Sebanyak 1507 item atau buku ditemukan

Konsep Dasar Matematika

Penalaran Matematika, Pengantar Logika, Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear, Relasi Dan Fungsi, Pertidaksamaan Kuadrat, Pola Bilangan Dan Barisan Bilangan, Deret Bilangan, Geometri, Geometri Transformasi, Permutasi Dan Kombinasi,Peluang, Pengolahan Data Dan Pemecahan Masalah

DAFTAR PUSTAKA Dhoruri, A. (2009) Barisan Aritmetika dan deret aritmetika. Dwiningrum, S. (2018) Handout Materi Pola Bilangan. Istiqomah (2020) Matematika Umum Kelas XI. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Konsep Dasar Keperawatan Anak

Keperawatan anak merupakan keyakinan atau pandangan yang dimiliki perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan pada anak yang berfokus pada keluarga (family centered care), pencegahan terhadap trauma (atraumatic care), dan manajemen kasus. Keluarga merupakan unsur penting dalam perawatan anak mengingat anak bagian dari keluarga. Kehidupan anak dapat ditentukan oleh lingkungan keluarga, untuk itu keperawtan anak harus mengenal keluarga sebagai tempat tinggal atau sebagai konstanta tetap dalam kehidupan anak. Sebagai perawat, dalam memberikan pelayanan keperawatan anak, harus mampu memfasilitasi keluarga dalam berbagai bentuk pelayanan kesehatan baik berupa pemberian tindakan keperawatan langsung maupun pemberian pendidikan kesehatan pada anak. Selain itu, keperawatan anak perlu memperhatikan kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi keluarga karena tingkat sosial, budaya dan ekonomi dari keluarga dapat menentukan pola kehidupan anak selanjutnya faktor-faktor tersebut sangat menentukan perkembangan anak dalam kehidupan di masyarakat.

C. Promosi Kesehatan untuk Meningkatkan Kesehatan Anak Sekolah TK/ PAUD Usia 60-72 bulan dan Anak Sekolah Dasar Usia 6-12 Tahun Pendidikan kesehatan melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) harus diterapkan di Sekolah sesuai ...

Konsep Dasar Ilmu Pendidikan

Penulisan buku Konsep Dasar Ilmu Pendidikan bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku Konsep Dasar Ilmu Pendidikan ini terdiri dari 9 bab yaitu: Bab 1 Konsep dan Teori Dasar Pendidikan Bab 2 Konsep Hubungan antara Manusia dan Pendidikan Bab 3 Jenis Lingkungan Pendidikan Bab 4 Konsep Pendidikan Seumur Hidup (Lifelong Education) Bab 5 Konsep Sistem Pendidikan Nasional Bab 6 Konsep Inovasi Pendidikan Bab 7 Dasar dan Tujuan Pendidikan Bab 8 Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem Bab 9 Demokrasi Pendidikan

Zahroh, S. and Na'imah, N. (2020) 'Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School', Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), pp.

STRATEGI PENGEMBANGAN TALENTA INOVASI DAN KECERDASAN ANAK

Buku ini dipaparan berbagai strategi mengembangkan talenta inovasi dan kecerdasan anak. Strategi yang dimaksud adalah pertama, pembudayaan talenta disiplin. Pembudayaan talenta disiplin: (1) melalui pembelajaran tematik, (2) melalui penerapan VCT (Value Clarification Technique), (3) melalui keteladanan guru. Kedua, pengembangan talenta tanggung jawab. Pengembangan kecerdasan dapat dilakukan dengan berapa strtegi untuk beberapa jenis kecerdasan. Kecerdasan yang dikembangkan dan dipaparkan dalam buku ini adalah kecerdasan spiritual, sosial, dan kecedasan kognitif. Strategi pengembangan kecerdasan spirtual yang dilakukan adalah pelaksanaan pembelajaran agama, strategi keteladanan dan strategi pembiasaan guru. Strategi pengembangan kecerdasan sosial dilakukan dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Strategi pengembangan kecerdasan kognitif ditempuh dengan menerapkan aplikasi kahoot dalam pembelajaran.

Menurut Wulandari (2014:3) kompetensi sosial mengacu pada keterampilan sosial, emosional, kognitif serta kemampuan beradaptasi dengan situasi di sekitarnya. Teori tersebut sesuai dengan hasil temuan pada aspek ini, misalnya pada materi ...

Pengantar Ilmu Tasawuf

Agama Islam merupakan sebuah sistem universal yang sempurna, meliputi seluruh persoalan hidup manusia. Di dalamnya terdapat aqidah (keyakinan), ibadah, dan syari'ah. Ketiganya merupakan tonggak penguat Islam. Ia adalah jawaban universal yang sempurna bagi perkara duniawi yang meliputi segala masa dan tempat. Para Sufi, kaum yang mendalami agama lebih dari sekedar pada tataran syari'at, kaum yang menyelami setiap hakikat Islam, mengatakan bahwa sesungguhnya manusia sangat berpotensi untuk mencapai kebahagiaan sejati, kebahagiaan yang sesungguhnya dengan beragama, kebahagiaan secara utuh, kebahagiaan yang lebih paripurna dan bersifat abadi yaitu kebahagiaan spiritual. Tasawuf selain berfungsi sebagai obat penyembuh krisis moral-spiritual manusia modern, tetapi ia juga berfungsi memanusiakan manusia. Artinya nilai-nilai tasawuf selalu mengajak pada manusia untuk membangun dirinya sesuai dengan fitrahnya. Buku ini mengajak kita kepada pengetahuan bagaiamana tasawuf mengupas tatacara menyucikan hati, mendekatkan diri kepada Allah dengan sedekat-sedekatnya, dan merasakan kehadiran Allah dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan integritas moral yang tinggi pada pribadi seorang muslim yang sesuai dengan fitrhanya sebagai manusia, demi mencapai kebahagiaan yang hakiki kebahagiaan spiritual. Buku pengantar ini sangat penting untuk dibaca oleh mahasiswa perguruan tinggi Islam, baik UIN, IAIN, maupun PTIS sebagai salah satu bahan referensi pada mata kuliah Ilmu Tasawuf.

