Sebanyak 61 item atau buku ditemukan

Pendidikan AGAMA ISLAM

Era digital dan kemajuan teknologi informasi, telah memberikan keterbukaan dan kemudahan informasi bagi mahasiswa dalam mengakses informasi materi perkuliahan, tetapi ketidakmampuan untuk memfilter sumber yang dapat dipercaya, menjadikan buku ini sebagai salah satu rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan isinya, serta telah disesuaikan dengan kurikulum dan capaian pembelajaran (learning outcome) sebagaimana dipersyaratakan dalam penyusunan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Buku ini disusun untuk memenuhi referensi dalam mengkaji bahan kajian Pendidikan Agama Islam, yang meliputi : Ketuhanan, kemanusiaan, dan kehidupan, agama dan dinul Islam, serta tauhid dan keimanan.

Buku ini disusun untuk memenuhi referensi dalam mengkaji bahan kajian Pendidikan Agama Islam, yang meliputi : Ketuhanan, kemanusiaan, dan kehidupan, agama dan dinul Islam, serta tauhid dan keimanan.

TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis. Tujuannya adalah agar pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapat dirancang sesuai kebutuhan anak berdasarkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak. Kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Kurikulum akan mengarahkan anak mau diapakan anak tersebut, dan dijadikan apa anak tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) agar anak mencapai tumbuh kembang secara optimal. Dalam usaha memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana kurikulum PAUD yang dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak, penulis mencoba memberi gagasan tentang kurikulum PAUD dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana perancangan kurikulum PAUD baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Bahan ajar ini berisi materi tentang pengertian kurikulum; konsep dasar kurikulum; Landasan kurikulum; Peran dan Fungsi kurikulum; Hakikat dan Dimensi Kurikulum, proses penyusunan kurikulum, Model- Model Kurikulum Anak Usia Dini, Teori- teori Evaluasi kurikulum, Evaluasi Kurikulum Anak Usia Dini. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG- PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Calon guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum dan pendekatan kajian teoritik maupun praktik mengenai kurikulum. Modul ini tidak satu-satunya yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menambahkan materi lainnya sebagai suplemen bagi pengembangan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan ilmu.

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis.

TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa bidang ilmu pendidikan. Buku ini disusun dalam 6 (enam) BAB yang membahas tentang teori-teori belajar, para tokoh serta implikasi dalam pembelajaran. Bab pertama membahas teori belajar Behaviorsme; Bab kedua tentang teori belajar kognitif; Bab ketiga tentang teori belajar Gestalt, Bab keempat tentang teori belajar Humanistik; Bab kelima tentang Sosiomultikultural dan Bab kelima tentang Diversitas Sosio-Kultural dan Gender, dan Bab 6 merupakan ringkasan tentang evaluasi pembelajaran. Teori-teori belajar yang dikemukakan mendeskripsikan tentang bagaimana teori belajar menurut berbagai aliran psikologi, sejarah lahirnya teori belajar serta berbagai tokoh yang menjadi pemikir dalam teori-teori tersebut. Implikasi dalam pembelajaran yang dipaparkan merupakan bentuk dari bagaimana peristiwa yang ditemukan dalam pembelajaran yang terkait dengan teori-teori belajar tersebut. Buku ini tidak menunjukkan kontroversi antar para tokoh teori belajar, akan tetapi mengemukakan berbagai teori belajar untuk memperkaya pengetahuan pembaca terutama mahasiswa, guru dan dosen tentang teori belajar.

Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa bidang ilmu pendidikan.

TEORI-TEORI BELAJAR DALAM PENDIDIKAN

Inti dari proses pendidikan adalah belajar. Untuk mencapai tujuan pendidikan, salah satu usaha yang dapat dilakukan guru adalah memahami bagaimana anak-anak belajar. Buku ini bertujuan untuk menghimpun berbagai kajian dari para ahli berkaitan dengan belajar dan proses pembelajaran. Sehingga dapat dijadikan bekal untuk calon guru (mahasiswa) agar dapat memahami karakteristik proses belajar peserta didik di sekolah. Buku ini merupakan kumpulan dari berbagai sumber yang relavan terkait dengan teori belajar. Penulis berupaya untuk menyederhanakan sistematika dan bahasanya agar mudah dimengerti dan dipahami serta bermanfaat untuk para pembaca.

