Sebanyak 1161 item atau buku ditemukan

Buku Panduan Administrasi Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak (TK)

Buku panduan ini dapat digunakan dan dikembangkan sebagai acuan bagi tenaga pendidik anak usia dini khususnya Taman Kanak-kanak (TK) sebagai tenaga admintrator disamping tenaga pendidik.

Selain itu juga perlu adanya kegiatan ekstrakulikuler seperti progam pramuka, olahraga kesenian, les belajar tambahan, bimbingan konseling dan UKS. • Pengorganisasian kelas adalah guru di dalam pengorganisasian kelas guru diharapkan ...

Praktis Membuat Buku Kerja Guru : Menyusun Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4 Dengan Mudah dan Sistematis

“PRAKTIS MEMBUAT BUKU KERJA GURU “ ini dapat membantu semua guru untuk memudahkan membuat buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4 yang akan menjadi on progres guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini juga dapat menjadi pengenalan bagi rekan guru semua terhadap apa-apa saja yang menjadi tuntutan guru untuk memenuhi standar mengajar seorang guru dalam buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4. Melalui buku ini juga diharapkan para guru dapat membuat buku kerja guru yang dipersiapkan oleh rekan guru sebagai panduan guru dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai seorang pendidik dan seorang fasilitator bagi anak didik di sekolah. Seorang fasilitator tentunya harus melengkapi persiapan mengajar yang baik dan terstruktur untuk anak didiknya sehingga tercipta proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan mendapatkan hasil pembelajaran seperti yang ditargetkan pada standar kompetensi lulusan (SKL)

Buku kerja 2 yang dipersiapkan oleh guru adalah : 1. KODE ETIK GURU Kode
Etik guru merupakan pedoman bersikap dan berperilaku guru yang tercermin
dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika jabatan guru. Artinya guru harus
menyadari ...

PEMBELAJARAN TEMATIK

( KONSEP DAN APLIKASI )

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik bukanlah hal yang baru dalam sistem pendidikan Indonesia bahkan saat ini sudah menjadi roh pelaksanaan kurikulum yang dikembangkan, khususnya di Sekolah Dasar. Namun dalam penerapannya masih banyak menemui kendala. Masih minimnya contoh pelaksanaan pembelajaran tematik secara praktis merupakan salah satu penyebabnya. Buku ini disusun untuk membantu praktisi pendidikan, khususnya guru dan calon guru sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Tidak hanya menyajikan teori, tapi buku ini juga disertai dengan contoh aplikasi dalam proses pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan penilaian. Secara sistematis buku ini menyajikan: ~ konsep dasar pembelajaran tematik; ~ landasan dan teori belajar; ~ implikasi pembelajaran tematik; ~ pembelajaran tematik terpadu; ~ desain pembelajaran tematik terpadu; ~ model pembelajaran; ~ pengembangan media pembelajaran tematik; ~ penilaian pembelajaran tematik.

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

Pembelajaran Tematik SD/MI

Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masa depan hanya dapat terwujud apabila terjadi pergeseran atau perubahan pola pikir dalam proses pembelajaran. Pembelajaran harus berorientasi pada kegiatan pembelajaran interaktif berpusat pada siswa dengan mengedepankan proses pengamatan (riset), pemanfaatan multimedia, sehingga pengetahuan yang diperoleh semakin maksimal dan berdaya guna. Melihat perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, buku ini sangat menarik dan layak untuk diminati para akademisi sebagai bahan dasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD/MI. Buku ini juga dapat menjadi sumber belajar bagi para mahasiswa khususnya jurusan/prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Buku ini dapat menjadi bahan bacaan yang mudah dipahami serta mampu mengubah pola pikir para akademisi dalam melaksanakan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Buku ini disampaikan tujuan bagaimana seharusnya proses pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlangsung di SD/MI dengan membimbing peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi/HOTS (Higher Order Thinking Skills). Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini disampaikan tujuan bagaimana seharusnya proses pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlangsung di SD/MI dengan membimbing peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi/HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Diriku (Komik Tematik Kurikulum 2013 Bermuatan Ekoliterasi)

Pembelajaran tematik sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Fokus perhatian pembelajaran tematik terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya. Bagaimana jika pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk komik dan diintegrasikan dengan muatan ekoliterasi? Temukan keseruan aktivitasnya dalam buku tematik bermuatan ekoliterasi ini.

Pembelajaran tematik sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik ...

METODE PENELITIAN SOSIAL TEORI DAN APLIKASI

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan

Buku ajar (textbook) ini mempertegas ihwal penelitian (research) sebagai suatu sistem yang terintegratif. Di mana ketepatan hasil penelitian bukan hanya ditentukan oleh satu aspek, melainkan dipengaruhi oleh berbagai faktor di dalam dan di luar objek penelitian. Menyadari kaidah ini, sistematika kajian dan pembahasan mengenai Metode Penelitian ini disajikan secara konseptual yang mencakupi metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Menyadari kaidah ini, sistematika kajian dan pembahasan mengenai Metode Penelitian ini disajikan secara konseptual yang mencakupi metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar. Tugas utama perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi (universitas/akademi/ sekolah tinggi) yakni pendidikan pengajaran, penelitian (riset ilmiah), dan pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar inilah, buku ini dipersembahkan sebagai salah satu rujukan utama bagi para dosen/pengajar dan mahasiswa untuk bagaimana mengkonstruksi ilmu pengetahuan secara benar. Buku persembahan Prenada Media Group.

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar.

Belajar & Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan

Buku ini menyajikan secara komprehenship tentang belajar dan pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan standar proses pendidikan. Kerangka teori, konsep, prinsip, dan aplikasi kegiatan belajar dan pembelajaran diuraikan secara jelas yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku. Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu siswa. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarah-kan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Melalui buku ini, dipaparkan beberapa hal tentang belajar dan pembelajaran antara lain: Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, Standar Proses Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran, Guru Profesional dan Pembelajaran Abad ke-21, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran, Media Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Model-model Desain Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Tematik Terpadu, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran, dan Penilaian Pembelajaran. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Buku ini menyajikan secara komprehenship tentang belajar dan pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan standar proses pendidikan.

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR

Diakui atau tidak, realitas pembelajaran cenderung berjalan secara statis, rutinitas dan monoton yang berakibat pada “kemandulan intelektual” siswa. Proses pembelajaran tidak nyaman dan menakutkan. Kenyataan inilah yang menyebabkan rasa kebencian siswa terhadap mata pelajaran dan akhirnya siswa sulit menerima materi pelajaran tertentu. Sebenarnya tidak ada materi pelajaran yang sulit, hanya karena faktor psikologis yang negatif, maka siswa akhirnya merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran tertentu. Buku ini menyajikan beberapa teori yang terkait dengan kebutuhan guru di kelas. Beberapa model mengajar diberikan dengan harapan agar pembaca lebih mudah dalam melakukan proses pembelajaran dikelas. Buku ini berisi tentang hakikat pembelajaran, konsep dasar pembelajaran, komponen dalam pembelajaran, proses belajar dan mengajar, juga disertakan pula cara mengelola proses belajar dan mengajar dikelas. Semua ini merupakan paduan bahasan penting yang harus dikuasai oleh seorang guru. Hal ini didasarkan kepada tuntutan-tuntutan pokok yang dihadapi sehari-hari dalam tugas profesionalnya.

Diakui atau tidak, realitas pembelajaran cenderung berjalan secara statis, rutinitas dan monoton yang berakibat pada “kemandulan intelektual” siswa.