Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

STUDI ISLAM KOMPREHENSIF

Studi terhadap misi ajaran Islam secara komprehensif dan mendalam sangat diperlukan karena beberapa sebab. Pertama, untuk menimbulkan kecintaan manusia terhadap ajaran Islam yang didasarkan pada perintah oleh Allah dan bukan sekadar emosional karena didukung oleh argumentasi yang bersifat rasional, kultural, serta aktual yang dapat dihayati dan dirasakan oleh umat manusia. Kedua, untuk membuktikan kepada umat manusia bahwa Islam secara normatif, kultural, dan rasional adalah ajaran yang dapat membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik tanpa harus mengganggu keyakinan agama lain. Ketiga, untuk menghilangkan citra negatif dari sebagian masyarakat terhadap ajaran Islam. Terdapat sejumlah argumentasi yang digunakan untuk menyatakan bahwa misi ajaran Islam sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam. Kata Islam memiliki makna masuk dalam perdamaian. Sedangkan orang muslim ialah orang yang damai dengan Allah dan manusia. Artinya, manusia berserah diri sepenuhnya terhadap kehendak-Nya dan ia selalu berbuat baik serta tidak sewenang-wenang kepada sesamanya. Pengertian tersebut dinyatakan dalam Al-Qur’an sebagai inti dari agama Islam. Al-Qur’an menyatakan bahwa Islam adalah agama perdamaian dengan dua ajaran pokok, yaitu keesaan Allah dan kesatuan atau persaudaraan umat manusia menjadi bukti nyata bahwa agama Islam selaras dengan maknanya.

Studi terhadap misi ajaran Islam secara komprehensif dan mendalam sangat diperlukan karena beberapa sebab.

Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan

Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani. Buku ini ditulis dalam bahasa yang sederhana, dalam istilah keseharian sehingga meskipun membahasa sesuatu yang sangat serius, namun mudah dipahami.

Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani.

Sistem Pendidikan di Negeri Kangguru

Studi Komparatif Australia dan Indonesia

Buku ini adalah merupakan hasil refleksi kami dalam melakukan penelitian kurikulum di Australia. Awalnya, kami tertarik meneliti kurikulum Australia karena adanya kemandirian kurikulum Sekolah Australia yang sangat otonom. Bahkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 kita mengadopsi School Based Curriculum Development Australia. Hal yang kental diimpor dari Australia adalah terkait konsep pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan Genre Based. Tentu saja, ini membuat kami ingin melihat kebijakan politik, struktur kurikulum, sistem persekolahan, kegiatan stake holder sekolah, kesiapan guru dan komitmennya terhadap implementasi kurikulum dan pandangan para ahli kurikulum di sana. Hasilnya kami rangkum dalam buku ini. Karena waktu yang sangat terbatas yakni sepuluh hari untuk mengunjungi beberapa tempat di Melbourne Australia, maka ada beberapa bagian artikel yang kami copy-paste dari berbagai website terutama web resmi pemerintah Australia. Kami memiliki asumsi bahwa data website itu adalah milik publik dan diperbolehkan untuk diduplikasi atau dimodifikasi sesuai peruntukannya. Dalam daftar pustaka, kami cantumkan alamat resminya. Kami tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke semua tempat untuk meneliti sehingga informasi dari website menjadi pendukung penting dalam buku walaupun bukan inti dari isinya. Intisari dari buku ini tidak diduplikasi dari catatan manapun, ini original dari refleksi kami sebagai peneliti. Untuk mengetahui secara maksimal pendidikan dan kurikulum serta cara hidup Australia, kami mencoba untuk melakukan perjalanan tanpa guide dan jemputan. Ini ditujukan untuk memahami nilai-nilai kehidupan yang hadir secara empiris di Australia. Kunjungan ke tiga universitas terkenal Australia, konjen Indonesia di Melbourne, beberapa sekolah dan berdiskusi dengan para guru merupakan kegiatan terintegrasi satu sama lainnya. Kami juga merekam semua perjalanan melalui foto, audio atau video. Semua terekam dengan baik dan sesuai dengan data lapangan. Data-data itu diinterpretasikan sesuai dengan analisis data, baik secara objektif maupun subjektif. Setelah memahami sistem pendidikan Australia dengan melihat langsung ke sekolah SD dan SMP-SMA, kami melihat ada gerakan yang diinspirasi oleh Australia di Indonesia. Namanya, Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Yogyakarta. Karena memiliki ide yang sama, maka kami pun meneliti GSM sebagai bagian tidak terpisahkan dalam buku ini. Jadi buku ini pun berisi tentang ide inspiratif faktual yang dilakukan oleh GSM di Indonesia.

