Sebanyak 254 item atau buku ditemukan

Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0

Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0 adalah berkenaan dengan teknologi pembelajaran yang memegang peranan signifikan di era 5.0. Media pembelajaran menempati posisi strategis dalam mempermudah dan memperlancar belajar, serta menambah efektivitas keberhasilan tujuan pembelajaran.

Aktif dalam organisasi profesi Ikatan Konselor Indonesia (IKI), guru SMP dan konsultan beberapa sekolah di wilayah Depok serta sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF Provinsi Jawa Barat sampai sekarang.

Aplikasi Komputer

Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Diharapkan buku ini dapat membantu para pembaca terutama bagi mahasiswa tetang Aplikasi Komputer.

Diharapkan buku ini dapat membantu para pembaca terutama bagi mahasiswa tetang Aplikasi Komputer.

Pengantar Teknologi Komputer

Buku Pengantar Teknologi Komputer ini dibuat sebagai penambah khasanah ilmu para Taruna Politeknik Penerbangan Jayapura serta sebagai panduan pembelajaran teori maupun praktik agar lebih mengenal dan memahami Teknologi Komputer. Selain buku ini dapat dimanfaatkan Taruna sebagai sarana pembelajaran dalam matakuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi juga matakuliah Control Peralatan lain dengan rangkaian yang sederhana.

Buku Pengantar Teknologi Komputer ini dibuat sebagai penambah khasanah ilmu para Taruna Politeknik Penerbangan Jayapura serta sebagai panduan pembelajaran teori maupun praktik agar lebih mengenal dan memahami Teknologi Komputer.

Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar

Komunikasi merupakan proses yang berlangsung terus menerus dalam menyampaikan dan memperoleh informasi, membangun interaksi sosial. Penulis mengandalkan pidato, tulisan, cetakan dan gambar materi, gerak tubuh dan ekspresi dan juga media teknis seperti telegrafi, radio, televisi, komputer dan lain sebagainya untuk mengoptimalkan komunikasi. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu komunikasi. Buku ini terdiri dari 13 Bab yang mendiskusikan tentang: Konsep Dasar Komunikasi Model-model Komunikasi Konteks Komunikasi Manusia Teori Komunikasi Verbal dan Non Verbal Teori Komunikasi Interaktif dan Kritis Komunikasi Antarpribadi Komunikasi Kelompok Komunikasi Organisasi Komunikasi Massa Komunikasi Antarbudaya Hubungan Kemasyarakatan Media dalam Konteks Komunikasi Peranan Komunikasi dalam Pembangunan

Komunikasi merupakan proses yang berlangsung terus menerus dalam menyampaikan dan memperoleh informasi, membangun interaksi sosial.

Pengantar Ilmu Komunikasi

Pengantar Ilmu Komunikasi merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan komunikasi masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu komunikasi. Buku ini terdiri dari 8 Bab yang membahas tentang: Bab 1 Konsep Dasar Komunikasi Bab 2 Prinsip-prinsip Komunikasi Bab 3 Model-model Komunikasi Bab 4 Dimensi-dimensi Komunikasi sebagai Ilmu Bab 5 Konteks Komunikasi Manusia Bab 6 Teori Komunikasi Verbal dan Non Verbal Bab 7 Teori Komunikasi Interaktif dan Kritis Bab 8 Manusia dan Komunikasi Bab 9 Hubungan Kemasyarakatan Bab 10 Media dalam Konteks Komunikasi Bab 11 Komunikasi Teknologi dan Masa Depan

Pengantar Ilmu Komunikasi merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan komunikasi masa sekarang dan masa yang akan datang.

Pengantar Komunikasi Antarmanusia

Buku ini disusun untuk memberikan wawasan yang luas kepada para pembaca tentang komunikasi antarmanusia yang dinamis dan menarik. Buku ini juga sangat penting karena membahas perilaku komunikasi kita sebagai manusia dan keterampilan atau efektivitas komunikasi yang diperlukan dalam membina hubungan antarpribadi, dalam kelompok, dalam organisasi, berbicara di depan umum, berbicara dengan orang dari budaya yang berbeda dan menghadapi pengaruh media. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan Komunikasi khususnya dalam Komunikasi Antarmanusia. Buku ini terdiri dari 9 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Konsep dan Prinsip-prinsip Komunikasi Bab 2 Komponen-Komponen Komunikasi Bab 3 Model Komunikasi Bab 4 Mendengarkan Bab 5 Komunikasi Antarpribadi Bab 6 Komunikasi Kelompok Bab 7 Berbicara di Depan Publik Bab 8 Komunikasi Antarbudaya Bab 9 Komunikasi Massa

Buku ini disusun untuk memberikan wawasan yang luas kepada para pembaca tentang komunikasi antarmanusia yang dinamis dan menarik.