Buku pengantar ini sangat penting untuk dibaca oleh mahasiswa perguruan tinggi Islam, baik UIN, IAIN, maupun PTIS sebagai salah satu bahan referensi pada mata kuliah Ilmu Tasawuf.

Metodologi Studi Islam

dalam buku ini akan dibahas: ikhwal studi Islam; beberapa pendekatan dan metode studi Islam; pengantar tentang berberapa aspek Islam; metodologi studi al-Qur’an, al-Hadis, hukum Islam, pembaharuan pemikiran Islam; etika dalam Islam; sejarah dan peradaban Islam; serta metodologi penelitian ilmiah untuk studi Islam. Untuk memenuhi sillabi serta kekurangan bahan studi, sementara kesempatan penulis amat terbatas, maka dalam terbitan pertama buku ini kami tambahkan empat bab dari hasil terjemahan dan saduran penulis dari beberapa buku berbahasa arab yang relevan dengan tema. Yaitu, bab VI dan VII masing- masing diterjemahkan disadur dari buku Syuruth al-Ijtihad, dan buku Manahij al-Fuqaha’; keduanya karya Dr. Abdul Aziz al-Khayyath. Termasuk juga bab XI dan XII yang disadur dari buku Adlwa’ ‘Ala al-Bahts wa al-Mashadir karya Dr. Abdurrahman ‘Umairah. Adapun sembilan bab yang lain: bab I, II, III, IV, V, VIII, IX, X dan XI merupakan karya penulis yang cukup lama dipersiapkan. Mudah-mudahan dalam cetakan kedua nanti penulis dapat menggantikan hasil saduran tersebut dengan karya baru yang saat ini telah mulai kami persiapkan.

bab pertama ini akan dibahas ikhwal metodologi studi Islam pengertian metodologi studi Islam; objek dan ruang lingkup ... A. Pengertian Metodologi Studi Islam Term (istilah) studi Islam (Islamic studies: bahasa Inggris; atau diraasat ...

PERILAKU ORGANISASI

Prilaku Organisasi adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa manajemen, karena dapat memberikan pengetahuan dasar tentang prilaku individu dan organisasi. Oleh karena itu mata kuliah ini sangat penting dikuasai oleh mahasiswa manajemen, karena dapat membantu mahasiswa nantinya dalam pengelolaan sumber daya utamanya sumber daya manusia. Buku ajar ini disusun bagi mahasiswa program studi Manajemen dengan tujuan untuk memudahkan pemahaman dalam perkuliahan, walaupun tidak menutup kemungkinan dipergunakan juga oleh para alumni atau pihak lain yang berkepentingan dengan masalah prilaku dalam organisasi. Buku ajar ini berisi pengertian dan ruang lingkup masalah dalam prilaku organisasi.

Prilaku Organisasi adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa manajemen, karena dapat memberikan pengetahuan dasar tentang prilaku individu dan organisasi.

Pengantar Perilaku Organisasi

Sebuah studi singkat tentang dasar-dasar organisasi, perilaku organisasi, manajemen dan kepemimpinan dikembangkan dalam subbagian analisis. Beragam tinjauan berdasarkan pendekatan atau model teoretis berlimpah: karya klasik, hubungan manusia, dan sumber daya manusia yang berkembang pesat saat ini. Aspek-aspek yang dibahas dalam setiap pembahasan dapat menjadi referensi komprehensif untuk studi perilaku organisasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam pengaturan organisasi. Selain menjadi referensi diskusi akademis tentang penelitian manajemen di organisasi bisnis dan nirlaba, pembahasan setiap klaim juga dapat digunakan untuk kepentingan umum, praktisi dan organisasi yang lebih banyak terlibat dalam kegiatan manajemen, terutama untuk mengenali aspek dinamis dari manajemen dan kepemimpinan.

Sebuah studi singkat tentang dasar-dasar organisasi, perilaku organisasi, manajemen dan kepemimpinan dikembangkan dalam subbagian analisis.

Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan

Buku Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan ini penting dipelajari karena menjelaskan tentang pentingnya organisasi pendidikan dan berbagai teori tentang kepemimpinan, komunikasi, komitmen yang dibutuhkan dalam mengelola institusi pendidikan agar dapat mewujudkan dan mengelola kelangsungan dan mencapai tujuan pendidikan. Buku ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan bagi kepala sekolah, pengawas pendidikan, guru, dosen, birokrasi pendidikan, dan pemerhati dalam bidang pendidikan dan manajemen. Adapun struktur penyajian buku ini terdiri atas empat belas bab yang menjelaskan secara komprehensif tentang: Organisasi Pendidikan. Pemimpin dan Kepemimpinan Organisasi Pendidikan. Teori dan Gaya kepemimpinan. Kepemimpinan dan Manajemen. Paradigma Baru Pembelajaran. Sekolah sebagai Sistem Terbuka. Budaya Organisasi. Komunikasi dalam Organisasi. Konflik dan Stress dalam Organisasi. Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Pengembangan Komitmen Organisasional. Pengembangan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru. Kepuasan Kerja Guru. Keadilan dan Kepercayaan Organisasional..

Buku Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan ini penting dipelajari karena menjelaskan tentang pentingnya organisasi pendidikan dan berbagai teori tentang kepemimpinan, komunikasi, komitmen yang dibutuhkan dalam mengelola institusi ...