Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

Laporan hasil penelitian

penggunaan bahasa daerah dalam tarian maengket sebagai pengungkap pola pikir subetnik Tonsea di kabupaten Minahasa

"Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim "

Agama menjadi sumbu penggerak kehidupan manusia. Sehingga tradisi keberagamaan melintasi aspek-aspek aktivitas manusia. Tidak saja ketika berada di ruang shalat tetapi menjangkau aspek yang sesungguhnya bukan merupakan ritual shalat itu sendiri. Bahkan dapat saja agama kemudian menjadi bagian dari gerakan politik praktis (Abbas J. Ali, 2009 : 50-65). Pengalaman Australia menunjukkan bisa juga terjadi dimana sekolah menjadi bagian dari gerakan politik dalam artian moral untuk mencapai tujuan yang lebih luas (Neil Cranston, et all, 2010:182-195). Sehingga jikalau faktor agama, politik, dan sekolah bergabung menjadi sebuah kekuatan, maka ini sebuah potensi untuk mengantar para peserta didik untuk menjadi warga dunia untuk kemajuan umat manusia. Buku Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Aturan yang diberlakukan adalah adanya ketentuan bahwa tidak boleh berbahasa daerah dan bahasa Indonesia, demikian pula praktik berbahasa harus sesuai dengan hari yang ditentukan. Kalaupun peraturan ini ditetapkan tetapi tidak diawasi, ...

MODUL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL EDISI PJJ (PEMBELAJARAN JARAK JAUH) PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK SMP KELAS IX

Pandemi covid-19 berdampak tidak hanya pada bidang Kesehatan dan ekonomi saja tetapi juga berdampak pada bidang pendidikan. covid-19 merubah tatanan sistem pembelajaran selama ini yang banyak dilakukan didalam kelas saja. Dengan adanya covid-19, semua komponen yang terlibat didalam proses pembelajaran wajib mengurangi aktivitas yang banyak menimbulkan kerumunan orang guna mencegah tertularnya virus covid-19. Sehingga pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan innovative dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kreativitas dan inovasi seorang pengajar sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan belajar selama pandemic covid-19. Salah satu inovasi yang digagas oleh dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga kabupaten tambrauw provinsi papua barat melalui kepala seksi kurikulum dan penilaian bidang pendidikan menengah Tenia Kurniawati, M.Pd adalah melahirkan suatu modul yang dapat digunakan siswa untuk belajar dirumah. Modul ini, digunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa Ketika dirumah selama pandemic covid-19 meskipun tidak terdapat akses internet. Sehingga proses belajar-mengajar tetap berjalan. Sebagai persembahan hadirnya modul ini, kami turut ucapkan terimakasih kepada Bupati kabupaten tambrauw Gabriel Assem, SE, M.Si dan Sekertaris daerah Kabupaten Tambrauw Engelbert Gabriel Kocu, S.Hut, MM. atas dukungannya dalam pengembangan modul ini. Besar harapan saya, modul ini dapat digunakan seoptimal mungkin oleh siswa-siswi di Kabupaten Tambrauw provinsi Papua Barat. Masukan dan saran sangat diperlukan untuk memperbaiki modul ini.

Selain itu, Benua Asia juga memiliki berbagai macam bahasa. Kalian dapat melihat contohnya di Indonesia memiliki bahasa asli daerah sekitar 600 bahasa daerah. Filipina memiliki sekitar 100 bahasa daerah dan India memiliki sekitar 1.683 ...

Monograf Model Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman dan Daya Tarik Pembelajaran

Penulisan buku ini termotivasi dari kenyataan bahwa siswa memiliki kebiasaan belajar yang beragam. Di sisi lain, ada pula kebiasaan siswa yang hanya bermain dengan memanfatkan media audio visual. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, layanan informasi berbantu multimedia sangat memegang peranan penting, khususnya pemanfaatan dalam proses belajar. Bagaimana pun sekarang ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dari aktivitas dunia digital dan multimedia. Karena itulah, mengaitkan layanan informasi berbantu multimedia dengan kebiasaan belajar siswa merupakan hal relevan.

Oleh karena itu, orang tua berupaya agar anaknya belajar bahasa asing dan secara tidak sadar mengesampingkan bahasa daerah karena menurut mereka bahasa asing lebih maju dan modern. Padahal semestinya kita menggunakan bahasa Jawa sebagai ...

