Sebanyak 10915 item atau buku ditemukan

Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing

Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi

Buku ini menyajikan sebuah fakta empiris tentang dunia pendidikan saat ini terutama PAUD. Sebagai pendidik yang mengajar matakuliah PAUD penulis mencoba tuangkan dalam buku yang berjudul Profesionalisme guru PAUD menuju NTB Bersaing. Ini semua merupakan langkah maju penulis mengembangkan inspirasi dengan tuntutan menambah referensi bagi pembaca. Dalam rangka memenuhi kebutuhan di Perguruan Tinggi, penerbitan buku Profesional Guru PAUD Menuju NTB Bersaing sangat dibutuhkan, karena buku ini merupakan salah satu referensi dalam dunia pendidikan terkini. Buku ini memuat tentang konsep guru PAUD yang professional yang menarik untuk dibaca. Buku ini diharapkan sebagai pegangan atau pelengkap ilmu pendidikan terutama pada pendidikan anak usia dini khususnya di Kota Mataram. Melalui konsep dunia pendidikan Anak Usia Dini yang disajikan dalam buku ini diharapkan dapat membantu para pendidik dan pembaca yang memahami tentang pendidikan anak usia dini. Buku ini ramu oleh penulis dengan harapan bisa berguna bagi para pendidik pada anak usia dini.

Mengenal Kosakata Bahasa Inggris : Buku bergambar untuk PAUD 1

Buku ini mengenalkan benda-benda di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris kepada anak. Dilengkapi dengan gambar, pembelajaran pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Buku ini mengenalkan benda-benda di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris kepada anak. Dilengkapi dengan gambar, pembelajaran pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Assesmen Pembelajaran PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental. Ada 2 hal penting yang dialami anak usia dini, pertama adalah usia golden age dimana perkembangan seluruh aspek berkembang secara pesat, kedua, anak usia dini merupakan masa kritis, dimana seluruh aspek perkembangan pada usia ini menentukan perkembangan berikutnya. untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik salah satunya yaitu dengan melakukan assesmen atau penilaian. Kegiatan penilaian merupakan usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik. Adapun tujuan pelaksanaan assesmen yaitu untuk (1) merencanakan pembelajaran individual dan kelompok agar dapat berkomunikasi dengan orang tua. (2) Mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus. (3) Mengevaluasi apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum. Oleh karena itu kegiatan assesmen anak usia dini tidak terlepas dari 3 hal ini. Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai assesmen pada anak usia dini, dalam buku ini akan dipaparkan berbagai kajian ilmiah tentang konsep dasar anak usia dini beserta aspek-aspek perkembangannya. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik penilaian assesmen yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam pendidikan anak udia dini. Dalam buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas tentang Assesmen autentik anak usia dini, Assesmen observasi dan portofolio anak usia dini, Assesmen unjuk kerja dan catatan anekdot anak usia dini, Assesmen percakapan pada anak usia dini, Assesmen Pembelajaran moral agama anak usia dini, Assesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini, Assesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini, Assesmen perkembangan sosio emosional anak usia dini, Assesmen perkembangan fisik motorik anak usia dini, Assesmen perkembangan seni pada anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental.

Pedoman Akademik PAUD/RA Darul Fikri Kota Tanjungbalai

Dalam sebuah manajemen dikatakan berhasil jika seluruh sistem dan stakeholder di dalamnya berproses dan bekerja pada satu tujuan. Artinya, untuk mencapai tujuan yang dimaksud maka dibutuhkan keterpaduan baik dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) sistem manajemen itu sendiri. Oleh sebab itu, kami menyadari bahwa dalam konsep pendidikan islam terpadu, keterpaduan adalah sebuah keniscayaan dalam pengelolaan pendidikan itu sendiri. Keterpaduan yang dimaksud dalam hal ini adalah penerapan proses pendidikan yang sejalan antara pihak sekolah dengan keluarga. Iklim yang dibangun sekolah harus sama dengan di rumah. Dengan demikian, proses pendidikan akan berjalan secara optimal dan wujud dari hasilnya juga akan sesuai dengan yang diharapkan. Pedoman Akademik PAUD/RA Darul Fikri Kota Tanjungbalai ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pedoman Akademik PAUD/RA Darul Fikri Kota Tanjungbalai ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Filsafat Ilmu Lanjutan

