Sebanyak 21474 item atau buku ditemukan

BERPIKIR GENIT DI MEDSOS DIMENSI AGAMA-ULAMA, POLITIK, SAINS-TEKNOLOGI, EKONOMI-BISNIS DAN MOTIVASI KEHIDUPAN

Buku ini adalah sebuah karya penulis yang dikumpulkan dari media sosial Facebook. Sesuai pengakuan dari penulis bahwa antologi tulisan yang berjumlah 490 judul ini ditulis selama satu tahun dari Mei 2021 sampai Akhir Mei 2022. Tulisan ini pun adalah kelanjutan dari Buku kesatu yang memiliki genre yang sama dengan Judul: Jejak Pemikiran Di Media Sosial yang diterbitkan oleh Pustaka Turats pada bulan Maret 2021. Isi tulisan merupakan pemikiran-pemikiran genit penulis terkait banyak hal yaitu tentang ajaran agama, terutama agama Islam, Kristen dan Yahudi, tentang wali, ulama dan pesantren, tentang politik, tengtang sains dan teknologi terutama perkembangan ilmu pengetahuan saat tulisan ini ditulis, tentang ekonomi dan bisnis terutama tentang ekonomi keumatan berbasis zakat dan wakaf serta tentang motivasi hidup yang memiliki variasi topik yang kaya. Genre tulisan ini bersifat populer dan lepas. Pengalaman empiris penulis adalah basis pengetahuan yang menjadi pijakan topik di dalamnya. Penggunaan kata “saya” yang banyak digunakan dalam banyak tempat menjadi validasi bahwa tulisan Ini sangat objektif dan memiliki sudut pandang yang kembali kepada penulisnya. Buku ini dihidangkan sangat renyah terutama bagi mereka yang ingin memiliki kajian empiris dan disajikan dalam kalimat yang populer. Bahan kajian sejatinya berat dan sangat empiris namun karena tujuan buku ini adalah untuk pembca yang memiliki latar belakang yang berbeda, maka sajian tulisannya cocok untuk semua kalangan. Karena tulisan ini adalah sebuah ekspresi kehidupan yang luas yang dikombinasikan dengan keilmuan dan pengalaman penulis yang luas, maka banyak temuan di lapangan bisa ditarik menjadi sebuah grounded theory. Karena pula ditulis harian dan dengan ruang yang terbatas, satu kajian bisa ditulis dengan beberapa kali sesuai dengan ruang dan kesempatan penulis lakukan. Tentu ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mengasah sensitifitas keilmuan khususnya mencari tema-tema penelitian. Satu issu yang ditemukan oleh penulis bisa menjadi berbagai sudut pandang sehingga bisa melatih pembaca dalam mengenal isu-isu untuk tujuan pengetahuan dan penelitian. Dalam dimensi waktu, buku ini akan menjadi semacam kliping peristiwa dengan analisis yang tajam untuk setiap peristiwa yang melingkarinya. Ini akan sangat bermanfaat bagi para sejarawan masa depan untuk melihat fenomena yang berkembang baik dari dunia digital maupun dunia nyata antara rentang waktu Mei 2021 sampai Mei 2022. Sebuah potret peristiwa yang penting guna melihat peristiwa yang bukan hanya dilihat secara grafik tapi analisis naratif yang dalam.

Saya orang yang tahu percis tentang dunia perbankan, utamanya konspirasi global Rockepeller dan Rotcshild melalui the builderberg gank. The Fed yang berupaya mengontrol Dollar dengan infrastruktur CIA menjadi pikiran dalam yang sering ...

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Kemampuan berpikir kreatif selalu menjadi tujuan pendidikan dari masa ke masa. Kreativitas seseorang itulah yang mengubah peradaban. Restorasi, revolusi, atau inovasi memerlukan kemampuan berpikir kreatif di luar kebiasaan. Seseorang perlu terbuka, berpikir independen, fleksibel dan imajinatif untuk mewujudkan perubahan yang orisinal dan “baru” tetapi tetap bermanfaat di bidangnya. Dalam belajar matematika, seorang siswa perlu dibekali tidak hanya pemahaman dan keterampilan matematika tetapi juga kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika. Kebiasaan itu diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini perkembangan teknologi seakan mengejar semua sistem kehidupan manusia, termasuk pendidikan matematika. Integrasi dalam kehidupan maupun pembelajaran tidak dapat dielakkan lagi. Sementara, guru belajar satu teknologi maka teknologi lain bermunculan yang lebih canggih, efektif, dan efisien. Adaptasi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran diperlukan terus menerus dan berkesinambungan. Peserta didik rata-rata dilahirkan dalam lingkungan teknologi yang canggih, sehingga adaptasi dan keterampilannya dalam berteknologi lebih baik. Agar pembelajaran tetap menarik dan memotivasi peserta didik, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kreatifnya, maka integrasi teknologi itu semakin diperlukan. Untuk itu perlu dikembangkan model intrgrasinya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Kompetensi professional guru seharusnya meliputi penguasaan materi (subject matter knowledge) dan kemampuan mendesain ... studi yang lebih baru telah mengalihkan fokus ke pengembangan pengetahuan guru mereka (Clark-Wilson, Robutti, ...