Buku ini adalah merupakan hasil refleksi kami dalam melakukan penelitian kurikulum di Australia.

Bunga Rampai Studi Komparatif Pendidikan Indonesia dan Negara-Negara Lain

Mengomparasikan Indonesia yang memiliki beragam budaya dan heterogenitasnya dengan Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Denmark, Australia, Finlandia, dan beberapa negara maju di dunia sesungguhnya tidak semata-mata hanya membandingkan saja, tetapi lebih dari itu. Sebagai negara yang baru berada dalam euforia demokrasi, peradaban yang dibangun Indonesia tentu belum dapat dibandingkan secara utuh dan padu dengan negara-negara maju. Namun, setidaknya Indonesia memiliki keberadaban dalam tata aturan kehidupan bermasyarakat yang dilandasi kebinekaan dan semangat untuk saling bergotong royong serta menjunjung tinggi semangat kekeluargaan. Membandingkan Indonesia dengan apa yang sudah dicapai negara-negara maju di dunia adalah dalam rangka menggali sisi positif yang telah dicapai mereka dapat dijadikan rujukan bagi kita semua. Terdapat berbagai hal yang mendasari lahirnya artikel-artikel dalam buku ini, salah satunya adalah mengetahui persoalan pendidikan pada umumnya, dan secara khusus terkait pendidikan bahasa. Selain itu, melalui buku ini, ingin mengenalkan juga berbagai sudut pandang budaya negara-negara maju yang diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia.

Konsep pendidikan dan pendidikan literasi di Australia menjadi alternatif menuju konsep pendidikan dan pendidikan literasi menuju peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Indonesia unggul. Keunggulan mutu pendidikan Autralia yang ...

Administrasi Pembelajaran (Studi Praktis Mahasiswa di Lembaga Pendidikan)

Buku yang berjudul Administrasi Pembelajaran (Studi Praktis Mahasiswa Di Lembaga Pendidikan) ini telah disusun dengan maksimal dan mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan buku ini. Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami untuk menyelesaikan tugas ini. Praktik Pengayaan Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas yang wajib diselesaikan mahasiswa/i untuk memenuhi dan melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masiung-masing. Dari PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai data untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung viii ix viii jawabnya sebagai tenaga akademik dalam dunia pendidikan. Program PPL yang diawali dengan kegiatan observasi, diskusi antara mahasiswa dengan pihak sekolah, konsultasi program kerja, pelaksanaan program kerja dan pembuatan laporan. PPL di sekolah bertujuan agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami kinerja lembaga kependidikan formal, serta dapat mengembangkan potensi yang dimiliki untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah. PPL merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususnya dunia pendidikan sehingga dapat mengidentifikasikan permasalahan dan mengatasinya yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) sebagai perguruan tinggi yang mencetak tenaga kependidikan atau calon guru, juga harus meningkatkan kualitas lulusannya agar dapat bersaing dalam dunia kependidikan baik dalam skala nasional maupun internasional. Sejalan dengan Tri Dharma keguruan tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian masyarakat (dalam hal ini masyarakat sekolah) maka tanggung jawab seorang mahasiswa setelah menyelesaikan tugas-tugas belajar di kampus adalah mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kampus kepada masyarakat, khususnya masyarakat sekolah. ix Dari hasil pengaplikasian itulah pihak sekolah dan mahasiswa (khususnya) dapat mengukur kesiapan dan kemampuannya sebelum nantinya mahasiswa benarbenar menjadi bagian dari masyarakat luas, tentunya dengan bekal keilmuan dari universitas.

