Sebanyak 13 item atau buku ditemukan

FIQIH MUAMALAH

Masalah muamalah menjadi hal yang sangat penting untuk dibahas dalam rangka mengatur segala aspek kehidupan manusia. Muamalah sendiri dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang sangat signifikan sesuai dengan peradaban manusia yang tumbuh dan berkembang begitu pesat di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kajian dalam pembahasan materi muamalah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang konsep muamalah yang dialektika dengan isu-isu kontemporer. Buku ini dihadirkan dalam rangka memberikan respon positif terhadap permasalahan muamalah yang selalu berkembang di tengah dinamika sosial masyarakat yang majemuk dan kompleks. Mari temukan manfaat dan berkah ilmunya dengan membaca dan memahami isi buku ini.

Masalah muamalah menjadi hal yang sangat penting untuk dibahas dalam rangka mengatur segala aspek kehidupan manusia.

Moderasi Beragama;Dari Indonesia Untuk Dunia

Kita menyadari bersama bahwa tantangan dunia pendidikan semakin kompleks, ditandai dengan kelompok keagamaan eksklusif yang tengah menyusup di lingkungan kampus, termasuk di perguruan tinggi keagamaan. Para pimpinan perguruan tinggi tidak boleh abai akan kondisi yang semakin hari semakin mengancam.

Kita menyadari bersama bahwa tantangan dunia pendidikan semakin kompleks, ditandai dengan kelompok keagamaan eksklusif yang tengah menyusup di lingkungan kampus, termasuk di perguruan tinggi keagamaan.

METODOLOGI PENELITIAN

Modul yang berjudul Metodologi Penelitian ini diperlukan sebagai landasan, pedoman atau rujukan bagi mahasiswa yang ingin mempelajari konsep dasar prosedur penelitian dengan baik, mudah, dan benar. Diawali dengan memberikan penjelasan tentang konsep prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian diharapkan mahasiswa sebagai pengguna dapat mempelajari modul ini secara mudah. Materi disajikan sesuai dengan tahapan belajar mulai dari dasardasar metode penelitian pendidikan, langkah-langkah penelitian pendidikan, variabel penelitian pendidikan, definisi dan perumusan hipotesa, tinjauan pustaka dalam penelitian pendidikan, populasi dan sampel dalam penelitian pendidikan, teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian, analisis data, dan penyusunan proposal penelitian. Banyak pihak yang telah memberikan kontribusi terhadap penulisan modul ini, untuk itu tim pengembang ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Modul ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu perlu saran dan kritik yang membangun dari mahasiswa dan pengguna Modul Metodologi Penelitian.

Third Cycle (jika diperlukan) B. Discussion CHAPTER V CONCLUSION AND SUGGESTION A. Conclusion B. Suggestion Bagian Akhir: REFERENCES APPENDIX D. Kaidah Penulisan Karya Ilmiah Dalam menulis karya ilmiah harus merujuk pada kaidah yang ada ...

MODEL PENGEMBANGAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini diharapkan dapat memberikan petunjuk secara umum, sehingga pola pikir dalam melaksanakan rangkaian kegiatan penulisan proposal tesis dapat lebih terarah sehingga dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan jadwal akademik yang telah ditetapkan.

Bagaimanakah strategi Pengawas Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik guru PAI Di SMPIT Al-Azhar ... Untuk mengetahui bentuk peranana pengawas terhadap Mutu Pembelajaran PAI SMPIT AL-Azhar Jaya Indonesia 305 ...

Ushul Fikih untuk MA/SMAIT Kelas XII

Buku Ushul Fikih Kelas XII MA/SMAIT memuat materi tentang definisi Ushul Fikih, objek pembahasan Ushul Fikih, faedahnya, perkembangannya, penjelasan tentang sumber-sumber tasyri' (penetapan syariat), ahkam taklifiyah, ahkam wadh;iyah, mengenal awamir, nawahi, al-'umum, al-khusus, muthlaq, muqayyad, al-mujmal, al-mufashal, dan ditutup dengan penjelasan tentang hukum-hukum ijtihad dan taklid. Ilmu Ushul Fikih adalah ilmu yang mulia dan bermanfaat. Ilmu ini digunakan untuk mengetahui kaidah-kaidah penarikan kesimpulan hukum syariat dari dalil-dalilnya secara terperinci. ilmu ini juga digunakan sebagai sarana untuk mengetahui hukum Allah Ta'ala pada permasalahan-permasalahan kontemporer.