Ekonomi Kreatif

Sektor ekonomi kreatif menjadi tumpuan dalam perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, karena di nilai mampu untuk bertahan dibandingkan dengan usaha besar lainnya yang cenderung mengalami keterpurukan dan mengutamakan peranan kekayaan intelektual. Ekonomi kreatif merupakan suatu kegiatan menciptakan nilai tambah ekonomis yang berdaya kreasi dengan berbasis pada ide, keterampilan dan bakat individu. Produk ekonomi kreatif berkembang tidak hanya terbatas pada barang dan jasa yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, namun juga pada produk-produk seni budaya dan usaha kerajinan (seperti seni pertunjukkan, seni lukis, seni patung, seni tari, seni suara, seni desain, dan kreasi lainnya). Produk tersebut sangat dinamis serta bernilai ekonomi dan komersial. Keterkaitan dalam membahas konsep dan implementasi terkait ekonomi kreatif secara komprehensif, maka buku ini disusun menjadi 12 Bab yaitu: Konsep dasar ekonomi kreatif Sejarah perkembangan ekonomi kreatif Konsep dan konteks kreativitas dan keinovasian Pemikiran-pemikiran kelas kreatif Konsep dan inisiasi pengembangan kota kreatif Sistem klasifikasi industri kreatif di lihat dari berbagai macam model Konsep keterkaitan antara industri kreatif dan ekonomi kreatif Teori dan konsep aktor penggerak ekonomi kreatif Potensi dan pangsa pasar industri kreatif Modal dasar dan pilar ekonomi kreatif Pola pikir kreatif di masa depan (sumber daya kreatif) Ekonomi kreatif di Era Revolusi Industri 4.0

Sektor ekonomi kreatif menjadi tumpuan dalam perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, karena di nilai mampu untuk bertahan dibandingkan dengan usaha besar lainnya yang cenderung mengalami keterpurukan dan ...

Ekonomi dan Bisnis Digital

Ekonomi digital adalah ekonomi yang didasarkan pada barang elektronik dan jasa yang dihasilkan oleh bisnis elektronik dan diperdagangkan melalui perdagangan elektronik. Artinya, bisnis dengan produksi elektronik dan proses manajemen dan yang berinteraksi dengan mitra dan pelanggan dan melakukan transaksi melalui Internet dan Web teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini menawarkan alternatif model baru dalam berinteraksi baik antar individu maupun masyarakat, termasuk hubungannya dengan aktifitas perekonomian dan perdangangan. Pembahasan pada buku ini terdiri dari 7 (tujuh) bab yaitu: Pengantar Ekonomi Digital, Inovasi Model Bisnis Ekonomi Digital, Uang Digital, Teknologi Blockchain, Sistem Perdagangan Elektronik, Pembayaran Elektronik, dan Pemasaran Elektronik.

Ekonomi digital adalah ekonomi yang didasarkan pada barang elektronik dan jasa yang dihasilkan oleh bisnis elektronik dan diperdagangkan melalui perdagangan elektronik.

Ekonomi Publik

Adapun tujuan disusunnya buku ini adalah untuk membantu para pembaca, memahami bahwa Ilmu Ekonomi Publik merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu ekonomi publik dan studi pembangunan. Buku ini terdiri dari 9 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Batasan Ekonomi Publik Bab 2 Fungsi dan Peranan Pemerintah dalam Ekonomi Bab 3 Kinerja Perekonomian Pasar Bab 4 Teori Barang Swasta Bab 5 Teori Barang Publik Bab 6 Analisis Perpajakan Bab 7 Teori dan Alokasi Pengeluaran Pemerintah Bab 8 Perhitungan Pajak Bab 9 Pengaruh Pajak Terhadap Perekonomian

Adapun tujuan disusunnya buku ini adalah untuk membantu para pembaca, memahami bahwa Ilmu Ekonomi Publik merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang.

Sejarah Politik dan Kekuasaan

Buku ini terwujud atas kegelisahan akan perlunya naskah akademik sebagai pegangan mahasiswa dalam memahami politik dan kekuasaan dari sudut pandang sejarah, khususnya pada ilmu pendidikan. Dengan menguraikan secara kronologis, buku ini dapat menjadi panduan atau pedoman bagi siapa saja yang perlu tahu bagaimana politik dan kekuasaan itu hadir tahap demi tahap di Indonesia. Dalam penguraian narasi di dalam buku Sejarah Politik dan Kekuasaan, terdapat cakupan yang luas. Namun, bukan berarti melebar ke sana kemari, sebab terdapat narasi umum hingga khusus. Uraian tentang politik dan kekuasaan dimulai dari istilah dan makna yang dipaparkan oleh para teoritikus. Sementara tetap mengarahkannya pada kebutuhan akademik, khususnya kalangan mahasiswa yang memerlukan beragam teori dan pendapat dari para pakar. Pemahaman teori dapat membimbing pembacanya dalam memahami fenomena politik dan kekuasaan di Indonesia. Namun, lagi-lagi penggiringan tersebut tidak langsung menghujam situasi kekinian, sebab seperti judulnya bahwa kronologis politik dan kekuasaan harus dijelaskan secara kronologis. Oleh sebab itu masa priode pra-sejarah hingga Hindu-Budha adalah mula-mula yang mendapat tempat penguraian di dalam isi buku.

... NASIONALISME, DAN KOMUNISMEDALAM PUSARAN KEKUASAAN A. KEKUASAAN ERA ISLAM DI INDONESIA (NUSANTARA)..........85 1. ... Perkembangan Agama Islam di Sumatera Utara ....................105 D. NASIONALISME DI INDONESIA.