Sebanyak 1143 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK ANAK USIA DINI

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Karakteristik kurikulum 2013 adalah salah satunya tematik. Model pembelajaran tematik sejatinya adalah model pembelajaran terpadu yang menggabungkan berbagai mata pelajaran untuk dijadikan satu keutuhan dalam satu tema. namun, mengingat bahwasanya dalam pendidikan anak usia dini tidak memiliki mata pelajaran, maka tematik disini adalah mengaitkan satu tema dengan seluruh perkembangan anak usia dini yang berdasarkan kurikulum 2013 ada 6 aspek perkembangan yaitu spiritual, sosial emosional, kognitif, bahasa, keterampilan dan terakhir adalah seni. Hal yang harus diperhatikan dalam model pembelajaran tematik adalah tema yang diangkat sesuai dengan berbagai macam pengalaman siswa dan lingkungannya. Dalam buku ini akan membahas sebagai berikut : 1) hakikat Konsep Pembelajaran tematik 2) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik 3) Desain pelaksanaan Pembelajaran Tematik Bagi AUD 4) Model Pembelajaran Tematik 5) Penyusunan Satuan Kegiatan Harian Pembelajaran RA Semoga buku kolaborasi antar Perguruan Tinggi ini dapat bermanfaat bagi dunia akademik khususnya dan menambah khazanah keilmuan dibidang Pendidikan

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Inklusi Sekolah Dasar ini merupakan sumber rujukan bagi para peneliti, mahasiswa calon guru, maupun para guru yang akan mengimplentasikan pembelajaran inklusi di kelas. Kehadiran buku ini memberikan suatu wacana dan arah tentang langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum dengan paradigma inklusif. Langkah-langkah dimulai dengan asesmen kondisi peserta didik untuk menemukan kebutuhan belajarnya, serta penentuan kompetensi yang dicapai dan rumusan tujuan melalui indikator capaian belajar, penentuan materi, metode, sumber belajar, media belajar, serta evaluasi belajar dengan mengakomodasi peserta didik yang beragam. Untuk itu, kehadiran buku ini wajib dibaca, dikaji, dan dipergunakan oleh semua pihak yang peduli terhadap pendidikan yang benar dan yang ramah untuk semua anak, serta tidak diskriminatif.

Buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Inklusi Sekolah Dasar ini merupakan sumber rujukan bagi para peneliti, mahasiswa calon guru, maupun para guru yang akan mengimplentasikan pembelajaran inklusi di kelas.

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI TEORI DAN APLIKASINYA

Kata kurikulum sudah tidak asing lagi bagi para pendidik (teaching staff) dan tenaga kependidikan (non teaching staff), sebab mereka setiap hari telah bergelut dengan kegiatankegiatan kurikulum di sekolah. Meskipun demikian, tidak salah bila kata kurikulum belum diketahui secara definitif baik dari segi bahasa maupun dari segi istilah menurut para pakar pendidikan. Hal ini akan lebih menambah pengetahuan kita. Selain itu, kurikulum merupakan salah satu komponen utama terselenggaranya proses pembelajaran dan pendidikan di sekolah. Proses belajar mengajar yang efektif semestinya menumbuhkan daya kreasi, daya nalar, rasa keingintahuan (curiosity), dan eksperimentasi-eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru (meskipun hasilnya keliru), memberikan keterbukaan terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, menumbuhkan demokrasi, dan memberikan toleransi pada kekeliruan-kekeliruan akibat kreativitas berpikir itu.

Kata kurikulum sudah tidak asing lagi bagi para pendidik (teaching staff) dan tenaga kependidikan (non teaching staff), sebab mereka setiap hari telah bergelut dengan kegiatankegiatan kurikulum di sekolah.

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Buku ini merupakan pengembangan dari buku ajar Strategi Belajar Mengajar (SBM) yang pernah penulis susun pada tahun 2010 dan menjadi buku suplemen untuk mata kuliah Strategi Belajar Mengajar bagi mahasiswa FKIP UNIKU dan setelah berdirinya Prodi PGSD FKIP UNIKU sejak tahun 2013 buku ajar ini pun dijadikan buku suplemen bagi mahasiswa pengampu mata kuliah SBM. Setelah melalui revisi pada berapa bagian, dan penambahan di sana sini ditambah pertimbangan hasil diskusi kelas dengan para mahasiswa peserta mata kuliah SBM, Alhamdulillah jadilah sebuah buku referensi yang ada dihadapan para pembaca.