KETERAMPILAN BERBICARA Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dan mutlak dikuasai oleh setiap peserta didik di seluruh jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan sarjana, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mata kuliah Keterampilan Berbicara selalu menjadi mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang harus dikuasai, tidak hanya secara teoretis tetapi juga praktik untuk menunjang profesi keguruan, khususnya guru Bahasa Indonesia. Buku ini diterbitkan untuk menjawab kebutuhan pebelajar, mahasiswa calon guru, maupun para guru Bahasa Indonesia sebagai bekal dan pedoman dalam meninjau teori keterampilan berbicara dan penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan dinamisnya perubahan kurikulum 2013 saat ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Buku ini terwujud sebagai salah satu upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yang terus mengupayakan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) secara berkesinambungan. Pada tahun 2016 telah dilaksanakan program hibah Revitalisasi LPTK yang memfokuskan pada pengembangan kurikulum program studi (prodi) sarjana pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada tahun ini (2017) kurikulum yang telah disusun diimplementasikan dengan memfokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran pendukung kurikulum, yang salah satu produknya adalah buku ajar yang diterbitkan. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan di Universitas Islam Malang yaitu Rektor, Wakil Rektor I, Tim Task Force Unisma, Dekan FKIP dan segenap pimpinannya, yang telah memberi kesempatan, bantuan, dan motivasi pada penulis dalam menyelesaikan buku ini. Tidak lupa juga penulis sampaikan terima kasih pada sejawat dosen sebagai teman diskusi dalam penuntasan penulisan buku. Semoga penerbitan buku ini dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai acuan bagi pebelajar, mahasiswa, guru, dan pemerhati pendidikan dalam memahami konsep, teori, dan penerapan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dan mutlak dikuasai oleh setiap peserta didik di seluruh jenjang pendidikan.

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: (MENGGELITIK PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, & MENYENANGKAN

Lembaga pendidikan saat ini mulai memberikan perhatian khusus guna merespon tuntutan tersebut. Terlihat dalam kurikulum di beberapa jenjang dan jenis lembaga pendidikan mulai diisi dengan pembelajaran bahasa Arab. Mempelajari suatu bahasa memang terikat dengan faktor kebiasaan, sehingga tidak heran banyak orang yang mampu berbahasa asing karena sering memperaktikkannya. Selain itu, mempelajari suatu bahasa juga terikat dengan strategi dan metode mempelajarinya. Buku ini hadir untuk memandu kita dalam mengusai bahasa Arab dengan berbagai strategi dan metodenya. Buku ini sangat layak digunakan, baik di kalangan umum, tenaga pendidik, siswa dan mahasiswa. Buku ini tidak menyajikan sudut pandang teori saja, tetapi juga terdapat contoh-contoh yang mempermudah kita untuk memahami bahasa Arab.

Hal ini sengaja ditekankan, karena berdasarkan pengamatan, banyak di antara guru bahasa Arab yang cenderung mengajak ... karena sistem tata bunyi bahasa Arab banyak berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang dikenal oleh ...

Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Dengan buku ini, akan menjadi media untuk tetap memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan. Belajar tidak hanya sebatas dalam ruang yang tertutup dengan kehadiran guru sebagai fasilitator. Lebih dari itu, belajar dapat dimana saja dan dari mana saja. Tugas guru salah satunya, memberikan kesempatan bagi setiap warga belajar untuk senantiasa mendapatkan waktu belajar yang sesuai dengan kesempatan dan juga kesesuaian minat. Buku ini dimulai dengan semangat itu “memberikan kesempatan”. Maka, inilah wujud sebuah kolaborasi antara warga dalam kelas. Tidak hanya karena dosen, tetapi semua warga yang ada dalam kelas terlibat untuk turut memberikan kolaborasi. Buku ini menjadi bukti, bahwa dengan kerjasama dan kesatuan tujuan akan ada hasil yang diharapkan. Sebuah mitos selalu menjadi bagian dari kehidupan kita di Indonesia bahwa “kerja tim sebuah hal yang susah”. Mitos itu kemudian tidak menjadi momok dan penghalang dalam mengelola semua potensi kelas yang ada. Di tangan kita, buku ini menjadi bagian dari usaha untuk memberikan sumbangsih dengan adanya kerjasama maka selalu dapat mewujudkan capaian sesuai dengan tujuan bersama. Buku Pembelajaran bahasa arab di madrasah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Namun tidak berarti bahwa ini dalam rangka menggeser kedudukan dan fungsi bahasa nasional maupun bahasa daerah. Dengan bahasa asing menjadi alat dalam penyampaian gagasan, ide dan pokok pikiran sehingga bangsa lain dapat memahami ...