Sebanyak 978 item atau buku ditemukan

Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya

Salah satu prinsip pendidikan adalah guru tidak begitu saja memberikan pe­ngetahuan kepada peserta didik, tetapi peserta didik yang seharusnya aktif mem­bangun pe­ngetahuan dalam pikiran mereka sendiri. Pada suatu proses pengem­bangan model-model pembelajaran melahirkan berbagai macam konsep belajar yang telah kita kenal yakni yang salah satunya adalah pembelajaran berbasis teori konstruk­tivisme. Pendekatan teori konstruk­tivisme dalam pem­belajaran di­dasarkan pada perpaduan antara beberapa penelitian dalam modifikasi perilaku yang didasar­kan pada teori operant conditioning dalam ilmu psikologi behavioral. Premis dasar­nya adalah bahwa individu harus secara aktif “membangun” pengetahuan dan ke­terampilan­nya dan informasi yang ada diperoleh dalam proses membangun ke­rangka oleh peserta didik dari lingkungan di luar dirinya. Pengembangan sistem pem­belajaran pendidikan agama Islam memerlukan jasa ilmu pembelajaran pada umum­nya, sehingga diperlukan upaya adaptasi ter­hadap per­kembangan pem­belajaran, disertai dengan identifikasi sesuai dengan karak­teri­stik dari masing-masing mata pelajaran, terkhusus pada mata pelajaran PAI di Madrasah.

Model Jigsaw Metode pembelajaran ini dapat digunakan jika materi yang akan di. Gambar 2.5: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (Sumber: fatkhan.web.id) ... Silbermen, Active Learning, (Nusa media,2004),h.148 44Lihat Melvin L.

MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 1

Dalam proses kegiatan belajar mengajar di Perguruan Tinggi, setiap mata kuliah pasti memerlukan literatur dan media sebagai acuan dan penunjang pembelajaran. Beragamnnya buku dan literatur yang digunakan dosen dalam mengajar, membuat tujuan dalam pembelajaran menjadi kurang terarah. Agar lebih terarah dan untuk mengefektifkan proses belajar-mengajar tersebut, maka dosen dituntut untuk menyusun buku ajar atau modul yang sesuai dengan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) maupun Satuan Materi Sajian (SMS), yang akan digunakan sebagai alternatif literatur kegiatan pembelajaran.

PENGERTIAN, MANFAAT, SASARAN, DAN RUANG LINGKUP MATERI PAI Tujuan Instruksional: 1. ... Mampu menjelaskan ruang lingkup Materi PAI A. Pengertian Materi PAI Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan melalui ajaran-ajaran Islam, ...

TAUSHIAH POPULER TRADISI TELEVISI SEPUTAR IBADAH AMALIYAH DAN AKHLAK Kumpulan Materi Ceramah Mamah &

