Agama adalah suatu kategori sosial, bahwa agama mempunyai dimensi empiris, sebab fenomena yang mempunyai dua ciri tersebut diatas (fenomena Agama) mengandung aspek sosiologis agama itu ditampilkan dalam sorotan metodologis agama itu ditampilkan dalam sorotan metodologis. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Agama, Drs. H. Muslimin, SKM., M.M.Kes.]
Buku Pendidikan Agama Islam ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Agama, Drs. H. Muslimin, SKM., M.M.Kes.]
Buku ini merupakan hasil pengembangan dari hasil penelitian penulis saat menempuh pendidikan tinggi. Dalam penelitian tersebut penulis menggunakan metode penelitian kebijakan (policy research). Penelitian kebijakan terdiri dari, yaitu: penelitian untuk kebijakan, dan penelitian tentang kebijakan. Penelitian tersebut menggunakan penelitian tentang kebijakan (research of policy) yang memfokuskan pada penelitian rumusan kebijakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis isi (content analysis). Teknik analisis isinya adalah dengan membandingkan isi/rumusan PP RI No. 55 Tahun 2007 mengenai pendidikan keagamaan Islam dengan teori kebijakan publik. Buku ini dibagi menjadi beberapa pokok bahasan. Bab I merupakan bagian pendahuluan yang berisi tentang problematika kebijakan pendidikan Islam di Indonesia. Bab II membahas tentang perkembangan kebijakan pendidikan keagamaan Islam di Indonesia sejak masa kolonial hingga masa reformasi. Bab III membahas tentang teori kebijakan publik. Bab IV membahas tentang pendidikan keagamaan Islam dalam PP RI No. 55 Tahun 2007. Bab V membahas tentang PP RI No. 55 Tahun 2007 dalam perspektif kebijakan publik.
Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat ...
Sebagai buku ajar, buku Sejarah Pendidikan Islam ini memberikan suatu pemahaman mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pembaruan pendidikan Islam di Indonesia, serta lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk menyelidiki dan mengetahui sejauh mana kemajuan yang telah dicapai, serta menggali dan meninjau kembali faktor-faktor pendorong atau penghambat kemajuan pendidikan Islam di masa lampau untuk kemudian diterapkan di masa sekarang. Melalui buku ini, pembaca juga akan mengetahui bahwa pendidikan Islam memiliki peran besar terhadap sejarah bangsa dan tanah air.
Sebagai buku ajar, buku Sejarah Pendidikan Islam ini memberikan suatu pemahaman mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pembaruan pendidikan Islam di Indonesia, serta lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia.
Kehadiran buku ini mengisi ruang kosong di antara sekian banyak buku pendidikan Islam lainnya. Buku ini menggambarkan beberapa tema yang dianggap penting dalam konten pendidikan Islam. Pemaknaan pendidikan dalam buku ini, walaupun kurang mendalam namun penulis mencoba memaparkannya dengan memerhatikan aspek substantif pendidikan Islam. Pembahasan pada buku ini lebih mengarah pada beberapa komponen pendidikan, seperti konsep pendidikan, tujuan, pendidik (guru), kurikulum, metode, dan alat. Tetapi karena ada beberapa hal yang dipandang penting untuk dipaparkan, penulis mengulas pula konsepsi manusia dan sedikit gambaran mengenai potret pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam “indigenous” di Indonesia, sistem pendidikan Islam dalam perkembangan modern dan sosial budaya, serta ulasan mengenai Pendidikan Agama Islam di sekolah.
Buku ini mebahas metodologi studi Islam. Buku ini mengungkap alasan pentingnya penelitian agama bernafaskan islam. Permulaan sejak awal tahun 1970 apabila berbicara tentang penelitian agama dianggap sebagai pantangan. Pasti akan berpikir, mengapa agama yang sudah begitu stabil haruslah diteliti, agama merupakan wahyu Allah. Melalui buku ini, diharapkan pembaca dapat memahami metode yang tepat dalam studi agama islam.
Perkembangan alat komunikasi semakin lama mengikis esensi komunikasi antar pribadi. Salah satunya perkembangan media social atau sosmed menjadikan sebuah pertemuan tatap muka (face to face ) bukanlah hal yang penting untuk dilakukan.Karena hal inilah perlu adanya pemahaman kepada mahasiswa mengenai pentingnya komunikasi dan membangun hubungan secara langsung. Komunikasi memang merupakan suatu hal yang sangat fundamental bagi kehidupan manusia. Dengan komunikasi kita membentuk saling pengertian, menumbuhkan persahabatan, memelihara kasih sayang, mengembangkan karir. Sebaliknya, dengan komunikasi kita juga dapat memupuk perpecahan, menanamkan kebencian, dan menghambat kemajuan.