Inti dari proses pendidikan adalah belajar.

ANTOLOGI HADITS TARBAWI

Pesan-Pesan Nabi s.a.w tentang Pendidikan

Buku Antologi Hadis Tarbawi yang hadir di hadapan pembaca ini berisi tentang jawaban-jawaban kritis hasil pengendapan pemikiran atas apa yang tengah menjadi kegelisahan para pemerhati pendidikan yang saban hari merasa nilai-nilai adiluhung pendidikan itu terus terkikis. Kehadiran buku Antologi Hadis Tarbawi ini merupakan bentuk syukur, apresiasi dan dukungan terhadap para penulis yang seluruhnya adalah Mahasiswa saya di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung. Buku yang merupakan kumpulan tulisan tematik hasil belajar mata kuliah Hadis Tarbawi selama satu semester ini disusun dengan mempertimbangkan masukan rekan kuliah, hasil diseminasi, komentar dosen dan beberapa catatan revisi sebagai bahan penyempurnaan pembahasan buku ini. Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan pesan-pesan pendidikan di dalam al-Hadis. Yaitu, nilai-nilai keislaman yang akan terus diuji dalam aktualitas yang terus bergejolak, nilai-nilai yang akan senantiasa dipertahankan dari tindakan yang merusak, serta nilai-nilai yang dianggap sebagai jaminan atas pengetahuan yang menyelamatkan. Buku ini berisi lima BAB pembahasan terkait isu-isu terkini seputar pendidikan dan hubungan sosial. BAB pertama membahas tentang Konsistensi Pendidikan Islam yang berisi tentang nilai-nilai dasar (core values) pendidikan yang tidak berubah digerus zaman seperti konsepsi tujuan pendidikan. BAB dua membahas tentang konstruksi teoretis mengenai adab dan pendidikan karakter bagi peserta didik, mulai dari adab peserta didik terhadap guru, adab terhadap sesama peserta didik maupun jalinan kasih terhadap lingkungan. BAB ketiga berisi tentang pendidikan Islam menjawab tantangan masa depan. Pembahasan ini berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kebijakan, sistem dan lembaga pendidikan Islam yang seperti apa yang dianggap ideal menjawab masa depan. BAB keempat berkaitan dengan prinsip-prinsip moderasi keislaman dalam pendidikan dan bagaimana Islam memandang pentingnya ilmu pengetahuan. Terakhir, di buku ini dibahas tentang Islam dan kenyataan sosial masyarakat Indonesia seperti multikulturalisme, pluralisme dan feminisme.

Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan ...

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik)

buku ini, berjudul; “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik)”. Dengan diterbitkannya buku ini tentunya penulis dapat membantu mahasiswa pendidikan anak usia dini dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dan para calon guru maupun guru atau pendidik anak usia dini serta siapa yang hendak mempelajari dan memahami bagaimana cara mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pada hakikatnya pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Oleh kareta itu, pendidikan anak usia dini memberi kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal. Atas dasar ini, lembaga paud perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti kognitif, sosial, emosi, fisik, dan motorik. Dengan adanya buku ini tentunya dapat sebagai alternatif terlebih mampu memberikan solusi-solusi yang tepat dalam usaha mengembangkan kognitif anak secara optimal. Dalam penulisan buku, penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan atau ketidak sempurnaan baik dalam bahasa maupun tulisan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik bagi para pembaca, guna untuk perbaikan dalam menyempurnakan penyusunan buku ini.

buku ini, berjudul; “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik)”.

MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS MULTISENSORI-EKOLOGI (PSB MUGI) BAGI ANAK USIA DINI

Buku ini ditujukan untuk pembaca yang tertarik dalam mengembangkan pembelajaran sains anak usia dini dengan menerapkan Model PSB Mugi karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif, sosial emosional dan fisik anak di PAUD khususnya untuk anak usia 4-6 tahun. Diharapkan dengan membaca buku ini pembeca/guru dapat melaksanakan Model PSB Mugi sesuai dengan dengan prinsip pembelajaran dan karakteristik utama. Buku ini juga ditujukan untuk pengembangan ilmu bagi mahasiswa Strata 1 jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dan Strata 2 jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Buku panduan ini terdiri dari empat bagian. Bagian pertama yaitu: Pendahuluan, yang terdiri dari Latar belakang, Tujuan, Cakupan, dan Pengalaman belajar. Bagian Kedua adalah Teori Model Pembelajaran Sains Berbasis multisensori-ekologi (PSB Mugi), yang menguraikan Teori model pembelajaran, Pembelajaran sains anak usia dini, Pembelajaran berbasis multisensori, Pembelajaran berbasis ekologi, dan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori-ekologi. Bagian ketiga, berupa Kiat Sukses Melaksakan Model (PSB Mugi) tediri dari 5 langkah yaitu: Memahami karakteristik model PSB Mugi, Memahami prinsip model PSB Mugi, Memahami strategi pembelajaran dalam model PSB Mugi, Memahami teknik penilaian dalam model PSB Mugi dan Membuat perencanaan pembelajaran. Bagian keempat, Kiat praktis PSB Mugi terdiri yang dari 4 bagian yaitu Persiapan ruangan belajar, Persiapan media pembelajaran, Membimbing anak dalam pembelajaran, dan Melakukan penilaian terhadap anak. Bagian kelima buku ini memuat Program PSB Mugi dengan tema bumi dan langit yang mencakup kegiatan Lingkunganku bersih, Tong sampah istimewa, Bermain air, Cahaya matahari dan Pelangiku. Bagian keenam berisi Program PSB mugi dengan tema Tanaman yang terdiri dari kegiatan Bermain di Taman, Berkebun, Fun cooking, Aku suka makan buah-buahan dan Eksplorasi bunga. Bagian ketujuh memuat Program PSB Mugi dengan tema Kendaraan yang memuat kegiatan Tempat penjualan mobil, Kendaraan buatanku 1, Kendaraan buatanku 2, Kendaraan bersih dan Tempat parkir. Bagian kedelapan buku ini memuat Praktik yang telah Diterapkan terdiri dari Praktik yang diterapkan dan Pendekatan interdisipliner dan transdisipliner ilmu pada PSB Mugi. Bagian kesembilan merupakan Penutup.

Karakteristik model webb adalah adanya tema yang dapat membentuk jaringan dari berbagai bidang pengembangan yang menggunakan pendekatan tematik. 3. Pembelajaran melalui Bermain Bermain merupakan aktifitas yang penting bagi.

BUKU PANDUAN MANAJEMEN TUGAS WALI KELAS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Wali kelas yang kompeten dalam melaksanakan tugas menjadi hal yang didambakan setiap sekolah dan siswa yang diwalikan. Dalam melaksanakan tugasnya wali kelas menghadapi berbagai kendala terutama dalam mengefektifkan waktu antara tugas sebagai guru mata pelajaran dan sebagai guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai wali kelas. Kendala- kendala yang dihadapi wali kelas dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam mendapatkan data dan memberikan pembimbingan serta pelayanan yang dibutuhkan siswa belum teratasi secara optimal. Membantu wali kelas mengatasi kendala dan permasalahan yang mereka hadapi buku panduan manajemen tugas wali kelas berbasis teknologi informasi, menjadi sebuah solusi bagi wali kelas. Ulasan-ulasan tentang tugas seorang wali kelas, fungsi- fungsi manajemen dalam tugas wali kelas, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk web menjadi nilai tambah dalam membantu wali kelas melaksanakan pekerjaannya. Buku panduan ini dilengkapi dengan aplikasi manajemen tugas wali kelas dalam bentuk web dan langkah-langkah penggunaan aplikasi yang membimbing wali kelas dalam menjalankan aplikasi. Aplikasi ini sangat membantu wali kelas dalam mendapatkan data yang mereka butuhkan. Data ini bersumber dari guru mata pelajaran, guru bimbinan konseling dan juga dari siswa sendiri. Keterlibatan siswa, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling serta orang tua siswa dalam memberikan data dan informasi pada model manajemen tugas wali kelas ini sangat membantu wali kelas untuk mendapatkan data tentang siswa, agar wali kelas dapat mengenal siswa yang dia walikan baik bidang akademik maupun non akademik. Aplikasi ini juga memuat bentuk komunikasi wali kelas dengan siswa yang diwalikan. Disamping itu aplikasi ini memberikan kemudahan kepada kepala sekolah dalam melakukan pengontrolan terhadap keterlaksanaan tugas wali kelas dan pencapaian mutu setiap kelas baik bidang akademik maupun non akademik. Penggunaan buku panduan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu tugas yang dilaksanakan wali kelas dalam meningkatkan mutu pelayanan yang dibutuhkan siswa pada sebuah kelas. Jika mutu setiap kelas meningkat maka dapat membawa dampak kepada mutu lulusan sebuah sekolah. Buku panduan ini dapat menjadi acuan, khususnya wali kelas SMA, sekolah, dan Dinas Pendidikan Propinsi/kabupaten/kota.

