Sebanyak 19652 item atau buku ditemukan

25 Metode Pembelajaran Asyik

Jika Anda sebagai seorang pendidik dan sedang kehabisan cara untuk melakukan pembelajaran, buku ini menjadi solusinya Rendra Fatrisna Kurniawan, A.P, S.Pd, M.Si Praktisi Pendidikan, Budaya dan Komunikasi Organisasi Buku ini tidak hanya menyajikan teknik atau metode dalam pembelajaran. Lebih dari itu, buku ini memberikan persepsi di bawah alam sadar kita melalui kutipan-kutipan di awal artikel. Buku yang sempurna untuk mendidik, memberi referensi dan tentu saja: menginspirasi. Ari Wijayanti, penulis buku pendidikan, dan seorang pendidik.

[HR Al-Bukhari] Al-Qur'an adalah petunjuk bagi orang yang bertakwa untuk semua manusia dan penjelasanpenjelasan dari petunjuk itu, maka tidak mungkin seorang muslim mampu membaca dan memahami kandungan isinya, melainkan harus ...

Metode Penelitian Kualitatif

Teori dan Praktik

Buku ini membahas tentang paradigma dan prinsip-prinsip implementasinya dalam penelitian, studi kasus dan grounded theory approach. Paradigma merupakan perspektif penelitian, yang digunakan peneliti untuk bagaimana melihat realita, bagaimana mempelajaro fenomena, serta bagaimana menginterpretasikan temuan. Salah satu jenis penelitian kualitatif adalah studi kasus. Penelitian studi kasus memusatkan diri secara intensif mengenai suatu objek tertentu. Grounded Theory Approach adalah metode penelitian kualitatif secara prosedur sistematis. Selain itu, penelitian kualitatif memposisikan manusia sebagai instrumen utama penelitian. Berbagai contoh permasalahan dalam buku ini, diharapkan dapat dicirikan anologi-nya dalam ilmu-ilmu lainnya. Untuk itu, berdasarkan tingkat praktis, buku ini tepat digunakan sebagai buku panduan dan sebagai buku acuan dalam melakukan penelitian kualitatif, khususnya untuk para peneliti pemula.

Kemudian guru mulai melakukan proses pembelajaran dengan terlebih dahulu menuliskan salah satu ayat Al Quran, yaitu surat Al Ma'idah ayat ... Beberapa anak mulai membaca, kemudian guru meminta salah satu anak untuk membaca dengan keras.

PENERAPAN Metode Manhaji pada Pembelajaran Bahasa Arab

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh setiap kelompok masyarakat. Setiap bahasa biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungannya yang sejenis (Makruf 2009, hlm. 1), sedangkan menurut Fathul Mujib (2010) Bahasa adalah kunci utama pengetahuan. Memegang kunci utama bahasa berarti memegang kunci jendela dunia. Sebab, sejuta pengetahuan, seribu peradapan yang tercipta semuanya ada dan terbahasakan, bahkan sejarah tidak akan berwujud sejarah jika tidak ada bahasa. Bahasa adalah satu-satunya kunci jalan pencerahan bagi masa depan manusia.

Contoh-contohnya diambilkan dari ayat-ayat al-qur'an juz I (Q.S al-Fatihah dan Q.S. al-Baqarah: 1101) Cara mengajarkan rumus-rumus kaidah ini dengan nasyid atau ... Objek kajiannya adalah juz 3 dan juga diajarkan membaca kitab kuning.

