Sebanyak 94 item atau buku ditemukan

Panduan Media Pembelajaran

Buku Panduan Pembuatan Media Pembelajaran Jaring-Jaring Kubus dengan Menggunakan Adobe Flash

Pembelajaran jarang menggunakan media manipulatif seperti alat peraga dan media inovatif lainnya. Tentunya pembelajaran seperti ini tidak sesuai dengan tingkat per­kembangan berpikir anak SD yang masih pada taraf operasional konkrit dan lambat laun akan membuat siswa bosan. Selain itu, akan terbentuk dalam pikiran siswa bahwa matematika sulit dipelajari dan sebagai pelajaran yang membosankan. Penting untuk memotivasi anak dengan merangsang dan memelihara ketertarikannya da­lam matematika. Upaya yang dapat dilakukan adalah menurunkan tingkat keabstrakan matematika dengan menghubungkan konsep matematika yang abstrak men­jadi konkrit melalui pengalaman langsung dengan benda-benda nyata. Buku petunjuk ini berisikan tata cara menggunakan Adobe Flash untuk menyusun media pembelajaran mate­matika dengan topik jaring-jaring kubus untuk siswa kelas V. Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk mem­bantu guru dalam menyiapkan media pembelajaran secara mandiri, kreatif dan inovatif.

Pembelajaran jarang menggunakan media manipulatif seperti alat peraga dan media inovatif lainnya.

MANAJEMEN MODEL PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

Buku ini merupakan wujud kepedulian penulis untuk ikut mengembangkan dan memberikan alternatif referensi dalam pembelajaran Sistem Pendukung Keputusan. Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan pedoman yang mampu mengupas tuntas materi.

Buku ini merupakan wujud kepedulian penulis untuk ikut mengembangkan dan memberikan alternatif referensi dalam pembelajaran Sistem Pendukung Keputusan. Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan pedoman yang mampu mengupas tuntas materi.

Sistem Informasi Geografis

Buku ini dibuat sebagai bahan ajar untuk mata kuliah SIG pada program studi Teknik Informatika, yang lebih menekankan pada penggunaan teknologi informasi (software aplikasi dan pemrograman) sesuai dengan bidang ilmu informatika. Pembahasan materi pada buku ajar ini dilakukan dengan cara memaparkan landasan teori tentang sistem informasi geografis dan praktikum menggunakan beberapa software, baik aplikasi maupun pemrograman desktop dan online. Penggunaan beberapa software aplikasi SIG seperti ArcGIS, ArcView, dan MapInfo digunakan untuk membuat dan mengolah data spasial. Di samping itu, beberapa software pemrograman seperti MapObject dan MapServer digunakan untuk mengolah dan menghasilkan data spasial, baik yang berbasis desktop (MapObjects) maupun yang berbasis online (WebGIS).

Pembahasan materi pada buku ajar ini dilakukan dengan cara memaparkan landasan teori tentang sistem informasi geografis dan praktikum menggunakan beberapa software, baik aplikasi maupun pemrograman desktop dan online.

BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI

Perkembangan teknologi sekarang ini yang cukup pesat dan menakjubkan. Keberadaan teknologi informasi sangat memudahkan dalam memberikan informasi–informasi yang ada di seluruh kehidupan dan profesi pekerjaan menngunakan teknologi informasi sehingga kita harus dapat mengikutu dan menggunakannya. Buku bahan ajar ini membahas mulai dari konsep dasar sistem informasi sampai teknologi yang digunakan serta penerapannya. Buku bahan ajar ini ditulis sebagai pegangan kegiatan belajar mengajar di universitas, khususnya jurusan sistem informasi. Buku bahan ajar ini terdiri dari beberapa bab mulai dari bab 1 yang membahas tentang Konsep Dasar Sistem, Data Dan Informasi, Bab 2 tentang Sistem Informasi Manajemen, Bab 3 tentang Sistem Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management). Bab 4 berisi tentang Sistem Manajemen Basis Data (Data Base Management). Bab 5 tentang Pemodelan Proses Perangkat Lunak. Bab 6 tentang Data Warehouse. Bab 7 tentang entity Relasionship Diagram (ERD).

Buku bahan ajar ini membahas mulai dari konsep dasar sistem informasi sampai teknologi yang digunakan serta penerapannya.