Sebanyak 107 item atau buku ditemukan

MODEL PEMBELAJARAN GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery)

Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran GOLD mampu menciptakan proses akomodasi kognitif yang berawal dari pengetahuan siswa menjadi suatu pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar siswa dapat menjadi mandiri dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Model pembelajaran GOLD memberikan fasilitas untuk mengakomodasi pengetahuan awal siswa sehingga menjadi pengetahuan baru yang dapat siswa manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran GOLD melatih siswa belajar dalam kelompok untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan cepat. Model ini didasarkan pada asumsi bahwa kemampuan untuk mengikuti dan menyelesaikan tugas dalam setting kelompok adalah penting. Siswa yang berpartisipasi dalam pemecahan masalah (problem solving) akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berbagai mata pelajaran, melatih kepemimpinan dan tanggung jawab serta solidaritas dan toleransi.

Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Model Pembelajaran Problem Posing & Solving : Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Paradigma pembelajaran di kelas saat ini masih menekankan pada pemahaman siswa tanpa melibatkan kemampuan berpikir, di mana siswa tidak diberi kesempatan menemukan jawaban ataupun cara yang berbeda dari yang telah diajarkan oleh guru. Guru tidak menginstruksikan siswa untuk mengonstruksi pendapat atau pemahamannya sendiri terhadap konsep materi pembelajaran. Hal ini berdampak pada aktivitas siswa yang hanya meniru penyelesaian masalah yang diperagakan oleh guru ketika membahas soal-soal. Jika hal ini terus berlanjut, maka siswa akan mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep-konsep untuk menyelesaikan permasalahan tidak rutin maupun permasalahan nyata berkaitan dengan konsep yang sudah dipelajari. Pada akhirnya akan berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah membutuhkan adanya inovasi dalam pembelajaran, salah satunya melalui pengembangan model pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran yang direncanakan sebagai upaya solusi alternatif dalam mengatasi kemampuan siswa dalam pemecahan masalah yaitu pengembangan model pembelajaran problem posing and solving (PPS). Model pembelajaran ini akan menstimulasi ketertarikan siswa terhadap materi pelajaran, meningkatkan kemampuan dalam mengajukan masalah dan pemecahan masalah serta meningkatkan kemampuan belajar dengan baik. Dalam penerapannya, model pembelajaran ini akan melibatkan aktivitas problem posing dan problem solving dengan mengajak siswa untuk lebih aktif, sehingga informasi tidak hanya dari guru tetapi siswa juga dituntut untuk mengonstruksi sendiri pengetahuan baru mereka dengan informasi atau pengetahuan mereka sebelumnya. Penerapan model pembelajaran yang tepat akan membawa siswa dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan siswa menyerap materi yang diajarkan, serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah

Paradigma pembelajaran di kelas saat ini masih menekankan pada pemahaman siswa tanpa melibatkan kemampuan berpikir, di mana siswa tidak diberi kesempatan menemukan jawaban ataupun cara yang berbeda dari yang telah diajarkan oleh guru.

Ikhtiar Memakmurkan Rumah Allah: Panduan Operasional Masjid

Rumah Allah, nama lain yang popular dari bangunan tempat sujud. Tempat yang paling aman dari bencana, yang paling dicari bagi mereka yang taubat. Di perkotaan maupun pedesaan tampilan masjid zaman kini demikian bagus bahkan mewah. Berbeda dengan tampilan rumah sekitar yang sederhana. Namun apakah tampilan itu diimbangi dengan pemakmurannya ?. Pertanyaan yang tak pernah tuntas jawabannya. Sebab jawaban itu memerlukan bukti otentik berupa kehadiran jamaah setiap momennya. Buku ini hanya sebuah ikhtiar administratif pengelolaan masjid. Boleh jadi masjid atau musholla yang masih sepi pemakmumuran minim administratif. Atau yang telah ramai pemakmuran namun tidak didukung dengan administratif memadai. Bukankah administrasi itu adalah bukti sejarah tentang kegiatan masjid yang memberikan ibrah bagi pengurus dikemudian hari ?. Buku ini wajib dimiliki oleh pengurus masjid, musholla, langgar atau umum yang ingin aktif dibidang kemasjidan. Semoga bermanfaat.

Rumah Allah, nama lain yang popular dari bangunan tempat sujud.

