Sebanyak 830 item atau buku ditemukan

Pengembangan Media Pembelajaran

Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat

Buku ini menguraikan secara ringkas dan memadai tentang pengertian, perkembangan, landasan teoretis, ciri-ciri, fungsi, peran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. kajian ragam, taksonomi dan hierarki, komponen, karakteristik dan model dalam media. Selanjutnya dikaji media pembelajaran yang tengah menjadi tren pada saat ini berupa media komik pembelajaran, modul, media audio pembelajaran, video pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer, multimedia dalam pembelajaran, model pembelajaran berbasis WEB (e-learning) dan WEBLOG Buku persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini menguraikan secara ringkas dan memadai tentang pengertian, perkembangan, landasan teoretis, ciri-ciri, fungsi, peran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. kajian ragam, taksonomi dan hierarki, komponen, karakteristik dan ...

Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan salah satu pelajaran yang terintegrasi serta tidak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional secara keseluruhan. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan tidak hanya mengembangkan aspek kebugaran jasmani dan kecerdasan kinestetik semata, namun juga melibatkan keterampilan sosial, emosional, dan spasial. Karena itu Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan harus direncanakan sedemikian rupa agar tujuan pembelajarannya bisa tercapai dengan efektif. Buku ini berisi petunjuk praktis perancangan dan implementasi Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Buku ini berisi petunjuk praktis perancangan dan implementasi Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Media Pembelajaran Bola Kupinkhiu

Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Saintifik

Berdasarkan pengamatan peneliti, kenyataan di lapangan tidak dapat di pungkiri bahwa pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani termasuk materi tidak digemari peserta didik, apabila guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mengajar dengan metode dan pendekatan yang monoton dan kurang bervariasi, maka peserta didik akan cepat jemu dan enggan beraktivitas secara maksimal. Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) harus lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus lebih dapat melihat karakteristik peserta didik SMP, usia 13-15 tahun yang cenderung menyukai bentuk-bentuk permainan (game). Proses pembelajaran dibuat agar peserta didik tertarik dan menyenangkan, serta bersemangat dalam melakukan proses pembelajaran. Perasaan senang dan gembira akan muncul dalam diri peserta didik bila perta didik diajak bermain. Apabila perasaan senang dan suka telah muncul dalam diri masing-masing peserta didik, maka hal ini akan efektif untuk memacu semangat dalam pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani. Buku ini menjelaskan penggunaan Bola KUPINKHIU sebagai media pembelajaran PJOK. Berdasarkan penelitian dibuktikan bahwa Media Bola KUPINKHIU dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Buku ini menjelaskan penggunaan Bola KUPINKHIU sebagai media pembelajaran PJOK. Berdasarkan penelitian dibuktikan bahwa Media Bola KUPINKHIU dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Panduan Media Pembelajaran

Buku Panduan Pembuatan Media Pembelajaran Jaring-Jaring Kubus dengan Menggunakan Adobe Flash

Pembelajaran jarang menggunakan media manipulatif seperti alat peraga dan media inovatif lainnya. Tentunya pembelajaran seperti ini tidak sesuai dengan tingkat per­kembangan berpikir anak SD yang masih pada taraf operasional konkrit dan lambat laun akan membuat siswa bosan. Selain itu, akan terbentuk dalam pikiran siswa bahwa matematika sulit dipelajari dan sebagai pelajaran yang membosankan. Penting untuk memotivasi anak dengan merangsang dan memelihara ketertarikannya da­lam matematika. Upaya yang dapat dilakukan adalah menurunkan tingkat keabstrakan matematika dengan menghubungkan konsep matematika yang abstrak men­jadi konkrit melalui pengalaman langsung dengan benda-benda nyata. Buku petunjuk ini berisikan tata cara menggunakan Adobe Flash untuk menyusun media pembelajaran mate­matika dengan topik jaring-jaring kubus untuk siswa kelas V. Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk mem­bantu guru dalam menyiapkan media pembelajaran secara mandiri, kreatif dan inovatif.

Pembelajaran jarang menggunakan media manipulatif seperti alat peraga dan media inovatif lainnya.

Best Practice: IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK TEKS WAWANCARA BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS VIII

Dari Konsep, Contoh, dan Lembar Kerja Pedoman Best Practice

Best Practice ini disusun berdasarkan pengalaman terbaik penulis ketika proses pembelajaran teks wawancara. Dalam karya tulis ini, diuraikan tentang cara pemecahan masalah yang menjelaskan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi secara rinci dalam pembelajaran bahasa Jawa. Perlu diketahui juga bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dan digunakan dalam best practice ini telah memenangkan penghargaan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional sebagai Juara 2

Best Practice ini disusun berdasarkan pengalaman terbaik penulis ketika proses pembelajaran teks wawancara.

