Sebanyak 21619 item atau buku ditemukan

ESTETIKA PEDALANGAN

Ruwatan Murwakala Kajian Estetika dan Etika Budaya Jawa

Buku ini berisi tulisan secara teoritis bertujuan menganalisis Lakon Wayang Murwakala tradisi pewayangan gaya Yogakarta. Analisis dilakukan dalam rangka implementasi konsep estetika jagad pewayangan atau pedalangan didasarkan atas pergelaran cerita lakon wayang oleh ki dalang. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa aspek-aspek estetik wayang akan dapat dipahami manakala diaplikasikan dalam dunia riil pertunjukannya. Mengingat sudut pandang itulah, maka pertimbangan melakukan analisis cerita lakon tertentu yaitu lakon Murwakala menjadi pilihan utama. Sebagai dasar analisis adalah pergelaran lakon Murwakala yang dilakukan oleh seorang dalang ruwat terkenal dari Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara umum penulisan ini dilakukan berdasarkan perspektif filsafat seni dan estetika, terutama adalah pandangan filsafat Jawa. Fokus analisis adalah (1) Pembahasan ontologis metafisis lakon wayang Murwakala, serta dari segi epistemologisnya. (2) Menganalisis lakon wayang Murwakala yang diarahkan pada tataran aksiologis guna mengungkap aspek-aspek estetika dan etika. (3) Melakukan pembahasan dan analisis implementasi dari berbagai pengalaman estetik, aspek-aspek nilai keindahan dan etika wayang dalam jagad seni pedalangan terutama lakon Murwakala versi Ki Timbul Cermomanggolo.

Fokus analisis adalah (1) Pembahasan ontologis metafisis lakon wayang Murwakala, serta dari segi epistemologisnya. (2) Menganalisis lakon wayang Murwakala yang diarahkan pada tataran aksiologis guna mengungkap aspek-aspek estetika dan etika ...

Moral dan Etika dalam Kisah Hidup Buddha (Jilid 2)

Kumpulan Cerita dan Kegiatan untuk Remaja

Moral dan Etika dalam Kisah Hidup Buddha Kumpulan Cerita dan Kegiatan untuk Remaja Buku ini berisi kumpulan cerita dalam kisah hidup Buddha yang diceritakan dengan bahasa modern yang mudah dimengerti oleh remaja sekarang, baik Buddhis maupun non-Buddhis. Dalam setiap cerita juga dilampirkan kata-kata Buddha yang terdapat di dalam Dhammapada atau kitab Buddhis lainnya yang menyoroti moral cerita yang digambarkan dalam cerita tersebut, dan diskusi Dhamma yang detail. Siswa dapat dengan mudah terlibat dalam diskusi-diskusi yang ada di setiap bab, yang secara langsung menunjukkan kepada mereka bagaimana menerapkan moral dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan tantangan era modernisasi saat ini. Nilai-nilai penting dalam mengembangkan kebaikan menjadi topik pada diskusi-diskusi tersebut. Selain itu, ada pertanyaan, permainan, kuis, teka-teki dan kegiatan menghibur lainnya untuk membantu siswa mengingat dan menerapkan ajaran-ajaran. Kisah-kisah ini cocok untuk siswa yang ingin menikmatinya sendiri, atau untuk siswa yang lebih muda menikmatinya bersama orang tua. Buku ini membuat Dhamma menjadi hidup dalam setiap aspek kehidupan remaja. Buku ini mendukung pemahaman Dhamma dan menstimulasi praktik nilai-nilai moral. Judul Asal: Morals in The Life of The Buddha, Stories and Activities for Youth Pengarang & Ilustrator Buku Asal: Margaret Lisa Buschmann Penerjemah: Rosalina Lin Editor: Feronica Laksana & Karuna Adi Sasmita Ilustrator: Neti Arbie Penerbit Asal: Buddhist Publication Society, Sri Lanka Hak Cipta Terjemahan Indonesia: Yayasan Dhammavihari Rukan Sedayu Square Blok N 15-19. Jl. Outer Ring Road Lingkar Luar. Jakarta Barat, 11730 0812-86-30-3000, 0857-82-800-200 www.dhammavihari.or.id

Judul Asal: Morals in The Life of The Buddha, Stories and Activities for Youth Pengarang & Ilustrator Buku Asal: Margaret Lisa Buschmann Penerjemah: Rosalina Lin Editor: Feronica Laksana & Karuna Adi Sasmita Ilustrator: Neti Arbie Penerbit ...

