Judul-Judul Review Jurnal 1. Analysis of VET in Ukraine since the Soviet era. (Celia Tri Pristya Devitha) 2. On the Determinants of Employment Related Organized Education and Informal Learning. (Andi Gagah Purnama) 3. The Cooperation Form of SMK Karya Teknologi Jatilawang of Technology and Industry Group with Astro Parts in the Framework of Forming an Entrepreneurial Spirit. (Edwar Luden) 4. Vocational education and training in India: a labour market perspective.(Sahrul Ramadhan) 5. MOOCs of Inclusive Technology in Teacher Education for Vocational Education.(Irwansyah) 6. Innovation and Vocational Education and Training (VET) student work placement.( Rachmaniar) 7. Appropriation of foreign approaches for sustainable development and transformational changes in Vietnamese vocational education.( Btari Rezki Lisyiani) 8. Towards Distributed Leadership In Vocational Education And Training Schools: The Interplay Between Formal Leaders And Team Members (Andi Rahmania Hair) 9. Application of thinking skills in career: A Survey on Technical and Vocational Education Training (TVET) qualification semi- professional job duties.( Ummu Khadanah) 10. Facing Academic Dismissal: An Adaptive Organizational Approach Preparing All Students for Success (Sulfikar)
Dengan kata lain, pendidikan inklusif tidak mempermasalahkan apakah ABK dapat mengikuti program pendidikan, namun bagaimana guru dan sekolah dapat mengadaptasi program pendidikan agar sesuai dan layak bagi ABK (Isabella, dkk 2014).
Sistematika materi yang ditulis dalam buku ini meliputi: Bab 1. Dasar-dasar Statistika Bab 2. Pengumpulan, Pengolahan , dan Penyajian Data Bab 3. Ukuran Pemusatan Data Bab 4. Ukuran Penyebaran Data Bab 5. Angka Indeks Bab 6. Analisis Deret Berkala Bab 7. Probabilitas Bab 8. Regresi dan Korelasi Bab 9. Hipotesis dan Pengujian Hipotesis Bab 10. Analisis Varian (ANOVA)
Di samping itu etika lebih banyak dikaitkan dengan prinsip - prinsip moral yang
menjadi landasan bertindak seseorang yang mempunyai profesi tertentu . Istilah
- istilah seperti Etika Kedokteran , Etika Jurnalistik , Etika Hukum , kesemuanya ...
Bila kita amati dari beberapa pendapat tentang Organisasi di atas maka nampak
bahwa setiap bentuk organisasi selalu terdapat unsur , manusia ( dua orang atau
lebih ) , mempunyai maksud untuk bekerja sama , pengaturan hubungan kerja ...
Kurikulum tidak terlepas dari perubahan, sehingga selalu dikatakan setiap perubahan kurikulum selalu identik dengan pergantian Menteri. Namun, dalam hal kenyataannya, jika kurikulum tidak mengalami perubahan, maka kurikulum tidak akan mampu untuk menjawab tantangan zaman. Lebih-lebih lagi, setiap zaman yang dilewati manusia, menampilkan corak yang beragam dari tingkah laku anak didik.
Buku model ini dirancang khusus untuk guru IPA Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang ingin mengembangkan pembelajaran IPA inovatif berbasis karakter. Buku model ini menyajikan kegiatan pembelajaran yang berbasis model-model pembelajaran inovatif dengan berorientasi pada pendidikan karakter sehingga melalui model-model pembelajaran inovatif pembelajaran akan lebih mudah dan diharapkan selain siswa dapat memahami konsep (materi) yang dipelajari juga dapat mengembangkan karakter-karakter positif bagi siswa. Buku ini ditulis dengan bahasa yang jelas dan keterangan yang rinci sehingga mudah dimengerti oleh guru. Dengan terbitnya buku ini, semoga dapat menambah rujukan pengetahuan tentang analisis keterkaitan model pembelajaran, materi dan karakter siswa guna pengembangan pembelajaran IPA yang inovatif berbasis karakter.
Berdasarkan analisis yang dilakukan tentang keterkaitan model antara materi IPA, karakter dan model-model pembelajaran inovatif, dapat diketahui bahwa setiap model-model pembelajaran inovatif yang diterapkan dalam pembelajaran IPA dapat ...
Sejak Covid-19 melanda dunia, Pendidikan tinggi memberlakukan kebijakan kuliah online. Perkuliahan memperhatikan prinsip aman dan produktif di rumah. Dosen memiliki kewajiban membuat berita acara perkuliahan selama Work From Home (WFH). Berita acara ini telah disimpan di Google Drive agar dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan. Kuliah online mendung sebuah era bernama pengetahuan terbuka. Segala proses pembelajaran dapat diakses luas oleh publik. Sehingga beberapa pihak dapat memberikan evaluasi untuk peningkatan yang lebih baik. Untuk mendukung pengetahuan terbuka itulah naskah ini dibuat buku. Sasarannya adalah untuk menemukan hal yang lebih baik dari aspek bahan ajar, stategi pengajaran, metode pembelajaran efektif, dan pencapaian pengalaman terbaik (best practice). Penulisan buku ini dimotovasi era pengetahuan terbuka yang berambisi untuk menemukan pengalaman terbaik kuliah online. Buku ini sekaligus merupakan laporan berita acara kuliah online pada Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Muhammad Irfannuddin Rumusan Masalah terdapat pembahasan mengenai tata cara membaca al quran Pertanyaan penelitian: 1. Bagaimana cara menerapkan ilmu tajwid? Tujuan Penelitian "penelitian ini bertujuan untuk membahas tata cara membaca ...