Teknologi Pengolahan Buah Tropis Indonesia

Buku ini sengaja disajikan cukup ringan tetapi tetap ilmiah dengan isi yang agak luas. Secara garis besar, isinya dapat dipilah menjadi tiga bagian. Pertama, paparannya dimulai dari uraian ringkas mengenai makna buah-buahan bagi kesehatan, potensi, prospek dan tantangan dalam pengembangan agribisnis buah-buah tropis di Indonesia. Karakteristik buah-buahan secara umum dan faktor-faktor penyebab kerusakan, baik dari aspek sifat bawaan maupun dari pengaruh faktor lingkungan biotik maupun abiotik diuraikan secara singkat. Potensi kerusakan akibat penanganan pascapanen hingga penyimpanan, pengemasan dan pengangkutan buah segar juga dikemukakan. Bagian kedua buku ini mengemukakan secara umum mengenai berbagai tipikal produk olahan buah-buahan Indonesia yang berbentuk makanan padat maupun minuman berbagai jenis. Produk olahan padat meliputi buah kering, pengalengan, produk jam dan jelly, manisan buah dan buah hasil restrukturisasi dan keripik buah. Olahan berbentuk minuman antara lain berupa minuman probiotik (terfermentasi) berbasis buah dan minuman buah berbagai jenis. Buah-buahan tertentu dipilih untuk ditampilkan sebagai bagian ketiga yang sekaligus sebagai bagian terakhir buku. Bagian ketiga antara lain memuat mengenai deskripsi, komposisi pohon industri dan produk olahan masing-masing buah seperti: belimbing, belimbing wuluh, manga, nanas, nangka, pisang, sirsak, sukun, apel dan delima. Sebagian di antaranya juga memuat manfaat dan tingkat produksinya. Peluang riset di masa mendatang terkait dengan pengolahan buah-buahan tropis juga dikemukakan. Buku ini dapat digunakan sebagai rujukan bagi siapa saja yang tertarik dengan buan-buahan tropis Indonesia, baik dari kalangan perguruan tinggi, peneliti, industri, maupun masyarakat umum pemerhati masalah buah-buahan tropis Indonesia.

Buku ini sengaja disajikan cukup ringan tetapi tetap ilmiah dengan isi yang agak luas.

Di sekitar iman, teknologi, pendidikan, dan pelayanan gerejawi

On theology and Christian living in community development in Indonesia; festschrift in honor of Jonathan Parapak, former director of Indosat, a state-owned corporation.

Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang pesat merupakan tantangan bagi organisasi, baik organisasi sektor publik maupun sektor bisnis. Perkembangan teknologi berdampak pula pada pekerjaan bidang administrasi perkantoran. Agar organisasi dapat bersaing, bertahan, serta berkelanjutan, maka organisasi harus menyusun strategi agar dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi tersebut. Pemanfaatan teknologi yang terus mengalami evolusi akan memberikan hasil yang Iebih berdaya guna serta berhasil guna bagi organisasi nantinya. Perkembangan teknologi, menuntut pekerja di bidang administrasi menguasai sejumlah kompetensi. Kompetensi yang harus dikuasai oleh pengelola dan pelaku bidang administrasi perkantoran professional mencakup: pengoperasian komputer, internet, komunikasi, kemandirian, pengetolaan database, perencanaan sumber daya organisasi, pengelolaan media sosial, dan berfokus pada pencapaian tujuan organisasi. Pengelola pekerjaan kantor dituntut memiliki kemampuan berorganisasi dan berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik dan memahami teknologi digital. Oleh karena itu, buku ini disusun sebagai sarana pengayaan pengetahuan serta keterampilan di bidang administrasi perkantoran dengan berbasis teknologi informasi yang terdiri dari 14 bab yaitu Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi informasi, Organisasi Perkantoran Modern, Perencanaan Pekerjaan Perkantoran, Proses Bisnis Administrasi Perkantoran, Korespondensi Bisnis, Laporan Bisnis, Pengelolaan Arsip Elektronik, Pengelolaan Data dan Informasi, Sistem informasi Perkantoran, Sarana dan Prasarana Kantor, Lingkungan Kantor, Otomatisasi Perkantoran dan Virtual Office, Pengawasan dan Pengarahan Perkantoran, serta Efisiensi Kerja Perkantoran. Buku ini hadir sebagai bahan referensi bagi mahasiswa/wi jurusan sekretaris, mahasiswa/wi jurusan administrasi perkantoran/administrasi niaga, siswa/wi SMK administrasi perkantoran, pimpinan kantor, instansi, perguruan tinggi, atau badan korporasi lain, manajer perusahaan bisnis, pustakawan, dan arsiparis tentang Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi maupun siapapun pekerja yang memanfaatkan administrasi perkantoran sebagai pedoman dalam pengelolaan administrasi perkantoran sebuah perusahaan bisnis, instansi, kantor, perguruan tinggi, atau badan korporasi lain; serta berbagai sumber informasi untuk penguasaan keterampilan dalam administrasi perkantoran.

Buku ini hadir sebagai bahan referensi bagi mahasiswa/wi jurusan sekretaris, mahasiswa/wi jurusan administrasi perkantoran/administrasi niaga, siswa/wi SMK administrasi perkantoran, pimpinan kantor, instansi, perguruan tinggi, atau badan ...

Teknologi Fermentasi Pangan

Buku ini menjelaskan prinsip-prinsip teknologi fermentasi, khususnya fermetnasi pangan. Prinsip teknologi fermentasi mencakup perkembangan fermentasi, berbagai metode fermentasi, dan jenis-jenis pangan fermantasi berdasarakan bahan bakunya. Buku ini dapat digunakan sebagai referensi atau rujukan bagi mahasiswa, akademisi, peneliti, serta masyarakat yang tertarik pada teknologi fermentasi pangan. Selamat membaca dan menyelami dunia fermentasi pangan.

Buku ini menjelaskan prinsip-prinsip teknologi fermentasi, khususnya fermetnasi pangan. Prinsip teknologi fermentasi mencakup perkembangan fermentasi, berbagai metode fermentasi, dan jenis-jenis pangan fermantasi berdasarakan bahan bakunya.

Ekstraksi Lemon (Citrus Limon) Menggunakan Teknologi Ultrasound Assisted Extraction untuk Peningkatan Imunitas Ibu Nifas

Pentingnya dalam menjaga imunitas tubuh, terutama pada ibu nifas. Ibu nifas secara fisiologis mengalami inflamasi, inflamasi yang terjadi pada ibu berdampak secara langsung pada kehidupan bayinya. Antibodi ibu juga dapat memengaruhi kemampuan neonatus untuk meningkatkan respons imun yang disebut sebagai interferensi antibodi ibu. Imunitas pada ibu nifas dinilai penting karena berhubungan dengan kualitas hidup sang ibu. Komponen utama pertahanan pertama bayi terhadap berbagai patogen yang dapat mereka temui adalah antibodi ibu yang ditransfer secara pasif melalui ASI. ASI memperluas pengaruh kekebalan ibu ke periode pascanatal. Imunologi yang paling banyak di dalam komponen dalam ASI adalah antibodi. Sehingga penting dalam meningkatkan imunitas ibu nifas demi kesejahteraan ibu dan bayi pada periode menyusui. Flavonoid diketahui dapat meningkatkan aktivitas proliferasi limfosit secara in vitro, sehingga berpotensi sebagai agen imunomodulator. Buah lemon diketahui memiliki kandungan flavonoid yang dapat menghasilkan anti-virus, imunomodulator, dan antioksidan. Konsumsi air lemon yang memiliki efek meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Flavonoid juga diketahui memiliki antioksidan karena kemampuan senyawa fenolik untuk membentuk ion fenoksida dengan mendonorkan H+ion dan kemudian mengikat radikal bebas. Teknik ekstraksi kandungan lemon yang ada masih bersifat tradisional, sehingga dapat menghilangkan beberapa zat penting dalam tanaman. Untuk itu, perlu sebuah metode optimasi ekstraksi lemon yang komprehensif agar kandungan nutrisi tidak banyak hilang. Teknologi machine learning terbukti telah banyak digunakan untuk proses optimasi salah satunya Ultrasound Assisted Extraction (UAE). Pemanfaatan Ultrasound Assisted Extraction (UAE) sebagai teknologi ekstraksi memiliki kelebihan dalam mempercepat waktu produksi, menghemat energi, meningkatkan kualitas bahan, dan mempercepat proses kimia. Buku ini hadir untuk memberi pengetahuan mengenai khasiat lemon untuk meningkatkan imunitas. Penulis membahas mulai konsep dasar masa nifas, pengertian imunitas, buah lemon, teknik ekstraksi lemon menggunakan teknologi Ultrasound Assisted Extraction. Buku ini sangat cocok untuk para dosen, mahasiswa, dan praktisi yang tertarik menggunakan teknologi kesehatan.

