Buku Pengantar Ilmu Ekonomi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu Ekonomi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang memuat tentang definisi ilmu ekonomi, sejarah ilmu ekonomi, teori permintaan dan penawaran, teori pasar dan persaingan, distribusi pendapatan, teori uang dan perbankan, sistem ekonomi kapitalis, sistem ekonomi sosialis, sistem ekonomi campuran, globalisasi dan dampaknya ilmu ekonomi, peran pemerintah dalam pengaturan ekonomi, dan sudut pandang etika atas homo economicus.
... Sistem Ekonomi Sosialis....................................................... 127 Sejarah Sistem Ekonomi Sosialis .............................................................. 132 Tokoh Pendiri dan Negara Sistem Ekonomi Sosialis ...
Buku Dasar-Dasar Studi Kelayakan Bisnis dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam melengkapi referensi yang telah diberikan. Studi kelayakan bisnis intinya bertujuan untuk menilai apakah suatu usaha yang akan dikembangkan atau usaha yang baru akan dijalankan memberikan manfaat bagi investor. Manfaat yang dimaksudkan di sini adalah benefit yang bersifat tangible atau intangible bagi perusahan, pemerintah atau masyarakat di sekitarnya (stakeholder). Dasar-Dasar Studi Kelayakan Bisnis Teori, Praktis, dan Analisis ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Ketika ditanyakan kepada sejumlah orang tentang pengertian pemasaran, ternyata diperoleh jawaban yang berbeda-beda. Ada yang menjawab bahwa pemasaran adalah perpaduan antara penjualan, periklanan dan hubungan masyarakat. Sebagian lagi menjawab pemasaran adalah salah satu dari ketiganya. Ada pula yang mengira bahwa pemasaran adalah sama dengan penjualan dan promosi. Hanya sebagian kecil yang memberikan arti lebih luas, yang menjelaskan bahwa pemasaran mencakup kegiatan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, riset pemasaran, pengembangan produk, penetapan harga, pendistribusian dan promosi.
Sepanjang manusia hidup, manusia akan selalu menghadapi risiko. Dalam kehidupan ini kita akan selalu menghadapi ketidakpastian, kita tidak tahu secara pasti apa yang akan terjadi pada 1 tahun yang akan datang, beberapa bulan atau minggu yang akan datang, bahkan beberapa menit atau detik yang akan datang. Dunia ini penuh dengan ketidakpastian, kecuali kematian, itupun tetap mengandung ketidakpastian, karena kita tidak tahu kapan akan mati, di mana kematian atau disebabkan oleh apa kematian itu terjadi. Karena kita tidak tahu persis apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang, bisa jadi apa yang kita rencanakan pada saat pelaksanaannya gagal, tidak sesuai dengan harapan kita oleh karena kondisinya ternyata tidak sama dengan apa yang kita prediksikan sebelumnya. Buku Manajemen resiko ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.