Sebanyak 38350 item atau buku ditemukan

Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam

Saat ini kajian konsep dasar pendidikan anak usia dini prespektif Islam masih jarang sekali kebanyakan kajian konsep dasar PAUD secara umum. Maka dengan itu dianggap perlu untuk menulis dan membukukan konsep pendidikan AUD prespektif Islam dilihat dari teoritis, historis dan praktis. Sistematika buku Konsep Dasar Pendidikan AUD Prespektif Islam di setiap bab ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis, sejarah dan praktis. Buku ini terdiri atas 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pendidikan AUD dalam Islam, Sejarah dan perkembangan PAUD pada Masa Klasik dan Modern, Sejarah Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Indonesia, Makna Anak Usia Dini dalam al-Qur’an, Teori-teori Pendidikan AUD Pandangan Tokoh-Tokoh Islam Klasik, teori-Teori Pendidikan AUD Pandangan Tokoh-Tokoh Islam Kontempoler, Pendidikan Karakter AUD Menurut Islam, Hakikat Belajar AUD Pandangan Para Filosof Muslim, Lingkungan Belajar Anak Usia Dini Menurut Islam, Media Pembelajaran AUD dalam Islam, Evaluasi Pembelajaran AUD dalam Islam, Kelembagaan AUD dalam Islam, dan Problematika Pengembangan PAUD dalam Islam.

Saat ini kajian konsep dasar pendidikan anak usia dini prespektif Islam masih jarang sekali kebanyakan kajian konsep dasar PAUD secara umum.

Revolusi Mental dalam Pendidikan Tinggi

Buku ini memuat pembahasan aspek mentalitas dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi pada umumnya dan khususnya di Institut Pertanian Bogor. Hal tersebut relevan dengan tugas visi Komisi A DGB IPB yaitu merumuskan pemikiran, pandangan, dan gagasan tentang karakter, jati diri, dan budaya bangsa, baik yang berkenaan dengan kehidupan bernegara secara umum maupun yang bersifat khusus dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Demikian pula secara umum relevan dengan Visi Dewan Guru Besar IPB yaitu menjadi salah satu pilar yang bermartabat, berwibawa, dan menjadi pelopor dalam mewujudkan Visi Institut Pertanian Bogor.

Buku ini memuat pembahasan aspek mentalitas dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi pada umumnya dan khususnya di Institut Pertanian Bogor.

Pendidikan Yang Berdaya Ubah

Kisah Reflektif Pengalaman Pendidikan Transformatif

Buku ini merupakan kumpulan tulisan reflektif yang digali dari pengalaman mahasiswa S2 Pendidikan Matematika FKIP USD dan beberapa sahabat guru dalam memaknai proses dan hasil pendidikan transformatif. Dengan kisah-kisah yang ditampilkan dalam buku ini diharapkan proses dan dampak pendidikan transformatif dapat dipahami dan disadari secara lebih nyata dan sederhana. Tidak lagi menjadi slogan yang normatif. Ada 33 kisah yang berasal dari berbagai latar belakang pengalaman, budaya, daerah yang berbeda, serta sudut pandang yang beragam dalam memaknai sebuah proses pendidikan transformatif. Inilah salah satu kelebihan dari buku ini, sangat kaya kisah. Kami berharap para pembaca budiman turut mencecap kisah-kisah dalam buku ini dan dapat mengikat makna serta tergerak untuk dapat melaksanakan pendidikan transformatif. Dengan demikian proses pendidikan semakin disadari sebagai suatu proses perubahan.

