Sebanyak 195 item atau buku ditemukan

MENGENAL ILMU USHUL FIQH DAN KAIDAH FIQH Terjemah as-Sullam

Buku yang ada di hadapan para pembaca ini merupakan terjemahan kitab As-Sullam, juz kedua dari trilogi kitab fiqh dan ushul fiqh karangan Abdul Hamid Hakim. Sebuah risalah sederhana, ringkas, tetapi padat. Saya tergugah untuk menerjemahkan kitab ini, sebab sependek pengetahuan saya, terjemahan kitab ini masih jarang ditemukan di pasaran. Padahal isi kitab ini sangat bagus dan penting bagi para pemula yang ingin mempelajari metodologi hukum Islam, khususnya ushul dan kaidah fiqh. Dalam menerjemahkan kitab ini, saya memadukan antara pendekatan tekstual dan kontekstual. Sebagaimana kita tahu, penerjemahan tekstual menyebabkan gaya bahasa sasaran mengikuti bahasa sumbernya, sehingga terasa aneh, kaku, dan berujung pada kesulitan memahami isi kitab. Sebaliknya, penerjemahan kontekstual acap kali menyebabkan hasil terjemahan jauh dari teks asalnya dan peran penerjemah sering melebihi porsi yang ada dan dimaksudkan dalam teks, sehingga menyebabkan bias makna.

Buku yang ada di hadapan para pembaca ini merupakan terjemahan kitab As-Sullam, juz kedua dari trilogi kitab fiqh dan ushul fiqh karangan Abdul Hamid Hakim.

Pengantar Manajemen Operasional

Manajemen Operasional merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu manajemen dan bisnis. Buku ini terdiri dari 13 bab yang membahas tentang: Bab 1 Pengenalan Manajemen Produksi Bab 2 Strategi Operasi Bab 3 Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Pendekatan Luas Produksi Bab 4 Pola Produksi Bab 5 Peramalan Permintaan Produk dan Jasa Bab 6 Penentuan Lokasi Bab 7 Desain Fasilitas dan Layout Bab 8 Pengendalian Persediaan Bab 9 Manajemen Proyek Bab 10 Perencanaan Kapasitas dengan Learning Curve Bab 11 Material Handling Bab 12 Manajemen Kualitas Bab 13 Perencanaan Kapasitas Dengan BEP

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

Positioning Islamic Hotel Tourism

A New Perspective

Several factors contribute to the rapid development of tourism, such as strong economic growth. This result in more disposable income for travel, changing lifestyles and the expansion in transportation industry, which leads to cheaper travel costs and increased demand for tourism products and services is one of the largest and fastest growing economic sectors in the world. The growing demand for products and services comply with Islamic law, or shariah law is obvious and substantial in financial, food and travelling industry. Many scholars have identified religion as a stable factors influencing consumer buying behavior resulting in more demand for religious related product and services. In hospitality industry, scholars have highlighted the growing demand on Islamic Friendly Hotel (IFH) by Muslim tourists causing high commitment in developing such industry. This study found organizational factors including innovation champion, organizational context, and tangible resources and marketing strategy and environmental factors such as demand of Islamic hospitality, government ruling and incentives and competitors strategy were the key drivers to the implementation. These key drivers of implementation provides guidelines for hotels that intend to implement new services, reduced the learning time and promote innovative activities within hotels in Malaysia. Nonetheless, IFH implementation was challenged with high cost to maintain Halal certification, capacity management and international chain hotel status issues. Hotels intend to implement IFH should pay careful attention to the initial consequences such as decreasing non-Muslim customers thus resulting in decrease income at the early stage of introduction. This study has contributed on the development of IFH literature specifically Malaysia by providing popular and unpopular attributes of IFH in Malaysia. Therefore, if Malaysian hotels are to succeed and achieve competitive advantage, being able to address growing Muslim tourists’ needs are essential priorities.

of services and rapid development of technology (particularly information and communication technology) puts pressure ... based on three perspectives: entrepreneurship and innovation, technology-push/demand pull and innovation systems.

Perancangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Buku PERANCANGAN ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA ini memberikan pengenalan tentang organisasi dan keragamannya, diikuti dengan keragaman perilaku kelompok kerja tim hingga bagaimana memperkuat hubungan industrial. Secara tuntas juga menyajikan strategi multi-bisnis dan organisasi, konsep kepemimpinan, kekuasaan, dan politik yang sangat mungkin berpengaruh terhadap pengelolaan organisasi. Buku ini juga menyajikan struktur organisasi sebagai bentuk alur komunikasi dan secara khusus tentang perancangan organisasi. Buku ini membahas: Bab 1 Konsep Perancangan, Ruang Lingkup dan Keragaman Organisasi Bab 2 Perilaku Kelompok, Kerja Tim, dan Komunikasi Bab 3 Hubungan Industrial Bab 4 Strategi Multibisnis dan Organisasi Bab 5 Kepemimpinan, Kekuasaan, dan Politik Bab 6 Struktur Organisasi Bab 7 Lingkungan dan Perancangan Organisasi Bab 8 Risiko Proses Bisnis Bab 9 Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Bab 10 Analisis Pekerjaan Bab 11 Pendidikan, Pelatihan, dan Manajemen Karir Bab 12 Penilaian Kinerja Bab 13 Kompensasi Mahasiswa dituntut untuk belajar merancang organisasi, sebagai persiapan dalam memasuki organisasi bisnis. Buku ini merupakan modal penting sebagai referensi pengetahuan dan pengalaman, sehingga terkumpul semangat untuk mendesain organisasi dan mengintegrasikan sumber daya yang tersedia. Selain itu, mahasiswa akan terbiasa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menghasilkan ide, dan berani serta cekatan dalam mengambil keputusan, terutama di saat menganalisis situasi dan merumuskan rancangan organisasi.

98 tentang Hak untuk Berorganisasi dan Berunding Bersama sudah diratifikasi dan di Indonesia menjadi bagian dari peraturan perundang-undangan nasional, yaitu masing-masing dengan KEPPRES No. 80 th. 1998, dan UU No. 18 th. 1956.

LEMBAGA KEUANGAN BANK & NON BANK (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis)

Bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem perekonomian yang semakin bertumbuh, seiring dengan semakin bertumbuhnya kebutuhan masyarakat. Hal ini diperkuat dengan UU Nomor 14 Tahun 1967, lembaga keuangan adalah badan yang memiliki aktivitas atau kegiatan di bidang keuangan yang berperan untuk menarik uang serta menyalurkannya ke masyarakat. Keberadaan perbankan ini semakin dibutuhkan oleh masyarakat dalam bentuk simpanan dan kredit maupun bentuk lainnya. Lembaga keuangan bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito kemudian menyalurkannya kembali dalam bentuk pinjaman atau kredit. Sementara itu Lembaga Keuangan Non Bank disebut sebagai badan atau organisasi non bank yang melakukan kegiatan di bidang keuangan namun tidak boleh menerima dana dari masyarakat dalam bentuk giro, tabungan, dan deposito. Lembaga keuangan non bank dalam menghimpun dana dengan mengeluarkan kertas berharga atau sertifikat deposito sebagai sumber dana dan dapat mendirikan kantor-kantor cabang di daerah untuk menyalurkan dana ke masyarakat untuk membiayai investasi perusahaan. Lembaga keuangan bank dan nonbank juga sama-sama mengelola dana yang dihimpun dari masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan negara dan menyejahterakan masyarakat. Buku ini menyajikan seluruh kebutuhan-kebutuhan para pelaku usaha sebagai inovasi baru untuk menciptakan tatanan pengalolaan, juga menjadikan gudang wawasan bagai kalangan pembaca. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang akutansi, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilngkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang akutansi.

Bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem perekonomian yang semakin bertumbuh, seiring dengan semakin bertumbuhnya ...

Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan segala bentuk peralatan yang digunakan dalam membantu seseorang atau individu dalam proses pembelajaran. Saat ini media pembelajaran banyak dikembangkan melalui berbagai teknologi yang didesain dan dikembangkan sesuai dengan pemanfaatannya. Media pembelajaran dikelola dan dievaluasi untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pengembangan media dan teknologi pembelajaran dapat didesain berupa peralatan fisik maupun dalam bentuk simulasi untuk memperagakan materi pelajaran yang bersifat abstrak. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Konsep Dasar Teori Belajar dan Pembelajaran Bab 2 Model dan Desain Pembelajaran Bab 3 Jenis dan Karakteristik Teknologi dan Media Pembelajaran Bab 4 Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bab 5 Metode-Metode Pembelajaran Bab 6 Sumber Belajar Sebagai Komponen Media Pembelajaran Bab 7 Media Dalam Pembelajaran Bab 8 Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bab 9 Kriteria Pengembangan Media Pembelajaran Bab 10 Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Bab 11 Tren Penggunaan Teknologi Pembelajaran

Pengembangan media dan teknologi pembelajaran dapat didesain berupa peralatan fisik maupun dalam bentuk simulasi untuk memperagakan materi pelajaran yang bersifat abstrak.

