Sebanyak 21619 item atau buku ditemukan

BUKU BAHAN AJAR KOMPETENSI DIGITAL BAGI CALON PENDIDIK BIOLOGI

Berawal dari sebuah kongres nasional Biologiwan di Amerika, dirangkumlah keputusan dari konferensi tersebut dalam bentuk sebuah buku berjudul New Biology for the 21 st Century. Buku tersebut menyatakan bahwa di era digital ini, riset Biologi telah berubah menjadi lebih terintegrasi antarbidang (Conelly et al., 2009). Permasalahan-permasalahan sains dan sosial berkembang menjadi sub pokok bahasan baru yang memerlukan integrasi lintas biologi dan dengan sains dan teknik lainnya. Para ilmuwan sadar bahwa tantangan abad 21 atau abad digital, membutuhkan suatu pendekatan terpadu untuk penelitian Biologi, suatu pendekatan yang disebut komite sebagai The New Biology (Biologi Era Baru). Inti dari Biologi Era Baru ini, sebagaimana didefinisikan oleh komite, adalah integrasi—re-integrasi dari banyak sub-disiplin ilmu biologi, dan integrasi dari para ilmuwan biofisika, kimia, ilmuwan komputer/ informatika, teknik, dan matematikawan dan ahli ilmu sosial untuk menciptakan komunitas penelitian dengan kapasitas besar untuk menangani berbagai masalah ilmiah dan sosial. Mengintegrasikan pengetahuan dari banyak disiplin ilmu akan memungkinkan pemahaman yang lebih dalam tentang sistem biologis, yang akan mengarah pada karakteristik penelitian baru dengan memanfaatkan potensi keilmuan lintas bidang (Conelly et al., 2009). Adapun dari dunia pendidikan dan pedagogi, pendidik atau guru saat ini menghadapi tuntutan yang berubah dengan cepat, yaitu kebutuhan mereka yang semakin luas akan kompetensi yang lebih maju dari sebelumnya. Secara khusus, perangkat digital sudah menjadi kebutuhan dan keseharian, baik untuk mengerjakan tugas atau untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Menjadi kompeten secara digital membutuhkan tutor/pendamping untuk mengembangkan kompetensi digital setiap pendidik. Di tingkat internasional dan nasional sejumlah kerangka kerja, alat penilaian diri dan pelatihan program telah dikembangkan untuk menggambarkan aspek kompetensi digital untuk pendidik dan untuk membantu mereka menilai kompetensi mereka, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan mereka dan menawarkan pelatihan yang ditargetkan. Berdasarkan analisis dan perbandingan instrumen-instrumen ini, laporan ini menyajikan Kerangka Kerja Eropa yang umum untuk Kompetensi Digital Pendidik (DigiCompEdu). DigiCompEdu adalah latar belakang ilmiah yang sehat kerangka kerja yang membantu memandu kebijakan dan dapat langsung disesuaikan dengan pelaksanaan regional dan nasional alat dan program pelatihan. Selain itu, ini memberikan bahasa dan pendekatan umum yang akan membantu dialog dan pertukaran praktik terbaik lintas batas. Kerangka DigiCompEdu ditujukan untuk pendidik di semua tingkat pendidikan, dari anak usia dini ke pendidikan tinggi dan orang dewasa, termasuk pendidikan dan pelatihan umum dan kejuruan, pendidikan kebutuhan khusus, dan konteks pembelajaran non-formal. Program ini bertujuan untuk memberikan kerangka acuan umum bagi pengembang model Kompetensi Digital, yaitu Negara, pemerintah daerah, lembaga yang relevan, organisasi pendidikan itu sendiri, dan penyedia pelatihan profesional publik atau swasta (Ghomi & Redecker, 2019) Buku bahan ajar ini berisi tentang konsep, kerangka kerja dan simulasi pelatihan Kompetensi Digital bagi pendidik dan mahasiswa calon guru Biologi yang sedang dan akan berkecimpung dalam dunia pendidikan/ pengajaran. Adaptasi terhadap karakter pendidikan di Indonesia dilakukan oleh penyusun berdasarkan dari kerangka kerja Digicomp Uni Eropa tersebut dan diperkaya dengan program Literasi Digital Indonesia yang lebih menyentuh sisi-sisi nyata “keindonesiaan”. Buku ini bukan berisi petunjuk teknis untuk menguasai perangkat lunak atau algoritma tertentu, lebih dari itu buku ini memberikan kerangka kerja, langkah dan cara untuk menjadi pembelajar digital sepanjang hayat. Pembelajar sepanjang hayat ini penting karena dunia digital berlari sedemikian cepatnya, sehingga jika “hanya” petunjuk teknik untuk menggunakan aplikasi atau program tertentu yang mendukung pembelajaran misalnya, buku ini akan segera menjadi bacaan yang tertinggal atau out of date. Oleh karenanya, buku ini bertujuan untuk memberi tata cara dan sikap untuk terus berinovasi dan mengkreasi cara-cara menggunakan kail dan pancing, alih-alih memberi kail dan pancing saja. Akhirnya, penyusun mengucapkan selamat berlatih untuk meningkatkan kompetensi digital bagi para pendidik dan calon pendidik Biologi di Indonesia. Semoga bermanfaat