Moral dan Etika dalam Kisah Hidup Buddha (Jilid 1)

Kumpulan Cerita dan Kegiatan untuk Remaja

Moral dan Etika dalam Kisah Hidup Buddha Kumpulan Cerita dan Kegiatan untuk Remaja Buku ini berisi kumpulan cerita dalam kisah hidup Buddha yang diceritakan dengan bahasa modern yang mudah dimengerti oleh remaja sekarang, baik Buddhis maupun non-Buddhis. Dalam setiap cerita juga dilampirkan kata-kata Buddha yang terdapat di dalam Dhammapada atau kitab Buddhis lainnya yang menyoroti moral cerita yang digambarkan dalam cerita tersebut, dan diskusi Dhamma yang detail. Siswa dapat dengan mudah terlibat dalam diskusi-diskusi yang ada di setiap bab, yang secara langsung menunjukkan kepada mereka bagaimana menerapkan moral dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan tantangan era modernisasi saat ini. Nilai-nilai penting dalam mengembangkan kebaikan menjadi topik pada diskusi-diskusi tersebut. Selain itu, ada pertanyaan, permainan, kuis, teka-teki dan kegiatan menghibur lainnya untuk membantu siswa mengingat dan menerapkan ajaran-ajaran. Kisah-kisah ini cocok untuk siswa yang ingin menikmatinya sendiri, atau untuk siswa yang lebih muda menikmatinya bersama orang tua. Buku ini membuat Dhamma menjadi hidup dalam setiap aspek kehidupan remaja. Buku ini mendukung pemahaman Dhamma dan menstimulasi praktik nilai-nilai moral. Judul Asal: Morals in The Life of The Buddha, Stories and Activities for Youth Pengarang & Ilustrator Buku Asal: Margaret Lisa Buschmann Penerjemah: Rosalina Lin Editor: Feronica Laksana & Karuna Adi Sasmita Ilustrator: Neti Arbie Penerbit Asal: Buddhist Publication Society, Sri Lanka Hak Cipta Terjemahan Indonesia: Yayasan Dhammavihari Rukan Sedayu Square Blok N 15-19. Jl. Outer Ring Road Lingkar Luar. Jakarta Barat, 11730 0812-86-30-3000, 0857-82-800-200 www.dhammavihari.or.id

Judul Asal: Morals in The Life of The Buddha, Stories and Activities for Youth Pengarang & Ilustrator Buku Asal: Margaret Lisa Buschmann Penerjemah: Rosalina Lin Editor: Feronica Laksana & Karuna Adi Sasmita Ilustrator: Neti Arbie Penerbit ...

31 Etika Gaul Islami

Bila ucapan dan perbuatan kita membuat orang lain senang dan nyaman, kita akan memiliki banyak teman dan sedikit musuh. Sebaliknya bila ucapan dan perbuatan kita membuat orang lain kecewa dan gundah, kita pun akan lebih banyak memiliki musuh daripada kawan. Buku ini memberi kita tuntunan bergaul yang menyebabkan orang lain senang dan nyaman. [Mizan, Hikmah, Agama, Indonesia]

Bila ucapan dan perbuatan kita membuat orang lain senang dan nyaman, kita akan memiliki banyak teman dan sedikit musuh.

Etika Profesi Keguruan

Lengkap dengan Pembahasan Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah dan Tugas Serta Kewajiban Seorang Guru

Buku ini memberikan pemahaman komperhensif tentang pendidikan anti korupsi dan konsep dasar Kode Etik Profesi Guru. Pendidikan anti korupsi meliputi pengertian, faktor penyebab, dampak masif, nilai dan prinsip, upaya pemberantasan, instrumen internasional, delik korupsi, peran mahasiswa dalam gerakan anti korupsi, metode pembelajaran anti korupsi. Konsep dasar kode etik profesi guru meliputi diantaranya tentang pengertian dan syarat-syarat profesi guru, guru sebagai jabatan professional, sasaran dan pengembangan sikap professional, kompetensi guru, tugas pokok guru, organisasi profesi guru, kode etik guru, tantangan guru dalam era globalisasi

Buku ini memberikan pemahaman komperhensif tentang pendidikan anti korupsi dan konsep dasar Kode Etik Profesi Guru.

ETIKA KOMUNIKASI ORGANISASI

Filosofi, Konsep dan Aplikasi

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di lembaga pendidikan merupakan suatu keniscayaan. Mendesak untuk dilaksanakan dari segi keharusan regulasi dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Dari segi regulasi, karena UU SPN Nomor 20 tahun 2003 dan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan mengharuskan setiap Institusi pendidikanmenggunakan Sistem Imformasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK). Para manajer lembaga pendidikan seringkali mendapatkan informasi yang sangat berlimpah, namun informasi tersebut bukan infomasi yang berkualitas atau tidak relevan dengan kebutuhan manajer. Hal ini disebabkan tidak adanya sebuah sistem yang mengelola arus informasi sesuai dengan kebutuhan organisasi. Ketidakakuratan informasi berimplikasi pada rendahnya kualitas keputusan yang diambil oleh para manajer lembaga pendidikan. Untuk itu diperlukan pengembangan SIMDIK secara terarah agar tiap keputusankeputuan organisasi pendidikan ditopang oleh sajian informasi yang berkualitas. Saat ini masih jarang ditemukan referensi tentang pengembangan SIM pendidikan, padahal kebijakan penerapan SIM di lingkungan pendidikan sudah berjalan sering diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Dalam konteks inilah buku “Sistem Informasi Manajemen Pendidikan” ini hadir, membantu para mahasiswa, guru, dan pimpinan beserta tenaga kependidikan lainnya dalam rangka memehami konsep Sintem Infomasi Pendidikan, serta diharkan mampu melakukannya secara efektif dan efisien dalam rangka membangun mutu pendidikan yang efektif yang dapat mengahasilkan lulusan bermutu dan berkualitas, sesuai dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan zaman. Buku ini ditulis berdasarkan kebutuhan para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madarasah beserta tenaga kependidikan lainnya yang terungkap dalam berbagai pertemuan diskusi, seminar, lokakarya dilingkungan Kementerian Pendidkan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Agama (Kemenag). Secara lebih khusus, buku ini ditujukan untuk para mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 program manajemen pendidikan. Buku ini berupaya memformulasikan suatu konsep dan cara praktis kepada para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madarasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam megelola SIMDIK. Pembahasan dalam buku berisi beberapa tema yang disesuaikan dengan silabus RPS mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Pemaparananya dimulai dengan pendahuluan, kosep dasar SIM hingga strategi pengembangan SIM di sekolah/madrasah. Tema-tema dalam buku ini antara lain: konsep dasar SIM, komponen SIM sekolah/madrasah, kemudian berturut, menyajikan SIM Koneksi dan setting Kelembagaan, Ketenagaan, Kesiswaan, Akademik, Keuangan, Sarana dan Falitas, Perpustakaan. Pada bagian akhir dilengkapi dengan Model Strategi Prngrmbangan SIMDIK Madrasah berbasis Website.

