Sebanyak 10535 item atau buku ditemukan

Khazanah Intelektual Islam

“Buku Khazanah Intelektual Islam, suntingan Prof Nurcholish Madjid, kini sudah menjadi klasik. Pertama kali diterbitkan pada 1984, karya ini tetap relevan untuk memahami intelektualisme Islam; tidak hanya di masa silam, tapi juga dewasa ini dan masa depan. Dengan kandungannya yang mencakup berbagai tokoh terkemuka pemikir Islam yang mewacanakan pemikiran sejak dari kalam, filsafat, tasawuf, sampai sosial-politik, karya ini menjadi bacaan wajib setiap dan seluruh mereka yang ingin memahami khazanah pemikiran Islam. Karya monumental ini sepatutnya menjadi inspirasi untuk menggali lebih dalam dan lebih luas khazanah intelektual lain, termasuk khazanah intelektual Islam Indonesia.” Prof. Dr. Azyumardi Azra, CBE Guru Besar Sejarah Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta “Agama tidak hanya bersifat ilahi, melainkan juga merupakan fenomena sosial historis. Demikian pesan penting buku ini yang melihat agama dengan perspektif filosofis. Dalam konteks tersebut, tidak diragukan lagi, Nurcholish Madjid adalah pionir yang membukakan jalan bagi tumbuhnya pemikiran filosofis, rasional dan humanis di kalangan generasi muda intelektual Islam di Indonesia. Buku ini sangat perlu dibaca mengingat semakin kuatnya kecenderungan menjauhkan pemikiran filosofis dan rasional dari agama. Dengan memahami agama secara filosofis dan rasional, masyarakat terdorong untuk lebih bersifat toleran, inklusif dan humanis sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan universal.” Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, M.A. Ketua Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) “Hingga kini mungkin tak seorang pun intelektual Muslim Indonesia yang telah mewariskan api dan cahaya peradaban Islam sejernih dan sekomprehensif Nurcholish Madjid dalam korpus karya-karyanya. Buku Khazanah Intelektual Islam ini adalah bagian integral darinya. Hutang akal-budi mayoritas bangsa kita kepada Cak Nur sungguh tak terkira.” Prof. Dr. Mochtar Pabottingi Peneliti Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) “Saya membaca buku ini pertama kali waktu saya masih menjadi santri di Pati, Jawa Tengah. Terus terang, ini adalah salah satu buku penting yang membentuk pikiran dan pemahaman saya atas Islam. Melalui buku ini, saya menjadi “melek” untuk pertama kali atas kekayaan pengetahuan yang dikembangkan oleh para pemikir Muslim di masa klasik dulu. Melalui buku ini, saya belajar bahwa Islam bukan sekadar akidah dan ritual saja, melainkan juga peradaban pemikiran yang begitu agung dan menakjubkan. Buku ini, menurut saya, menjadi kian relevan lagi hari-hari ini, di era ketika menjadi Muslim bagi sebagian kalangan identik dengan tindakan menutup diri secara pemikiran dan membenci keragaman.” Ulil Abshar Abdalla Pengampu Ngaji Ihya’ Ulumuddin

Buku Khazanah Intelektual Islam ini adalah bagian integral darinya. Hutang akal-budi mayoritas bangsa kita kepada Cak Nur sungguh tak terkira.” Prof.

Islam and Its Challenges in the Globalised World

From the beginning, Islam faces many challenges from its foes, that is, the disbelievers-atheism, Jews and Christians, secularism, liberalism, pluralism, etc.-who want to extinguish Islam and its foundation from this world. Since the fall of the Islamic empire in the fifteenth century, Muslim countries pathetically came under the dominance of Western powers in almost every aspect of life. The United States of America and other powers foreign policies generally have hidden agenda to weaken the Muslim countries so that they can keep on dominating the Muslim world. They give support to the secularist, liberalist, and pluralist groups in the Muslim countries to go against the Islamic traditionalists and fundamentalists. Although there are more than a billion Muslims in the world, they are weak and have become marginalized. Gone is the power of the Muslims of the past. Therefore, the contemporary Muslims have no choice but to wake up to face the challenge if they are genuine Muslims because they are the best ummah ever created by Allah. During the height of Islamic empire, Islam stayed strong and kept on spreading its wing throughout the world because of charismatic and credibility some of its leaders. Islam is a universal religion that brought enlightenment to human race. Nevertheless, Muslim nations in the modern era of globalized world are disobedient lot unlike the Muslims of the past; thus they become weak. Globalization is the creation of the Western imperialists as a tool to control world trade and economy of other nations. Small and underdeveloped nations are often unfairly treated. The polarization and bloody borders between the Christians West and the Muslims are now become more transparent than ever before. The wounds inflicted by the Americans and the West in Palestine, Iraq, Afghanistan, Yemen, Sudan, Somalia, and others are still bleeding and bloody. The usage of the words such as Islamophobia and the Muslims as terrorist frequently propagated throughout the world against Islam, thereby affecting the feeling of friendly and moderate Muslims in general. The cruelties inflicted on many of the innocent Muslims directly or indirectly give a green light for some hardcore Muslims to retaliate in a more radical way, including suicide bombing. The difference perception of faith, moral character, social, ethic, economy, politics, law, etc., in Islam with other religions are wide apart. Islam is a religion of Oneness of God (Islamic Monotheism) whilst the others are not. Islam taught the Muslims to live side by side in co-existence and in peace with the others provided there is a mutual respect with one another. Islam is a moderate religion. The whole universe and its contents absolutely belong only to Allah. Human race are His servants to take good care of the earth. Muslim ummah in the modern world miserably failed in their responsibilities in this world because most of them are lack of faith in Allah. They have deserted al-Quran and al-Sunnah of Prophet Muhammad (pbuh) in their way of life. Nevertheless, ultimately near the end of the world the Muslims will win as promised by Allah although disbelievers do not believe it.

Other than Cak Nur, Dr Alwi Shihab, the ex-Minister of Social Welfare of
Indonesia was another protagonist of religious pluralism. He wrote a book: 'Islam
Inklusif – Menuju Sikap terbuka dalam Agama' (Islam Inclusive – Towards
Openness ...

Pendidikan nasional, strategi, dan tragedi

On education policy and national education in Indonesia; collected articles.

... di Taman Mini Indonesia Indah , Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
memerintahkan Menteri Pendidikan Nasional Bambang ... Perintah Presiden itu
sangat positif dan perlu ditindaklanjuti karena memberikan harapan baru kepada
dunia ...

Pendidikan di alaf baru

rekonstruksi atas moralitas pendidikan

Morals and manners in Islamic education in Indonesia; collected articles.

Morals and manners in Islamic education in Indonesia; collected articles.

Pedoman Pembelajaran Interkultural Berbasis Pendidikan Karakter

Pedoman ini dirancang sebagai upaya menyambut kebijakan baru Mendikbud RI di bidang pendidikan dengan adanya revisi Peraturan Pemerintah (PP) yaitu PP Nomor 64 Tahun 2008 menjadi PP Nomor 19 Tahun 2017. Pada PP tersebut Kemendikbud mendorong perubahan paradigma para guru agar mampu melaksanakan perannya sebagai pendidik profesional yang tidak hanya mampu mencerdaskan anak didik, namun juga membentuk karakter positif mereka agar menjadi generasi emas Indonesia dengan kecakapan abad ke- 21. Mendikbud juga menekankan bahwa pendidikan pada era saat ini diarahkan pada penguatan karakter. Sebagai upaya menyambut kebijakan pendidikan tersebut, penulis berupaya untuk mendukung keterlaksanaannya dengan melaksanakan dan terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendampingan pembelajaran bagi guru di tingkat SD. Pendampingan pembelajaran interkultural berbasis penguatan karakter pada pelajaran bahasa Inggris yang ditujukan bagi guru SD di Kota Malang ini tidak lepas dari kekurangan dan kelemahan, untuk itu berbagai kritik dan saran sangat penuis harapkan demi kesempurnaan pedoman pembelajaran ini. Pedoman ini tersusun berkat kerja keras tim pengabdian masyarakat yaitu tim dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan beberapa pihak yang terkait dengan program pengabdian ini. Untuk itu penulis mengucapkan terima kepada Kepala Sekolah beserta guru SD Muhammadiyah 4 Malang dan SD Muhammadiyah 3 Assalaam Malang yang telah bekerjasama dengan baik dan membantu terlaksananya program pengabdian ini serta terselesaikannya pedoman ini. Semoga pedoman guru yang tersusun ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan terutama bagi peningkatan pembelajaran bahasa Inggris di SD.

