Sebanyak 817 item atau buku ditemukan

PENDIDIKAN KARAKTER

Alat Peraga Edukatif Media Interaktif

Karakter bangsa merupakan aspek penting dari pembentukan kualitas sumber daya manusia karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa dan negara. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu institusi pendidikan yang merupakan bagian berkesinambungan dari sistem pendidikan nasional yang menduduki posisi yang sangat penting untuk mewujudkan komitmen mencerdaskan kehidupan bangsa serta menanamkan nilai-nilai karakter bangsa. Untuk itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada dasarnya bertujuan untuk menyiapkan generasi berkarakter. Nilai-nilai karakter dapat diinternalisasikan melalui lingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat. Karena proses penanaman karakter merupakan proses untuk membentuk, menumbuhkan, mengembangkan dan mendewasakan kepribadian anak menjadi pribadi yang bijaksana dan bertanggung jawab melalui pembiasaan-pembiasaan pikiran, hati dan tindakan secara berkesinambungan yang hasilnya dapat terlihat dalam tindakan nyata sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun di masyarakat. Nilai-nilai karakter yang terintegrasi meliputi dimensi penting yang dapat digambarkan dalam beberapa tindakan, maksudnya pendekatan pendidikan karakter dalam keluarga dapat terintegrasi melalui proses interaksi dalam masyarakat, antara orang tua dan anak dapat bekerja sama dalam proses sosialisasi yang berorientasi pada tindakan yang lebih bermakna, sehingga proses internalisasi dan sosialisasi dapat membantu dalam pembentukan pribadi anak yang berkarakter baik dan berakhlak mulia. Model pembelajaran pendidikan karakter untuk Anak Usia Dini dengan APE Media Interaktif merupakan model pembelajaran berbasis rumah, sekolah dan masyarakat dengan metode bermain, cerita dan menyanyi melalui alat peraga edukatif dengan media interaktif (slide show) yang sesuai dengan 18 nilai pendidikan karakter. Media Interaktif merupakan media yang menyenangkan bagi Anak Usia Dini sebagai stimulus awal pembelajaran anak yang tentunya didampingi oleh orang tua atau keluarga (rumah), guru (sekolah) dan pegiat pendidikan (masyarakat).

Model pembelajaran pendidikan karakter untuk Anak Usia Dini dengan APE Media Interaktif merupakan model pembelajaran berbasis rumah, sekolah dan masyarakat dengan metode bermain, cerita dan menyanyi melalui alat peraga edukatif dengan media ...

Pendidikan Islam Tantangan & Peluang di Era Globalisasi

Di buku yang berada di hadapan pembaca ini, Pendidikan Islam Tantangan & Peluang di Era Globalisasi, pada Bab I, penulis menggambarkan latar belakang mengapa penulis menulis buku ini. Bab II, penulis membahas bagaimana sesungguhnya doktrin Islam yang secara global menggambarkan tentang Ekonomi, Politik, Sosial-Budaya dan IPTEK. Pada Bab III, penulis mendeskripsikan tentang Globalisasi dari persfektif Ekonomi, Politik, Sosial-Budaya serta IPTEK yang tengah mengancam atau mempengaruhi berbagai bidang tersebut, di tengah-tengah bangsa Indonesia dan bagaimana sebaiknya tanggapan umat Islam. Pada Bab IV, penulis menggambarkan tentang realitas yang dihadapi oleh umat Islam sebagai bagian terbesar dari bangsa ini yang berkaitan dengan masalah-masalah tersebut. Pada Bab V, penulis memberikan catatan guna membangkitkan kembali bangsa yang tengah terpuruk diberbagai bidang dan menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan. Umat Islam diharapkan membenahi pandangan-pandangan hidupnya; membangun etos ekonomi dan membangun pranata ekonomi; mengarahkan konsentrasi membangun masyarakat Islam bukan membentuk negara Islam. Pada Bab VI, penulis membedah institusi pendidikan Islam sebagai wahana yang strategis untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing di dalam era global. Pendidikan Islam dalam menghadapi globalisasi diharapkan dapat memproduksi lulusan dengan pengetahuan agama yang mendalam, pengetahuan umum yang tinggi, menguasai teknologi, memiliki keterampilan atau keahlian dan berjiwa kewirausahaan serta memiliki moralitas yang kokoh dan konsisten; begitu pula pendidikan di masyarakat harus memiliki semangat yang sama. Pada Bab VII penulis mengambil berbagai kesimpulan.