Pentingnya dalam menjaga imunitas tubuh, terutama pada ibu nifas.

PERPUSTAKAAN BERKEMBANG Perkembangan Dalam Informasi Budaya dan Teknologi Perpustakaan, Kepustakawan dan Perannya - Jejak Pustaka

Buku Perpustakaan Berkembang diterbitkan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi para pembaca untuk mengetahui dunia perpustakaan. Tujuannya untuk mengetahui pustakawan sebagai penyedia informasi, pengembangan keterampiilan pustakawan, perpustakaan dalam perannya melestarikan nilai budaya bangsa, perkembangan perpustakaan dan dampaknya bagi sosial budaya, dan peran perpustakaan dalam menciptakan budaya literasi.

Sebagai contoh dalam dunia bisnis perbankan saat ini, keunggulan maupun keberhasilan sebuah bank terutama perbankan swasta banyak sekali didukung oleh teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi dalam setiap aktivitas lembaga ...

APMOL: MEDIA TEKNOLOGI GEOMETRI MOLEKUL BERBASIS AUGMENTED REALITY DAN JMOL

Perkembangan sains dan teknologi pada masa perkembangan pendidikan 2005-2010 berdasarkan UNESCO Science Report 2010, menyatakan kunci kesuksesan suatu bangsa tergantung kepada sumber daya manusia dalam menguasai saintek (Sari, 2012). Penguasaan pendidikan sains menciptakan peserta didik yang berpikir kritis, kreatif, logis, dan berinisiatif, dan merupakan sebagai wadah untuk lebih mengenal diri sendiit dana lam dalam mengatasi segala isu yang ada dimasyarakat. (Permanasari, 2016) Hasil studi PISA (Program of International Student Assessment) pada tahun 2018, menunjukkan bahwa pendidikan sains baru menduduki peringkat 70 dari 78 negara. Indonesia membutuhkan perbaikan dalam berbagai aspek, salah satunya dengan penerapan metode visual thinking dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, salah satunya dalam ilmu kimia. Siswa STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) menganggap ilmu kimia menjadi pelajaran yang paling sulit dipahami (Johnstone 2000: 9). Kesulitan dalam mempelajari ilmu kimia terkait pada ciri ilmu kimia itu sendiri, karena memiliki gambaran abstrak, sifat yang beruntun, dan perkembangan yang sangat pesat, serta merupakan penyederhanaan dari berbagai ilmu lainnya (Sirhan 2007 : 2). Pemahaman tidak hanya didapatkan di kelas maupun percobaan di laboratorium, dibutuhkan animasi dalam bentuk 2D atau 3D untuk mendeskripsikan fenomena secara molekuler (Irwansyah, et al. 2018: 1). Kemampuan imajinatif pelajar masih terbatas dan sulit untuk mendapatkan bayangan mengenai partikel seperti atom dalam menyusun zat (Cai, Wang, and Chiang 2014 : 31). Kurangnya kemampuan visual yang dialamai siswa dalam memahami konsep molekul dalam menggambarkan pada tingkat submikroskopik. Materi geometri molekul membutuhkan visualisasi yang baik, dalam memahaminya. Geometri molekul mempelajari bahaiman suatu atomatom dalam membentuk molekul. Geometri molekul merupakan konsep abstrak dengan contoh konkrit. Konsep geometri molekul sukar diajarkan baik di dalam kelas maupun di laboratorium, sehingga penggambaran secara molekular menggunakan animasi-animasi dibutuhkan dalam menjelaskan konsep tersebut Augmenter Reality (AR) merupakan perkembangan dari Virtual Reality (VR). Tidak seperti VR, AR menyediakan hubungan yang tidak terbatas untuk pengguna yang menggabungkan dunia nyata dan dunia maya. Kamera dibutuhkan sebagai jembatan antara dunia virtual dan nyata. Kamera akan mendeteksi markers (penanda) dan kemudian menyajikan adegan yang dikenal dari markers dan menampilkan objek virtual yang terkait pada layar perangkat yang digunakan (Cai, Wang, and Chiang 2014 : 31). Augmented Reality merupakan media teknologi yang dipakai dalam pembelajaran misalnya dalam pembelajaran