Hasil pengamatan menunjukan bagaimana staf dan pegawai sangat merawat dan memanfaatkan sarana dan prasarana dengan sangat baik sehingga penelitian ini memfokuskan bagaimana sarana dan prasarana meningkatkan administrasi pendidikan. dan ...

STUDI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DARI ERA KLASIK HINGGA ERA KONTEMPORER

Dalam tempat mulia ini (masjid) bertemulah segala jenis ilmu pengetahuan yang bermacam ragamnya, di mana para pelajar mendiskusikan dan mengkaji ilmu-ilmu tersebut bersama-sama dengan guru-guru besar mereka yang terkenal pada zamannya. Maka dari itu masjid adalah sebagai tempat sembahyang, madrasah, universitas, majelis nasional, dan pusat-pusat pemberian fatwa serta tempat penggemblengan para pejuang dan patriot bangsa dari zaman-zaman. Dengan demikian, maka masjid berperan besar dalam siklus kehidupan umat Islam, bahkan sampai sekarang masjid menjadi markas yang penting untuk penyebaran Islam. Di D 2 Muhammad Basyrul Muvid, S.Pd.I., M.Pd. samping itu masjid juga memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan Islam, karena itu masjid atau surau merupakan sarana yang pokok dan mutlak keperluannya bagi perkembangan masyarakat Islam. Di sini masjid dapat dianggap sebagai lembaga ilmu pengetahuan yang tertua dalam Islam.

Dengan diberlakukannya undang-undang nomor 20 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, maka untuk mengatur lembaga pendidikan yang beragam di Indonesia dikeluarkan pula peraturan pemerintah yaitu hasil pendidikan nonformal dapat ...

Modul Praktik Konsultasi Gizi Online Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien

Konsultasi gizi merupakan salah satu metode intervensi untuk menangani masalah gizi pada pasien ataupun klien. Melakukan praktik konsultasi gizi merupakan salah satu kompetensi yang penting dimiliki seorang dietisien. Dengan menguasai kompetensi tersebut, seorang dietisien diharapkan dapat dengan tepat dan berhasil guna membantu mencegah/mengatasi masalah gizi. Hampir di setiap pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas dan Rumah Sakit, layanan konsultasi gizi ada sebagai salah satu sarana kesehatan untuk masyarakat. Hal ini tidak boleh disia-siakan, namun harus ditunjang dengan tenaga yang profesional, yang mampu memberikan pelayanan konsultasi gizi dengan baik. Di era globalisasi saat ini, konsultasi sudah banyak dikembangkan dalam bentuk online, sehingga masyarakat dapat mengakses dan melakukan konsultasi di mana pun dan kapan pun. Buku ini mencoba mengulas teori pendukung dalam melakukan praktik konsultasi gizi yang baik untuk mahasiswa dietisien pada khususnya dan mahasiswa di bidang kesehatan pada umumnya. Selain itu, dalam buku ini diulas bagaimana melakukan praktik konsultasi gizi online sebagai salah satu sarana praktik mahasiswa. Diharapkan dengan adanya buku ini dapat menambah bekal dan pemantapan diri seorang mahasiswa atau dietisien untuk melakukan praktik konsultasi gizi. Hal ini merupakan salah satu terobosan penulis beserta tim dengan mengembangkan aplikasi konsultasi gizi online sebagai salah satu sarana pembelajaran mahasiswa dietisien.

Konsultasi gizi merupakan salah satu metode intervensi untuk menangani masalah gizi pada pasien ataupun klien.