TAUSHIAH POPULER TRADISI TELEVISI SEPUTAR IBADAH AMALIYAH DAN AKHLAK Kumpulan Materi Ceramah Acara Mamah & AA dan Aksi Indosiar PENULIS: Didik Yulianto Al Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-7933-16-8 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Perkawinan, Pernikahan, Pernikahan adalah Kebutuhan Pokok dan Ibadah, Sakinah, Mawaddah wa Rahmah, Tanggung Jawab Keluarga, Istri Shalehah, Merawat Pernikahan, Jaga Keislaman Keluarga, Setia Kunci Keluarga Bahagia, Indahnya Istri Qana’ah, Kenyamanan Dalam Keluarga, Aurat Istri Tanggung Jawab Suami, Langkah Harmonis Pasutri, Adab Berhubungan Suami-Istri, Sayang Anak Sayang Istri, Menuju Hubungan Pasutri Ideal, Menuju Keluarga Islami, Menuju Keluarga Sakinah, Hak Istri, Kewajiban Suami, Cintai Suami Harmoniskan Rumah Tangga, Pondok Mertua Indah, Apakah Saya Istri Shalehah?, Sebab Lunturnya Semangat Sakinah, Bersenggama Dengan Istri Yang Haid, PDRT (Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga), Apakah Itu KDRT?, Talaq dan Rujuk, Perceraian Adalah Mega Proyek Iblis, Cinta Dan Keikhlasan Istri. Shalat, Isra’ Mi’raj & Shalat, ''SHALAT On The Way'' (Safar, Jama', Qashar), Adzan dan Iqomat, Zakat, Z I S, Pengertian dan Perbedaannya, Zakat Profesi, Zakat Perniagaan, Al-Faroidh, Wakaf, Ada Apa Dengan Yasin. Perintah Puasa, Ramadhan Istimewa, Bulan Penuh Rezeki, Tiga Peringkat Puasa, Bulan Obral Surga, Menggapai Lailatul Qadar, I’tikaf, I'TIKAF Sambil Bekerja, Nuzulul Qur’an, Malam Seribu Bulan, Benteng Ramadhan. Tunjangan Hari Raya, I Am Sorry! Susah Amat, Siiih, Hari Raya Idul Fitri, Hikmah Idul Adha, Qurban. Kehormatan Menjadi Tamu Allah, Haji: Keagungan Dan Nilai Amaliahnya, Al-Hajjul Mabrur Laisa Lahuu Jazaa Illal Jannah, Tanda Tanda Haji Mabrur, Wukuf di Padang Arafah, Zamzam Penyejuk Kalbu, Mardud!!! Enggak Layauu. Maulid Nabi, Sejarah Maulid Nabi, Rasulullah Pribadi Terpuji, Keutamaan Nabi Muhammad SAW, Kasih Sayang Rasulullah, Makna Hijrah Rasulullah. Jihad Pahlawan Bangsa, Lidah Pabrik Kebaikan dan Kejelekan, Hargai dan Manfaatkan Waktu, Istiqomah, Awasss!!! Jaga Mulut dan Kemaluan, Jagalah Mata, Bahaya Lidah & Keutamaan Diam, Sumber Kesombongan, THUMA'NINAH, Bersih Diri Suci Jiwa, Jagalah Hati, Taba’ul. Adu Domba, Di Sini Sesat Di Sana Sesat, AWAS...!!! NARKOBA = Dunia Sengsara – Akhirat Neraka, Sumpah Palsu, Menunda itu Berbahaya, Jual Beli Hukum, Tidak Pelit dan, Rakus, Ghurur, Mirasantika, Walaa Taqrobuzzina, JUDI (Jual Diri), O O... Kamu Ketahuan, Pornografi, Tutup Aurat Hindari Pornografi & Aksi, Stop!!! B O R O S, Merkik Bin Bakhil, Warning!!! TEMAN TAPI MESRA, Gosip!!! Disogok Makin Siiiiiip, Riya', Dengki. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

TAUSHIAH POPULER TRADISI TELEVISI SEPUTAR IBADAH AMALIYAH DAN AKHLAK Kumpulan Materi Ceramah Acara Mamah & AA dan Aksi Indosiar PENULIS: Didik Yulianto Al Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-7933-16-8 Terbit : April 2020 www.guepedia.com ...

Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah Edisi Revisi

Buku panduan Karya Tulis Ilmiah Edisi Revisi oleh Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru adalah buku yang mengalami revisi dari buku panduan terbitan tahun 2015. Buku ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan melatih mahasiswa berpikir logis yang sesuai dengan kaidah Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Karya tulis ilmiah (KTI) merupakan salah satu tugas akhir untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi D-III Analis Kesehatan Akademi Kesehatan John Paul II (AKJP II) Pekanbaru. KTI disusun berdasarkan hasil penelitian dan pendekatan proses ilmiah yaitu sistematis, objektif, logis dan empiris. Sistematis penyusunan KTI yaitu dengan langkah-langkah yang berurutan dan berkesinambungan sesuai panduan KTI. Objektif penyusunan KTI yaitu penulisan berdasarkan fakta-fakta dan data yang diperoleh dari penelitian. Logis adalah pemikiran yang ditulis menurut penalaran dan masuk akal serta empiris adalah berdasarkan pembuktian fakta. Buku ini ditulis sebagai panduan bagi mahasiswa dalam menyelesaikan penulisan KTI dan pembimbing dalam memberikan bimbingan mulai dari rancangan masalah, desain, teknik, analisis dan ketentuan penulisan, standarisasi pembimbingan dan penilaian KTI. Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah Edisi Revisi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku panduan Karya Tulis Ilmiah Edisi Revisi oleh Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru adalah buku yang mengalami revisi dari buku panduan terbitan tahun 2015.

