Sebanyak 4369 item atau buku ditemukan

Mengenal Lebih Dekat Sistem Manajemen dan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Teori dan Praktik)

Buku ini membahas tentang runag lingkup dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan manajemen dan tata kelola perusahaan. Banyak aspek yang disajikan dalam buki ini yang tersaji dalam 14 bab, yaitu: Bab 1. International Organization for Standardization (ISO) Bab 2. Prinsip-Prinsip ISO 9001 & 14001 Bab 3. Tahapan Persiapan dan Implementasi ISO Bab 4. Audit dan Tinjauan Manajemen ISO Bab 5. ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) Bab 6. Sistem Jaminan Halal (SJH) Bab 7. Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) (GCG) Bab 8.Manajemen Sumber Daya Manusia Bab 9. Pengertian Perusahaan dan Model Bisnis Bab 10. Hukum Perlindungan Konsumen Bab 11. Hukum Alternatif Penyelesaian Sengketa Bab 12. Sistem Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Bab 13. Corporate Social Responsibility Bab 14. Aksi Korporasi (Corporate Action) Penulis menyadari buku ini masih banyak kekurangan, dengan itu penulis berharap saran yang membangun dari para pembaca guna kesempurnaan buku ini.

B. 7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Gambar 2.1 Tujuh Prinsip Sistem Manajemen Mutu Terdapat 7 prinsip dalam Sistem ... Pemahaman kebutuhan saat ini dan masa depan dari pelanggan memberikan sumbangsih kepada kesuksesan ...

Framework Peningkat Kinerja Sistem Manajemen Aset Berbasis ISO 55001 dan ISO 31000

Saat ini manajemen aset adalah sebuah disiplin baru di Indonesia. Jika dicari di mesin pencari online dengan kata kunci “manajemen aset” kita masih disajikan hasil yang berupa list perusahaan investasi yang menawarkan saham, obligasi dan sebagainya. Namun cakupan manajemen aset saat ini bergerak lebih banyak ke arah engineering asset management, pengelolaan aset- aset yang bersifat fisik hasil karya manusia atau bahkan ke aset fisik industri. International Standard Organisation (ISO) juga sudah mengeluarkan standar internasional tentang sistem manajemen aset yang berupa seri ISO 55000 yang berisi ISO 55000, ISO 55001, dan ISO 55002. Standar ini kemudian baru diadopsi oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) ada tahun 2018 menjadi SNI ISO 55001. Sehingga saat ini masih banyak perusahaan- perusahaan di Indonesia yang masih awam dan belum aware tentang manajemen aset. Perusahaan yang sudah sadar tentang manajemena aset kesulitan untuk menerapkannya karena berbagai alasan yaitu : kurangnya tenaga ahli yang betul- betul paham tentang manajemen aset. Masih sedikitnya jumlah pakar manajemen aset dan ISO 55001 ini dikarenakan mereka harus memahami banyak hal di organisasi mulai dari manajemen perawatan, manajemen keuangan, hingga manajemen risiko. Dengan kata lain pakar manajemen aset adalah orang yang paham bagaimana menyeimbangkan kinerja aset, biaya dan risiko di berbagai tingkat organisasi mulai dari manajemen puncak hingga dataran operasional. Dengan kata lain manajemen aset adalah bidang yang multidisiplin dan interdisiplin. Sebab lain kesulitan perusahaan dalam penerapan manajemen aset adalah karena kurang best practice manajemen aset. Dari sudut pandang saya, minimnya best practice ini bisa dikurangi dengan banyak membaca literatur tentang manajemen aset sehingga ini menginspirasi untuk menulis buku ini yaitu buku tentang fremework untuk meningkatkan kinerja sistem manajemen aset. Buku ini diharapkan bisa bermanfaat bagi para praktisi, akademisi dan peneliti yang tertarik di bidang manajemen aset atau bidang lain yang berkaitan dengan manajemen aset. Rekomendasi penggunaan buku ini bagi para praktisi, akademisi, dan peneliti disampaikan di akhir bab 1 di dalam buku ini. Ini adalah buku ketiga di dalam seri buku manajemen aset setelah yang pertama berupa buku dengan judul “Life Cycle Cost Model to Support Asset Management Decision Making” yang membahas tentang aplikasi life cycle cost untuk mendukung pembuatan keputusan di dalam manajemen aset yang di dalamnya juga membahas tentang kasus- kasus konrit yang terjadi di perusahaan dan bagaimana dapat diselesaikan dengan pendekatan life cycle cost. Buku kedua adalah buku dengan judul “Engineering Asset Management (Pengantar Manajemen Aset Industri berbasis ISO 55000)”. Buku tersebut adalah buku ajar yang dimaksudkan membantu dan mengisi kekosogan buku tentang manajemen aset di Indonesia. Bisa digunakan oleh para sivitas akademika atau siapa saja yang ingin belajar tentang manajemen aset. Dan semoga buku- buku tentang Engineering Asset Management akan semakin banyak nantinya.

Manajemen Aset juga perlu memperhitungkan ketidakpastian yang terkait dengan perencanaan jangka panjang. Ketidakpastian ini dapat meliputi: - Apa tingkat permintaan di masa depan? - Apakah tingkat layanan yang diperlukan akan berubah?

Buku Monograf Peningkatan Loyalitas Nasabah Bank Syariah : Pendekatan Etika Pemasaran Islam

Kecenderungan masyarakat dunia bisnis yang menginginkan keuntungan tanpa melihat bagaimana nilai-nilai normatif transendental dalam berniaga, menyebabkan etika bisnis sangat sulit diterapkan dalam akitivitas perekonomian. Dalam realitas di dunia usaha saat ini juga timbul gejala menghalalkan segala cara demi mencapai sebuah kenikmatan. Etika bersaing dalam bisnis tidak lagi sehat, profesional, dan sportif. Namun, cara dan budaya ini menerabas tru semakin tumbuh subur di masyarakat. Paradigma masyarakat saat ini menganggap perilaku bisnis menggunakan etika Islam akan menghambat proses mencapai keuntungan maksimal sebagai asas dalam berbisnis. Namun, apabila kita cermati lebih mendalam, etika bisnis yang banyak dilakukan perusahaan dapat mengantarkan perusahaan semakin establish dan sustainable, lebih baik lagi jika etika bisnis Islam dalam al-Qur’ān dan as-Sunnah dijadikan sebagai landasan dasarnya. Di sinilah pentingnya konsep pemasaran yang mendasarkan nilai-nilai syariah Islam, yaitu konsep Islamic Marketing. Buku ini hadir dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai rujukan para pemasar dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai tuntuan syariah Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadits. Kandungan buku ini memberikan makna yang cukup dalam, yakni menekankan aspek memaksimalkan nilai bukan maksimalisasi keuntungan. Maksimalisasi nilai dimaksud adalah pemasar dalam melaksanakan tugasnya selalu didasari keadilan dan kejujuran sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yaitu sidik, amanah, tablig, fatanah.

Kecenderungan masyarakat dunia bisnis yang menginginkan keuntungan tanpa melihat bagaimana nilai-nilai normatif transendental dalam berniaga, menyebabkan etika bisnis sangat sulit diterapkan dalam akitivitas perekonomian.

Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi, Keuangan, Dan Pemasaran Syariah (Data Cross Section)

Buku ini terdiri dari terdiri dari 12 bab yang sangat menarik untuk dibaca karena selain mengedepankan keilmuan ekonometrika, juga dapat diimplementasikan dalam bidang ekonomi, keuangan, dan pemasaran syariah. Perkembangan ekonomi, keuangan dan pemasaran syariah yang sangat pesat serta berkembangnya program studi bidang ekonomi dan keuangan Islam mengakibatkan bidang studi ini memerlukan referensi. Mengingat pembahasannya yang cukup komprehensif dan sistematis, buku ini dapat dijadikan referensi utama. Buku ini terdiri dari terdiri dari 12 bab yang sangat menarik untuk dibaca karena selain mengedepankan keilmuan ekonometrika, juga dapat diimplementasikan dalam bidang ekonomi, keuangan, dan pemasaran syariah. Perkembangan ekonomi, keuangan dan pemasaran syariah yang sangat pesat serta berkembangnya program studi bidang ekonomi dan keuangan Islam mengakibatkan bidang studi ini memerlukan referensi. Mengingat pembahasannya yang cukup komprehensif dan sistematis, buku ini dapat dijadikan referensi utama. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #Kencana

Buku ini terdiri dari terdiri dari 12 bab yang sangat menarik untuk dibaca karena selain mengedepankan keilmuan ekonometrika, juga dapat diimplementasikan dalam bidang ekonomi, keuangan, dan pemasaran syariah.

Etika Pemasaran Dalam Perspektif Islam

Buku ini mengupas perihal etika pemasaran dalam perspektif Islam. Tujuan penulisan buku ini untuk mempersiapkan tenaga pemasaran berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis. Buku ini sangat sitematis menyajikan beberapa pokok bahasan meliputi: Prinsip-prinsip Umum Ekonomi Islam, Teori Maqāṣid Syarī’ah, Konsep Islamic Marketing, Etika Pemasaran Dalam Perspektif Islam, Bauran Pemasaran Dalam Perspektif Islam, Kepuasan Pelanggan dalam Perspektif Islam, Loyalitas Pelanggan dalam Perspektif Islam. Buku ini hadir dalam rangka melengkapi kekosongan buku referensi pemasaran yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah. Dengan hadirnya buku ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan para pemasar dalam melaksanakan tugasnya sesuai prinsip-prinsip syariah terhindar dari berbagai praktik pemasaran yang bertentangan dengan syariah Islam.

Buku ini mengupas perihal etika pemasaran dalam perspektif Islam.