Sejak Covid-19 melanda dunia, Pendidikan tinggi memberlakukan kebijakan kuliah online. Perkuliahan memperhatikan prinsip tetap sehat, aman dan produktif di rumah. Dosen memiliki kewajiban membuat berita acara perkuliahan selama masa Work From Home (WFH). Berita acara ini telah disimpan di Google Drive agar dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan. Serta telah dibagikan kepada peserta kelas setiap selesai perkuliahan. Diakui kuliah online telah menjadi arus utama pada era pengetahuan terbuka (open acces). Segala rekam proses pembelajaran pada gilirannya dapat diakses luas oleh publik. Sehingga hal ini memungkinkan beberapa pihak dapat memberikan evaluasi untuk pelaksanaan yang lebih baik. Untuk mendukung era engetahuan terbuka itulah naskah ini dibuat semacam buku. Sasarannya adalah untuk berbagi pengalaman terbaik dalam menentukan bahan ajar, stategi pengajaran, metode pembelajaran efektif, dan pencapaian pembelajaran mata kuliah.
Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Penulisan proposal penelitian merupakan tantangan tersendiri bagi peneliti pemula dalam menyiapkan diri mereka menjadi sarjana. Hal ini mengasumsikan butuhnya manual penulisan proposal penelitian yang dapat dijadikan acuan bagi pelatihan efektif. Sehingga dengan manual tersebut dapat dilaksanakan kelas efektif untuk menyiapkan peneliti pemula yang terlatih dalam menghasilkan karya penulisan proposal penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan manual penulisan proposal penelitian dalam pelaksanaan pelatihan efektif untuk menghasilkan karya-karya penulisan proposal penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dalam menyiapkan percontohan karya-karya proposal penelitian. Telah dijumpai sejumlah literatur tentang pedoman penulisan karya ilmiah yang membahas teknis penulisan proposal penelitian. Namun, tersedianya manual penulisan proposal yang lebih praktis sangat dibutuhkan untuk acuan dalam pelatihan kelas efektif. Metodologi penelitian ini merupakan jenis kualitatif yang melakukan eksplorasi terhadap sumber kepustakaan melalui studi pustaka. Dalam pengambilan data dilakukan pula studi lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode partisipatoris. Penelitan ini membahas tinjauan umum proposal, menunjukan jenis proposal akademik, dan menyampaikan susunan proposal penelitan akademik. Dibahas pula manual penulisan proposal untuk acuan pelatihan efektik yang mencakup alur, materi, dan tubuh proposal. Hasil penelitian ini menunjukan praktek lapangan kelas pelatihan berlangsung efektif, proses latihan berjalan efisien, dan peserta latihan telah menghasilkan karya-karya proposal penelitian. Penelitian ini menyimpulkan manual penulisan proposal penelitian yang disajikan melalui pelatihan efektif telah meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan percontohan karya-karya penulisan proposal penelitian. Penulis menyarankan agar dilakukan pelatihan efektif yang teragenda bagi para peneliti pemula berbasis acuan manual penulisan proposal penelitian.
Buku Antologi Hadis Tarbawi yang hadir di hadapan pembaca ini berisi tentang jawaban-jawaban kritis hasil pengendapan pemikiran atas apa yang tengah menjadi kegelisahan para pemerhati pendidikan yang saban hari merasa nilai-nilai adiluhung pendidikan itu terus terkikis. Kehadiran buku Antologi Hadis Tarbawi ini merupakan bentuk syukur, apresiasi dan dukungan terhadap para penulis yang seluruhnya adalah Mahasiswa saya di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung. Buku yang merupakan kumpulan tulisan tematik hasil belajar mata kuliah Hadis Tarbawi selama satu semester ini disusun dengan mempertimbangkan masukan rekan kuliah, hasil diseminasi, komentar dosen dan beberapa catatan revisi sebagai bahan penyempurnaan pembahasan buku ini. Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan pesan-pesan pendidikan di dalam al-Hadis. Yaitu, nilai-nilai keislaman yang akan terus diuji dalam aktualitas yang terus bergejolak, nilai-nilai yang akan senantiasa dipertahankan dari tindakan yang merusak, serta nilai-nilai yang dianggap sebagai jaminan atas pengetahuan yang menyelamatkan. Buku ini berisi lima BAB pembahasan terkait isu-isu terkini seputar pendidikan dan hubungan sosial. BAB pertama membahas tentang Konsistensi Pendidikan Islam yang berisi tentang nilai-nilai dasar (core values) pendidikan yang tidak berubah digerus zaman seperti konsepsi tujuan pendidikan. BAB dua membahas tentang konstruksi teoretis mengenai adab dan pendidikan karakter bagi peserta didik, mulai dari adab peserta didik terhadap guru, adab terhadap sesama peserta didik maupun jalinan kasih terhadap lingkungan. BAB ketiga berisi tentang pendidikan Islam menjawab tantangan masa depan. Pembahasan ini berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kebijakan, sistem dan lembaga pendidikan Islam yang seperti apa yang dianggap ideal menjawab masa depan. BAB keempat berkaitan dengan prinsip-prinsip moderasi keislaman dalam pendidikan dan bagaimana Islam memandang pentingnya ilmu pengetahuan. Terakhir, di buku ini dibahas tentang Islam dan kenyataan sosial masyarakat Indonesia seperti multikulturalisme, pluralisme dan feminisme.
Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan ...