Sebanyak 10535 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan (Edisi Revisi)

"Bagi saya, buku ini seakan memanggil "wahai para pembelajar akuntansi, marilah buka mata hati agar kita tiba ke pemahaman bahwa akuntansi itu bukanlah hanya itu, seperti yang dipelajari selama ini. Akuntansi, akan tetapi, adalah juga fenomena sosial, kultural dan bahkan religius yang kompleks. Buku ini telah dengan meyakinkan mengungkapkan bahwa dikotomi selama ini antara metodologi penelitian kuantitatif versus kualitatif, telah dipahami dengan tidak tepat. Sesuatu yang bagi saya luar biasa adalah keberanian buku ini untuk menyampaikan bahwa metodologi penelitian yang selama ini kita pahami dan anut, adalah metodologi yang telah mengabaikan eksistensi Tuhan. Buku ini enak dibaca, mengalir lembut karena keindahan bahasanya. Pembaca yang budiman, pahamilah buku ini dengan mata hati, bukan dengan mata kepala. Bukankah Tuhan telah mensinyalir bahwa yang buta bukanlah mata kepala kita, tetapi mata hati." (Prof. Dr. Eddy R Rasyid, M.Com. (Hons), Akt.) Buku ini adalah cetakan pertama edisi revisi, setelah kali keempat cetakan edisi sebelumnya. Telah dilakukan penambahan bab tentang cara menyajikan hasil penelitian kualitatif, serta beberapa koreksi dan penambahan pembahasan di beberapa bab sebelumnya.

KUALITATIF. “BERKUALITAS”. Keluaran Pembelajaran yang Diharapkan: 1. Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan penelitian non-positif 2. Mahasiswa mampu membedakan penelitian kualitatif yang positif dari penelitian kualitatif ...

Metodologi Kualitatif

Buku yang ada di tangan pembaca ini kami beri judul Metodologi Kualitatif yang kami susun berdasarkan pengamatan dan pengolahan data dari berbagai sumber termasuk kajian pustaka. Keterbatasan waktu dan aktivitas penyusun yang begitu padat, sangat berpengaruh pada proses dan waktu penyelesaian buku ini, namun berkat pertolongan berbagai pihak, akhirnya buku ini bisa terwujud sehingga bisa kita nikmati bersama. Banyak hal yang dibahas di buku ini, diantaranya dasar-dasar penelitian kualitatif, sampel & populasi, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Validitas & Relialibitas, Desain Penelitian, dll.

Ruang Lingkup Pembahasan : Ruang lingkup mengenai Perbedaan Antara Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Dalam bab ini akan ditampilkan uraian mengenai pengertian metode kualitatif dan metode kuantitatif, latar belakang munculnya ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; (3) Jenis Data, Variabel Penelitian, Definisi Istilah, Definisi Operasional dan Indikator; (4) Konsep Landasan Teori, Hipotesis, Macam-Macam Hipotesis, Pengujian Hipotesis, Asumsi, dan Macam-Macam Penelitian; (5) Konsep Rancangan Penelitian Eksperimen dan Non Eksperimen, Populasi, Teknik Sampling dan Pembagian Kelompok; (6) Instrumen Tes, Non Tes, Jenis Data, dan Teknik Pengumpulan Data; (7) Ciri-Ciri, Prosedur, Rancangan Penelitian Kualitatif dan Study Kasus; (8) Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Tindakan Kelas; (9) Karakteristik, Keterbatasan, Manfaat, Persyaratan, dan Langkah-Langkah Tindakan Perbaikan Sebelum dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas; (10) Rencana Perbaikan, Identifikasi dan Analisis Masalah, Perumusan Masalah dan Hipotesis, Tahap Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran, dan Kancah Penelitian Tindakan Kelas; (11) Model Penelitian Tindakan Kelas; (12) Analisis dan Penafsiran Data Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; dan (13) Siklus Penelitian Tindakan Kelas. Materi tersebut kami sertai contoh implementasinya dalam penerapan penelitian di bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Dengan demikian bagi mahasiswa ataupun peneliti di bidang pendidikan jasmani lebih paham dan mengerti, namun pembaca di bidang lain juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber belajar atau referensi dalam belajar dan meneliti.

