Sebanyak 31 item atau buku ditemukan

Akuntansi Syariah: Konsep, Wacana, dan Perspektif - Rajawali Pers

Al-Our'an Surah Al-Bagarah (2) ayat 282 memberi motivasi dan inspirasi dalam mengetahui, memahami, dan mengembangkan akuntansi syariah. Tidak semua ilmu dinyatakan dengan jelas dalam Al-Our'an, pertanda penting dan strategisnya akuntansi syariah dinyatakan dengan jelas dan panjang urgensi akuntansi. Di ujung ayat ini Allah juga mengungkap kata takwa, pertanda akuntansi menjadi salah satu sarana mendekatkan manusia kepada takwa, dan sebaliknya. Beruntunglah Anda terpilih mendapatkan hidayah dari Allah Swt., mengetahui, memahami, meneliti, dan mengembangkan akuntansi syariah, dengan cara ini Anda mendekatkan diri kepada Sang Khalik, bukan hanya perkara dunia, saat yang sama urusan akhirat. Buku ini sangat layak dibaca oleh mahasiswa S1—S3, serta pemerhati dan peminat akuntansi syariah. Layak dimiliki dan dibaca. Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: Bab 1 Sejarah Perkembangan Akuntansi Syariah Bab 2 Urgensi Akuntansi Syariah Bab 3 Perbedaan Akuntansi Konvensional dan Akuntansi Syariah Bab 4 Laporan Keuangan dalam Berbagai Perspektif Bab 5 Praktik Akuntansi di Lembaga Keuangan Syariah Bab 6 Akuntabilitas Organisasi Pengelolaan Zakat dan Wakaf Bab 7 Audit, Teori, dan Praktik Akuntansi di Lembaga Keuangan Syariah Bab 8 Kinerja Keuangan Islamic Social Finance Bab 9 CSR dan Sustainability Reporting for Islamic Financial Institution Bab 10 Good Corporate Governance Lembaga Keuangan Syariah Bab 11 Perkembangan Riset Akuntansi Syariah

Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: Bab 1 Sejarah Perkembangan Akuntansi Syariah Bab 2 Urgensi Akuntansi Syariah Bab 3 Perbedaan Akuntansi Konvensional dan Akuntansi Syariah Bab 4 Laporan Keuangan dalam Berbagai Perspektif Bab 5 Praktik ...

Hukum Telematika: Regulasi, Perlindungan Data, dan Keamanan Siber

Buku Hukum Telematika: Regulasi, Perlindungan Data, dan Keamanan Siber merupakan panduan menyeluruh mengenai kerangka hukum yang mengatur pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan modern. Berangkat dari konsep dasar hukum telematika hingga isu-isu kompleks seperti kejahatan siber lintas negara, kontrak elektronik, dan perlindungan data pribadi, buku ini mengupas aspek teoritis dan normatif hukum digital dengan pendekatan interdisipliner. Dengan cakupan yang luas, buku ini membahas regulasi penting seperti UU ITE, UU Perlindungan Data Pribadi, hingga pedoman internasional terkait cyberspace. Pembaca akan diperkenalkan pada prinsip-prinsip dasar hukum TIK, hak dan kewajiban digital, yurisdiksi dalam dunia maya, serta peran negara dalam mengatur dan melindungi aktivitas digital masyarakat. Buku ini juga mengangkat isu kontemporer seperti serangan siber, hate speech, privasi online, hingga transformasi hukum dalam menghadapi AI dan blockchain. Dirancang sebagai bacaan wajib bagi mahasiswa hukum, praktisi, akademisi, dan pemerhati teknologi, buku ini memberikan fondasi kuat untuk memahami dan menghadapi tantangan hukum di era digital dengan bijak dan solutif.

... Cyber Law, yang saat ini secara internasional digunakan untuk istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi. Istilah lain yang juga digunakan adalah Hukum Teknologi Informasi (Law of Information Technology), Hukum ...

Gizi & Tumbuh Kembang Anak di Indonesia

Buku ini mencakup topik yang hangat dibahas dalam perencanaan pembangunan generasi Indonesia yang sehat dan sejahtera. Penulis-penulis kami telah membaca beragam referensi nasional dan internasional dan mempresentasikan ilmu terkait gizi dan perkembangan anak dalam bahasa yang mudah dipahami dan dipraktekkan oleh pembaca. Isu masih tingginya angka stunting di Indonesia menjadi motivasi penulis untuk mempublikasikan buku ini agar dapat menjadi referensi bagi akademisi dan pekerja sosial yang memiliki peran penting dalam penurunan angka stunting di Indonesia. Adapun sistematika penulisan yang terkandung dalam buku ini terbagi menjadi dua bagian yakni Bagian Perkembangan Anak (Bab 1-6) dan Gizi Anak (Bab 7-15) yang terurai sebagai berikut: Aspek dan Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini (0-5 Tahun), Pengasuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini, Prevalensi Stunting dan Perkembangan AUD di Indonesia Bagian Barat, Perkembangan AUD di Indonesia Wilayah Timur, Program Edukasi Pengasuhan dan Perkembangan Anak di Indonesia, Program Edukasi Pengasuhan dan Perkembangan Anak oleh NGO Indonesia, Triple Burden Malnutrition, 3 Masalah Gizi Utama Anak Indonesia, Mengenal 8000 HPK untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal, Pengukuran Antropometri Status Gizi pada Anak, Peran Posyandu dalam Tumbuh Kembang Anak, Dukungan Gizi terhadap Keberhasilan ASI Eksklusif, Prinsip Dasar PMBA, Resep MP-ASI 6-8 Bulan, Resep MP-ASI 9-11 Bulan, dan Resep MP-ASI 12-23 Bulan.