Sebagai upaya menyambut kebijakan pendidikan tersebut, penulis berupaya untuk mendukung keterlaksanaannya dengan melaksanakan dan terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendampingan pembelajaran bagi guru di tingkat SD. ...

BUKU SAKU GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini hadir karena banyaknya keluhan tentang pergantian kurikulum dimana belum dipahami kurikulum yang lama muncul lagi kurikulum baru. Pada intinya tidak ada yang sulit jika guru tidak terlambat memahami kurikulum lama. Oleh karena itu buku saku sangat mudah digunakan oleh para guru pemula dalam meracik pembelajaran. Persoalan teknis, dalam menghadapi perubahan ini dapat diatasi melalui hadirnya buku panduan ini. Buku saku guru PAUD ini merupakan persiapan untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 agar berjalan lancar, karena kurikulum bukan hanya menyangkut tujuan dan arah pendidikan akan tetapi juga menyangkut bahan ajar yang harus dimilki oleh anak didik. Buku saku ini sangat cocok dijadikan sebagai panduan untuk guru PAUD dalam meramu pembelajaran khusunya guru pemula yang belum pernah mengalami proses kurikulum yaang selalu berubah. Cocok juga bagi para mahasiswa dalam membuat program pembelajaran. Buku ini dapat juga dijadikan referensi bagi dosen PAUD Semoga buku saku guru PAUD ini dapat mempermudah guru dalam mencerna dan memahami kurikulum 2013, dan kepada pihak yang ingin memberikan sumbangsih pikiran kami menerima dengan hati yang terbuka demi perbaikan buku ini.

Menurut Direktorat Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (2015:30) lingkup perkembangan yang ada dalam standar yang disebut dengan aspek perkembangan dengan kompetensi dasar dalam kurikulum. Sesungguhnya aspek pencapaian perkembangan ...

Pendidikan Islam

Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III

Tradisi pendidikan Islam mempunyai sejarah yang panjang, setua Islam itu sendiri. Dalam perkembangannya, tradisi pendidikan Islam, baik di Timur Tengah maupun di Indonesia, telah mengalami masa-masa pasang surut yang kerap terkait dengan situasi dan kondisi sosial, budaya, politik, ekonomi, dan bahkan ortodoksi Islam. Dalam menapaki perubahan zaman yang terus bergerak ini, tradisi pendidikan Islam telah memberikan berbagai respons pembaruan (modernisasi). Namun memasuki alaf baru di Milenium III ini, pendidikan Islam kembali menghadapi tantangan yang tidak sederhana. Padahal, pada saat yang sama, ia masih merupakan institusi strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia, yang diharap memiliki keunggulan kompetitif untuk bertahan (survive) dan memenangi tantangan atau persaingan untuk kemudian menjadi hamba yang kamil. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Tradisi pendidikan Islam mempunyai sejarah yang panjang, setua Islam itu sendiri.

pendidikan, Inspirasi dan Kreasi

Hai pembaca inspiratif, selamat bertemu dengan salah satu buku terbitan omera pustaka. Buku yang anda pegang ini adalah sebuah buku antologi dari proyek NuBar (Nulis Bareng) bertema Muridku Inspiratif. Proyek ini diikuti oleh kurang lebih 220 kontributor, yang mayoritas berprofesi sebagai guru pendidikan formal, sisanya ada juga dari ka- langan guru TPA, Dosen, Guru Bimbel dan Guru Kursus. Selanjutnya, karena jumlah kontributor yang banyak dan agar pembuatan buku menjadi efisien, penerbit membuat 6 edisi buku untuk tema muridku inspiratif ini. buku yang anda pegang ini adalah edisi kelima , berjudul “Pendidikan, Inspirasi, dan Kreasi”, dengan 34 penulis didalamnya. Setiap penulis telah berkontribusi menceritakan pengalamannya bersama salah satu anak didiknya yang inspiratif.

Hai pembaca inspiratif, selamat bertemu dengan salah satu buku terbitan omera pustaka.