Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

MATERI UTAMA BAHASA INDONESIA

Berbasis Teks & Pembahasan dan Latihan Soal-Soal HOTS untuk SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX

Buku ini disusun berdasarkan muatan materi pada Permendikbud No.24 Tahun 2016 dan Kisi-Kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs ini diharapkan menjadi buku pendamping dan pegangan yang sangat penting bagi para siswa dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Buku ini disajikan secara komprehensif mengenai berbagai jenis teks yang dipelajari di jenjang SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX, mulai dari jenis, fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Selain itu, terdapat pembahasan soal dan lima paket soal yang berkenaan dengan materi yang akan diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Semoga kehadiran buku ini dapat membantu para siswa dalam memahami materi dan soal secara utuh di kisi-kisi UN secara mudah dan menyenangkan.

Buku ini disusun berdasarkan muatan materi pada Permendikbud No.24 Tahun 2016 dan Kisi-Kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs ini diharapkan menjadi buku pendamping dan pegangan yang sangat penting bagi para siswa dan guru pengampu ...

KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA

Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya dalam rangka pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia tersebut. Meskipun demikian, sasaran utama buku ini adalah masyarakat akademis di perguruan tinggi. Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi hendaknya bermuara pada penguasaan kompetensi, terutama keterampilan menulis, yang ditunjang oleh keterampilan membaca dan bernalar. Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah umum (MKU) menuntut mahasiswa memiliki kemampuan dalam menyampaikan argumen keilmuan melalui karangan ilmiah, seperti artikel, laporan kajian, makalah, atau tugas akhir. Hal ini merupakan bentuk-bentuk tuntutan akademis yang harus dipenuhi oleh insan akademis dalam lingkungannya. Sebagai insan akademis, mahasiswa dituntut untuk menguasai keterampilan menulis, tanpa mengabaikan keterampilan membaca, berbicara, dan menyimak. Akan tetapi, keterampilan menulis mahasiswa selama ini jauh dari harapan. Tagihan-tagihan akademis yang berupa makalah, laporan buku, atau laporan hasil penelitian tidak mencerminkan ketepatan metodologi. Selain itu, bahasa yang digunakan tidak memperlihatkan pernalaran yang tepat, juga tidak menunjukkan kesadaran terhadap kaidah bahasa Indonesia. Oleh karena itu (tidak berlebihan), buku ini disediakan secara khusus bagi mahasiswa peserta MKU Bahasa Indonesia agar dapat melatih (dan menguasai) keterampilan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk pelbagai keperluan, terutama untuk penulisan karya ilmiah. Dengan berlatih menulis sejak awal, mahasiswa terbantu ketika mereka hendak menyusun tugas akhir. Akan tetapi, buku ini juga dapat dijadikan acuan bagi guru, dosen, dan jurnalis berkenaan dengan tugas keprofesionalan mereka. Pokok-pokok yang dibahas dalam buku ini meliputi kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia; keterampilan berbicara formal; menyimak untuk keperluan studi; membaca intensif dan ekstensif; membaca untuk keperluan studi; pilihan kata; kalimat efektif; pengembangan paragraf; pernalaran dalam berbahasa; menulis rancangan karangan; menulis makalah; menulis laporan penelitian; menulis ringkasan dan abstrak; masalah penulisan ejaan.

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya dalam rangka pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia tersebut.

EYD Bahasa Indonesia

Fasih ngomong Bahasa Indonesia belum tentu tahu tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ketika menulis, kadangkala kita sering salah menempatkan tanda baca, kutipan, huruf kapital, penulisan nama dan gelar, dsb. Gunakan buku ini untuk memperbaiki struktur tata bahasa Indonesia-mu, karena berisi panduan lengkap: 1. EYD Bahasa Indonesia terbaru. 2. Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia. 3. Penggunaan huruf kapital dan huruf miring. 4. Penggunaan tanda baca. 5. Penggunaan kutipan langsung dan tidak langsung. 6. Penggunaan kata baku dan tidak baku. 7. Penggunaan kata-kata serapan. 8. Penulisan nama pengarang dalam kutipan. 9. Penggunaan awal dan akhiran dari bahasa asing. 10. Daftar singkatan dan akronim. [Mizan, Bentang Pustaka, Study Aid, Bahasa Indonesia, EYD, Ejaan, Indonesia]

Gunakan buku ini untuk memperbaiki struktur tata bahasa Indonesia-mu, karena berisi panduan lengkap: 1. EYD Bahasa Indonesia terbaru. 2. Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia. 3. Penggunaan huruf kapital dan huruf miring. 4.