Adapun sistematika penulisan yang terkandung dalam buku ini terbagi menjadi dua bagian yakni Bagian Perkembangan Anak (Bab 1-6) dan Gizi Anak (Bab 7-15) yang terurai sebagai berikut: Aspek dan Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini (0-5 Tahun) ...

PENGANTAR HUKUM ACARA PIDANA INDONESIA

Buku ini mendeskripsikan tentang berbagai referensi terkait Hukum Acara Pidana ditulis oleh para dosen dan praktisi yang pakar dibidang hukum pidana. Uraian materi yang dipaparkan dalam bab ini meliputi uraian umum, Konsep Dasar Hukum Acara Pidana, Proses Penyidikan, Penuntutan, Persidangan, Eksekusi Putusan Pengadilan, Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali, Mediasi dan Alternatif Penyelesaian Perkara Pidana, Penerapan Teknologi, Etika dan Profesionalisme, Tantangan dan Inovasi dalam Hukum Acara Pidana.

... pidana 1 tahun penjara atau 360 unit denda harian . Penyelesaian kasus pidana antara pelaku dan korban melalui kompensasi ini dikenal dengan istilah Tater - Opfer - Ausgleich ( TOA ) . Apabila TOA telah dilakukan , maka penuntutan ...

EKONOMI MAKRO DI ERA DIGITALISASI

Era digitalisasi telah merambah hampir setiap aspek kehidupan kita, termasuk dunia ekonomi. Perubahan ini menciptakan tantangan dan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang perlu kita pahami dan manfaatkan. Makro ekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang memeriksa dan menganalisis ekonomi secara keseluruhan, termasuk pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, kebijakan moneter, dan fiskal, serta sejumlah indikator penting lainnya. Di era digitalisasi, makro ekonomi juga menghadapi dinamika baru yang perlu dipelajari.

Di era digitalisasi, makro ekonomi juga menghadapi dinamika baru yang perlu dipelajari.

MANAJEMEN PEMASARAN

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, pemahaman yang kuat tentang manajemen pemasaran menjadi kunci keberhasilan. Buku “Manajemen Pemasaran” adalah panduan yang komprehensif bagi para praktisi dan pemula yang ingin menguasai strategi dan taktik pemasaran yang efektif. Di dalam buku ini disajikan materi-materi tentang: Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Peran Manajemen Pemasaran Bagi Perusahaan Strategi Pemasaran pengambilan Keputusan Analisis Pasar & Perilaku Konsumen Segmentasi Pasar & Targetting Branding & Positioning Produk Riset Pasar dan Pengumpulan Data Konsumen Perencanaan & Pengembangan Produk Baru Manajemen Distribusi dan Penjualan Promosi dan komunikasi pemasaran Manajemen Harga & Penentuan Harga Produk Evaluasi dan Kinerja Pemasaran

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, pemahaman yang kuat tentang manajemen pemasaran menjadi kunci keberhasilan.

Tafsir Ayat Tarbawi (Kajian Ayat-Ayat Pendidikan)

Tafsir tarbawi yang merupakan ijtihad akademisi di bidang tafsir, berupaya mendekati Alquran melalui sudut pandang pendidikan. Baik dari segi teoretik maupun praktik, sehingga diharapkan paradigma pendidikan dapat dilandaskan kepada kitab suci, dan petunjuk kitab suci mampu diimplementasikan sebagai dasar pendidikan. Tujuan utama dari mempelajari tafsir adalah memahami makna-makna Alquran, hukum-hukumnya, hikmah-hikmahnya, ajaran akhlaknya, dan petunjuk-petunjuknya untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Tafsir tarbawi yang merupakan ijtihad akademisi di bidang tafsir, berupaya mendekati Alquran melalui sudut pandang pendidikan.

Strategi Pemasaran Bisnis

Kehadiran Buku Strategi Pemasaran Bisnis ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empatbelas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Pemasaran Bisnis, Pentingnya Konsep dan Strategi Pemasaran dalam Bisnis, Menyusun Rencana Bisnis, Strategi Keunggulan Bersaing dalam Bisnis, Pengembangan E-Business, Segmenting, Targeting, Positioning (STP), Menciptakan Kepuasan Pelanggan, Marketing Mix 4P dan 7P, Brand Awareness dan Brand Image, Etika Bisnis, Komunikasi Pemasaran Bisnis, Konsep E-Marketing, Model Bisnis E-Commerce, dan bab terakhir yaitu Keputusan Konsumen dalam Pembelian.

Kehadiran Buku Strategi Pemasaran Bisnis ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.