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia; terutama dalam memberantas kemiskinan, kelaparan, penyakit, dan berbagai potret duka dalam kehidupan umat manusia dan alam raya ini. Tradisi keilmuan dan teknologi yang berkembang sekarang merupakan tradisi yang tumbuh dari sistem logikaÑdari Yunani, dilanjutkan dengan logika renaissance Arab, diteruskan dengan logika renaissance EropaÑmenjadi ilmu dan teknologi mutakhir. Unsur utama dalam tradisi sistem logika adalah rasionalitas dan empiri. Rasionalitas menjadi unsur pertama dalam berilmupengetahuan, dan empiri menjadi unsur keduanya. Penting dimiliki oleh para calon ilmuwan muda, mahasiswa filsafat, cendekiawan, dosen/pengajar/ pendidik, periset, dan mereka yang menggemari filsafat ilmu untuk menggali lebih banyak ilmu pengetahuan melalui apa yang disebut Òintelectual exerciseÓ; dengan mengungkapkan pikiran dan pengetahuan secara teratur dan sistematik. ------- Penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia; terutama dalam memberantas kemiskinan, kelaparan, penyakit, dan berbagai potret duka dalam kehidupan umat manusia dan alam raya ini.

Filsafat Ilmu

Epistemologi, Gereja Katolik Roma Dan Ilmu Pengetahuan, Ontologi, Sejarah Ilmu Pengetahuan, Teori Ilmiah, Teori Sistem

Sumber: Wikipedia. Halaman: 32. Bab: Epistemologi, Gereja Katolik Roma dan ilmu pengetahuan, Ontologi, Sejarah ilmu pengetahuan, Teori ilmiah, Teori sistem, Filsafat proses, Sejarah teori ekonomi, Skeptisisme, Design Structure Matrix, Entitas aktual, Gereja Katolik Roma dan teori evolusi, Empirisme, Lingkaran Wina, Dogma, Vatican Advanced Technology Telescope, Objek-objek abadi, Sintesis evolusioner modern, Tuhan, Kreativitas, Sejarah pemikiran evolusi, Konkresi, Sejarah fisika, Datum, Nexus, Kenyataan, George Edward Moore, Keyakinan dan kepercayaan, Atomisme, Royal Society, Gaston Bachelard, Revolusi ilmiah, Providentissimus Deus, Falsifiabilitas, Georges Canguilhem, Fondasionalisme, Observatorium Vatikan, Paradigma, Behaviorisme, Filsafat alam, Pengalaman, Teori sistem dinamik, Kekeliruan, Perkara Galileo, Misoteisme, Sains Besar, Falibilisme, Keadaan tunak, Masalah Molyneux. Kutipan: Filsafat proses atau filsafat organisme adalah filsafat yang mengatakan bahwa segala sesuatu selalu menjadi. Pengertian 'proses' in mengandung makna yakni adanya perubahan berdasarkan mengalirnya waktu dan kegiatan yang saling berkaitan. Kemudian realitas dipahami bukan sebagai sesuatu yang statis melainkan terus bergerak dan berubah dalam suatu dinamika pergerakan yang berkelanjutan. Filsafat ini dicetuskan oleh Alfred North Whitehead (15 Februari 1861 Ramsgate, Kent, England - 30 Desember 1947 Cambridge, Massachusetts, USA) seorang guru besar Matematika Trinity College yang selanjutnya menjadi guru besar filsafat di Universitas Harvard. Filsuf-filsuf yang memengaruhi Whitehead: Plato, Hegel, Aristoteles, David Hume, Leibniz, John Lock, Immanuel Kant, Descartes William JamesAlfred North Whitehead, yang dikenal dengan sebutan Whitehead, menemukan sistem filsafatnya berdasarkan usaha kritis dan kreatif dalam dialog intelektual dengan para pemikir lain dan dalam konfrontasinya dengan pengalaman hidup. Dalam bukunya yang berjudul Process and Reality, ia menyebutkan filsuf-filsuf yan...

Sumber: Wikipedia.