Sebanyak 10 item atau buku ditemukan

PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN HUKUM

Hukum yang semakin hari mengalami perkembangan yang progresif menuntu terus adanya pembeharuan terhadap penelitian-penelitian yang bertemakan hukum. Selain itu keilmuan hukum yang memiliki kekhasan sendiri menunut adanya sebuah pembahasan yang berbeda dari penelitian ilmiah biasanya. Pranata masyarakat hukum semakin hari juga semakin kompleks menuntut adanya konseptual pembaharuan hukum yang memang diharapkan hasil dari penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan. Buku ini penulis hadirkan sebagai ikhtiar akademik dalam menjadi acuan terhadap penelitian hukum dilingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang pada faktanya masih belum memahami betul konsepsi tipologi hukum yang ada. Walaupun penulis sadar betul bahwa masih banyak memerlukan tambahan masukan dan kritik terhadap buku ini, semoga dapat memberi warna.

Muhammad Wahdini, S.H., M.H. Tri Ramdhani. A. Pengertian Penelitian Hukum Istilah penelitian hukum dalam bahasa Inggris dikenal dengan legal research , legal method . Adapun beberapa pengertian penelitian hukum menurut para ahli ...

PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN HUKUM: KAJIAN PENELITIAN NORMATIF, EMPIRIS, PENULISAN PROPOSAL, LAPORAN SKRIPSI DAN TESIS

Buku ini merupakan bahan-bahan perkuliahan pada program S-2 Ilmu Hukum Tata Negara yang disadur dari berbagai referensi, buku-buku dan peraturan perundang-undangan sehingga menjadi buku ajar dalam “Metodologi Penelitian Hukum”. Melalui buku ini penulis berharap dapat memberikan kontribusi kepada semua pihak yang melakukan penelitian ilmu hukum. Oleh karena itu, kehadiran buku ini juga dapat menjadi referensi untuk akademisi dan praktisi dalam memahami metodologi penelitian hukum.

Pasal 297 Setiap orang yang karena kelalaiannya menyebabkan rusak atau hilangnya berita acara pemungutan dan penghitungan suara dan sertifikat hasil penghitungan suara yang sudah disegel, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 12 ...

Pengantar Metodologi Penelitian

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0. Sejalan dengan modernisasi pendidikan serta kemajuan teknologi yang menyertainya, buku ini dapat dijadikan solusi terbaik sehingga tujuan dan manfaat dapat dicapai dengan maksimal. Secara detail pembahasan buku ini meliputi: Bab 1 Hakikat Penelitian Pendidikan dan Paradigma Penelitian Bab 2 Ruang Lingkup dan Kontribusi Penelitian Terhadap Pengetahuan dan Pendidikan Bab 3 Etika, Legalitas dan Hubungan Manusia dalam Penelitian Bab 4 Klasifikasi Jenis-Jenis Penelitian Bab 5 Judul, Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian Bab 6 Review Literatur dan Hipotesis Penelitian Bab 7 Variabel, Data, Populasi, Sampel dan Setting Penelitian Bab 8 Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Bab 9 Metode atau Teknik Analisa Data Penelitian Kesembilan materi pokok tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami metodologi-metodologi penelitian pendidikan terkini dengan baik dan benar secara utuh.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0.

Pengantar Metodologi Penelitian

Contoh-contoh yang diberikan lebih banyak tentang ilmu-ilmu pertanian (khususnya kehutanan) karena di sanalah saya berkiprah. Namun tidak berarti bahwa buku ini khusus untuk mahasiswa bidang ilmu-ilmu pertanian karena saya yakin buku ini juga berguna bagi mahasiswa bidang ilmu lainnya. Dalam buku ini belum dibahas secara lengkap segala macam hal mengenai metodologi penelitian. Namun demikian, semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa.

Contoh-contoh yang diberikan lebih banyak tentang ilmu-ilmu pertanian (khususnya kehutanan) karena di sanalah saya berkiprah.