Bahasa Indonesia Akademik

Pengembangan Kepribadian Berbasis Pendidikan Karakter

Bahasa menjadi sentral dalam kehidupan manusia. Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi tidak sekedar menekankan pada keterampilan berbahasa Indonesia ragam ilmiah, tetapi juga pembinaan kepribadian mahasiswa yang memiliki karakter unggul. Untuk itu, pengembang pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan melalui empat keterampilan bahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis ilmiah.

Bahasa menjadi sentral dalam kehidupan manusia.

KAMUS BAHASA INDRAMAYU

Secara geografis wilayah Indramayu berada di tanah Sunda, Cirebon, dan Jawa. Apakah bahasa Indramayu sama dengan bahasa Jawa?. Bahasa Indramayu banyak yang sama dengan Bahasa Cirebon, Bahasa Jawa, dan ada pula yang berbeda. Sebab itu bahasa Indramayu adalah bahasa yang unik. Sayang sekali, belum banyak usaha yang serius untuk menginventarisi bahasa Indramayu dalam bentuk sebuah kamus. Berupa daftar kata dalam Bahasa Indramayu-Bahasa Indonesia atau Bahasa Indonesia–Bahasa Indramayu. Kaitannya dengan hal itu, Tim Kainoe Books telah menyusun buku Kamus Bahasa Indramayu yang dapat digunakan sebagai menunjang atau pengayaan pembelajaran SD, SMP, SMA/SMK dan Umum bahasa daerah yakni bahasa Indramayu. Penyusun menyadari masih terdapat kekurangan dalam kamus bahasa Indramayu ini, untuk itu kritik dan saran terhadap penyempurnaan kamus ini sangat diharapkan. Semoga kamus ini dapat memberi manfaat bagi para pelajar, guru, dan masyarakat Indramayu pada umumnya dalam belajar bahasa Indramayu.

Kaitannya dengan hal itu, Tim Kainoe Books telah menyusun buku Kamus Bahasa Indramayu yang dapat digunakan sebagai menunjang atau pengayaan pembelajaran SD, SMP, SMA/SMK dan Umum bahasa daerah yakni bahasa Indramayu.

Mudah Belajar Bahasa Jepang Melalui Anime

Salah satu cara paling praktis dalam mempelajari bahasa Jepang adalah melalui anime. Karena, percakapan di dalamnya merupakan bahasa sehari-hari yang sederhana dan mudah dipahami. Buku ini akan membantu Anda memahami tata bahasa dasar sekaligus memperkaya kosakata bahasa Jepang Anda. Selain itu, di dalamnya terdapat enam karakter yang memudahkan Anda untuk membedakan gaya bahasa tergantung tingkat kesopanan, baik formal maupun nonformal. Keenam karakter ini juga membantu Anda membedakan ungkapan mana yang lazim diucapkan oleh laki-laki dan mana yang lazim diucapkan oleh perempuan. -TransMedia Pustaka-

Salah satu cara paling praktis dalam mempelajari bahasa Jepang adalah melalui anime.

Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik)

