Sebanyak 107 item atau buku ditemukan

Kumpulan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) kurikulum 2013 fisika dan prakarya

Memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang guru. Namun minimnya bahan panduan pembuatan RPP dan kemampuan yang kurang dieksplorasi yang membuat seorang guru jarang membuat RPP sendiri. Buku ini berisi contoh RPP SMA terkhusus fisika dan prakarya rekayasa yang disusun penulis berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses dan Permendikbud nomor 103 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Sehingga guru dapat memahami cara pembuatan RPP. Dengan pemaparan RPP secara lengkap, buku ini cocok dan perlu dibaca oleh kalangan guru SMA mata pelajaran fisika dan prakarya yang ingin memperbaiki proses pembelajaran.

Memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang guru.

Pintar belajar agama Islam dengan TTS : materi kurikulum 2013 kelas 6 SD

Buku yang berjudul “Pintar Belajar Agama Islam dengan TTS” ini mencoba untuk membuat sebuah karya inovasi pembelajaran berupa teka teki silang. Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam melakukan pembelajaran dengan berbagai macam bentuk media yang kreatif dan inovatif. Hadirnya buku ini dapat menambah rujukan berbagai bentuk inovasi pembelajaran terutama pada mata pelajaran PAI. Selama ini mungkin guru mengalami kesulitan dalam mencari berbagai bentuk inovasi untuk menarik minat siswa dalam belajar. Salah satu solusinya adalah dengan mempergunakan TTS. Buku ini berisikan beragam pertanyaan yang disesuaikan dengan materi kurikulum 2013. Susunan Kompetensi Dasarnya disesuaikan dengan yang terdapat dalam buku guru dan buku siswa. Materi yang dihadirkan adalah materi PAI kelas 6 SD semester satu dan dua, serta dilengkapi dengan kunci jawaban dan rangkuman materi. Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi PAI sekaligus menarik minat dan semangat siswa dalam belajar. Bagi para siswa memiliki buku ini akan menambah semangat dalam membahas materi-materi PAI. Belajar yang menyenangkan Insya Allah akan terwujud dengan mempergunakan media TTS yang terdapat dalam buku ini.

Buku yang berjudul “Pintar Belajar Agama Islam dengan TTS” ini mencoba untuk membuat sebuah karya inovasi pembelajaran berupa teka teki silang.

Praktis Membuat Buku Kerja Guru : Menyusun Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4 Dengan Mudah dan Sistematis

“PRAKTIS MEMBUAT BUKU KERJA GURU “ ini dapat membantu semua guru untuk memudahkan membuat buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4 yang akan menjadi on progres guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini juga dapat menjadi pengenalan bagi rekan guru semua terhadap apa-apa saja yang menjadi tuntutan guru untuk memenuhi standar mengajar seorang guru dalam buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4. Melalui buku ini juga diharapkan para guru dapat membuat buku kerja guru yang dipersiapkan oleh rekan guru sebagai panduan guru dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai seorang pendidik dan seorang fasilitator bagi anak didik di sekolah. Seorang fasilitator tentunya harus melengkapi persiapan mengajar yang baik dan terstruktur untuk anak didiknya sehingga tercipta proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan mendapatkan hasil pembelajaran seperti yang ditargetkan pada standar kompetensi lulusan (SKL)

Buku kerja 2 yang dipersiapkan oleh guru adalah : 1. KODE ETIK GURU Kode
Etik guru merupakan pedoman bersikap dan berperilaku guru yang tercermin
dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika jabatan guru. Artinya guru harus
menyadari ...

Diriku (Komik Tematik Kurikulum 2013 Bermuatan Ekoliterasi)

Pembelajaran tematik sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Fokus perhatian pembelajaran tematik terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya. Bagaimana jika pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk komik dan diintegrasikan dengan muatan ekoliterasi? Temukan keseruan aktivitasnya dalam buku tematik bermuatan ekoliterasi ini.

Pembelajaran tematik sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik ...

Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah. Padahal penelitian kualitatif adalah penelitian yang ilmiah dan tidak diragukan kredibilitasnya. Buku ini mencoba memberikan penjelasan ilmiah tentang kualitas berbagai ragam penelitian kualitatif. Mulai dari metode studi kasus, grounded theory, etnografi, fenomenologi, participatory action research (PAR), hingga penelitian kritis. Di samping itu, buku ini juga memberikan penjelasan tentang metode kualitatif diawali dengan menjelaskan tentang cara berpikir penelitian kualitatif secara mendasar yaitu dimulai dengan memahami paradigma berpikir penelitian kualitatif. Setelah itu pembaca diajak untuk memahami secara lebih mendalam tentang apa itu metode penelitian kualitatif dan berbagai langkah yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian kualitatif. Pada bagian akhir diberikan penjelasan tentang etika penelitian dan beberapa contoh-contoh proposal penelitian dalam bidang komunikasi. Semoga buku ini bisa menjadi buku pegangan bagi pengajar metodologi penelitian kualitatif di bidang komunikasi dan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mempelajari mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif; serta menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin menyusun penelitian komunikasi dengan metode kualitatif, terutama bagi mahasiswa yang sedang melakukan skripsi maupun tesis.

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah.