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan ...

DASAR METODOLOGI PENELITIAN

Buku kecil ini, ditulis khusus untuk mendampingi para peneliti yang sedang merencanakan dan merancang penelitaian sebagai salah satu referensi. Buku sederhana ini hanyalah sebutir pasir dalam paran samudra ilmu penelitian yang luas. Menurut Yoseph, 1979, penelitian adalah art and science guna mencari jawaban terhadap suatu permasalahan. Karena seni dan ilmiah maka penelitian juga akan memberikan ruang-ruang yang akan mengakomodasi adanya perbedaan tentang apa yang dimaksud dengan penelitian. Hakekat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yan berbeda, diantaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan tujun penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian, semakin pesatnya dan berkembangnya penelitian ilmiah akan semakin meningkatkan derajat kehidupan manusia.

Buku kecil ini, ditulis khusus untuk mendampingi para peneliti yang sedang merencanakan dan merancang penelitaian sebagai salah satu referensi.

Pengantar Metodologi Penelitian Sosial + Plus

Berangkat dari pengalaman mengajar di kelas pada saat kuliah Metodologi Penelitian khususnya, selalu saja kekurangan waktu untuk menjelaskan materi kuliah yang bersangkutan, sementara disisi lain masih banyak materi yang harus disampaikan kepada mahasiswa, sehingga akhirnya dosen harus memilih apakah memilih materi yang disampaikan sedikit tetapi mahasiswa memahami semua yang disampaikan, atau memilih menyampaikan semua materi, tetapi konsekuensinya mungkin banyak mahasiswa yang tidak faham. Untuk itu adanya Buku Ajar ini sedikit dapat membantu dosen dan mahasiswa untuk menemukan jalan tengah, artinya tidak semua materi harus disampaikan dikelas, bagian dari materi yang kira-kira bisa difahami oleh mahasiswa hanya dengan membaca sendiri, maka dapat hanya dengan membaca di Buku Ajar ini, dengan demikian semua materi yang sudah direncanakan oleh dosen di 14 kali pertemuan per semester tersebut dapat disampaikan semua dengan tuntas. Sebagai pengayaan tambahan maka di kelas, perlu dibuka “ruang” diskusi bagi mahasiswa yang belum faham setelah membaca Buku Ajar ini. Buku Ajar ini coba penulis tuliskan dengan menggunakan Bahasa “kampung” tujuannya adalah agar apa yang ditulis dalam buku ini mudah difahami oleh siapa saja. Disamping itu berbagai materi yang ditulis dalam Buku Ajar ini adalah kombinasi teori dan praktik, sehingga isi buku ini lebih mengarah kepada pragmatis, khususnya dalam konteks penelitian akademik (Skripsi,Tesis dan Disertasi). Akhir kata, karena keterbatasan pengetahuan dan wawasan serta pengalaman penulis, khususnya dalam bidang ilmu Metodologi Penelitian, maka buku ini tentu masih jauh dari sempurna seperti kata pepatah tiada gading yang tak retak, untuk itu segala kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca sangatlah penulis diharapkan guna penyempurnaan buku ini dimasa yang akan datang. Pontianak, Desember 2019 Penulis

Berangkat dari pengalaman mengajar di kelas pada saat kuliah Metodologi Penelitian khususnya, selalu saja kekurangan waktu untuk menjelaskan materi kuliah yang bersangkutan, sementara disisi lain masih banyak materi yang harus disampaikan ...