Analisis Maqashid Syari’ah terhadap Moderasi Beragama dan Preferensi Politik Warga Nahdliyin (Studi Empiris terhadap Pilkada Serentak 2020)

Pengarusutamaan moderasi beragama terhadap pilkada serentak 2020 sangat dibutuhkan. Sebab Pilkada yang dirancang sebagai demokrasi elektoral, justru menjadi ajang baru timbulnya konflik kekerasan dan benturan-benturan fisik antar pendukung calon kepala daerah menjadi pemandangan jamak yang ditemui. Singkatnya, mekanisme demokrasi yang ada seolah justru melegitimasi munculnya kekerasan akibat perbedaan yang sulit ditolerir antara pihak-pihak berkepentingan di arena demokrasi. Dengan kata lain, desain demokrasi di Indonesia dalam konteks penyelenggaraan pilkada telah gagal sebagai cara mentransformasikan konflik. Sepanjang perhelatan pilkada di Indonesia, salah satu penyebab konflik adalah sentimen keagamaan. Hal ini tentunya bisa menyebabkan disitegrasi bangsa.

Pengarusutamaan moderasi beragama terhadap pilkada serentak 2020 sangat dibutuhkan.

Menilai Kesehatan Bank Syariah berbasis Maqashid Al-Syari’ah

Penilaian kesehatan bank syariah menjadi bagian penting dalam mengawal operasionalisasi sistem perbankan syariah yang sesuai dengan prinsip syariah (syari’ah compliance). Kesesuaian tersebut tidak semata pada aspek fikih, namun juga harus selaras dengan tujuan dasar ekonomi Islam, yaitu mewujudkan falah (kesejahteraan) bagi umat manusia. Hal ini searah dengan tujuan diturunkannya agama Islam, yaitu untuk kemaslahatan umat manusia. Namun, tujuan dasar tersebut tentu tidak terwujud jika bank syariah dalam menjalankan bisnisnya hanya berorientasi pada profit (profit oriented) dan mengesampingkan aspek sosial. Buku ini mengurai tentang penilaian kesehatan bank syariah berbasis maqashid al-syari’ah sebagai upaya mengawal operasional bank syariah yang mengarah pada kesejahteraan umat manusia. Penilaian kesehatan bank syariah yang berorientasi pada aspek keuangan dan profit untuk kepentingan shareholders sama sekali tidak salah. Tentu saja ini dalam konteks dasar nilai yang terkandung dalam sistem ekonomi modern. Namun, jika dipandang dari sudut pandang etika syariah, maka penilaian kesehatan bank syariah yang hanya berorientasi pada aspek keuangan dan profit akan terlihat parsial dan temporer. Padahal, dalam konteks etika syariah, realitas sosial (termasuk di dalamnya realitas bisnis perbankan) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh sistem sosial dan agama. Oleh karena itu, di samping penilaian kesehatan finansial, penilaian kesehatan sosial bank syariah sebagai refleksi peran sosial harus juga dilakukan. Dengan berlandaskan maqashid al-syari’ah, penilaian kesehatan bank syariah tidak hanya pada aspek keuangan saja (profit oriented), namun juga memenuhi aspek kesehatan sosial secara proporsional.

Penilaian kesehatan bank syariah menjadi bagian penting dalam mengawal operasionalisasi sistem perbankan syariah yang sesuai dengan prinsip syariah (syari’ah compliance).

Panorama Maqashid Syariah

Buku ini merupakan kumpulan pemikiran dari para ulama terkait dengan Maqshid syariah yang disusun oleh para penulis yang sudah berpengalaman di dalam dunia ilmu Hukum Islam dan Maqashid Syariah. Sebagai sebuah pemikiran tentu saja ianya memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga harus disikapi sebagai suatu karya brilliant yang menjadi bahan kajian untuk generasi berikutnya.

Beberapa karangan fonumental yang pernah ditulis diantaranya Maqashid Al Shariah : A Beginner's Guide, Islam, Christiany and Pluralism, Shariah and Politics, Maqashid Al-Shariah as Philosophy of Islamic Law A system Approach, ...