Pengantar Metodologi Penelitian Sosial + Plus

Berangkat dari pengalaman mengajar di kelas pada saat kuliah Metodologi Penelitian khususnya, selalu saja kekurangan waktu untuk menjelaskan materi kuliah yang bersangkutan, sementara disisi lain masih banyak materi yang harus disampaikan kepada mahasiswa, sehingga akhirnya dosen harus memilih apakah memilih materi yang disampaikan sedikit tetapi mahasiswa memahami semua yang disampaikan, atau memilih menyampaikan semua materi, tetapi konsekuensinya mungkin banyak mahasiswa yang tidak faham. Untuk itu adanya Buku Ajar ini sedikit dapat membantu dosen dan mahasiswa untuk menemukan jalan tengah, artinya tidak semua materi harus disampaikan dikelas, bagian dari materi yang kira-kira bisa difahami oleh mahasiswa hanya dengan membaca sendiri, maka dapat hanya dengan membaca di Buku Ajar ini, dengan demikian semua materi yang sudah direncanakan oleh dosen di 14 kali pertemuan per semester tersebut dapat disampaikan semua dengan tuntas. Sebagai pengayaan tambahan maka di kelas, perlu dibuka “ruang” diskusi bagi mahasiswa yang belum faham setelah membaca Buku Ajar ini. Buku Ajar ini coba penulis tuliskan dengan menggunakan Bahasa “kampung” tujuannya adalah agar apa yang ditulis dalam buku ini mudah difahami oleh siapa saja. Disamping itu berbagai materi yang ditulis dalam Buku Ajar ini adalah kombinasi teori dan praktik, sehingga isi buku ini lebih mengarah kepada pragmatis, khususnya dalam konteks penelitian akademik (Skripsi,Tesis dan Disertasi). Akhir kata, karena keterbatasan pengetahuan dan wawasan serta pengalaman penulis, khususnya dalam bidang ilmu Metodologi Penelitian, maka buku ini tentu masih jauh dari sempurna seperti kata pepatah tiada gading yang tak retak, untuk itu segala kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca sangatlah penulis diharapkan guna penyempurnaan buku ini dimasa yang akan datang. Pontianak, Desember 2019 Penulis

Berangkat dari pengalaman mengajar di kelas pada saat kuliah Metodologi Penelitian khususnya, selalu saja kekurangan waktu untuk menjelaskan materi kuliah yang bersangkutan, sementara disisi lain masih banyak materi yang harus disampaikan ...

Pengantar Metodologi Penelitian

Indonesia telah merdeka lebih dari 70 tahun tetapi kualitas pendidikan, sumber daya manusia, dan penelitian di Indonesia masih harus terus dikembangkan karena masih belum dapat mendukung perkembangan bangsa secara optimal. Hal ini antara lain disebabkan karena kualitas pelaksanaan dan hasil pendidikan dari berbagai jenjang dan jenis pendidikan belum semuanya didasarkan pada kebijakan yang dari hasil penelitian yang memadai. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi, maka setiap upaya peningkatan kualitas harus dilakukan melalui sebuah metode penelitian yang ilmiah. Hal tersebut dilakukan untuk menghasilkan informasi yang akurat dan aktual dengan menggunakan metode penelitian yang tepat. Metode penelitian secara umum terbagi menjadi tiga jenis yaitu metode kuantitatif, metode kualitatif, dan metode penelitian. Buku ini berisikan definisi konseptual ilmu pengetahuan, filsafat ilmu pengetahuan, fungsi dan kedudukan agama, filsafat, dan ilmu, teori kebenaran dan logika, pedoman dalam membuat sebuah kepustakaan, pengertian sebuah penelitian, berbagai jenis desain penelitian, tahapan dalam membuat suatu penelitian, bahkan komponen-komponen sebuah penelitian seperti proposal penelitian, etika penelitian, instrumen penelitian, sampai analisis data baik kuantitatif maupun kualitatif. Buku ini diharapkan dapat membantu para akademisi, mahasiswa tingkat akhir, dan masyarakat umum yang ingin mempelajari tentang metode atau metodologi penelitian.