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Buku Saku merupakan bahan ajar yang bersifat visual. Buku Saku merupakan salah satu bahan ajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dengan mudah dan praktis dalam mempelajari materi akutansi karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana dan membuat siswa belajar mandiri karena pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Diharapkan dengan bahan ajar ini siswa menjadi aktif, kreatif dan senang dalam mempelajari agama islam. Kegemaran siswa dalam penggunaan bahan ajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut dalam belajar sehingga akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar yang nantinya siswa akan dapat memahami pelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian dan pengembangan dalam bahasa inggris disebut Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk yang dikembangkan. R&D adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang yang bertujuan untuk mengembangkan Buku Saku Agama Islam mata pelajaran PAI. Produk yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah Buku Saku Agama Islam materi Pendidikan Agama Islam. Hasil pembahasan hasil penelitian tentang Pengembangan Buku saku PAI sebagai berikut: a) Jenis bahan ajar yang digunakan di SMK Muhammadiyah Delanggu yaitu jenis bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) konvensional. b) Peserta didik memerlukan bahan ajar yang lebih berbeda, inovasi, dan menarik sehingga mudah dipelajari dan dipahami. Prosedur pengembangan produk dalam penelitian ini meliputi (1) analisis, merupakan tahap pertama dalam perancangan produk berupa bahan ajar buku saku PAI berbasis PBL sebagai solusi berdasarkan kebutuhan dan masalah yag ditemukan di sekolah, (2) desain, bahan ajar buku saku didesain sesuai dengan tema yang telah dirumuskan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, (3) pengembangan, yaitu identifikasi kekurangan terhadap produk awal yang telah didesain melalui uji coba ahli dan uji coba pengguna yang meliptui uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, (4) implementasi, pengujian terhadap bahan ajar buku PAI oleh validasi ahli dan materi, (5) evaluasi, bertujuan untuk menentukan apakah produk bahan ajar buku saku PAI lebih efektif daripada bahan ajar yang saat ini digunakan dalam pembelajaran. Hasil penilaian para ahli terhadap produk yang dikembangkan dikembangkan termasuk kategori sangat baik, yaitu penilaian ahli media diperoleh skor rata-rata 91,67%, penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 90,87%.

Buku Saku merupakan bahan ajar yang bersifat visual.

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA

Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba yang dikembangkan. Buku ini diharapkan akan memberikan alternatif solusi kepada praktisi pendidikan dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Dengan demikian, kurikulum 2013 beserta perangkatnya tidak lagi menjadi beban bagi guru dan siswa untuk dilaksanakan dalam pembelajaran. Selain itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi ide bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mirip sehingga pembelajaran di kelas lebih bervariasi.

Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran ...

Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen (Teori dan Aplikasi)

Penulisan buku ini merupakan ide dari para praktisi dan dosen dari berbagai penjuru di tanah air, dan dituangkan dalam bentuk kolaborasi. Buku ini berjudul Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen (Teori dan Aplikasi) yang terdiri atas tiga belas bab, membahas mengenai teori tentang ilmu adminsitrasi dan manajemen serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Proses penyusunan buku ini dapat berjalan dengan baik, karena adanya kerja sama dari berbagai pihak yang terlibat. Pada kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak yang telah memberikan kontribusinya. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini.

Komunikasi Ritual Komunikasi ritual yaitu sebuah komunikasi yang sering digunakan atau dilakukan dengan cara kolektif. Komunikasi ini, disampaikan dalam suatu acara atau kelompok seperti upacara perkawinan, acara ulang tahun, sungkem, ...

PROPHETIC LEADERSHIP DALAM PENDIDIKAN

(Teori dan Implementasinya; Belajar Dari Kepala SMK Bina Insani Mulia Dukupuntang Cirebon)