Bimbingan & Konseling di Tamank Kanak-kanak

Buku ini ingin memberikan bekal bagi para guru, mahasiswa, para orangtua, serta para pemerhati pendidikan, terutama para orangtua, serta para pemerhati pendidikan, terutama pendidikan konseling bagi anak dalam rangka membekali sikap dan perilaku serta mengembangkan kemampuan dan keterampilan anak untuk perkembangan selanjutnya. Karena disadari bahwa pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek, termasuk perilaku anak. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Prasekolah dan anak usia SD awal Need-oriented Mendasarkan bantuan pada kebutuhankebutuhan terhadap orang lain; tidak terlalu bersimpati atau meresa ...

PROFIL PESANTREN MAHASISWA ; Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren

Hadirnya buku ini diharapkan bisa menyuguhkan informasi dan referensi bagi pegiat pendidikan Islam, baik dosen, guru, maupun mahasiwa, baik program sarjana maupun program pascasarjana, pengasuh pesantren, pemangku kebijakan, dan para peneliti untuk mencari format-format ideal tentang kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu, hadirnya buku ini merupakan wujud kepedulian penulisnya tentang dunia pesantren dan perguruan tinggi, di mana kedua institusi ini harus menjadi kawah candradimuka dalam pengembangan keilmuan dan pemantapan kepribadian, sehingga tidak akan ada lulusan perguruan tinggi atau pesantren yang memiliki kepribadian terbelah (split personality). Sebaliknya, mereka menjadi pribadi yang memiliki keseimbangan antara IQ, EQ,d an SQ. Inilah profil lulusan perguruan tinggi yang memiliki predikat sebagai insan cerdas komprehensif, yakni cerdas spiritual, cerdas emosional dan sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetik, serta insan cerdas kompetitif.

Sedangkan kurikulum untuk beberapa minggu, beberapa hari disebut rencana pembelajaran. Program tahunan, program semester ataupun rencana pembelajaran memiliki komponen-komponen yang sama yaitu tujuan, bahan pelajaran, metode dan media ...

Penulisan Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan laporan tertulis yang diterbitkan dengan memaparkan hasil penelitian setelah melalui kaidah atau serangkaian metode keilmuan. Di lingkungan akademis karya ilmiah menjadi salah satu tugas wajib yang harus diselesaikan para mahasiswa di akhir masa studinya, baik dalam bentuk skripsi, tesis, maupun disertasi yang disesuaikan dengan tingkat pendidikannya. Sistematika penulisannya pun harus sistematis, logis, serta berdasarkan data-data yang teruji kebenarannya. Untuk itu, perlu adanya pedoman penulisan karya ilmiah yang dapat memudahkan para peneliti menyusun hasil penelitiannya. Buku Penulisan Karya Ilmiah hadir untuk memudahkan para peneliti dalam menyusun secara tepat bagaimana penulisan karya ilmiah yang benar.Mengawali pembahasan tentang hakikat karya ilmiah, buku ini menguraikan pula seputar kerangka penulisan karya ilmiah, teknik penulisan, bahasa dan tata penulisan, isi dan sistematika penulisan, hingga penjabaran terkait plagiarisme dan tindakan hukumnya.Tidak hanya itu, buku ini juga menguraikan sistematika penyusunan proposal penelitian yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, seperti penelitian kuantitatif, kualitatif, dan sebagainya. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, buku ini tepat dijadikan sebagai panduan bagi para mahasiswa atau peneliti yang akan menyusun karya ilmiah. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku Penulisan Karya Ilmiah hadir untuk memudahkan para peneliti dalam menyusun secara tepat bagaimana penulisan karya ilmiah yang benar.Mengawali pembahasan tentang hakikat karya ilmiah, buku ini menguraikan pula seputar kerangka penulisan ...

Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-dimensinya

Ada banyak kualitas karakter yang harus dikembangkan. seperti kualitas yang bermuatan nilai-nilai luhur universal (lintas agama, budaya, dan suku). Melalui internalisasi pilar-pilar karakter ini, diletakkan sebuah harapan agar para siswa akan menjadi manusia yang cinta damai, tanggung jawab, jujur, dan serangkaian akhlak mulia lainnya. Buku ini memotret ide atau gagasan tentang pendidikan karakter dan tawarannya dalam pembelajaran di sekolah dan di rumah. Sebagai tambahan, buku ini juga membahas dimensi-dimensi pembelajaran pada anak usia dini yang secara psikologis memiliki potensi tumbuh kembang secara pesat (the golden age). Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Ada banyak kualitas karakter yang harus dikembangkan. seperti kualitas yang bermuatan nilai-nilai luhur universal (lintas agama, budaya, dan suku).

Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Dalam buku ini, penulis berusaha menyajikan berbagai teori dan praktik belajar dan pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan dalam mencari terobosan baru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran kepada siswa, sehingga proses pembelajaran tidak hanya didominasi oleh guru, yang pada akhirnya menyebabkan siswa kurang berkembang dalam kemampuan berpikirnya. Dengan mengubah model pembelajaran yang konvensional, kepada model pembelajaran yang dinamis dan lebih bermakna, maka akan terbuka kesempatan kepada siswa untuk membangkitkan cara berpikir kritis dan dengan hasil pembelajaran yang lebih baik. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Dalam buku ini, penulis berusaha menyajikan berbagai teori dan praktik belajar dan pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan dalam mencari terobosan baru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran kepada siswa, ...