Buku Ushul Fikih Kelas XII MA/SMAIT memuat materi tentang definisi Ushul Fikih, objek pembahasan Ushul Fikih, faedahnya, perkembangannya, penjelasan tentang sumber-sumber tasyri' (penetapan syariat), ahkam taklifiyah, ahkam wadh;iyah, ...

Tradisi-tradisi Islam Nusantara Perspektif Filsafat dan Ilmu Pengetahuan

Buku ini merupakan buku hasil tugas akhir mata kuliah Filsafat Umum yang diampu Bapak Hamidulloh Ibda. Kami mengucapkan banyak terima kasih pada beliau, karena dari awal sudah membimbing kami dari nol, sehingga kami tahu cara tentang mengutip, menulis, meneliti, dan menyimpulkan hasil riset kami baik itu studi pustaka, maupun lapangan. Hadirnya buku merupakan hasil kerja keras yang dilakukan semua pihak. Bahasa, tata tulis, dan riset sederhana, namun murni dari pikiran, petelitian, dan kajian, maka kami bisa menulis. Semoga ke depan, kami bisa berkarya lagi dengan kerjasama dari semua pihak. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Hamidulloh Ibda dosen pengampu mata kuliah Filsafat Umum yang mengajarkan, membimbing, dan mengarahkan kami mulai dari penulisan, hingga cara mencari data dan pendapat ilmiah sehingga buku dapat tersusun dan terbit dengan baik. Kami atas nama Prodi PAI IA STAINU Temanggung juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Dr. H. Muh Baehaqi, MM Ketua STAINU Temanggung, dan Prodi PAI, serta semua civitas akademika dan penerbit yang telah membantu penerbitan buku karangan kami ini. Meskipun masih sederhana, namun buku ini menjadi membuktikan kami bisa menulis meskipun kami baru semester I yang sudah dapat menulis karya ilmiah berbasis riset. Semoga buku ini bermanfaat bagi semua masyarakat dan khususnya bagi kalangan akademisi.

Buku ini merupakan buku hasil tugas akhir mata kuliah Filsafat Umum yang diampu Bapak Hamidulloh Ibda.

Pendidikan Islam Integratif

Best Practice Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi

Wacana hubungan agama (Islam) dan sain telah bergulir sejak Syed Muhammad Naquib al-Attas, Ismail Razi al-Faruqi, Murice Bucaile, Syed Hussein Nasr, dan Ziauddin Sardar serta para pemikir Indonesia seperti Nurcholis Madjid dan M. Amin Abdullah. Menurut catatan saya, paling tidak ada lima varian hubungan antara Islam dan sains: justifikasi atau ayatisasi ilmu atau sebaliknya pembuktian kebenaran Al-Qur’an dan Hadis, relasi dan titik temu (interface) Islam dalam ilmu pengetahuan; komparasi ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam Islam, kolaborasi ilmu dan Islam, dan rekonstruksi ilmu dalam Islam. Walaupun ada beberapa varian tentang bagaimana pola atau model hubungan Islam dan sains itu, upaya perwujudannya dalam dunia pendidikan terus bergulir salah satunya adalah integrasi Islam dan sains yang menjadi semboyan utama berdirinya Universitas Islam Negeri (UIN) yang merupakan ekspansi dari IAIN dan STAIN. Upaya ijtihadi hubungan Islam dan sains di UIN melahirkan beberapa model, di antaranya: jaring laba-laba (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), pohon ilmu (UIN Maliki Malang), dan twins tower (UIN Sunan Ampel Surabaya). Walaupun model integrasi itu belum sepenuhnya melembaga, namun upaya itu patut dihargai karena membangun paradigma keilmuan memerlukan beberapa generasi sampai menemukan suatu mazhab keilmuan (school of knowledge) tertentu. Buku yang merupakan hasil penelitian disertasi, yang mengkaji tentang integrasi Islam dan sains dalam kurikulum di UINSA Surabaya, ini boleh dikatakan sebagai penelitian awal yang diharapkan dapat mengilhami dan sekaligus sebagai pijakan bagi peneliti-peneliti berikutnya sejalan dengan semakin matangnya konsep integrasi itu sendiri. Prof. Dr. Tobroni, M.Si. Guru Besar Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang

Wacana hubungan agama (Islam) dan sain telah bergulir sejak Syed Muhammad Naquib al-Attas, Ismail Razi al-Faruqi, Murice Bucaile, Syed Hussein Nasr, dan Ziauddin Sardar serta para pemikir Indonesia seperti Nurcholis Madjid dan M. Amin ...