Sebanyak 1087 item atau buku ditemukan

Penerapan Everyone is A Teacher Here (ETH) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penerapan Everyone is A Teacher Here (ETH) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PENULIS: AMRAL, S.Pd., M.Pd. ISBN : 978-623-7909-21-7 Terbit : Maret 2020 Sinopsis: Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu ataupun kelompok. Perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang bersangkutan. Begitu juga dengan hasil-hasilnya, individu yang bersangkutan menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan, misalnya pengetahuannya semakin bertambah atau keterampilannya semakin meningkat, dibandingkan sebelum dia mengikuti suatu proses belajar. Selamat Belajar! Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Penerapan Everyone is A Teacher Here (ETH) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PENULIS: AMRAL, S.Pd., M.Pd. ISBN : 978-623-7909-21-7 Terbit : Maret 2020 Sinopsis: Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap ...

Penelitian Tindakan Kelas

(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas)

PTK masih menjadi momok yang menakutkan bagi kalangan guru. Mereka seolah-olah dihadapkan pada situasi penelitian yang penuh dengan kegiatan rumit dan kata-kata ilmiah yang sulit dipahami. Padahal, sebenarnya penelitian tindakan kelas adalah kegiatan penelitian yang menantang, lebih sederhana, tidak serumit dan seketat penelitian lainnya. Buku ini berusaha menjawab tantangan guru untuk menghadirkan petunjuk praktis membuat PTK dalam rangka meningkatkan kompetensi guru sekaligus mendapatkan angka kredit sebagai bahan kenaikan tingkat guru. Isi buku ini dimulai dengan menjelaskan tentang pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru yang berkaitan dengan penelitian tindakan kelas, pada bab II dijelaskan mengenai sejarah munculnya PTK dan pengertian PTK, pada bab ini juga dijelaskan tentang tujuan, manfaat, serta perbedaan antara PTK dengan penelitian lainnya. Pada Bab III digambarkan berbagai model PTK menurut para ahli, selanjutnya pada Bab IV dijelaskan mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengolahan data, dan instrumen penelitian PTK. Kemudian terakhir pada bab V dijelaskan mengenai langkah-langkah praktis pelaksanaan penelitian tindakan kelas.

Padahal, sebenarnya penelitian tindakan kelas adalah kegiatan penelitian yang menantang, lebih sederhana, tidak serumit dan seketat penelitian lainnya.

Penelitian Tindakan Kelas ( PTK)