Sebaliknya, dengan komunikasi kita juga dapat memupuk perpecahan, menanamkan kebencian, dan menghambat kemajuan. Buku Komunikasi Antarpribadi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya
Komunikasi Internal merupakan bentuk komunikasi yang amat vital bagi individu yang ‘hidup’ dalam kelompok seberapa pun ukurannya baik kelompok keluarga, kelompok komunitas maupun kelompok organisasi. Karena dengan komunikasi internal yang baik melalui alur dan arus yang benar, pemilihan kata-kata santun dan empati akan menghasilkan pemahaman, menghindarkan konflik dan mengeratkan hubungan. Adapun praktik komunikasi internal banyak menggunakan teori Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Persuasi, Komunikasi Budaya, Komunikasi Organisasi yang dalam keilmuannya ada dalam ilmu psikologi, ilmu social dan ilmu komunikasi. Buku Komunikasi Internal Organisasi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Buku ini ditulis untuk menjadi bahan bacaan dalam mengelola produktivitas ilmiah. Selama ini, pengelolaan publikasi ilmiah diantaranya bermasalah karena kurangnya pemanfaatan alat yang bisa mendukung untuk menuliskan laporan penelitian dan publikasi ilmiah. Sehingga buku “how to” yang ada di tangan pembaca saat ini merupakan bagian untuk mengurangi keterbatasan tersebut. Memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk digunakan sehingga membantu penyelesaian penulisan karya ilmiah. Apalagi, fasilitas yang tersedia hampir seluruhnya dengan layanan premium yang tidak berbayar. Betapa produktifitas ilmiah kita sebagai bangsa tidaklah signifikan dengan jumlah demografi kependudukan kita. Potensi besar yang mencapai 200 juta-an ternyata belum dapat dikelola menjadi angka yang menyumbang pada kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satu hambatan selama ini karena research output dikelola secara manual. Harapan kami, dengan buku ini justru akan menjawab permasalahan yang ada selama ini. Dengan demikian, ilmuwan Indonesia dapat memacu diri untuk turut mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui karya ilmiah di jurnal-jurnal yang bereputasi. Sebuah artikel secara khusus kami tulisankan di bagian awal untuk menjadi referensi sehingga memungkinkan penggunaan instrument yang dikemukakan di bagian berikutnya dapat dimaksimalkan.
Selama ini, pengelolaan publikasi ilmiah diantaranya bermasalah karena kurangnya pemanfaatan alat yang bisa mendukung untuk menuliskan laporan penelitian dan publikasi ilmiah.
Buku ini bertujuan untuk memberikan tambahan maklumat kepada mahasiswa magister tentang pelaksanaan penulisan usulan penelitian (proposal) dan hasil penelitian (tesis), sehingga dapat lebih terarah dan mendekati kesempurnaan. Buku ini dimaksudkan sebagai pendamping dari pedoman yang disiapkan masing-masing kampus. Sehingga dengan adanya literatur yang komprehensif sehingga dapat membantu proses penulisan mahasiswa untuk menyukseskan program penulisan tesis yang menjadi bagian dari pelaksaan program magister. Tesis merupakan salah satu karya tulis dari hasil penelitian mahasiswa yang perlu dituangkan secara tepat sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Adanya buku ini diharapkan mahasiswa sejak awal sudah dapat mempersiapkan usulan penelitian serta menulis hasil penelitian sedini mungkin. Disamping itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menghasilkan beberapa publikasi atau artikel yang merupakan bagian dari hasil penelitian tesis tersebut sebagai sumbangan mereka pada masyarakat ilmiah.
Ketua Tim Penguji wajib mengisi berita acara pelaksanaan ujian yang telah disediakan pengelola program. 7. Pengumuman hasil ujian dilakukan pada akhir ujian (saat Ujian berlangsung) diberikan oleh Ketua Tim Penguji didampingi oleh ...
Penerbitan ini menjadi dimulai sebagai program yang dicanangkan oleh Pusat Penjaminan Mutu, untuk mendorong peningkatan standar mutu penulisan skripsi mahasiswa. Pada tahap awal, dimaksudkan untuk keseragaman penulisan, tetapi pada tahap berikutnya setelah penggunaan selama setahun pedoman ini, mahasiswa dituntut untuk meningkatkan mutu karya skripsi. Mutu yang diinginkan dalam bentuk kaedah-kaedah penulisan yang menjadi standar akademik. Dengan standar tersebut, maka karya mahasiswa dapat sejajar dengan perguruan tinggi alam skala nasional dan juga dalam wilayah pendidikan tinggi internasional. Karya ilmiah dalam konteks perguruan tinggi bukan lagi kewajiban tetapi merupakan kebutuhan. Ini bermakna bahwa tanpa aktivitas ilmiah yang salah satu dalam bentuk penelitian, maka perguruan tinggi semata-mata hanya akan menjadi menara gading di tengah masyarakat. Padahal, semestinya lembaga pendidikan tinggi, harus menjadi pionir dalam pengembangan kapasitas masyarakat melalui penelitian yang dapat memberikan sumbangsih pemikiran kepada para praktisi. Buku Strategi dan teknik penulisan skripsi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
penulisan catatan kaki, penulisan daftar kepustakaan, dan transliterasi yang
digunakan. 5. Etika yang berlaku bagi penulis ilmiah yang baik tetap dijunjung
tinggi, antara lain: • Jujur, yakni skripsi yang dinyatakan sebagai karya tulisnya ...