Indonesia telah merdeka lebih dari 70 tahun tetapi kualitas pendidikan, sumber daya manusia, dan penelitian di Indonesia masih harus terus dikembangkan karena masih belum dapat mendukung perkembangan bangsa secara optimal.

Pengantar Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan

Buku ini merupakan bentuk media pembelajaran metodologi penelitian pada bidang kesehatan yang berisi berbagai topik bahasan sebagai berikut: 1. Langkah umum menyusun karya tulis ilmiah 2. Sistematika bagian awal karya tulis ilmiah 3. Metode penelitian Bahasan materi metodologi penelitian dalam buku ini tersusun berdasarkan alur penyusunan karya tulis ilmiah sebagai bentuk luaran dari proses penelitian yang dilakukan. Penggunaan alur penyusunan karya tulis ilmiah diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran oleh pembaca sekaligus dapat diterapkan secara praktis dalam wujud karya tulis ilmiah.

Buku ini merupakan bentuk media pembelajaran metodologi penelitian pada bidang kesehatan yang berisi berbagai topik bahasan sebagai berikut: 1.

Pengantar Metodologi Penelitian Kedokteran Gigi

Buku ini berusaha menuntun para dokter gigi praktisi maupun dokter gigi pendidik untuk memahami penelitian: penelitian ilmiah dan non-ilmiah, menyusun ruang lingkup penelitian; kaidah-kaidah penelitian, sistematika penelitian: format penelitian ilmiah, serta kiatkiat dalam menyusun pembahasan dan pengambilan kesimpulan. Harapan penulis, setelah membaca buku ini, pembaca mendapat jalan terang untuk menembus “kebuntuan” teknik menulis penelitian yang seringkali menimbulkan benih alergi terhadap penelitian, bahkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi.

Buku ini berusaha menuntun para dokter gigi praktisi maupun dokter gigi pendidik untuk memahami penelitian: penelitian ilmiah dan non-ilmiah, menyusun ruang lingkup penelitian; kaidah-kaidah penelitian, sistematika penelitian: format ...

Pengantar metodologi penelitian untuk ilmu pengetahuan sosial

Teknik Komunikasi Langsung penyelidik mengumpulkan data dengan jalan mengadakan komunikasi langsung dengan subyek penyelidikan baik didalan situasi yang sebenarnya maupun didalam situasi buatan . 4. Teknik Komunikasi Tak Langsung ...

PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN

Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan

Ada banyak atau mungkin terlalu banyak buku tentang metodologi penelitian di Indonesia. Mungkin Indonesia merupakan negara dengan jumlah buku metodologi terbanyak di dunia. Jika demikian keadaannya, mengapa buku ini ditulis? Bukankah hanya menambah jumlah buku dan tidak menjamin bahwa buku ini akan dibaca oleh mahasiswa dan juga tidak menjamin perkembangan penelitian di universitas? Banyaknya buku tersebut tidak otomatis berarti bahwa penelitian akan maju di Indonesia. Buku ini ditulis dengan pendekatan manajemen pengetahuan untuk mahasiswa strata satu sebagai pengantar yang bersifat umum. Tidak banyak buku yang melakukan pendekatan ini. Pengetahuan metode penelitian yang bersifat khusus bidang studi harus diperoleh dari sumber lain. Buku ini juga tidak memuat pengetahuan statistika yang diperlukan untuk proses penelitian. Pengetahuan statistika harus diperoleh dari sumber yang khusus diperuntukkan bagi statistika.

Ada banyak atau mungkin terlalu banyak buku tentang metodologi penelitian di Indonesia.