Dengan demikian proses pendidikan semakin disadari sebagai suatu proses perubahan. Penerbit Garudhawaca

Pengantar Pendidikan

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Pendidikan serta sangat tepat untuk menjadi bacaan para akademisi baik guru, mahasiswa dan dosen. isi buku ini sangat komperhensif dalam penyajian mengenai pendidikan dan relevan dengan pendidikan saat ini. Sistematika buku ini dengan judul “Pengantar Pendidikan” terdiri atas 13 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dan Aplikasi diantaranya:Konsep Dasar Pendidikan, Hubungan Manusia dan Pendidikan, fungsi dan peranan Lembaga Pendidikan, Konsep Peserta didik dan Pendidik, Aliran Pendidikan, Pendidikan Karakter, Berbasis Digital, Andragogi dan Pendidikan Seumur hidup, Sistem Pendidikan Nasional, Hubungan antara Pendidikan dan Pembangunan, Hubungan Pendidikan dan Tantangan Global.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Pendidikan serta sangat tepat untuk menjadi bacaan para akademisi baik guru, mahasiswa dan dosen. isi buku ini sangat ...

Internalisasi Pendidikan IPS Dalam Perspektif Global Pada Sekolah Dasar

Proses internalisasi perubahan tingkah laku pada peserta didik (siswa) merupakan aspek penting dalam pendidikan IPS. Jadi, seyogyanya pendidikan ini tidak berhenti pada proses pemahaman kognitif saja. Internalisasi inilah yang mampu mendorong tumbuh kembangnya siswa sebagai generasi penerus bangsa dengan kemampuan dan pemahaman kehidupan sosial sebagai bagian dari dunia global. Buku referensi ini memuat gambaran tentang informasi komprehensif terkait intemalisasi pendidikan IPS dalam perspektif global pada SD. Dibahas materi terkait Pendidikan Berwawasan Global, sampai Materi IPS dalam Kurikulum 2013. Buku ini ditujukan pada semua khalayak pemerhati tentang pendidikan dan pembelajaran IPS khususnya bagi (siswa, guru dan kepala sekolah), dengan harapan bisa menambah referensi dalam mendalami IPS, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Semoga bermanfaat.

Proses internalisasi perubahan tingkah laku pada peserta didik (siswa) merupakan aspek penting dalam pendidikan IPS.

Pendidikan Karakter Versus Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Di masa pandemi virus corona, Pemerintah memberikan strategi cara terbaik untuk melaksanakan pembelajaran di web dan terputus. Dalam referensi Kata Besar Bahasa Indonesia, itu dicirikan sebagai sebuah organisasi, terkait melalui organisasi PC, web, dll. Penjemputan merupakan tindakan awal yang pas untuk bisa mencegah serta meredam penyebaran COVID, dan pelajar. tidak akan melewatkan contoh-contoh yang tersusun dalam kerangka berpikir tersebut selama satu tahun pelajaran. Meski otoritas publik telah memberikan strategi Lain Biasa yang bertujuan untuk memulihkan area keuangan yang telah mati selama sekitar 90 hari karena efek Coronavirus, area instruksi, terutama pembelajaran di sekolah, belum memikirkannya. momen yang akan dibuka sepenuhnya oleh otoritas publik. Ini karena anak-anak adalah anak-anak yang akan sering temperamental dan senang berkumpul dengan teman-teman mereka untuk memungkinkan penyebaran infeksi. Selanjutnya, penemuan yang saat ini sedang diselesaikan adalah jarak yang signifikan di alam. Jelas, ini adalah ujian bagi pendidik untuk mencapai hasil belajar, terutama dalam upaya pengajaran kepribadian anak-anak.

Di masa pandemi virus corona, Pemerintah memberikan strategi cara terbaik untuk melaksanakan pembelajaran di web dan terputus.

Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global

Nilai - nilai di atas merupakan bagian integral yang bisa dikembangkan dalam pembuatan proyek pendidikan karakter di sekolah . Tentu , penjabaran di atas tidak berpretensi merangkum semua nilai yang fundamental bagi pendidikan karakter ...

Pendidikan Karakter Islam

Pendidikan Karakter adalah inti dari Pendidikan Islam yang semula dikenal dengan pendidikan akhlak. Pendidikan ini sudah ada sejak islam didakwahkan oleh Nabi kepada para sahabatnya. Seiring dengan Penyebaran Islam, pendidikan karakter tidak pernah terabaikan karena islam yang disebarkan oleh Nabi adalah Islam dalam arti yang utuh, yakni keutuhan dalam iman, amal saleh, dan akhlak mulia. Buku ini menguraikan secara singkat tentang latar belakang pentingnya pendidikan karakter serta keterkaitan karakter dengan akidah dan syariat Islam. Setelah itu, diuraikan tentang konsep dasar pendidikan karakter dalam Islam dan pola pengembangannya. Selanjutnya, dijelaskan implementasi pendidikan karakter dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, di setiap akhir bab ditambahkan catatan akhir yang diharapkan dapat memberikan penyadaran kepada para pembaca akan arti pentingnya pendidikan karakter. Target buku ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah serta mahasiswa Jurusan PKn dan IPS. Tidak hanya itu, buku ini juga menjadi penting bagi praktisi dan pihak-pihak lain yang peduli dengan pendidikan karakter.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, kata karakter diartikan dengan tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain, dan watak. Dengan demikian, orang berkarakter berarti orang yang ...

Manajemen Pendidikan Karakter

Belajar dari negeri Cina inilah, barangkali pemerintah Indonesia memprogramkan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah. Untuk itu, diperlukan manajemen yang tepat agar pelaksanaannya dapat dilakukan secara berkelanjutan (continuing) serta mencakup seluruh aspek karakter bangsa secara utuh dan menyeluruh (kaffah). Sehingga, pendidikan karakter tersebut betul-betul dapat menyiapkan generasi bangsa menuju bangsa yang beradab dan bermartabat. Hal ini juga penting, terutama untuk mempertahankan diri dari proses degradasi karakter bangsa yang tanda-tandanya sudah kita rasakan akhir-akhir ini. Buku “Manajemen Pendidikan Karakter” ini, dapat membangkitkan inspirasi, kesadaran, pemahaman, kepedulian, dan komitmen Anda sebagai bangsa Indonesia, khususnya bagi para guru, pengawas, dan kepala sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang berkarakter.

Agar guru dapat mengembangkan pendidikan karakter secara efektif, serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam peningkatan pribadi peserta didik, guru perlu memiliki hal-hal berikut: 1. menguasai dan memahami pendidikan ...

WAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER

Kesadaran untuk mengatasi masalah kemerosotan karakter bangsa ini muncul ketika sudah sampai pada kondisi kronis. Dalam kondisi seperti ini penanganan akan jauh lebih sulit. Masalah karakter adalah masalah mendasar. Karakter terbentuk dalam kurun waktu yang lama dan proses yang panjang. Upaya untuk merubah suatu karakter menjadi karakter tertentu seperti yang dinginkan merupakan hal yang sangat sulit. Kesulitan sebesar apapun harus tetap ditempuh dan dilalui jika kita semua ingin agar bangsa Indonesia tidak hancur. Pendidikan karakter itu merupakan proses panjang yang harus dilakukan dengan sabar, bertahap dan berkelanjutan. Di tengah perkembangan kehidupan yang diwarnai dengan paradigma positivisme dalam segala bidang ini, masalah yang berkaitan dengan moral mental, spiritial, kultural dikesampingkan. Manusia lebih terfokus pada hal-hal yang bersifat fisik, materialis, ekonomis, rasionalis, pragmatis yang dapat terukur dengan pasti dengan hasil yang dapat dirasakan dan dilihat secara langsung. Ada aspek yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu bangsa yaitu jiwa atau karakter bangsa. Suatu bangsa yang mempunyai keterbatasan SDA dan kondisi SDM yang belum baik, namun karena mempunyai jiwa dan karakter tertentu akan mampu menjadi bangsa yang unggul.

KATA PENGANTAR __ vii DAFTAR ISI__x BAB 1 PENDAHULUAN __1 BAB 2 PENDIDIKAN KARAKTER __ 4 A. Pengertian Karakter__4 B. Sejarah Munculnya Pendidikan Karakter __ 6 C. Pengertian Pendidikan Karakter__7 D. Pendidikan Karakter dalam al-Qur'an ...