Buku ini merupakan pengembangan dari buku ajar Strategi Belajar Mengajar (SBM) yang pernah penulis susun pada tahun 2010 dan menjadi buku suplemen untuk mata kuliah Strategi Belajar Mengajar bagi mahasiswa FKIP UNIKU dan setelah berdirinya ...

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Buku ini dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar serta tidak menutup kemungkinan bagi guru dan tempat bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Buku ini sangat membantu mahasiswa, guru dalam berinovasi proses belajar mengajar.

Buku ini dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar serta tidak menutup kemungkinan bagi guru dan tempat bimbingan belajar yang ada di Indonesia.

OPTIMALISASI STRATEGI PEMBELAJARAN

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Komponen-komponen pendidikan dan pengajaran diatur sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang optimal dalam mencapai tujuan pengajaran dan pendidikan. Strategi pembelajaran juga memberikan alternatif terhadap proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Semua sumber belajar, baik manusia maupun sarana dan prasarana dirancang dan direncanakan untuk membantu proses belajar para siswa. Untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan. Mencermati upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia, para guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan strategi pembelajaran, yang kadang-kadang untuk kepentingan penelitian (penelitian akademik maupun penelitian tindakan) sangat sulit menermukan sumber-sumber literarturnya. Namun, jika para guru (calon guru) telah dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran, maka pada dasarnya guru pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan strategi pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul strategi-strategi pembelajaran versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah strategi pembelajaran yang telah ada.

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

CALL FOR BOOK TEMA 2 (STRATEGI PEMBELAJARAN)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, editor menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

PERENCANAAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Buku ini disusun dalam untuk menjadi tambahan referensi dalam bidang pendidikan dan memberikan kemudahan kepada para pembaca khususnya para guru atau para calon guru yang ada di beberapa lembaga pendidikan, baik umum atau agama, untuk mendalami perencanaan pembelajaran dan strategi pembelajaran. Sehingga dengan terbitnya buku ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar.

Tujuan pendidikan nasional secara umum sebagaimana tertuang dalam Tap. MPR RI No./MPR/1999 (GBHN), yaitu pendidikan nasional bertujuan: ”....meningkatkan pendidikan watak dan budi pekerti...”. Undang-undang Pendidikan No.

DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

penyusunan rancangan pembelajaran merupakan kewajiban seorang pendidik sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Namun, seringkali para pendidik meremehkan hal tersebut. Pendidik lebih mengutamakan konten pembelajaran/isi/materi pembelajaran tanpa memperhatikan bagaimana cara mereka menyampaikannya di kelas. Hal ini menjadi salah satu masalah yang menyebabkan informasi tidak tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa dan tidak menimbulkan pengalaman berkesan pada mahasiswa sehingga pemahaman dan hasil belajar mereka kurang memuaskan.

TAHAP PENYUSUNAN RANCANGAN PEMBELAJARAN ara penyusunan pendidik rancangan seringkali pembelajaran melupakan karena tahap banyaknya rencana pembelajaran yang sudah dibuat oleh pendidik lain dan tersebar bebas di ...

STRATEGI PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Guru di era revolusi industri 4.0 perannya tak akan tergantikan oleh teknologi. Peran guru mengubah cara mengajar agar lebih menyenangkan dan menarik. Demikian juga peran Guru berubah dari sebagai penyampai pengetahuan kepada peserta didik, mejadi fasilitator, motivator, inspirator, mentor, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta teamwork, dan empati sosial karena jika tidak maka peran guru dapat digantikan oleh teknologi. Guru dituntut memiliki kompetensi tinggi untuk menghasilkan peserta didik yang mampu menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0. Qusthalani menyebutkan lima kompetensi yang harus dimiliki oleh guru pada era Revolusi 4.0. ini yaitu: 1) Educational competence, kompetensi mendidik /pembelajaran berbasis internet of thing sebagai basic skill. 2) Competence for technological commercialization, punya kompetensi untuk mendidik siswa memiliki sikap kewirausahaan (entrepreneurship) berbasis teknologi dan hasil karya inovasi siswa. 3) Competence in globalization, dunia tanpa sekat, tidak gagap terhadap berbagai budaya, kompetensi hybrid dan keunggulan memecahkan masalah (problem Solver competence). 4) Competence in future strategies, dunia mudah berubah dan berjalan cepat sehingga punya kompetensi memprediksi dengan tepat apa yang akan terjadi di masa depan berikut strateginya. 5) Counselor competence.

Guru di era revolusi industri 4.0 perannya tak akan tergantikan oleh teknologi.