Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan

Sebagai aktor intelektual, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang merasa memiliki tanggung jawab intelektual dalam menyikapi berbagai perubahan dalam dunia pendidikan yang saat ini terjadi. Melalui buku bunga rampai “Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan”, untuk pertama kalinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam kegiatan Yudisium periode II tahun 2020 mengundang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, untuk merefleksikan gagasan dan pemikirannya dalam merespon dunia pendidikan pada era tatanan baru saat ini. Buku bunga rampai ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi peserta yudisium, khususnya, dan masyarakat umum, pada umumnya, dalam menghadapi era tatanan baru di dunia pendidikan saat ini. Terdapat 10 judul artikel yang ada di dalam buku bunga rampai ini. Kesepuluh judul artikel ditulis oleh dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, dari berbagai program studi. Terdapat beragam tema yang ada dalam buku bunga rampai, mulai dari kebijakan dalam dunia pendidikan, konsep filosofis pendidikan, inovasi desain pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, hingga bekal bagi calon pendidik di era tatanan baru dalam dunia pendidikan

Era kehidupan baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah memang masih
belum untuk semua aspek kehidupan, hanya beberapa aspek kehidupan yang
dapat memulai kehidupan baru di masa pandemi. Pendidikan merupakan salah
satu ...

Paradigma Baru Pendidikan Pancasila

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara dan ideologi nasional, Pancasila memiliki peran penting dalam menopang keberadaan dan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, sudah selayaknya perlu untuk dipahami dan dihayati segenap warga bangsa termasuk mahasiswa sebagai warga muda. Buku Paradigma Baru Pendidikan Pancasila ini menawarkan kepada para pembaca, khususnya mahasiswa, dengan substansi kajian baru yang meliputi (1) Pengantar Pendidikan Pancasila, (2) Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa, (3) Pancasila sebagai Dasar Negara, (4) Pancasila sebagai Ideologi Nasional, (5) Pancasila sebagai Filsafat, (6) Pancasila sebagai Etika, dan (7) Pancasila sebagai Nilai Dasar Pengembangan Ilmu. Cakupan materi ini merupakan hasil pembaruan atas substansi kajian Pendidikan Pancasila sebelumnya, yakni kajian Pendidikan Pancasila berdasar Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 38/Dikti/Kep/2002. Pembaca nantinya akan menemukan sajian materi yang disusun secara sistematis, berkesinambungan, ringkas, dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Amat baik digunakan sebagai sumber belajar untuk perkuliahan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi untuk semua bidang jenjang sarjana maupun diploma.

Buku Paradigma Baru Pendidikan Pancasila ini menawarkan kepada para pembaca, khususnya mahasiswa, dengan substansi kajian baru yang meliputi (1) Pengantar Pendidikan Pancasila, (2) Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa, (3) Pancasila ...

PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM

Perbincangan seputar perkembangan pendidikan Islam seakan menjadi wacana yang tidak pernah selesai untuk dibahas, karena pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses yang tidak akan pernah selesai (never ending process) dan berlangsung sepanjang hayat (minal mahdi ilal lahdi). Berbagai ide atau gagasan tentang pengembangan pendidikan Islam telah banyak dikemukakan oleh banyak kalangan yang semuanya itu bermuara pada bagaimana mencari format ideal dari paradigma Pendidikan Islam.

Perbincangan seputar perkembangan pendidikan Islam seakan menjadi wacana yang tidak pernah selesai untuk dibahas, karena pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses yang tidak akan pernah selesai (never ending process) dan berlangsung ...

Profil Menteri Pendidikan Orde Baru : Fuad Hasan - Seri I

Pergantian MenterI P & K selalu dibarengi dengan adanya kebijaksanaan baru yang belum tentu dapat menjawab masalah pendidikan yang ada, mulai dari Mashuri sampai Nugroho, dan kini Fuad Hassan.

Pergantian MenterI P & K selalu dibarengi dengan adanya kebijaksanaan baru yang belum tentu dapat menjawab masalah pendidikan yang ada, mulai dari Mashuri sampai Nugroho, dan kini Fuad Hassan.

Profil Menteri Pendidikan Orde Baru : Fuad Hasan - Seri II

Departemen P & K Menghapuskan 209 PROGRAM STUDI di 10 IKIP & FKIP di beberapa universitas. Untuk mengurangi jumlah lulusan guru bidang studi yang dianggap sudah tercukupi & meringankan beban dosen.

Departemen P & K Menghapuskan 209 PROGRAM STUDI di 10 IKIP & FKIP di beberapa universitas. Untuk mengurangi jumlah lulusan guru bidang studi yang dianggap sudah tercukupi & meringankan beban dosen.

Mempertegas politik pendidikan, menyongsong visi baru universitas

Government's influence in educational system of universities and colleges in Indonesia.

Government's influence in educational system of universities and colleges in Indonesia.

Pendidikan olahraga dan pembangunan masjarakat baru Indonesia

Disusun untuk petugas-petugas pendidikan djasmani, siswa/mahasiswa pendidikan djasmani, olahragawan dan pentjinta olahraga, guru-guru, pemimpin/kader masjarakat, setiap kepala rumah tangga, setiap pentjinta ilmu

Seperti saja telah kemukakan sebelumnja stelsel Austria merupakan stelsel
pendidikan olahraga jang mendjadi pedoman terachir dari dunia barat jang
masuk di Indonesia . Stelsel ini dianggap demikian baiknja , sehingga mendjiwai
banjak ...

Pemikiran tentang pendidikan baru

Sumbangan-sumbangan pikiran tersebut penulis himpun menjadi kumpulan
tulisan itu dengan judul Pemikiran Tentang Pendidikan Baru. Tercantumnya
istilah Pendidikan Baru ini berdasarkan atas semangat bahwa penulis
diharapkan ...

Aliran baru dalam pendidikan dan pengadjaran

Kata Pengantar 3 Bab I. Dasar2 Aliran Baru dalam Pendidikan dan Pengadjaran
5 Bab II Tokoh-tokoh Pelopor ke Aliran Baru : 1. J. A. Comenius 9 2. J.H.
Pestalozzi 16 3. F.W.A. Frobel 22 Bab III. Tokoh-tokoh dan Aliran-aliran Baru di
Negara ...