Program ini bertujuan untuk memberikan kerangka acuan umum bagi pengembang model Kompetensi Digital, yaitu Negara, pemerintah daerah, lembaga yang relevan, organisasi pendidikan itu sendiri, dan penyedia pelatihan profesional publik atau ...

Penyusunan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar

Buku Mengenai Cara Penyusunan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar

Buku Mengenai Cara Penyusunan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar

Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Pos PAUD di Kota Malang

Buku Mengenai Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Pos PAUD di Kota Malang

Buku Mengenai Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Pos PAUD di Kota Malang

Asesmen Kompetensi Minimum dan Implementasi terhadap Pembelajaran

Buku ini merupakan hasil dari pengembangan penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk mengatasi dan memecahkan masalah teutama dalam pembuatan soal AKM oleh guru.

Memimpin, pekerjaan seorang guru untuk memotivasikan, mendorong dan menstimulasikan siswa sehingga mereka siap mewujudkan tujuan belajar, 4. Mengawasi , yaitu pekerjaan seorang gurumenentukan apakah fungsinya dalam mengorganisasikan dan ...

Kartu Pengukuran Kompetensi Siswa SD pada Pembelajaran PJOK

Tugas dan tanggung jawab sebagai guru dalam pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran yang termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Evaluasi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menentukan arah pembelajaran selanjutnya. Dari kegiatan evaluasi pembelajaran dapat dijadikan sebagai dasar guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dalam penyusunannya didasarkan pada kondisi awal peserta didik. Buku ini akan membahas tentang penjelasan penggunaan instrumen pengukuran kompetensi siswa pada pembelajaran PJOK. Instrumen ini akan dikemas dalam sebuah kartu dan aplikasi microsoft excel yang bertujuan untuk memudahkan guru PJOK mengukur kompetensi siswa untuk mata pelajaran PJOK SD. Kartu pengukuran kompetensi siswa ini berisikan cakupan kompetensi siswa yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan tuntutan kurikulum 2013. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat memberikan wawasan kepada setiap guru PJOK untuk mengukur kompetensi siswa dengan baik berdasarkan pada standar penilaian pendidikan. Sehingga pelaksanaan penilaian hasil belajar peserta didik diharapkan dapat dilaksanakan dengan objektif, akuntabel, dan informatif.

Tugas dan tanggung jawab sebagai guru dalam pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran yang termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar.

Supervisi Akademik dan Kompetensi Pendidik

Permasalahan mendasar dalam bidang pendidikan salah satunya adalah perbaikan sumber daya manusia, khususnya tenaga pendidik yang belum secara optimal dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya. Kualitas pendidikan tentunya dipengaruhi beberapa faktor, salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah guru atau pendidik. Pendidikan di abad ini, dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, pembaharuan disetiap bidang pendidikan yang modern dan profesional dengan berorientasi pendidikan.

Permasalahan mendasar dalam bidang pendidikan salah satunya adalah perbaikan sumber daya manusia, khususnya tenaga pendidik yang belum secara optimal dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya.

Kompetensi guru bidang studi PAI dan budi pekerti SMPN se-kota Banda Aceh terhadap implementasi kurikulum 2013

studi evaluatif

Competency of Islamic teacher on the implementation of 2013 school curriculum in Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam Province, Indonesia.

Sikap siswa terhadap kompetensi professional guru agama dan kontribusinya terhadap prestasi belajar pendidikan agama pada sekolah menengah umum (SMU) Negeri di Kotamadya Padang

laporan penelitian

Study on student attitude towards professional competency of religious teachers, and how this contributes to student's study achievement at Padang Government Senior High School, West Sumatra, Indonesia.

Study on student attitude towards professional competency of religious teachers, and how this contributes to student's study achievement at Padang Government Senior High School, West Sumatra, Indonesia.