METODE PEMAHAMAN HADIST NABI

Studi Kritis Atas Pandangan Muhammad Al-Ghazali

Buku Metode Pemahaman Hadits Nabi: (Studi Kritis Atas Pandangan Syaikh Muhammad al-Ghazâlî) dimulai dari keinginan untuk memperoleh jawaban secara konseptual mengenai pemikiran-pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî terutama berkaitan dengan pemahaman hadits. Dari Asumsi-asumsi yang muncul di atas, maka muncul poin kunci dalam studi ini adalah: Pertama, bagaimana metode dan pendekatan yang ditawarkan Syaikh Muhammad al-Ghazâlî terhadap pemahaman sebuah hadis Nabi? Kedua, mengetahui pemahaman hadits yang dilakukan oleh Muhadditsîn atau Fuqahâ’? Ketiga, bagaimana Orisinalitas pemikiran serta Implikasi dari pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî terhadap pemahaman hadits? Secara metodologis studi ini menggunakan pendekatan sejarah (historical approach). Dan metode yang digunakan dalam pencarian data adalah riset pustaka (library research) dengan membaca kitab-kitab karya Syaikh Muhammad al-Ghazâlî sendiri (sebagai data primer) dan kitab-kitab yang ditulis mengenai pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî (sebagai data skunder). Dalam menganalisa data, digunakan analisis isi (content analysis). Sedang untuk mengetahui background pemikirannya, sumber utama yang digunakan adalah otobiografinya yang berjudul Qishshah al-Hayah. Sedangkan untuk mengetahui gagasan-gagasan mengenai kajian hadits, sumber utama yang digunakan adalah as-Sunnah an-Nabawiyyah Baina Ahl al-Fiqh wa Ahl al-Hadîts. Kemudian, untuk mengukur pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî mengenai kesahihan hadits Nabi menggunakan kitab ‘Ulumul al-Hadîts, karya Ibnu Shalah dan kitab-kitab lainnya. Sedangkan dalam memahami hadits, penulis gunakan metode sintesis yang mencoba memadukan antara keyakinan terhadap hadits yang berfungsi sebagai sumber otoritatif dengan prinsip-prinsip ilmiah yang berasal dari penalaran rasionalitas manusia. Penulis berharap, dengan hadirnya buku ini dapat memberikan pengetahuan atas bagaimana metodologi kajian hadîts yang tepat dan benar, dapat mengetahui makna dan tujuan dari sebuah hadîts yang dipahami oleh Muhadditsîn dan Fuqahâ’, serta dapat memberikan sumbangan kajian sekaligus menjadi salah satu referensi penting dalam khasanah pemikiran hadits, terutama mengenai kajian hadîts yang mengandung ragam pemahaman.

Buku Metode Pemahaman Hadits Nabi: (Studi Kritis Atas Pandangan Syaikh Muhammad al-Ghazâlî) dimulai dari keinginan untuk memperoleh jawaban secara konseptual mengenai pemikiran-pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî terutama berkaitan ...

Metode memahami agama Islam

Methods of understanding Islamic religion, with reference to Indonesia; collection os speeches and papers.

Rupa - rupanya Muhammad Abduh setelah membaca tulisan itu tidak bisa tidur nyenyak , dan pada hari kedua ia menulis ... Dalam Al - Quran terdapat enam puluh empat ayat yang menerangkan tentang kebebasan kehendak , dan seterusnya .

Modul Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Bismillah (Baca-Tulis-Tela’ah) PAUDQu Kementerian Agama Kota Depok

Modul pembelajaran Al-Qur’an bagi penyelenggara PAUDQu di lingkungan Kota Depok ini merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu guru, santri, maupun lembaga pendidikan itu sendiri. Karena Pembelajaran Al-Qur’an merupakan elemen penting dalam meningkatkan pemahaman keagamaan umat Islam Indonesia umumnya, dan umat Islam Kota Depok. Terlebih pembelajaran Al-Qur’an merupakan fondasi untuk membangun keimanan, ketakwaan dan juga akhlak umat Islam. Fondasi yang seyogyanya dibangun dari usia dini melalui pendidikan Al-Qur’an yang mapan dan komprehensif hingga jenjang-jenjang pendidikan berikutnya.

Pada mulanya metode ini diberi nama “Metode Cepat dan Praktis Membaca Al-Quran”. Metode ini terdiri dari dua siri, yaitu Tartil I dan Tartil II. Tartil I adalah untuk memandu murid/pelajar mengenali huruf, membaca huruf berbaris satu, ...

Metode Tahfidz Al-Qur’an Metode Patas

Metode Tahfizh al-Qur’an Pattas (Cepat dan Berkualitas) ini bertujuan agar dapat memberikan petunjuk bagaimana menghafal al-Qur’an yang baik dan benar. Metode tahfizh al-Qur’an, agar mnenjadi panduan dalam menghafal al-Qur’an.

Siwak Membersihkan mulut dengan bersiwak sebelum memulai membaca al-Qur'an, dengan menggunakan kayu siwak, mengawalinya dengan membaca doa' نيمحارلا محرأ اي هيف يل كراب اللهم memulai bersiwak dari kanan ke kiri, bagian luar gigi dan ...