Paling Lengkap & Praktis Fiqih Wanita

Tutorial Ibadah dan Muamalah Harian Muslimah Ahlul Jannah

Menjadi muslimah ahlul jannah merupakan harapan setiap wanita. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang siap menjerumuskan wanita ke jurang neraka. Karena itulah, wanita butuh panduan, baik dalam hal ibadah maupun muamalah. Buku ini hadir untuk menjawab kegelisahan para muslimah tentang bagaimana menjadi muslimah ahlul jannah! Penjelasan yang lengkap seputar ibadah dan muamalah bagi wanita disajikan secara komplet dalam buku ini, mulai kedudukan wanita dalam Islam, pernikahan, hak waris, hingga hakikat mempercantik tubuh. Baca buku ini, dan jadilah ahlul jannah! Selling point: 1. Kesetaraan antara Wanita dan Laki-laki 2. Menggendong Anak ketika Shalat 3. Haji dan Umrah bagi Wanita 4. Kehamilan, Kelahiran, dan Mendidik Anak 5. Hak Waris bagi Wanita.

Menjadi muslimah ahlul jannah merupakan harapan setiap wanita.

Membangun Karakter Anak dengan Alquran

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis dari tesis yang berjudul “Manajemen Pembentukan Karakter Anak dalam Perspektif Alquran” yang menguraikan sudut pandang/pandangan Alquran tentang manajemen dalam pembentukan karakter anak, di mana Alquran menguraikan bagaimana mengatur pembentukan karakter anak mulai dari lingkungan keluarga sampai dengan lingkungan masyarakat. Paparan Alquran tentang pembentukan karakter anak dalam hal pendidikan meliputi ruang lingkup pendidikan anak, dalam hal ini ada tiga, yaitu: pendidikan informal, formal dan nonformal. Periodesasi pendidikan anak dalam perspektif Alquran bisa dikategorikan lengkap. Hal ini bisa dilihat dari periodesasi pendidikan anak mulai dari prakonsepsi, pranatal, pascanatal dan remaja. Di sinilah peran orang tua untuk membentuk karakter anaknya sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran. Jika orang tua dapat untuk mengaplikasikan dan memosisikan diri sesuai dengan yang ada dalam Alquran, maka akan terbentuk generasi-generasi berkarakter Qurani. Metode yang digunakan dalam penelitian buku ini adalah metode library research yaitu suatu metode untuk dapat memperoleh data dengan mempelajari buku-buku dari literatur/perpustakaan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis dari tesis yang berjudul “Manajemen Pembentukan Karakter Anak dalam Perspektif Alquran” yang menguraikan sudut pandang/pandangan Alquran tentang manajemen dalam pembentukan karakter anak, di ...

Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia

Perjuangan para penggiat konsumen yang dimotori oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), untuk berharap lahirnya undang-undang yang secara spesifik mengatur tentang perlindungan konsumen, maka pada tanggal 20 April tahun 1999 akhirnya Pemerintah menetapkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen yang selanjutnya disebut (UUPK). Perjuangan untuk mendorong lahirnya UUPK bukanlah tanpa alasan yang kuat, karena tidak dapat dipungkiri bahwa lebih dari setengah abad setelah kemerdekaan Indonesia, sistem perekonomian nasional masih menempatkan posisi konsumen pada keadaan yang memprihatinkan. Lemahnya posisi konsumen untuk mendapatkan perlindungan hukum atas kecenderungan pelaku usaha mengabaikan hak-hak konsumen, juga disebabkan oleh perangkat hukum yang melindungi konsumen belum bisa memberikan rasa aman, atau kurang memadai untuk secara langsung melindungi kepentingan konsumen. Disadari akan hal itu, maka upaya untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen dalam pemakaian/penggunaan produk berkualitas yang dihasilkan oleh pelaku usaha adalah suatu hal yang urgen. Untuk itu, melindungi konsumen atas tindakan sewenang-wenang dari pelaku usaha yang cenderung tidak memperdulikan prinsip-prinsip menghasilkan produk barang dan/atau jasa yang berkualitas adalah sejalan dengan salah satu dari tujuan Negara. Atas dasar itulah, buku ini diharapkan memberi pemahaman mengenai pengaturan pengawasan terhadap pelaku usaha dalam menghasilkan/menjual produk yang berkualitas dalam perundang-undangan di bidang perlindungan konsumen, dan implementasi pengawasan terhadap pelaku usaha dalam menghasilkan/menjual produk yang berkualitas, serta bentuk penerapan sanksi terhadap pelaku usaha yang melanggar ketentuan perundang-undangan dalam menghasilkan/menjual produk yang tidak berkualitas. Akhirnya, buku ini diharpakan bisa memberikan pemahaman pada pelaku usaha dalam menghasilkan produk berkualitas sesuai yang diamantkan oleh undang-undang perlindungan konsumen.

Perjuangan para penggiat konsumen yang dimotori oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), untuk berharap lahirnya undang-undang yang secara spesifik mengatur tentang perlindungan konsumen, maka pada tanggal 20 April tahun 1999 ...