Bahwa para Nabi dan Rasul utusan Allah adalah sebuah kebenaran yang tak terbantahkan termasuk Nabi Muhammad SAW. yang dalam konteks al-Quran disebut sebagai uswatun hasanah, teladan, proto type bagi umatnya termasuk dalam konteks kepemimpinan dengan sifat Sidiq, amanah, tabligh dan fathanah yang melekat padanya. Tetapi dalam implementasi kepemimpinan, kita yang notabenenya umat Islam terkadang terjebak pada pola kepemimpinan yang kapitalis, hedonis, serba instant dengan tanpa 'menghadirkan Tuhan'. Sebagai seorang pemimpin, jangan menjadi orang yang 'rabun dekat’, kita ingin mengadopsi kepemimpinan dari berbagai tokoh, sementara dalam Islam sudah sangat jelas ada pada diri Nabi Muhammad SAW. Sehingga jika Nabi sebagai teladan, maka bisa diadaptasi walau tidak sesempurna apa yang dilakukan oleh Nabi misalnya ini dilakukan oleh khulafur Rasyidin dan juga Umar bin Abdul Aziz. Ilustrasi keagungan Nabi dalam berbagai aspek termasuk dalam kepemimpinannya bukan upaya untuk kembali ke zaman sahabat di masa lalu. Tetapi sebuah upaya untuk menengok khazanah Islam dengan menerapkan prinsip-prinsip hidup sesuai dengan esensi Islam dan mengkontekstualisasikannya di era modern. Maka ini sebuah upaya untuk kembali ke teks dan mendialogkan teks dengan realita sehingga esensi kebenaran teks sebagai pedoman sepanjang zaman semakin kuat resonansinya. Prinsip-prinsip Islam mampu berdiri tegak di bumi Allah dengan merangkul dan memberikan kemanfaatan serta rahmat pada seluruh umat. Di tengah sikap paradoks pemimpin kita yang terjebak pada pola hedonis, kapitasi, instant dan hanya memikirkan 'balik modal’ ketimbang memikirkan kesejahteraan yang dipimpinnya dalam konteks pendidikan, temuan ICW bahwa Kepala sekolah sudah menjadi bagian dari birokrasi yang lebih loyal kepada atasan (Bupati/Wali kota, Kepala Dinas) daripada memikirkan kesejahteraan bawahannya. Sungguh sangat ironis, belum lagi pemilihan pemimpin kepala daerah sekarang masuk kategori high cost. Political and Economic Consultancy (PERC) Hongkong menempatkan Indonesia sebagai negara terkorup di Asia. Masyarakat Transparansi Internasional menempatkan Indonesia sepuluh besar negara terkorup di muka bumi. Bahkan dari sisi etik, Indonesia dalam bahasa Gunnar Myrdal tergolong negara soft State, sering terjadi ketidakjelasan antara yang benar dengan salah, haq dan bathil

Bahwa para Nabi dan Rasul utusan Allah adalah sebuah kebenaran yang tak terbantahkan termasuk Nabi Muhammad SAW. yang dalam konteks al-Quran disebut sebagai uswatun hasanah, teladan, proto type bagi umatnya termasuk dalam konteks ...

EKONOMI PEMBANGUNAN TEORI DAN APLIKASI

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat, hidayah dan kasih sayangnya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan buku “EKONOMI PEMBANGUNAN: Teori dan Aplikasi”. Buku ini telah kami susun dengan semaksimal mungkin dan mendapatkan bantuan dan pertolongan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar dalam proses pembuatan buku ini. Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan terlibat dalam pembuatan buku ini. Terlepas dari semua itu, kami tentunya menyadari sepenuhnya bahwa masih terdapat banyak kekurangan, baik dari segi susunan kalimat ataupun kaidah penulisan. Oleh karena itu, kami dengan tangan terbuka menerima segala saran serta kritik dari para pembaca sehingga kami dapat memperbaiki buku ini. Demikian yang dapat kami sampaikan, akhir kata kami berharap semoga buku ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi bagi pembaca.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam kajian ekonomi Islam, persoalan pertumbuhan ekonomi telah menjadi perhatian ... (economic growth) merupakan bagian terpenting dalam kebijakan ekonomi di negara maupun sistem ekonomi manapun.

APLIKASI ZAKAT ZIRA’AH ( PERTANIAN ) PADA MASYARAKAT DAERAH ALIRAN SALURAN KIRICEKDAM SAMIRAN PROPPO PAMEKASAN

Buku ini adalah hasil Penelitian yang berusaha untuk mengungkapkan persepsi tokoh masyarakat di daerah aliran kiri cekdam Samiran dan aplikasi mereka terhadap Zakat Zira’ah atau zakat hasil pertanian. Mendiskripsikan alasan hukum dan budaya mereka dalam aplikasi tersebut dan menganalisanya dengan teori-teori yang relevan. Mengingat lokasi penelitian ini adalah kawasan yang subur dalam bidang pertanian karena terdapat saluran cekdam tersebut, sehingga bisa panen dua sampai tiga kali dalam setahun.Ketertarikan peneliti difokuskan pada bagaimana persepsi mereka dan bagaimana aplikasi mereka, apakah sudah sesuai dengan tuntunan syari’ah atau belum. Latar belakang sosiologi apayang menjadi backround tradisi mereka dalam aplikasi zakat zira’ah ini, mengingat jarang ditemukan penelitian model begini dalam usaha pengabdian kepada masyarakaat melalui khazanah keilmuan Islam.Untuk menyingkap tabir kemungkinan-kemungkinan penyimpangan yang terjadi penelitian ini menggunakan teori-teori fiqh, ushul fiqh dan teori sosiologi modern, yang keseluruhannya dielaborasi oleh peneliti sendiri.

Buku ini adalah hasil Penelitian yang berusaha untuk mengungkapkan persepsi tokoh masyarakat di daerah aliran kiri cekdam Samiran dan aplikasi mereka terhadap Zakat Zira’ah atau zakat hasil pertanian.