Itulah pertama kali ia menyaksikan manajemen modern yang terus
disempurnakan dalam sebuah firma dagang . Mulailah ia membuat catatan -
catatan setiap malam , didiktekan pada sebuah alat rekam . Salinan rekaman -
rekaman ini ...
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Begitu banyak bukti kebesaran bangsa ini, salahs atunya adalah candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan tinggalan sejarah sebagai karya anak bangsa yang menjadi bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang kuat. Nama-nama besar putra Indonesia di beberapa bidang keahlian tidak hanya dikenal di dalam negeri tetapi dunia. Sanggupkah bangsa Indonesia melahirkan kembali tokoh-tokoh besar? Bangsa yang kaya tidak dapat menjadi besar apabila tidak didukung oleh pribadi yang tangguh. Buku pertama dari Seri Psikologi untuk Indonesia ini mengajak pembaca untuk memotret, mengkaji, dan menguji berbagai konsep dan teknik yang dapat diterapkan dalam membangun ketangguhan dan kesejahteraan bangsa. Bagian awal buku ini memotret ancaman terhadap kemajuan Indonesia yaitu persoalan prestasi belajar matematika, kesejahteraan siswa, dan darurat adiksi internet. Bagian lain dari buku ini menyajikan proposisi yang dapat digunakan untuk mempersiapkan generasi bangsa yang tangguh. Upaya mendongkrak prestasi dalam bidang akademik, olah raga, maupun perusahaan menjadi contoh kiprah psikologi untuk bangsa. Kiprah ini diharapkan semakin menguat dan dampaknya semakin meluas pada saat pengembangan ilmu bergandengan erat dengan organisasi profesi dalam mewujudkan Indonesia tangguh dan bahagia.
Pendidikan merupakan suatu tugas yang mencabar. Baik sebagai guru di sekolah mahupun ibubapa di rumah, tugas mendidik dilihat sebagai suatu tanggungjawab. Justeru adakalanya menyebabkan kita terlepas pandang dengan melihat tugas mendidik hanyalah berlaku di sekolah sahaja. Oleh itu aktiviti meningkatkan pengetahuan, kefahaman dan kemahiran mendidik dianggap hanya perlu dilakukan oleh guru di sekolah. Buku ini menjelaskan mengapa setiap individu sebenarnya merupakan pendidik. Samada sebagai guru di sekolah, ibubapa di rumah, mahupun ahli masyarakat, kita semua perlu sentiasa berusaha menambah pengetahuan, meningkatkan kefahaman dan kemahiran dalam mendidik. Tanpa usaha meningkatkan kefahaman dan kemahiran maka proses mendidik anak-anak didik kita lebih menjurus kepada ‘trial and error’ dan merugikan. Dalam buku ini perbincangan tentang teori, kaedah, strategi dan pendekatan psikologi dalam mendidik telah dilakukan dengan membandingkannya dengan pengalaman-pengalaman seharian. Penulis telah dengan sengaja membandingkan pengalaman-pengalaman seharian yang beliau lalui baik sebagai guru di sekolah atau pensyarah di pusat pengajian tinggi mahupun sebagai bapa di rumah supaya kefahaman dan penguasaan kemahiran mendidik dapat difahami dengan lebih mudah. Menjadi harapan penulis supaya buku ini dijadikan sebagai rujukan tambahan berkenaan dengan proses memahami dan meningkatkan kemahiran mendidik dalam kalangan kita semua. Amiin.
Sebab itubila bercerita tentang psikologi pendidikan kita akan memahaminya
sebagai suatu proses pengaplikasian ilmu psikologi dalam pendidikan yang
boleh menyumbang kepada pemahaman dan pengamalan dalam proses pendidikan.
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan dan kita rasakan, sehingga menjadi habbit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup.
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada.
Untuk memenuhi kebutuhan akan psikologi terapan dengan pendekatan baru itulah, buku Psikologi Pendidikan ini disusun dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang berarti dan memantapkan kualitas kompetensi calon guru dan guru serta dosen profesional yang bertugas pada jenjang masing-masing.
Untuk memenuhi kebutuhan akan psikologi terapan dengan pendekatan baru itulah, buku Psikologi Pendidikan ini disusun dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang berarti dan memantapkan kualitas kompetensi calon guru dan guru serta dosen ...