Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

Strategi Belajar Mengajar Biologi

Sebagaimana perkembangan ekologi pendidikan dan perubahan zaman selalu terdapat peluang dan ancaman yang menyertainya. Salah satu peluang bagi negara berkembang seperti Indonesia adalah pembenahan paradigma baru dalam pendidikan. Ancaman yang diprediksi bagi pendidikan kita saat ini adalah ketidaksiapan rancangan model pembelajaran dalam menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia global, belum lagi bila dihubungkan dengan modal nasional berdasarkan hasil PISA (2018) bahwa kemampuan matematik, sains, dan literasi anak-anak Indonesia menempati urutan ke-72 dari 76 negara. Ketidaksiapan dunia pendidikan akan menjadi bencana apabila berlanjut dengan ketidakmampuan menghasilkan luaran dari kegiatan proses pendidikan yang tidak mampu menyelaraskan diri dengan ekologi belajar 4.0. Oleh karena itu, buku ini disusun untuk menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan tersebut. Buku ini dilengkapi dengan hasil perkembangan terbaru dalam pendidikan, seperti strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis, peningkaran kemampuan, dan keterampilan metakognisi siswa.

Sebagaimana perkembangan ekologi pendidikan dan perubahan zaman selalu terdapat peluang dan ancaman yang menyertainya.

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Buku ini dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar serta tidak menutup kemungkinan bagi guru dan tempat bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Buku ini sangat membantu mahasiswa, guru dalam berinovasi proses belajar mengajar.

Buku ini dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar serta tidak menutup kemungkinan bagi guru dan tempat bimbingan belajar yang ada di Indonesia.

STRATEGI PEMBELAJARAN

Judul : STRATEGI PEMBELAJARAN Penulis : Dr. M. Sobry Sutikno Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 144 Halaman ISBN : 978-623-6872-46-8 Abad 21 dikenal dengan istilah era globalisasi yang mana era tersebut sarat dengan perubahan-perubahan. Perubahan yang muncul begitu cepat dari semua lini termasuk dalam hal ini adalah aspek pendidikan. Dalam dunia pendidikan pun mengalami perubahan yang begitu cepat. Oleh sebab itu sudah saatnya bagi para pendidik untuk mulai memikirkan dan melakukan berbagai terobosan dalam upaya untuk mewujudkan pembelajaran yang bermutu. Menerapkan pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek ingatan, hafalan, (berbasis materi), namun sampai pada aspek penalaran dan kemampuan menggunakan keterampilan secara baik. Guru harus memiliki berbagai kemampuan dalam proses pem-belajaran, baik kemampuan penguasaan materi maupun penguasaan ilmu mendidik. Buku strategi pembelajaran ini berisi konsep dan aplikasi yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik, calon pendidik, dan para pembaca pada umumnya dalam upaya untuk mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu, sehingga terhindar dari kabut hitam yang berjangkit dalam dunia pembelajaran. Catatan terpenting adalah untuk mempermudah peserta didik dalam memahami apa yang dipelajari, maka guru harus mampu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat.

Judul : STRATEGI PEMBELAJARAN Penulis : Dr. M. Sobry Sutikno Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 144 Halaman ISBN : 978-623-6872-46-8 Abad 21 dikenal dengan istilah era globalisasi yang mana era tersebut sarat dengan perubahan-perubahan.

Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional

Strategi belajar mengajar sangat penting dipelajari agar pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan. Buku ini di kemas secara menarik dengan berbagai macam metode mengajar. Bukan hanya itu, buku ini juga menjelaskan secara rinci tentang model, strategi, pendekatan, dan teknik pembelajaran. Dikupas juga tentang keberhasilan belajar mengajar sangat ditentukan bagaimana mampu menghandel kelas. Bagaimana pengelolaan kelas yang baik dengan menentukan salah satu model tatanan ruang kelas. Diharapkan buku ini dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh calon guru maupun tenaga pengajar lainnya dalam situasi tersebut.

... digunakan pada permasalahan kompleks yang diperlukan siswa dalam melakukan insvestigasi dan memahaminya. Melalui PjBL proses inquiry dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing siswa dalam ...

OPTIMALISASI STRATEGI PEMBELAJARAN

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Komponen-komponen pendidikan dan pengajaran diatur sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang optimal dalam mencapai tujuan pengajaran dan pendidikan. Strategi pembelajaran juga memberikan alternatif terhadap proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Semua sumber belajar, baik manusia maupun sarana dan prasarana dirancang dan direncanakan untuk membantu proses belajar para siswa. Untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan. Mencermati upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia, para guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan strategi pembelajaran, yang kadang-kadang untuk kepentingan penelitian (penelitian akademik maupun penelitian tindakan) sangat sulit menermukan sumber-sumber literarturnya. Namun, jika para guru (calon guru) telah dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran, maka pada dasarnya guru pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan strategi pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul strategi-strategi pembelajaran versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah strategi pembelajaran yang telah ada.

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Strategi pembelajaran

Pendidik merupakan komponen dari sistem pendidikan yang memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran, karena tugas utama pendidik tidak hanya mengajar, tapi juga mendidik, membimbing, melatih, dan mengevaluasi proses dan hasil belajar dan pembelajaran. Dalam menjalankan tugasnya, pendidik juga dituntut untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien, dan dapat memfasilitasi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Untuk dapat mengelola pembelajaran secara efektif dan efisien, seorang pendidik membutuhkan pengetahuan tentang strategi pembelajaran. Buku dengan judul Strategi Pembelajaran hadir melengkapi berbagai literatur yang berkaitan dengan penerapan berbagai strategi pembelajaran terutama untuk menghadapi pembelajaran di abad 21. Buku ini diharapkan memperkaya khasanah pengetahuan serta pengalaman dalam penyampaian pembelajaran kepada peserta didik.

Buku dengan judul Strategi Pembelajaran hadir melengkapi berbagai literatur yang berkaitan dengan penerapan berbagai strategi pembelajaran terutama untuk menghadapi pembelajaran di abad 21.

RAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN, Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif

Dalam hal pembelajaran, banyak sekali senjata yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan ilmu/materi pada siswa, dan dapat melekat (pengetahuan tersebut) dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini yang paling dibutuhkan adalah cara menggunakan senjata tersebut. Dengan adanya buku ini akan memberikan gambaran mengenai strategi pembelajaran di kelas untuk membantu menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

A. Strategi pembelajaran kontekstual B. Strategi pembelajaran problem possing C. Strategi pembelajaran problem solving D. Strategi pembelajaran open ended E. Strategi pembelajaran realistik 5. Salah satu kelebihan dari menggunakan ...

CALL FOR BOOK TEMA 2 (STRATEGI PEMBELAJARAN)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, editor menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.