meliputi Pengertian Keteladanan, Hakikat Keteladanan Guru, Kriteria Kepemilikan Keteladanan Guru dan Dasar Teologi Keteladanan Guru. Bab keempat membahas tentang Motivasi Siswa Belajar yang meliputi Pengertian Motivasi, Hakikat Motivasi Siswa Belajar, Kriteria Keterampilan Motivasi Siswa Belajar dan Dasar Teologi Motivasi Siswa Belajar. Bab kelima membahas tentang Studi Motivasi Belajar yang meliputi Hasil Penelitian, Pembahasan Hasil Penelitian dan Keterbatasan Penelitian. Bab enam Penutup.
Kompetensi guru dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan hal yang paling mendasar dalam pelaksanaan pembelajaran. Upaya yang dilakukan pengawas pembina dalam meningkatkan kompetensi tersebut melalui supervisi akademik dengan teknik pertemuan secara individual dengan guru binaan. Guru yang mampu menyusun KKM yang benar adalah guru yang memperhatikan langkah-langkah penentuan nilai pada aspek utama KKM, terutama penentuan nilai “Intake”, banyak guru masih keliru dalam menentukan nilai intake tersebut. Nilai intake adalah nilai yang diambil dari rata-rata pembelajaran sebelumnya, oleh karena itu nilai intake selalu sama untuk semua kompetensi dasar dalam mata pelajaran tertentu sesuai dengan jenjangnya masing-masing. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan administrasi yang wajib dibuat oleh guru, oleh karenanya harus disupervisi secara berkala pada awal semester ganjil dan genap oleh kepala madrasah atau pengawas pembina.
Hakikatnya, Guru merupakan agen pembelajaran dan bertanggungjawab penuh dalam mendidik, mengarahkan, membimbing, melatih dan mengevaluasi siswa. Berbicara mengenai guru tentu tidak akan ada habisnya. Betapa tidak, tugas dan tanggung jawab yang besar berada dipundak seorang guru.Bisa dikatakan keberhasilan kurikulum dalam satuan pembelajaranpun ada di tangan guru. Di lingkungan sekolah, guru pasti akan berhadapan dengan para siswa yang memiliki karakteristik yang beragam. Untuk mengembangkan kemampuan dan kualifikasinya, guru perlu menguasai empat kompetensi dasar seperti yang telah dicantumkan dalam UU No. 14 Tahun 2005 pasal 10 ayat (1) dimana kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kpribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang semuanya diperoleh melalui pendidikan profesi.
Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu PEMBINAAN kompetensi yang harus dimiliki guru. Kompe-KOMPETENSI tensi ini terkait dengan beberapa kemampuan guru dalam mewujudkan pembelajaran yang PEDAGOGIK efektif. Mengingat pentingnya kompentensi pedagogik tersebut, maka guru kepala sekolah, dan pengawas sekolah seyogianya meniliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang kompetensi pedagogik pembinaanya. ÊBagi kepala sekolah dan pengawas sekolah berguna sebagai bahan dalam memberikan pembinaan kompetensi peda-gogik guru di sekolah. Namun keterbatasan bahan bacaan tentang pembi-naan kompetensi pedagogik mengakibatkan motivasi untuk memperkaya wawasan menjadi berkurang. Buku ini ditulis dengan maksud menyediakan referensi bagi pembaca yang ingin mendalami kompetensi pedagogik dan pembinaannya. Dalam buku ni akan dibahas permasalahan-permasalahan kompetensi pedagogik dan pembinaan kompetensi pedagogik guru, konsep kompetensi pedagogik guru, ruang lingkup, pembinaan kompetensi pedagogik guru, dan model pembinaan kompetensi pedagogik guru.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Kemampuan melakukan penelitian khususnya penelitian tindakan kelas merupakan bekal keilmuan dan kemampuan yang harus dimiliki guru dan calon guru dalam rangka meningkatkan keberhasilan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik dan sekaligus untuk meningkatkan kompetensi seorang pendidik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sehubungan dengan hal tersebut maka tujuan penulisan buku ini adalah diperuntukkan bagi mahasiswa sebagai calon guru khususnya dan tenaga pengajar umumnya yang konsen dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Melalui buku Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan dapat melengkapi buku-buku penelitian yang sudah ada, sekaligus sebagai baahan bacaan dan penambahan wawasan bagi tenaga pendidik, mahasiswa dan pemerhati pendidik yang ingin mendalami penelitian khususnya penelitian tindakan kelas.
menjadi reflektif dan kritis terhadap apa yang guru dan siswa lakukan. 2. PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi bertindak hanya sebagai seorang praktisi saja yang sudah merasa puas terhadap ...