Di buku yang berada di hadapan pembaca ini, Pendidikan Islam Tantangan & Peluang di Era Globalisasi, pada Bab I, penulis menggambarkan latar belakang mengapa penulis menulis buku ini.

Manajemen Humas Pendidikan Islam

Teori dan Aplikasi

Citra positif merupakan hal terpenting yang harusdimiliki oleh suatu lembaga, termasuk lembaga sekolah.Citra positif tentunya akan berkaitan dengan eksistensi suatulembaga. Hal ini karena adanya penilaian yang positif akanmemengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap suatusekolah untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Keberadaan sekolah pada awalnya mendasarkan pada suatualasan bahwa orangtua tidak mampu mendidik anaknyasecara sempurna dan lengkap, dengan demikianmemerlukan pihak lain, yakni lembaga sekolah, untuk membantu peran orangtua dalam mendidik anaknya, hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Pidarta (2007: 176) bahwa keberadaan sekolah merupakan suatu lembaga yang hidup bersama-sama dengan warga masyarakat, di mana masyarakat membutuhkan agar para siswa dapat dibina di sekolah dan sebaliknya sekolah membutuhkan masyarakat untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar.

Buku Manajemen Humas Pendidikan Islam : Teori dan Aplikasi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendidikan Agama Islam

Dalam buku pendidikan agama islam ini terdapat tiga bagian substansi materi, bagian pertama penulis membahas tentang Tauhid, Iman, Ilmu, Akhlak, Ibadah dan Taqwa. untuk bagian kedua, terdiri dari masalah Tuhan Yang Maha Esa, Alam dan Manusia, Tugas manusia, Agama dan dinul Islam, Syariat Islam, Al–Quran dan Risalah, Sunnah Rasul, Sunnah dan Alam Gaib. Sedangkan untuk bagian yang ketiga, penulis menjelaskan tentang Pendidikan Islam tahap akhir, yang diantaranya menjelaskan tentang adanya qada dan qadhar, akhirat lanjutan kehidupan di dunia, sam’iyat, hakikat kebangkitan, surga dan neraka. kami yakin buku ini dapat memberikan manfaat dalam memperluas khasanah keilmuan pembaca khususnya pendidikan agama islam.

Dalam buku pendidikan agama islam ini terdapat tiga bagian substansi materi, bagian pertama penulis membahas tentang Tauhid, Iman, Ilmu, Akhlak, Ibadah dan Taqwa. untuk bagian kedua, terdiri dari masalah Tuhan Yang Maha Esa, Alam dan ...

Maqashid As Living Law Dalam Dinamika Kerukunan Umat Beragama Di Tana Luwu

Akibat dari tantangan tersebut menyebabkan masyarakat mengalami apa yang disebut dengan pendangkalan budaya berfikir dan kehilangan rasa malu untuk terus berbuat baik dan lebih memprioritaskan bentuk tasamuh (tenggang rasa), rahmah (kasih sayang) dan itsar (berbagi dalam melakukan kebaikan) antar masyarakat. Permasalahan ini semakin kompleks terutama setelah terbukanya informasi dan media sosial internasional di berbagai handphone dan gadget, hingga menjangkau wilayah yang semakin luas dan menjerat semakin banyak generasi muda, remaja dan masyarakat secara umum yang kehilangan jati diri, krisis iman dan ilmu. Hal yang terakhir ini semakin buruk dan mencemaskan perkembangannya karena hampir-hampir tidak ada lagi batas antara kota dan desa, semuanya telah terkontaminasi dalam eforia kebebasan yang tidak kenal batas.