kimia. Pembelajaran kimia pada konsep abstrak dengan contoh konkrit tidak mudah dilakukan baik di kelas ataupun di laboratorium. Meskipun fenomena dalam konsep dapat diamati secara visual, tetapi untuk penjelasan lebih lanjut, diperlukan animasi untuk menggambarkan fenomena tersebut secara molekuler. Fenomena molekuler yang dimaksud adalah model visualisasi objek 3D yang menggambarkan suatu struktur baik secara fisik maupun kimia sebagai seberapa kuat ikatan antar atom, atau menggambarkan ikatan antara molekul dan lain sebagainya dan memiliki informasi yang jelas dan tepat yang terkandung dalam suatu alat atau sering disebut media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan selain untuk membangun visualisasi di tingkat molekuler juga mampu beradaptasi dengan materi baik berupa kata-kata, gambar, atau animasi. Penggunaan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran baik di luar maupun di dalam kelas. Dan media tersebut sering digunakan oleh banyak orang seperti penggunaan Microsoft PowerPoint, dan media konvensional lainnya, namun teknologi tersebut hanya teknologi menempatkan peserta didik sebagai elemen pasif dalam proses pembelajara. Teknologi yang lebih maju diperlukan untuk menghasilkan proses pembelajaran yang interaktif. Salah satu teknologi yang paling berkembang Augmented Reality. Teknologi AR sendiri dapat diimplementasikan secara luas di berbagai media pembelajaran, baik sebagai aplikasi di smartphone, dalam pemberian suatu produk, bahkan media cetak seperti buku, majalah, atau surat kabar, sehingga memudahkan pengguna dalam hal alat dan fasilitas karena orang dapat menghasilkan media pembelajaran yang sangat menarik dengan biaya yang murah. Salah satu keunggulan AR teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang mampu memberikan visualisasi 3D dan dapat digunakan dalam smartphone berbasis android yang berbeda digunakan oleh siswa. Dengan dua fitur dasar ini, AR dapat digunakan dalam pembelajaran kimia yang membutuhkan visualisasi yang baik, sehingga konsep kimia menjadi dipahami sama utuhnya dengan konsep geometri molekul, yaitu bentuk geometri molekul terdiri dari ruang tiga dimensi atom dalam molekul. (Irwansyah et al., 2018: 1) Augmented Reality dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pemahaman terutama dalam geometri molekul maupun memahami komposisi zat. Pada pemahaman ilmu kimia ada beberapa metode yang digunakan dalam menggambarkan bentuk molekul, antaranya 2-D drawing, dash wedge drawings, handheld models, dan computer models. Pemanfaatan augmented reality dengan computer models memberikan peningkatan pada nilai siswa (Setiahadi, Setyati, and Setiawan 2017 : 85). APMOL merupakan media teknologi yang peneliti tawarkan dalam pembelajaran Geometri Molekul sebagai media yang mengkonkretkan sesuatu yang abstrak, yang sangat dibutuhkan saat ini dan yang akan datang dalam menjawab kesulitan belajar. Buku ini disusun sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian.

Perkembangan sains dan teknologi pada masa perkembangan pendidikan 2005-2010 berdasarkan UNESCO Science Report 2010, menyatakan kunci kesuksesan suatu bangsa tergantung kepada sumber daya manusia dalam menguasai saintek (Sari, 2012).

Ilmu pengetahuan, teknologi & pembangunan bangsa

menuju dimensi baru pembangunan Indonesia

Application of science and technology on national development, and impact on socio-economic conditions in Indonesia; collected articles.

Tapi tidak bergulir , dalam arti , ti- dak ada inisiatif dari perbankan pemerintah atau swasta na- sional untuk siap mendukung penjaulan produk BPIS de- ngan fasilitas kredit dari bank kita . Kendati demikian , tidak berarti BUMNIS rugi ...