Pemasaran Bang

Buku ini telah menjadi referensi penting bagi dunia perbankan dan buku pegangan wajib untuk perkuliahan pemasaran bank di berbagai universitas. Pada edisi revisi kali ini, penulis telah melakukan berbagai penyempurnaan materi yang telah ada sebelumnya dan penambahan materi tentang aspek-aspek penilaian kesehatan bank dan kepuasan nasabah.Penyempurnaan dan penambahan materi yang penulis lakukan antara lain pada pada Bab III, yaitu pada Aspek-aspek Penilaian Kesehatan Bank dan pada Bab X pada materi Marketing Mix. Kemudian penambahan materi tentang Kepuasan Nasabah (Pelanggan) pada Bab XIII. Penambahan materi Kepuasan Nasabah (Pelanggan) yang merupakan materi yang dianggap penting dalam pelayanan kepada nasabah. Selanjutnya, di setiap permulaan bab para mahasiswa diarahkan setelah membaca bab tersebut agar mampu menguasainya. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah penambahan Glosarium dan Indeks guna memudahkan pembaca memahami isi buku ini. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Bank yang Berdasarkan Prinsip Syariah ( Islam) Bank berdasarkan prinsip syariah belum lama berkembang di Indonesia, namun sudah menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan sejak hadirnya bank syariah saat ini yang berjumlah sekitar ...

Fintech Syariah : Teori dan Terapan

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan informasi secara detail mengenai definisi dan dasar hukum fintech, model fintech, manfaat, dan resiko dari fintech itu sendiri, baik secara perspektif umum maupun perspektif Islam. Dalam buku ini juga terdapat pembahasan lebih lanjut mengenai perkembangan teknologi finansial hingga era milenial. Buku ini mengajak para pembaca untuk meningkatkan literasi dengan mengetahui prospek fintech syariah yang menjanjikan di Indonesia, serta melihat alur proses perkembangan fintech syariah di negara-negara lain

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan informasi secara detail mengenai definisi dan dasar hukum fintech, model fintech, manfaat, dan resiko dari fintech itu sendiri, baik secara perspektif umum maupun perspektif Islam.

Digital Marketing dan Fintech di Indonesia

Usaha mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Digital Marketing menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen. Sementara itu, FinTech adalah seni gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat dengan yang awalnya dalam membayar harus bertatap muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. Dalam buku ini Penulis membahas korelasi antara perkembangan FinTech dan Digital Marketing di beberapa negara, khususnya di Indonesia.

Dalam buku ini Penulis membahas korelasi antara perkembangan FinTech dan Digital Marketing di beberapa negara, khususnya di Indonesia.

Handbook of Research on Cybersecurity Issues and Challenges for Business and FinTech Applications

Digital transformation in organizations optimizes the business processes but also brings additional challenges in the form of security threats and vulnerabilities. Cyberattacks incur financial losses for organizations and can affect their reputations. Due to this, cybersecurity has become critical for business enterprises. Extensive technological adoption in businesses and the evolution of FinTech applications require reasonable cybersecurity measures to protect organizations from internal and external security threats. Recent advances in the cybersecurity domain such as zero trust architecture, application of machine learning, and quantum and post-quantum cryptography have colossal potential to secure technological infrastructures. The Handbook of Research on Cybersecurity Issues and Challenges for Business and FinTech Applications discusses theoretical foundations and empirical studies of cybersecurity implications in global digital transformation and considers cybersecurity challenges in diverse business areas. Covering essential topics such as artificial intelligence, social commerce, and data leakage, this reference work is ideal for cybersecurity professionals, business owners, managers, policymakers, researchers, scholars, academicians, practitioners, instructors, and students.

Most banks are now adopting FinTech due to personalizing offerings, generating new income streams, improving customer service, and targeting cross-selling (Kumari & Devi, 2022) (Aaron et al., 2017). Now digital banking is moving towards ...

The AI Book

The Artificial Intelligence Handbook for Investors, Entrepreneurs and FinTech Visionaries

Written by prominent thought leaders in the global fintech space, The AI Book aggregates diverse expertise into a single, informative volume and explains what artifical intelligence really means and how it can be used across financial services today. Key industry developments are explained in detail, and critical insights from cutting-edge practitioners offer first-hand information and lessons learned. Coverage includes: · Understanding the AI Portfolio: from machine learning to chatbots, to natural language processing (NLP); a deep dive into the Machine Intelligence Landscape; essentials on core technologies, rethinking enterprise, rethinking industries, rethinking humans; quantum computing and next-generation AI · AI experimentation and embedded usage, and the change in business model, value proposition, organisation, customer and co-worker experiences in today’s Financial Services Industry · The future state of financial services and capital markets – what’s next for the real-world implementation of AITech? · The innovating customer – users are not waiting for the financial services industry to work out how AI can re-shape their sector, profitability and competitiveness · Boardroom issues created and magnified by AI trends, including conduct, regulation & oversight in an algo-driven world, cybersecurity, diversity & inclusion, data privacy, the ‘unbundled corporation’ & the future of work, social responsibility, sustainability, and the new leadership imperatives · Ethical considerations of deploying Al solutions and why explainable Al is so important

In The AI Book, the authors explain the future of the global financial industry. This includes how leveraging AI will improve the financial health of underbanked people and extend investment opportunities to more people than ever before.