Buku Maqashid As Living Law Dalam Dinamika Kerukunan Umat Beragama Di Tana Luwu ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pangan Hayati Laut (Aplikasi Kualitas Gizi Biota Laut Terhadap Imunitas Tubuh dan Produktifitas) Buku Ajar Berbasis Ilmiah

Populasi global yang terus tumbuh dan semakin meningkatnya kasus-kasus pada penyakit infeksi dan penyakit degeneratif, menuntut para ahli melakukan dan meningkatkan riset dan inovasi untuk membantu menurunkan angka kesakitan dan kematian. Selain itu situasi saat ini semakin diperburuk oleh efek perubahan iklim, yang pada akhirnya mengarah pada pergeseran dan pengurangan total lahan di daratan. Ada data permintaan yang meningkat untuk hasil biota laut yang dapat dimakan dan meningkatnya resistensi obat sintetis sehingga permintaan ketersediaan produk dari laut menjadi tren untuk saat ini. Buku Pangan Hayati Laut akan mengulas secara ilmiah kualitas nilai gizi dan senyawa aktif pemanfaatan keanekaragaman biota laut serta perannya terhadap fungsi imunologi tubuh dalam menunjang peningkatan kesehatan individu maupun masyarakat. Pangan Hayati Laut (Aplikasi Kualitas Gizi Biota Laut Terhadap Imunitas Tubuh dan Produktifitas) Buku Ajar Berbasis Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Pangan Hayati Laut (Aplikasi Kualitas Gizi Biota Laut Terhadap Imunitas Tubuh dan Produktifitas) Buku Ajar Berbasis Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Komponen Gizi dan Terapi Pangan Ala Papua

buku ini secara detail menyajikan struktur kimia, komposisi dan regulasinya dalam metabolism tubuh secara umum. Di mulai dari senyawa Karbohidrat sebagai makromolekul sumber glukosa yang terutama, hingga mineral-mineral yang juga sering diperbincangkan keberadaannya di tanah-tanah pertambangan Papua. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Tiurma P T Simanjuntak, M.si., Gizi

Di mulai dari senyawa Karbohidrat sebagai makromolekul sumber glukosa yang terutama, hingga mineral-mineral yang juga sering diperbincangkan keberadaannya di tanah-tanah pertambangan Papua. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Tiurma P T ...

Buku Ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat

Gizi seimbang yang dikenal masyarakat Indonesia adalah empat sehat lima sempurna. Konsep ini dikenalkan sejak tahun 1950 oleh Prof Poerwo Soedarmo, bapak gizi Indonesia. Saat ini, konsep tersebut dianggap tak sesuai lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi gizi. Sebagai gantinya, kini dikenalkan pedoman gizi seimbang. Pedoman gizi seimbang (PGS) adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Gizi seimbang memerhatikan empat prinsip, yakti variasi makanan, pentingnya pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta pemantauan berat badan ideal. Berbeda dengan konsep empat sehat lima sempurna yang menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang, PGS berprinsip bahwa tiap golongan usia, jenis kelamin, kesehatan, dan aktivitas fisik memerlukan gizi yang berbeda sesuai dengan kondisi masing-masing kelompok.

Buku Buku Ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendamping Gizi Pada Balita

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat interaksi antara asupan energi dan protein serta zat-zat gizi esensial lainnya dengan keadaan kesehatan tubuh. Status gizi adalah kondisi tubuh sebagai akibat penyerapan zat-zat gizi esensial. Gizi yang cukup sangat diperlukan pada balita. Buku ini menjelaskan pendampingan gizi pada balita dengan rinci dan jelas

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat interaksi antara asupan energi dan protein serta zat-zat gizi esensial lainnya dengan keadaan kesehatan tubuh.

Ilmu Gizi Dasar

Ilmu Gizi (Nutrition Science) adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan optimal. Kata ―gizi‖ berasal dari bahasa Arab ghidza, yang berarti ―makanan‖. Saat ini kata gizi tidak terbatas hanya dihubungkan dengan kesehatan tubuh manusia, yaitu untuk menyediakan energi, membangun dan memelihara jaringan tubuh serta mengatur proses-proses kehidupan dalam tubuh. Tetapi mencakup hal yang lebih luas yaitu disamping untuk kesehatan, gizi juga dikaitkan dengan potensi ekonomi seseorang, karena gizi berkaitan dengan perkembangan otak, kemampuan belajar dan produktivitas kerja. Di Indonesia, selain factor-faktor yang lain, factor gizi dianggap penting untuk memacu pembangunan, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia berkualitas