Islam itu mudah

Islam adalah agama yang benar. Ajarannya selalu memihak kepada kepentingan manusia. Tidak pernah sedikit pun menyulitkan, apalagi memaksa. Semua apa yang disyariatkan Allah SWT dalam Islam sudah disesuaikan dengan batas kemampuan setiap manusia. Islam selalu memberikan kemudahan, bukan kesukaran. Ia adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin. Pemahaman yang benar tentang Islam akan mengantarkan manusia berbuat baik dan dengan cara yang baik. Begitu juga, pemahaman yang salah akan melahirkan aksi nyata yang salah. Karena output akan selalu selaras dengan input. Juga, ketika seseorang telah berislam dengan benar, sikap dan etos kerjanya pasti akan semakin baik. Mempunyai semangat yang tinggi, serta fokus terhadap setiap pekerjaan yang dilakukannya. Setiap masalah selalu disikapinya dengan kepala dingin dan penuh kedewasaan. Karena ia yakin, apa yang terjadi selalu telah sesuai dengan kehendak Allah SWT. Melalui buku ini, pembaca diajak untuk merenungi Islam sebagai agama yang ramah dan juga aplikasinya dalam kehidupan nyata. Selamat membaca!

Islam adalah agama yang benar.

Cermat berbahasa Indonesia : suplemen materi bahasa Indonesia

Kumpulan materi Bahasa Indonesia lengkap untuk siswa kelas X akan membuat siswa lebih mudah untuk mengerti dan menguasai kompetensi dasar. Berisi delapan materi sesuai dengan Kurikulum 2013, yaitu teks laporan hasil observasi, eksposisi, anekdot, hikayat, negosiasi, debat, biografi, dan puisi. Dengan bantuan buku Cermat Berbahasa Indonesia ini akan membantu siswa dan guru dalam mendalami materi yang sesuai dengan kebutuhan belajar saat ini. Dilengkapi materi pendukung sebagai pelengkap dalam pemahaman terhadap teori dalam kompetensi dasar yang ada. Penggunaan bahasa yang sederhana dan komunikatif dalam buku ini akan membawa siswa mudah untuk mencapai kesuksesan belajar.

Kumpulan materi Bahasa Indonesia lengkap untuk siswa kelas X akan membuat siswa lebih mudah untuk mengerti dan menguasai kompetensi dasar.

Literasi: Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia

Buku ini berisi beberapa pembahasan penting mengenai urgensi peningkatan literasi di negeri ini. Berdasarkan data dari beberapa lembaga survei internasional, keadaan literasi di negara kita masih berada pada posisi yang memprihatinkan. Itulah alasan mengapa buku ini ditulis. Rendahnya literasi berkaitan erat dengan rendahnya tingkat peradaban masyarakat. Seperti yang kita ketahui, negara dapat maju jika peradaban masyarakatnya juga maju. Negara mampu bertahan hidup jika sumber daya manusianya kompetitif dan unggul. Masalahnya adalah Indonesia masih bergulat dengan problematika tersebut. Rendahnya literasi berkaitan erat dengan munculnya berbagai problematika sosial yang menghambat Indonesia untuk maju. Oleh sebab itu, buku ini memiliki beberapa fokus pembahasan yang penting mengenai urgensi peningkatan literasi di negeri ini. Mulai dari pentingnya peningkatan literasi baca-tulis, finansial, digital, kewarganegaraan, hingga sains menjadi pokok pembahasan dalam buku ini.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Badan Pengembangan
dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. Kemdikbud. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima.
Jakarta: ...

Evaluasi Pembelajaran Jilid II

Evaluasi pembelajaran adalah salah satu mata kuliah wajib yang mesti di tempuh oleh mahasiswa jurusan pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Hal ini menjadi penting karena salah satu tugas pokok seorang guru atau pendidik sesuai dengan UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah mengevaluasi, sehingga untuk menjadi guru yang profesional memerlukan kemampuan meng­evaluasi peserta didik. Buku evaluasi pembelajaran ini terdiri dari dua jilid yang membahas mengenai evaluasi pembelajaran. Buku ini diharapkan mampu membantu para pembaca dalam mempelajari buku evaluasi lebih mendalam.

(2014-2015), Koordinator Divisi Pendidikan Forum Anak Kota Palu (2015-2016), Sekretaris Umum LDF AlUswah (2017), Kabid Kaderisasi dan Organisasi PK IMM Tarbiyah dan Keguruan (2017), Anggota Litbang HMJ PAI (2017), Sekretaris Umum HMJ ...

Mau jadi guru milenial? : yuk buat media pembelajaran berbasis Android!

Jangan mau kalah dengan anak milenial, guru pun juga harus milenial! Kedatangan revolusi 4.0 membuat para guru khawatir dan cemas akan tergantinya peran mereka dengan teknologi canggih yang saat ini berkembang pesat. Walaupun pada teorinya revolusi industri 4.0 tidak dapat menggantikan peran guru namun yang terjadi di lapangan justru sebaliknya. Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi para guru di abad 21. Menghadapi hal tersebut, guru dituntut untuk memiliki sifat inovatif dan kreatif. Salah satunya dapat membuat media pembelajaran berbasis android. Pembuatan media pembelajaran berbasis android dapat menggunakan software Construct 2. Tidak seperti software pembuat aplikasi android lainnya, Construct 2 ini tidak memerlukan bahasa pemrograman/coding yang sulit sehingga siapa pun dapat membuat aplikasi android melalui Construct 2. Buku ini membahas cara mudah membuat media pembelajaran berbasis android dalam waktu 7 hari. Cocok bagi para Guru yang ingin belajar dalam membuat media pembelajaran berbasis android. Selain itu, cocok pula bagi para pemula dengan pengalaman minim dalam pengembangan android. Penjelasan dalam buku ini disertai dengan gambar sehingga para pembaca juga dapat mempraktikkannya secara langsung saat membaca buku.

Jangan mau kalah dengan anak milenial, guru pun juga harus milenial!