Mitra wali kelas berikutnya adalah guru bimbingan konseling (BK) yang dapat memberikan informasi tentang penulusuran ... Disamping itu kelas yang diwalikan juga perlu melengkapi kebutuhan sarana kelas dan administrasi penunjang kegiatan ...

METODOLOGI PENELITIAN

Komunikasi dan Penyiaran Islam

Di antara maraknya buku metodologi penelitian, buku yang hadir di hadapan pembaca ini memberikan prinsip-prinsip dasar bagi praktik penelitian di wilayah ilmu komunikasi Islam serta Penyiaran Islam, dan diharapkan dapat mengawal calon peneliti untuk melakukan penelitian atau paling tidak sebagai pengantar untuk memahami buku metodologi penelitian lain yang rinciannya lebih kompleks. Sifat penyajian buku yang sederhana dan disertai contoh-contoh dalam praktik penelitiannya, akan membantu mempermudah pembaca dalam memahami isi buku ini. Harapan ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengalaman penulis mengampu mata kuliah Metodologi Penelitian atau ketika membimbing penulisan tugas akhir mahasiswa, seringkali ditemukan problem metodologis tertentu, seperti kesalahpahaman dalam memahami beberapa prinsip dasar penelitian, kesalahan dalam memulai praktik penelitian, kekeliruan menentukan sumber data, sampai kesalahan dalam menentukan daftar pustaka yang relevan. Karenanya, kehadiran buku ini diharapkan dapat meminimalisir kasus-kasus problematis tersebut.

Di antara maraknya buku metodologi penelitian, buku yang hadir di hadapan pembaca ini memberikan prinsip-prinsip dasar bagi praktik penelitian di wilayah ilmu komunikasi Islam serta Penyiaran Islam, dan diharapkan dapat mengawal calon ...

GURU PAUD HEBAT

Semoga buku ini dapat bermanfaat dan menjadi vitamin ruhani bagi orang tua, guru PAUD, calon orang tua, maupun calon guru PAUD, serta memberikan secercah cahaya untuk membangkitkan kesadaran bahwa anak-anak yang hebat, terlahir dari orang tua dan guru yang hebat, sehingga ketika orang tua dan guru berkeinginan menjadikan anak-anak yang hebat, maka tidak ada cara lain kecuali menjadikan dirinya sebagai orang tua dan guru hebat. Dalam buku ini terdiri dari 15 chapter, pada setiap chapternya akan dijelaskan tentang bagaimana menjadi guru hebat dilengkapi dengan fakta dan realita di lapangan. Kelima belas chapter tersebut, adalah: Guru masa depan, Guru pembelajar, Guru cheerleader, Guru pemandu bakat, Guru multidimensi, Guru komunikatif, Guru radiah mardiah, Guru semua anak, Guru ramah dan murah senyum, Guru berkarakter, Guru yang menggembirakan, Guru gaul, Guru naturalis, Guru pewaris para nabi, dan Guru enterpreneur.

Semoga buku ini dapat bermanfaat dan menjadi vitamin ruhani bagi orang tua, guru PAUD, calon orang tua, maupun calon guru PAUD, serta memberikan secercah cahaya untuk membangkitkan kesadaran bahwa anak-anak yang hebat, terlahir dari orang ...