
media pembelajaran
- ISBN 13 : 000000000
- Judul : media pembelajaran
- Pengarang : Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A.,
- Penerbit : PT Rajagafindo Persada
- Bahasa : Indonesia
- Tahun : 2023
-
Ketersediaan :
008749 Tersedia di Library of UI BBC
008749 |
Tersedia di Library of UI BBC
|
Studi tentang Islam dalam perspektif ilmu syariat, mu’amalah, social, dan sains terus berkembang dan dipengaruhi konteks waktu dan zaman. Buku yang sekarang ada di tangan pembaca budiman, berisi pelbagai topik permasalahan yang kerap kali menjadi topik diskusi dan obrolan hangat di tengah masyarakat, yang bisa jadi belum tuntas terselesaikan hingga saat ini. Buku ini sekalipun ditulis sampai menjadi 3 (tiga) seri, nampaknya bahasannya terus mengalir, bait demi bait, kata perkata, dan lagi-lagi tema-tema itu belum sepenuhnya tuntas dikaji. Saya hadirkan buku ini di hadapan para pembaca dengan judul, Islam Dalam Pelbagai Perspektif, karena keragaman isi dan kebhinekaan topiknya.
Misalnya: asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan sebagainya. Industri dalam Peradaban Islam Pada masa keemasan peradaban Islam, industri adalah salah satu sektor yang berkontribusi penting pada penciptaan kekayaan, ...
Buku ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mencari ayat Al-Quran secara cepat, dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.? H.A. Hasyim, Muzadi, Ketua Umum PBNU ?Pengembara dalam belantara, tiada boleh meninggalkan peta. Muballigh dalam dakwah, tiada boleh mengabaikan peta Al-Quran ini.? --Ust. Wahfiudin Sakam, Penceramah ?Buku Indeks Al-Quran karya Jejen Musfah dapat membantu Anda untuk dengan mudah menemukan ayat Al-Quran dan terjemahannya tentang sesuatu masalah. Buku ini bermanfaat untuk menafsirkan Al-Quran dengan Al-Quran,? --Dr. H. Miftah Faridl, Cendikiawan Muslim ?Sebagai Dosen di Perguruan Tinggi Islam, saya merasa buku ini sangat bermanfaat bagi penelurusan konsep-konsep kunci dalam Al-Quran.? ---Idris Thaha, dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Jakarta ?Buku ini membantu dan memudahkan saya dalam mencari ayat-ayat tertentu yang saya butuhkan.? --Hendra Pertaminawati, Praktisi Asuransi Syariah PT. Asuransi Takaful Keluarga. [Mizan, Hikmah, Agama, Indonesia]
--Ust. Wahfiudin Sakam, Penceramah ?Buku Indeks Al-Quran karya Jejen Musfah dapat membantu Anda untuk dengan mudah menemukan ayat Al-Quran dan terjemahannya tentang sesuatu masalah.
Rasulullah saw adalah tokoh yang memiliki banyak peran. Ia adalah seorang pemimpin umat, komandan perang, referensi bagi umat, hakim untuk menyelesaikan berbagai sengketa, suami bagi isteri-isterinya, ayah dari anak-anaknya dan seterusnya. Semua peran tersebut berhasil dimainkan oleh Rasulullah saw dengan sangat baik. Ini tentu sangat luar biasa. Karena sebagian besar tokoh-tokoh hebat dalam sejarah umat manusia tidak bisa unggul dalam semua peran yang ia emban. Jika berhasil dalam satu peran maka ia gagal di yang lain.
Kelompok pertama sedang membaca al-Quran dan berdoa, sementara kelompok kedua sedang melakukan kegiatan belajar mengajar. Melihat pemandangan indah itu Nabi saw bersabda: ،ّٙفْٖ ءةم نإو ّ٘ةػخأ ءةم نإن للها نٚـؽيو نآؿيُا نوأؿيح ءلاؤ٘ ...
This book is a comprehensive study, which provides informed knowledge within the field of Islamic economics. The authors lay down the principal philosophical foundation of a unique and universal theory of Islamic economics by contrasting it with the perspectives of mainstream economics. The methodological part of the theory of Islamic economics arises from the ethical foundations of the Qur'an and the Sunnah (tradition of the Prophet) along with learned exegeses in an epistemological derivation of the postulates and formalism of Islamic economics. This foundational methodology will be contrasted with the contemporary approaches of the random use of mainstream economic theory in Islamic economics. The book establishes the methodological foundation as the primal and most fundamental premise of the study leading to scientific formalism and the prospect of its application. By way of its Islamic epistemological explanation (philosophical premise) in the form of logical formalism and the use of simple real-world examples, the authors show the reader that the scientific nature of economics in general and Islamic economics in particular rests on the conception of the scientific worldview. With its uniquely comparative approach to mainstream economics, this book facilitates a greater understanding of Islamic economic concepts. Senior undergraduate and graduate students will gain exposure to Islamic perspectives of micro- and macroeconomics, money, public finance, and development economics. Additionally, this book will be useful to practitioners seeking a greater comprehension of the nature of Islamic economics. It will also enable policymakers to better understand the mechanism of converting institutions, such as public and social policy perspectives.