Pengantar Psikologi Perkembangan

Buku ini diperuntukkan para calon pendidik dan pendidik dalam memahami perkembangan peserta didik dari sudut pandang gejala jiwa peserta didik atau dalam istilah lain dari sisi psikologisnya. Sehingga buku ini dapat mempermudah para praktisi pendidikan dalam memahami karakteristik perkembangan peserta didik. Kendati demikian, para calon pendidik dan praktisi pendidik tidak akan salah memberikan materi, memberikan pelayanan, hingga memberikan solusi yang dihadapi peserta didik, karena dasar-dasar perkembangan yang terjadi pada peserta didik dapat dipahami terlebih dahulu. Buku ini juga terdiri dari beberapa bab. Bab I Pendahuluan, Bab II Konsep Dasar Psikologi Perkembangan, Bab III Pertumbuhan dan Perkembangan, Bab IV Aliran-Aliran dalam Psikologi, Bab V Teori-Teori Psikologi Perkembangan, Bab VI Tahapan-tahapan Perkembangan Fisik Dan Motorik Peserta Didik, Bab VII Implikasi Psikologi Perkembangan Terhadap Pendidikan. Tujuh bab tersebut dengan besar harapan dapat memberikan kemudahan para calon pendidik dan praktisi pendidikan dalam mengejawantahkan kebutuhannya upaya untuk memahami perkembangan peserta didik.

Buku ini diperuntukkan para calon pendidik dan pendidik dalam memahami perkembangan peserta didik dari sudut pandang gejala jiwa peserta didik atau dalam istilah lain dari sisi psikologisnya.

Cara singkat memahami sistem manajemen mutu iso 9001:2015 dan implementasinya

Dalam pengertian Organisasi, ISO adalah organisasi keanggotaan non-pemerintah yang idependen dan pembuat Standar Internasional terbesar di dunia yang sifatnya sukarela. ISO merupakan federasi badan-badan standar nasional di seluruh dunia (ISO member bodies) Dalam pengertian standar, ISO adalah standar Internasional yang mengarahkan dan mengendalikan (direct & control) organisasi untuk mencapai tujuan mereka atau target, yang dirilis oleh Organisasi Internasional untuk standarisasi. Sistem manajemen mutu terbaru adalah ISO 9001:2015 yang diterbitkan pada bulan September 2015. Banyak sekali pertanyaan dari pelaksana sistem manajemen mutu terkait dengan implementasi dan interpretasi dari masing-masing klausul yang tertulis di standar ISO 90001:2015. Penulis berharap dengan diterbitkannya buku ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan semua pihak terkait (terutama yang memproduksi barang dan jasa) tentang pemahaman dan pelaksanaan persyaratan sistem manajemen kualitas. Sistem Manajemen Mutu bisa diterapkan disemua bidang kegiatan dan tidak ekslusif bagi perusahaan besar, jadi marilah kita semua memahami dengan baik sistem manajemen mutu ini sehingga mampu bersaing dengan negara lain yang sudah maju dan mempunyai produk-produk yang berkualitas.

Dalam pengertian Organisasi, ISO adalah organisasi keanggotaan non-pemerintah yang idependen dan pembuat Standar Internasional terbesar di dunia yang sifatnya sukarela.

Tulisan bersama tentang psikologi pendidikan

Buku Tulisan Bersama tentang Psikologi Pendidikan terdiri dari lima(V) Bab. Dengan buku ini diharapkan mahasiswa secara mandiri mampu mempelajari materi yang di berikan pada setiap bab tersebut, karena buku Tulisan Ragam Bahasa tentang Psikologi Pendidikan ini khusus di desain dengan menggunakan bahasa dan alur yang mudah di mengerti oleh mahasiswa, baik dalam penyampaian materinya.

Buku Tulisan Bersama tentang Psikologi Pendidikan terdiri dari lima(V) Bab.

Pengembangan Kurikulum I

Kurikulum adalah salah satu instrumen penting dalam pendidikan. Ada tiga ranah penting dalam kurikulum yakni muatan/isi kurikulum, strategi dan evaluasi. Sebagai seorang pendidik atau mahasiswa jurusan pendidikan, menguasai pengembangan kurikulum sangat mutlak harus dikuasai, karena di samping sebagai salah satu mata kuliah wajib, juga merupakan bekal yang diperlukan untuk menjadi pendidik profesional. Buku ini menyajikan materi seputar kurikulum dan dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami, khususnya bagi para pemula.