Buku “Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik)” ini pada awalnya disusun sebagai kebutuhan bahan ajar mata kuliah Introduction to Linguistic (pengantar linguistik) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP-PGRI) Sumatera Barat. Buku ini merupakan pengembangan dari materi dan silabus perkuliahan serta bahan-bahan dari berbagai sumber berdasarkan Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester dalam pencapaian kompetensi menguasai teori-teori tentang ilmu kebahasaan. Kemudian, karena penulis berfikir bahwa kajian dasar mengenai ilmu bahasa pada prinsipnya merupakan ilmu yang umum (general) pada semua bahasa di dunia, maka timbul keinginan untuk menjadikan buku ini sebagai salah satu panduan bagi Program Studi Bahasa secara umum. Buku ini pada dasarnya masih merujuk pada buku-buku sebelumnya yang membahas mengenai seluk-beluk linguistik, tetapi lebih disesuaikan dengan perkembangan dan revisi terbaru berdasarkan penelitian dan temuan oleh ahli-ahli bahasa saat ini. Selanjutnya, karena banyak ahli bahasa sudah lebih memfokuskan kepada kajian-kajian bahasa pada pembahasan yang lebih spesifik terhadap bidang tertentu pada tataran lebih lanjut yang jauh lebih kompleks sehingga agak menyulitkan bagi mahasiswa yang tergolong pemula untuk memahami akar dari kajian bahasa itu sendiri. Untuk itu, buku ini diharapkan dapat menjadi jawaban terhadap permasalahan tersebut di atas karena penulis berusaha memaparkan pembahasan dari hal-hal mendasar yang memudahkan mahasiswa untuk memahami topik, dan juga cakupan buku ini bisa dinilai luas sehingga pembaca lebih mudah mengklasifikasikan bidang-bidang kajian ilmu bahasa yang sudah banyak berkembang dengan berbagai macam aliran dan bidang ilmu turunannya. Dalam pemaparan isi, buku ini terdiri dari sebelas Bab yang dimulai dari Bab pendahuluan yang membahas pengertian bahasa dan cabang-cabang ilmu bahasa sampai pada Bab linguistik terapan sebagai penerapan dan aplikasi dari ilmu-ilmu bahasa itu sendiri termasuk juga tentang pengajaran ilmu bahasa. Pada masing-masing Bab terdapat pemaparan teori dan beberapa ilustrasi serta gambar-gambar yang berkaitan dengan pokok bahasan sehingga pembaca lebih mudah mencerna dan memahami materi yang dibahas. Buku Mengenal ilmu bahasa (linguistik) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Mengenal ilmu bahasa (linguistik) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Konsep Dasar Bahasa Indonesia

Buku ini berisi pemahaan awal mengenai konsep kebahasaan Bahasa Indonesia. Pembaca diharapkan dapat memahami berbagai konsep kebahasaan sekaligus mampu menerapkannya dalam proses komunikasi sehari-hari. Selain itu kesalahan pembelajaran terkait konsep kebahasaan diharapkan tidak terjadi lagi sebab penggunaan bahasa tersebut sudah sesuai dengan konsep ilmu kebahasaan sebagai dasar kaidahnya.

Buku ini berisi pemahaan awal mengenai konsep kebahasaan Bahasa Indonesia.

Mengenal Tata Bahasa Indonesia

Buku ini sebagai bentuk pengingat bahwa masyarakat Indonesia sudah seharusnya menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Untuk mengaplikasikannya, kita tentu harus terlebih dahulu mengenal bagaimana tata bahasa Indonesia. Pengertian tersebut paling tidak memberikan gambaran sekaligus membangkitkan sikap loyalitas berbahasa Indonesia. Hal itu juga sebagai bentuk perlawanan terhadap sikap berbahasa yang lebih mencintai bahasa asing. Sikap ini biasa dikenal dengan sebutan xenoglosofilia. Buku ini akan memberikan penjelasan terhadap tata bahasa Indonesia yang nantinya diawali dengan pengenalan tata ejaan, tata tanda baca, tata penulisan huruf, tata kata dan diksi, tata kalimat, tata paragraf, dan tata afiksasi. Diharapkan buku ini menjadi pemantik semangat untuk lebih mengenal keunikan bahasa Indonesia. Selanjutnya, buku ini juga diharapkan sebagai salah satu referensi dalam mengenali tata bahasa Indonesia bagi kita, khususnya para pengajar bahasa, pegiat bahasa, dan pelaku bahasa Indonesia.

Buku ini sebagai bentuk pengingat bahwa masyarakat Indonesia sudah seharusnya menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Untuk mengaplikasikannya, kita tentu harus terlebih dahulu mengenal bagaimana tata bahasa Indonesia.