This book is a comprehensive study, which provides informed knowledge within the field of Islamic economics.
Guru dan kurikulum merupakan elemen kunci dalam pelaksanaan pendidikan. Begitu pentingnya peran guru dan kurikulum dalam mentransformasikan input pendidikan, tidak ada perubahan dan peningkatan kualitas tanpa adanya perubahan peningkatan kualitas guru dan proses pengembangan kurikulum. Indonesia sendiri beberapa kali mengalami perubahan, sebut saja Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikulum prototipe 2022. Istilah kurikulum sendiri menjadi topik menarik dan hangat untuk diperbincangkan, karena keberadaannya terus mengalami adaptasi seiring tuntutan zaman. Abad teknologi informasi dengan berbagai kecanggihan teknologi digital menuntut banyak perubahan pola pembelajaran yang dilakukan pelaku pendidikan. Desain kurikulum, dari aspek perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran harus disiapkan dengan mempertimbangkan aspek perkembangan yang terjadi. Buku Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21 yang ada di hadapan para pembica, berupaya menawarkan solusi tentang konsep kurikulum dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang, secara teori, historis, kebijakan terkini, maupun isu kurikulum dan pembelajaran yang diimplematasikan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia
Adapun kurikulum untuk beberapa minggu, beberapa hari yang disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Program semester ataupun rencana pembelajaran memiliki komponenkomponen yang sama yaitu tujuan, bahan pelajaran, metode dan media ...
This book is a comprehensive study, which provides informed knowledge within the field of Islamic Economics. The authors lay down the principal philosophical foundation of a unique and universal theory of Islamic Economics by contrasting it with the perspectives of mainstream economics. The methodological part of the theory of Islamic Economics will arise from the ethical foundation of the Qur'an and the Sunnah (tradition of the Prophet) along with the learned exegeses in such an epistemological derivation of the postulates and formalism of Islamic Economics. This foundational methodology will be contrasted with the contemporary approaches of the random use of mainstream economic theory in Islamic Economics. The book establishes the methodological foundation as the primal and most fundamental premise of the study leading to scientific formalism and the prospect of its application. By way of its Islamic epistemological explanation (philosophical premise) in the form of logical formalism and the use of simple real-world examples, the authors alert the reader that the scientific nature of economics in general and Islamic Economics in particular rests on the conception of the scientific worldview. With its uniquely comparative approach to mainstream economics, this book facilitates a greater understanding of Islamic economic concepts. The senior undergraduate and graduate students will gain exposure to Islamic perspectives of micro- and macroeconomics, money, public finance and development economics. Additionally, this book will be useful to practitioners seeking a greater comprehension of the nature of Islamic economics. It will also enable policymakers to better understand the mechanism of converting institutions, such as public and social policy perspectives.
This book is a comprehensive study, which provides informed knowledge within the field of Islamic Economics.
Merdeka Belajar secara umum memiliki makna merdeka pengembangan potensi anak sebagai pemenuhan hak anak sebagai manusia. Dalam buku ini juga menggambarkan makna belajar oleh tokoh pendidikan dan kurikulum merdeka. Merdeka belajar berbasis Al Qur’an memiliki kekhasan. Menurut Al Qur’an merdeka belajar adalah sebuah upaya mengembangkan potensi anak yang diberikan oleh Allah sesuai dengan aturan Allah dan Rasul. Sebagai bentuk pemenuhan hak anak yang telah ditetapkan oleh Allah. Hak anak dalam Al Qur’an adalah hamba di bawah hak sang Pencipta. Kurikulum merdeka berbasis Al Qur’an sebagai rancangan pembelajaran secara utuh yang dibangun untuk memerdekakan pengembangan potensi anak yang telah diatur oleh Allah dan Rasul.
Merdeka Belajar secara umum memiliki makna merdeka pengembangan potensi anak sebagai pemenuhan hak anak sebagai manusia.
Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.
Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.
Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Teknologi dan Komunikasi. Sistematika book chapter Ilmu Teknologi dan Komunikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.
Teknologi perbankan dan keuangan Sektor perbankan pun menggunakan teknologi canggih. Beberapa tahun silam, jika ingin mengambil uang tunai, nasabah harus antre dan membawa buku tabungan dan lain-lain. Dengan teknologi perbankan yang ...