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di lembaga pendidikan merupakan suatu keniscayaan.

Etika Nikomakea

Etika Nikomakea merupakan karya Aristoteles tentang etika yang melatari diskusi filsafat selama ratusan tahun. Karya ini mulai banyak dibaca pada abad kedua belas. Ia kemudian sampai ke tangan Winston Churchill hingga Leo Srauss, dan memberi pengaruh besar terhadap mazhab-mazhab pemikiran yang berkembang, khususnya Stoisisme dan Epikureanisme. Dalam buku ini, Arsitoteles mengungkap bahwa kebahagiaan terletak pada aktivitas jiwa yang terkait dengan kebajikan. Dalam kebajikan moral, ia berbentuk keberanian, kemurahan hati, dan keadilan, dan dalam kebajikan intelektual, ia berbentuk pengetahuan, kebijaksanaan, dan pemahaman yang mendalam. * Tak ada yang bisa memastikan di daftar manakah Etika Nikomakea akan dengan tepat disejajarkan dengan buku monumental lainnya, karena karya ini layak masuk ke dalam semua daftar tentang buku-buku terbaik. The New York Times Pengantar Etik Nikomake adalah salah satu karya monumental Aristoteles, murid dari Plato dan guru dari Alexander Agung. Ia menulis tentang berbagai subyek yang berbeda, termasuk fisika, metafisika, puisi, logika, retorika, politik, pemerintahan, etnis, biologi dan zoologi. Bersama dengan Socrates dan Plato, ia dianggap menjadi seorang di antara tiga orang filsuf yang paling berpengaruh di pemikiran Barat.

Etika Nikomakea merupakan karya Aristoteles tentang etika yang melatari diskusi filsafat selama ratusan tahun.

ETIKA DAN PROFESI KEGURUAN

Buku etika dan profesi keguruan ini adalah merupakan buku yang menjelaskan tentang kode etik menjadi seorang guru yang baik. Sebab guru tidak hanya sebatas mengajar saja, akan tetapi guru juga sebagai morabbi ruh, terhadap setiap murid-muridnya. Guru mempunyai tanggung jawab untuk membentuk etika dan moral generasi melineal di zaman kontemporel ini, sehingga penting kiranya penulis mengangkat buku ini untuk dijadikan pijakan oleh setiap guru bagaimana menjadi guru yang baik dan profesional. Guru juga merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional dan intruksional, peran strategis tersebut sejalan dengan UU No 14 tahun 2015 tentang guru dan dosen, yang menempatkan kedudukan guru sebagai tenaga profesional sekaligus sebagai agen pembelajaran. Sebagai tenaga profesional, pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu.

Buku etika dan profesi keguruan ini adalah merupakan buku yang menjelaskan tentang kode etik menjadi seorang guru yang baik.

Integrasi Ayat Alquran dalam Konsep Etika Lingkungan

Etika Lingkungan berasal dari dua kata, yaitu Etika dan Lingkungan. Etika berasal dari bahasa yunani yaitu “Ethos” yang berarti adat istiadat atau kebiasaan. Ada tiga teori mengenai pengertian etika, yaitu: etika Deontologi, etika Teologi, dan etika Keutamaan. Etika Deontologi adalah suatu tindakan dinilai baik atau buruk berdasarkan apakah tindakan itu sesuai atau tidak dengan kewajiban. Etika Teologi adalah baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan atau akibat suatu tindakan. Sedangkan Etika keutamaan adalah mengutamakan pengembangan karakter moral pada diri setiap orang.

Jika pendidikan yang diberikan kepada seseorang baik, maka ia akan menjadi baik begitu pula sebaliknya. ... Sebab jika merujuk pada al-Quran dan Hadis maka akan ditemukan penjelasan bahwa yang mempengaruhi pembentukan karakter seseorang ...