Buku ajar

Buku ajar

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

BAB I HAKIKAT DAN PARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS ................................. A. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas........................ B. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ............................. C. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas ........................... D. Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)....... E. Prinsip Penelitian Tindakan Kelas ........................... F. Langkah-langkah dalam PTK................................... G. Latihan Soal.............................................................. BAB II MERUMUSKAN MASALAH DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS .............................. A. Menemukan Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas......................................................... B. Membuat Rumusan Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas......................................................... C. Latihan Soal.............................................................. BAB III MANFAAT DAN KEGUNAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ............................... A. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas ......................... B. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Siswa, Guru, Sekolah dan Teori Pendidikan............ C. Kegunaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ........... D. Latihan Soal.............................................................. BAB IV PERAN DAN MEREVIEW TEORI DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS ............................... A. Peran Penelitian Tindakan Kelas.............................. B. Mereview Teori dalam Penelitian Tindakan Kelas .. C. Latihan Soal.............................................................. BAB V DATA DAN SUMBER DATA PENELITIAN TINDAKAN KELAS ............................... A. Definisi Data dan Sumber Data................................ B. Jenis Data dan Sumber Data..................................... BAB VI DATA DAN SUMBER DATA DALAM PTK, PROSEDUR PTK DAN PROSEDUR YANG ADA DALAM AL QUR’AN DAN HADIS................................ A. Sumber Data ............................................................. B. Jenis Data ................................................................. C. Prosedur Penelitian................................................... D. Prosedur Evaluasi Pembelajaran .............................. E. Prosedur di dalam al-Qur‟an dan hadis .................... C. Latihan Soal.............................................................. BAB VII TEKNIK PENGUMPULAN DATA PTK DAN MENGIDENTIFIKASIKAN AYAT DAN HADIS DALAM HAL OBSERFASI, WAWANCARA, DOKUMEN .......................................... A. Teknik Pengumpulan Data PTK .............................. B. Identifikasi Ayat dan Hadis dalam Hal Observasi, Wawancara dan Dokumen ....................................... C. Latihan Soal.............................................................. BAB VIII TEKNIK ANALISIS DATA TINDAKAN KELAS ................................................................................ A. Pengertian Teknik Analisi Data ............................... B. Jenis Data yang Dianalisis........................................ C. Teknik-teknik Analisis Data..................................... D. Langkah-langkah Analisis Data ............................... E. Menginterpresikan.................................................... F. Latihan Soal.............................................................. BAB IX CARA MEMBANGUN KEABSAHAN DATA .................................................................................. A. Alasan dan Acuan..................................................... B. Kriteria Keabsahan Data .......................................... C. Pemeriksaan Keabsahan Data .................................. D. Latihan Soal.............................................................. BAB X ANALISIS PROPOSAL DALAM SKRIPSI... A. Pengertian Proposal ................................................. B. Sistematika Penulisan Proposal Skripsi .................. C. Analisis Proposal dalam Skripsi.............................. D. Latihan Soal............................................................. BAB XI PRAKTEK PEMBUATAN PROPOSAL....... A. Pengertian Proposal ................................................. B. Jenis-Jenis Proposal................................................. C. Isi Proposal .............................................................. D. Ciri-Ciri Proposal .................................................... E. Bentuk-bentuk Proposal .......................................... F. Unsur-unsur Proposal .............................................. G. Bagian-bagian proposal ........................................... H. Latihan Soal............................................................. BAB XII ANALISIS LAPORAN DALAM SKRIPSI.. A. Laporan dalam Skripsi ............................................ B. Analisis Skripsi ....................................................... C. Latihan Soal............................................................. DAFTAR PUSTAKA ....................................................... GLOSARIUM .................................................................. BIOGRAFI PENULIS .....................................................

BAB I HAKIKAT DAN PARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS .

PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEORI DAN APLIKASINYA UNTUK PENDIDIK YANG PROFESIONAL

Buku ini merupakan panduan bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar maupun guru yang hendak menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Di dalam buku ini akan dibahas konsep dasar PTK, cara menysun PTK dari awal sampai akhir laporan, meskipun tidak terlalu sempurna, Insya Allah buku ini mampu memberikan pemahaman terkait dengan PTK.

Buku ini merupakan panduan bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar maupun guru yang hendak menyusun Penelitian Tindakan Kelas.

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

Desain Praktik Pembelajaran 4.0

Penelitian tindakan sekolah merupakan suatu desain penelitian yang dianggap dapat memperbaiki berbagai kekurangan yang masih terjadi dalam praktik pembelajaran secara khusus dan pendidikan secara umum. Salah satu hal yang menjadi fokus di dalam buku ini adalah belum berkembangnya kemampuan motorik kasar anak usia dini TK Dharma Wanita Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti kurangnya inovasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang monoton, penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dalam kegiatan permainan. Masalah-masalah tersebut merupakan masalah yang harus dipecahkan. Oleh sebab itu, buku ini hadir untuk menjawab segala permasalahan yang terjadi dalam praktik pembelajaran di TK Dharma Wanita Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Refleksi Tindakan / Observasi Refleksi Tindakan / Observasi Rencana awal/rancangan Rencana yang direvisi Refleksi Rencana yang Tindakan / direvisi Observasi Gambar Alur tahapanPTK Kemmis dan McTarggart, (1998) Menurut Kemmis dan Mc ...

Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Dan Dilengkapi Contohnya

PTK merupakan bentuk penelitian tindakan yang diterapkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Ciri khusus PTK adalah adanya tindakan nyata yang dilakukan sebagai bagian dari kegiatan penelitian dalam rangka memecahkan masalah. Tindakan tersebut dilakukan pada situasi alami serta ditujukan untuk memecahkan masalah praktis. Tindakan yang diambil merupakan kegiatan yang sengaja dilakukan atas dasar tujuan tertentu. Tindakan dalam PTK dilakukan dalam suatu siklus kegiatan. Kolaborasi (kerja sama) antara praktisi (guru) dan peneliti (dosen atau widyaiswara) merupakan salah satu ciri khas PTK. Melalui kolaborasi ini mereka bersama menggali dengan mengkaji permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru dan atau siswa. Sebagai penelitian yang bersifat kolaboratif, harus secara jelas diketahui peranan dan tugas guru dengan peneliti. Dalam PTK kolaboratif, kedudukan peneliti setara dengan guru, dalam arti masing-masing mempunyai peran serta tanggung jawab yang saling 6 membutuhkan dan saling melengkapi. Peran kolaborasi turut menentukan keberhasilan PTK terutama pada kegiatan mendiagnosis masalah, merencanakan tindakan, melaksanakan penelitian (tindakan, observasi, merekam data, evaluasi, dan refleksi), menganalisis data, menyeminarkan hasil, dan menyusun laporan hasil.

PTK merupakan bentuk penelitian tindakan yang diterapkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas.

Kumpulan Penelitian Tindakan Kelas

Buku ini adalah laporan penelitian tindakan kelas yang dimodifikasi menjadi buku pendidikan agar menjadi praktis dan mudah dipahami oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA khusunya. Buku ini menjelaskan konsep berbagai strategi pembelajaran Inkuiri. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru yang ingin mengaplikasikan strategi pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajarannya. Untuk mendukung penerapan pembelajaran, buku ini dilengkapi dengan lampiran yang berisi format RPP lengkap berikut penilaiannya.

Buku ini adalah laporan penelitian tindakan kelas yang dimodifikasi menjadi buku pendidikan agar menjadi praktis dan mudah dipahami oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA khusunya.

Pembelajaran Al-Qur`an Tingkat Dasar, Menengah, dan Mahir yang Terintegrasi oleh Teknologi Berbasis Personalized Learning

Pembelajaran Al-Qur`an Tingkat Dasar, Menengah, dan Mahir yang Terintegrasi oleh Teknologi Berbasis Personalized Learning Penulis : Andreas S P, S.Sn, M.Sn, ACA., Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I., Moh. Fauzan, S.Pd., M.Pd.I., Afwan Hariri Agus P., SE., M.Si., A. Syahrul Munir, S.Pd., Afis Baghiz Syafruddin, Ari Gunawan, S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-5728-05-6 Terbit : Oktober 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Pembelajaran Al-Qur`an yang Menyenangkan dan Modern Pembelajaran Al-Qur`an jadi gambaran masa depan dunia pendidikan dalam belajar Al-Qur`an yang menyenangkan dan terintegrasi dengan teknologi, kita butuh untuk terus berkembang dan mempelajari pembelajaran Al-Qur`an agar dapat sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. … Melalui buku ini pembelajaran AL-Qur`an pad tingkatan dasar, menengah, dan mahir, dari buku ini semoga akan ada perkembangan lain pada dunia pembelajaran Al-Qur`an serta menjadi semangat bagi peserta didik untuk belajar membaca Al-Qur`an www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

... al - Qur'an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulia disamping hadis - hadis nabi yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu . , Di dalam Al qur'an kata ilmu dan kata - kata jadianya di ...

Metode Pembelajaran Alquran Dasar I

Bagi sebagian orang barangkali membaca Alquran cukup dilafalkan asal sesuai huruf maupun bunyinya saja tanpa memedulikan irama di dalamnya. Namun bagi sebagian yang lain, baca Alquran perlu adanya seni baca yang baik sekaligus tata cara baca yang bagus agar terdengar merdu dan tidak memicu rasa bosan. Buku ini menyuguhkan metode pembelajaran membaca Alquran yang dikembangkan oleh Majlis Quran sebagai upaya pemberdayaan bagi umat Islam agar lebih memahami dan fasih membaca Alquran. Selain berharap manfaat, cara ini diharapkan agar semua lapisan masyarakat—terutama umat Islam—bisa lebih gemar membaca Alquran dan mengamalkan ayat-ayat di dalamnya. Selamat belajar dan membaca! Semoga bermanfaat. Amin.

Metode An-Nuur Arif Budi Nurrofiq, S.Pd.I. belajar mudah membaca Al-Qur'an BIODATA PENDIRI MAJLIS AL QURAN ARIF BUDI NURROFIQ S.Pd.I: Lahir. Madiun Madiun.