Pengantar Metodologi Penelitian

Indonesia telah merdeka lebih dari 70 tahun tetapi kualitas pendidikan, sumber daya manusia, dan penelitian di Indonesia masih harus terus dikembangkan karena masih belum dapat mendukung perkembangan bangsa secara optimal. Hal ini antara lain disebabkan karena kualitas pelaksanaan dan hasil pendidikan dari berbagai jenjang dan jenis pendidikan belum semuanya didasarkan pada kebijakan yang dari hasil penelitian yang memadai. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi, maka setiap upaya peningkatan kualitas harus dilakukan melalui sebuah metode penelitian yang ilmiah. Hal tersebut dilakukan untuk menghasilkan informasi yang akurat dan aktual dengan menggunakan metode penelitian yang tepat. Metode penelitian secara umum terbagi menjadi tiga jenis yaitu metode kuantitatif, metode kualitatif, dan metode penelitian. Buku ini berisikan definisi konseptual ilmu pengetahuan, filsafat ilmu pengetahuan, fungsi dan kedudukan agama, filsafat, dan ilmu, teori kebenaran dan logika, pedoman dalam membuat sebuah kepustakaan, pengertian sebuah penelitian, berbagai jenis desain penelitian, tahapan dalam membuat suatu penelitian, bahkan komponen-komponen sebuah penelitian seperti proposal penelitian, etika penelitian, instrumen penelitian, sampai analisis data baik kuantitatif maupun kualitatif. Buku ini diharapkan dapat membantu para akademisi, mahasiswa tingkat akhir, dan masyarakat umum yang ingin mempelajari tentang metode atau metodologi penelitian.

Indonesia telah merdeka lebih dari 70 tahun tetapi kualitas pendidikan, sumber daya manusia, dan penelitian di Indonesia masih harus terus dikembangkan karena masih belum dapat mendukung perkembangan bangsa secara optimal.

ANTOLOGI HADITS TARBAWI

Pesan-Pesan Nabi s.a.w tentang Pendidikan

Buku Antologi Hadis Tarbawi yang hadir di hadapan pembaca ini berisi tentang jawaban-jawaban kritis hasil pengendapan pemikiran atas apa yang tengah menjadi kegelisahan para pemerhati pendidikan yang saban hari merasa nilai-nilai adiluhung pendidikan itu terus terkikis. Kehadiran buku Antologi Hadis Tarbawi ini merupakan bentuk syukur, apresiasi dan dukungan terhadap para penulis yang seluruhnya adalah Mahasiswa saya di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung. Buku yang merupakan kumpulan tulisan tematik hasil belajar mata kuliah Hadis Tarbawi selama satu semester ini disusun dengan mempertimbangkan masukan rekan kuliah, hasil diseminasi, komentar dosen dan beberapa catatan revisi sebagai bahan penyempurnaan pembahasan buku ini. Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan pesan-pesan pendidikan di dalam al-Hadis. Yaitu, nilai-nilai keislaman yang akan terus diuji dalam aktualitas yang terus bergejolak, nilai-nilai yang akan senantiasa dipertahankan dari tindakan yang merusak, serta nilai-nilai yang dianggap sebagai jaminan atas pengetahuan yang menyelamatkan. Buku ini berisi lima BAB pembahasan terkait isu-isu terkini seputar pendidikan dan hubungan sosial. BAB pertama membahas tentang Konsistensi Pendidikan Islam yang berisi tentang nilai-nilai dasar (core values) pendidikan yang tidak berubah digerus zaman seperti konsepsi tujuan pendidikan. BAB dua membahas tentang konstruksi teoretis mengenai adab dan pendidikan karakter bagi peserta didik, mulai dari adab peserta didik terhadap guru, adab terhadap sesama peserta didik maupun jalinan kasih terhadap lingkungan. BAB ketiga berisi tentang pendidikan Islam menjawab tantangan masa depan. Pembahasan ini berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kebijakan, sistem dan lembaga pendidikan Islam yang seperti apa yang dianggap ideal menjawab masa depan. BAB keempat berkaitan dengan prinsip-prinsip moderasi keislaman dalam pendidikan dan bagaimana Islam memandang pentingnya ilmu pengetahuan. Terakhir, di buku ini dibahas tentang Islam dan kenyataan sosial masyarakat Indonesia seperti multikulturalisme, pluralisme dan feminisme.

Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan ...