Sebanyak 104 item atau buku ditemukan

Diriku (Komik Tematik Kurikulum 2013 Bermuatan Ekoliterasi)

Pembelajaran tematik sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Fokus perhatian pembelajaran tematik terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya. Bagaimana jika pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk komik dan diintegrasikan dengan muatan ekoliterasi? Temukan keseruan aktivitasnya dalam buku tematik bermuatan ekoliterasi ini.

Pembelajaran tematik sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik ...

Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah. Padahal penelitian kualitatif adalah penelitian yang ilmiah dan tidak diragukan kredibilitasnya. Buku ini mencoba memberikan penjelasan ilmiah tentang kualitas berbagai ragam penelitian kualitatif. Mulai dari metode studi kasus, grounded theory, etnografi, fenomenologi, participatory action research (PAR), hingga penelitian kritis. Di samping itu, buku ini juga memberikan penjelasan tentang metode kualitatif diawali dengan menjelaskan tentang cara berpikir penelitian kualitatif secara mendasar yaitu dimulai dengan memahami paradigma berpikir penelitian kualitatif. Setelah itu pembaca diajak untuk memahami secara lebih mendalam tentang apa itu metode penelitian kualitatif dan berbagai langkah yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian kualitatif. Pada bagian akhir diberikan penjelasan tentang etika penelitian dan beberapa contoh-contoh proposal penelitian dalam bidang komunikasi. Semoga buku ini bisa menjadi buku pegangan bagi pengajar metodologi penelitian kualitatif di bidang komunikasi dan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mempelajari mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif; serta menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin menyusun penelitian komunikasi dengan metode kualitatif, terutama bagi mahasiswa yang sedang melakukan skripsi maupun tesis.

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah.

Islam itu mudah

Islam adalah agama yang benar. Ajarannya selalu memihak kepada kepentingan manusia. Tidak pernah sedikit pun menyulitkan, apalagi memaksa. Semua apa yang disyariatkan Allah SWT dalam Islam sudah disesuaikan dengan batas kemampuan setiap manusia. Islam selalu memberikan kemudahan, bukan kesukaran. Ia adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin. Pemahaman yang benar tentang Islam akan mengantarkan manusia berbuat baik dan dengan cara yang baik. Begitu juga, pemahaman yang salah akan melahirkan aksi nyata yang salah. Karena output akan selalu selaras dengan input. Juga, ketika seseorang telah berislam dengan benar, sikap dan etos kerjanya pasti akan semakin baik. Mempunyai semangat yang tinggi, serta fokus terhadap setiap pekerjaan yang dilakukannya. Setiap masalah selalu disikapinya dengan kepala dingin dan penuh kedewasaan. Karena ia yakin, apa yang terjadi selalu telah sesuai dengan kehendak Allah SWT. Melalui buku ini, pembaca diajak untuk merenungi Islam sebagai agama yang ramah dan juga aplikasinya dalam kehidupan nyata. Selamat membaca!

Islam adalah agama yang benar.

Cermat berbahasa Indonesia : suplemen materi bahasa Indonesia

Kumpulan materi Bahasa Indonesia lengkap untuk siswa kelas X akan membuat siswa lebih mudah untuk mengerti dan menguasai kompetensi dasar. Berisi delapan materi sesuai dengan Kurikulum 2013, yaitu teks laporan hasil observasi, eksposisi, anekdot, hikayat, negosiasi, debat, biografi, dan puisi. Dengan bantuan buku Cermat Berbahasa Indonesia ini akan membantu siswa dan guru dalam mendalami materi yang sesuai dengan kebutuhan belajar saat ini. Dilengkapi materi pendukung sebagai pelengkap dalam pemahaman terhadap teori dalam kompetensi dasar yang ada. Penggunaan bahasa yang sederhana dan komunikatif dalam buku ini akan membawa siswa mudah untuk mencapai kesuksesan belajar.

Kumpulan materi Bahasa Indonesia lengkap untuk siswa kelas X akan membuat siswa lebih mudah untuk mengerti dan menguasai kompetensi dasar.

Literasi: Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia

Buku ini berisi beberapa pembahasan penting mengenai urgensi peningkatan literasi di negeri ini. Berdasarkan data dari beberapa lembaga survei internasional, keadaan literasi di negara kita masih berada pada posisi yang memprihatinkan. Itulah alasan mengapa buku ini ditulis. Rendahnya literasi berkaitan erat dengan rendahnya tingkat peradaban masyarakat. Seperti yang kita ketahui, negara dapat maju jika peradaban masyarakatnya juga maju. Negara mampu bertahan hidup jika sumber daya manusianya kompetitif dan unggul. Masalahnya adalah Indonesia masih bergulat dengan problematika tersebut. Rendahnya literasi berkaitan erat dengan munculnya berbagai problematika sosial yang menghambat Indonesia untuk maju. Oleh sebab itu, buku ini memiliki beberapa fokus pembahasan yang penting mengenai urgensi peningkatan literasi di negeri ini. Mulai dari pentingnya peningkatan literasi baca-tulis, finansial, digital, kewarganegaraan, hingga sains menjadi pokok pembahasan dalam buku ini.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Badan Pengembangan
dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. Kemdikbud. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima.
Jakarta: ...

Evaluasi Pembelajaran Jilid II

Evaluasi pembelajaran adalah salah satu mata kuliah wajib yang mesti di tempuh oleh mahasiswa jurusan pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Hal ini menjadi penting karena salah satu tugas pokok seorang guru atau pendidik sesuai dengan UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah mengevaluasi, sehingga untuk menjadi guru yang profesional memerlukan kemampuan meng­evaluasi peserta didik. Buku evaluasi pembelajaran ini terdiri dari dua jilid yang membahas mengenai evaluasi pembelajaran. Buku ini diharapkan mampu membantu para pembaca dalam mempelajari buku evaluasi lebih mendalam.

(2014-2015), Koordinator Divisi Pendidikan Forum Anak Kota Palu (2015-2016), Sekretaris Umum LDF AlUswah (2017), Kabid Kaderisasi dan Organisasi PK IMM Tarbiyah dan Keguruan (2017), Anggota Litbang HMJ PAI (2017), Sekretaris Umum HMJ ...

Mau jadi guru milenial? : yuk buat media pembelajaran berbasis Android!

Jangan mau kalah dengan anak milenial, guru pun juga harus milenial! Kedatangan revolusi 4.0 membuat para guru khawatir dan cemas akan tergantinya peran mereka dengan teknologi canggih yang saat ini berkembang pesat. Walaupun pada teorinya revolusi industri 4.0 tidak dapat menggantikan peran guru namun yang terjadi di lapangan justru sebaliknya. Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi para guru di abad 21. Menghadapi hal tersebut, guru dituntut untuk memiliki sifat inovatif dan kreatif. Salah satunya dapat membuat media pembelajaran berbasis android. Pembuatan media pembelajaran berbasis android dapat menggunakan software Construct 2. Tidak seperti software pembuat aplikasi android lainnya, Construct 2 ini tidak memerlukan bahasa pemrograman/coding yang sulit sehingga siapa pun dapat membuat aplikasi android melalui Construct 2. Buku ini membahas cara mudah membuat media pembelajaran berbasis android dalam waktu 7 hari. Cocok bagi para Guru yang ingin belajar dalam membuat media pembelajaran berbasis android. Selain itu, cocok pula bagi para pemula dengan pengalaman minim dalam pengembangan android. Penjelasan dalam buku ini disertai dengan gambar sehingga para pembaca juga dapat mempraktikkannya secara langsung saat membaca buku.

Jangan mau kalah dengan anak milenial, guru pun juga harus milenial!

Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 2

Teknologi dan Media Pembelajaran adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta serta PTKIN seluruh Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan memberikan gambaran bagi mahasiswa yang ke depannya akan menjadi seorang guru, untuk itu diperlukan kemampuan guru dalam penguasaan teknologi dan media pembelajaran agar pada saat proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam buku Teknologi dan Media Pembelajaran jilid I ini terdiri atas Pengertian Teknologi Pembelajaran, Asas Teknologi dan Media Pembelajaran, Alat Teknis Pembelajaran serta Ruang Lingkup Media Pembelajaran yang akan dibahas secara komprehensif dan mendalam.

Teknologi dan Media Pembelajaran adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta serta PTKIN seluruh Indonesia.

Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I

Teknologi dan Media Pembelajaran adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta serta PTKIN seluruh Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan memberikan gambaran bagi mahasiswa yang ke depannya akan menjadi seorang guru, untuk itu diperlukan kemampuan guru dalam penguasaan teknologi dan media pembelajaran agar pada saat proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam buku Teknologi dan Media Pembelajaran jilid I ini terdiri atas Pengertian Teknologi Pembelajaran, Asas Teknologi dan Media Pembelajaran, Alat Teknis Pembelajaran serta Ruang Lingkup Media Pembelajaran yang akan dibahas secara komprehensif dan mendalam.

Dalam buku Teknologi dan Media Pembelajaran jilid I ini terdiri atas Pengertian Teknologi Pembelajaran, Asas Teknologi dan Media Pembelajaran, Alat Teknis Pembelajaran serta Ruang Lingkup Media Pembelajaran yang akan dibahas secara ...

Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman

Fazlur Rahman adalah seorang tokoh pemikir pendidikan Islam asal Pakistan. Fazlur Rahman dikenal sebagai tokoh pembaharu dan pemikir Islam kontemporer yang sangat kritis. Kecerdasannya dalam bidang pendidikan diakui oleh dunia internasional, terutama di kalangan akademik Barat. Pemikirannya yang rasional justru banyak ditentang oleh kalangan ulama Pakistan, akan tetapi di negara seperti Indonesia, pemikirannya banyak dikembangkan. beberapa pemikir kawakan Indonesia seperti Nurcholish Madjid dan Ahmad Syafi'e Ma'arif adalah muridnya.

Pemikirannya yang rasional justru banyak ditentang oleh kalangan ulama Pakistan, akan tetapi di negara seperti Indonesia, pemikirannya banyak dikembangkan. beberapa pemikir kawakan Indonesia seperti Nurcholish Madjid dan Ahmad Syafi'e Ma ...