Metode Membaca, Menghafal, dan Menajwidkan al-Qur’an al-Karim

Tidak banyak buku yang mengupas secara lengkap persoalan qira’at sab’ah. Namun, buku ini justru hadir untuk mengulasnya secara tuntas dan apik. Tak hanya itu, uraian tentang silsilah para perawi dan muridnya secara mutawatir, berbagai metode membaca al-Qur’an dan kajian historis penulisan al-Qur’an dalam qira’at sab’ah, serta berbagai doa dan cara jitu dalam memelihara hafalan al-Qur’an juga diurai secara mendalam dan komprehensif. Buku ini tentu saja sangat tepat bagi Anda untuk mendalami ilmu tajwid sampai sedetail-detailnya. Gaya penulisannya dikemas dengan bahasa yang ringan, padat, dan simpel, tetapi jelas dan lincah sehingga begitu enak dan mudah untuk dibaca siapa saja. Buku ini pastinya juga sangat cocok dipelajari oleh kaum muslimin dan muslimat dari berbagai tingkat usia, mulai anak-anak, remaja, dewasa, sampai lanjut usia, serta sangat cocok untuk dijadikan pegangan bagi yang ingin menghafal dan mendalami al-Qur’an, terutama di kompleks pesantren. Selamat menikmati buku yang istimewa ini! Keistimewaan buku ini: 1. Panduan terlengkap yang membahas tentang qiraat sab’ah. 2. Diterjemahkan oleh penerjemah profesional. 3. Didesain untuk semua umur. 4. Menggunakan bahasa yang ringan, padat, simpel, dan mudah dipahami. 5. Buku wajib bagi yang ingin menghafal dan mendalami al-Qur’an. 6. Buku wajib bagi umat Islam sedunia.

Huruf kha' (خ) dalam al-Qur'an diulang sebanyak 2.416 kali. 8. Huruf dal (د) dalam al-Qur'an diulang sebanyak 5.642 kali. 9. Huruf dzal (ذ) dalam al-Qur'an diulang sebanyak 4.699 kali. 10. Huruf ra' (ر) dalam al-Qur'an diulang sebanyak ...

METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI NUSANTARA

Disertai Rujukan Lembaga Pedidikan dan Pesantren yang Menerapkan

Al-Quran adalah jamuan Allah yang sangat nikmat, maka menikmatinya adalah dengan cara membaca dan menghafalnya serta menjadikanya karakter disetiap perilaku keseharian. Sebagai wujud kita memeliharanya adalah salah satunya dengan menghafalnya. Dan untuk menghafalnya dengan menggunakan berbagai metode, sesuai kemampuan, yang masing-masing orang memiliki metode sendiri-sendiri, dan beberapa temuan atas metode menghafal al-Quran di Nusantara ini menjadi keragaman yang sangat membantu bagi para calon penghafal Quran untuk memilih dalam menghafal al-Quran. Buku yang hadir di hadapan pembaca adalah salah satu tawaran dari berbagai metode menghafal al-Quran yang telah berkembang di Nusantara, dengan segala kelebihan dan kekurangan serta rekomendasi beberapa pondok pesantren yang telah menggunakan metode tahfidz tersebut. Harapan menjadi rekomendasi rujukan untuk penelitian terkait metode tahfidz di Nusantara.

Daya Hafal Metode at-Taisir ini ideal untuk diterapkan oleh seseorang yang sudah mampu membaca al-Qur'an dengan baik. Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, menghafal al-Qur'an dengan metode ini membutuhkan intensitas dan saya hafal ...

Memahami Al-Quran Dengan Metode Puzzle

Benarkah memahami Al Quran sulit? Apakah Quran hanya bisa dipahami oleh mereka yang bisa berbahasa Arab saja? Bukankah, justru Allah mengatakan mudah, mudah, dan mudah? Bukankah Quran ini adalah petunjuk bagi seluruh umat manusia, bukan bagi orang Arab saja? Lantas, bagaimana cara memahami Quran bagi mereka yang awam Bahasa Arab? Baca buku ini.

AL QUR'AN adalah buku petunjuk. Tapi, tidaklah sedikit orang yang membaca Al Qur'an tidak memperoleh petunjuk. Melainkan malah tersesat, dan bertambah-tambah kesesatannya. Kenapa bisa demikian? Karena, ternyata petunjuk Al Qur'an ...