Sekolah hendaknya membantu orang tua membina pertumbuhan emosi anak yang normal dengan mengajar dan melatih ... daya kontrol diri, daya integrasi). c) Aspek Sosial Aspek sosial merupakan bagian integral dengan aspek-aspek lainnya yang ...

Pengembangan Kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam dengan Pendekatan Total History: Urgensi, Relevansi, dan Aktualisasi

Di antara problem kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah belum optimalnya pendekatan ilmu sejarah dalam pengembangan materinya. Problem ini menjadi alasan mengapa cita rasa kurikulum SKI terkesan menjadi sebagai sebuah cerita (story) dari pada sejarah (history). Ilmu sejarah adalah kajian akademis yang bertujuan merangkai puzzle peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi sebuah bangunan pengetahuan yang utuh. Rangkaian puzzle tersebut meliputi perjalanan umat manusia mulai dari pemikiran, agama, sistem ekonomi, sosial-politik, sampai dengan kebudayaan. Buku ini merupakan ikhtiar akademis untuk menjawab problem tersebut. Buku ini bukan hanya menjelaskan teori dan konsep tentang pendekatan total history dalam kurikulum SKI, namun juga menerapkan teori tersebut dengan menata ulang “batu bata sejarah Islam” menjadi sebuah bangunan materi yang disusun dari berbagai sudut pandang. Kajian di dalam buku ini sangat penting, terutama bagi mahasiswa, guru SKI, dosen, dan praktisi pendidikan.

Di antara problem kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah belum optimalnya pendekatan ilmu sejarah dalam pengembangan materinya.

Pengembangan Kurikulum Jilid 2

Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan dan dalam perkembangan kehidupan manusia, maka dalam penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan landasan yang kokoh dan kuat. Dengan landasan yang kokoh kurikulum yang dihasilkan akan kuat, yaitu program pendidikan yang dihasilkan akan dapat menghasilkan manusia terdidik sesuai dengan hakikat kemanusiannya, baik untuk kehidupan masa kini maupun me-nyongsong kehidupan jauh ke masa yang akan datang.

Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan.

Senangnya belajar agama Islam dengan teka-teki silang :materi kurikulum 2013 kelas 5 SD

SENANGNYA BELAJAR AGAMA ISLAM DENGAN TEKA TEKI SILANG (Materi Kurikulum 2013 Kelas 5 SD) ADI WARMAN, S.Ag., M.Pd.I Buku yang berjudul “Senangnya Belajar Agama Islam dengan Teka Teki Silang” ini mencoba untuk membuat sebuah karya inovasi pembelajaran berupa teka teki silang. Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam melakukan pembelajaran dengan berbagai macam bentuk media yang kreatif dan inovatif. Hadirnya buku ini dapat menambah rujukan berbagai bentuk inovasi pembelajaran terutama pada mata pelajaran PAI. Selama ini mungkin guru mengalami kesulitan dalam mencari berbagai bentuk inovasi untuk menarik minat siswa dalam belajar. Salah satu solusinya adalah dengan mempergunakan TTS. Buku ini berisikan beragam pertanyaan yang disesuaikan dengan materi kurikulum 2013. Susunan Kompetensi Dasarnya disesuaikan dengan yang terdapat dalam buku guru dan buku siswa. Materi yang dihadirkan adalah materi PAI kelas 5 SD semester satu dan dua, serta dilengkapi dengan kunci jawaban dan rangkuman materi. Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi PAI sekaligus menarik minat dan semangat siswa dalam belajar. Bagi para siswa memiliki buku ini akan menambah semangat dalam membahas materi-materi PAI. Belajar yang menyenangkan Insya Allah akan terwujud dengan mempergunakan media TTS yang terdapat dalam buku ini.

SENANGNYA BELAJAR AGAMA ISLAM DENGAN TEKA TEKI SILANG (Materi Kurikulum 2013 Kelas 5 SD) ADI WARMAN, S.Ag., M.Pd.I Buku yang berjudul “Senangnya Belajar Agama Islam dengan Teka Teki Silang” ini mencoba untuk membuat sebuah karya inovasi ...